About these ads
jump to navigation

Rangka Motor April 11, 2008

Posted by Taufik in Tentang Motor.
Tags: , , ,
trackback

Frame atau rangka pada sepedamotor seperti juga rangka pada manusia atau hewan, salah satu fungsinya adalah sebagai tempat menempelnya komponen komponen sepeda motor. Umumnya mesin berada di dalam rangka ini, lengan ayun dan garpu depan tersambung dengan rangka melalui semacam persendian yang memungkinkan kedua komponen tersebut bergerak. Rangka sepeda motor juga berfungsi melindungi komponen komponen sensitif sepeda motor saat terjadi benturan.

Sasis atau frame atau rangka pada sepeda motor (imho) & ada beberapa tipe.

1. Single Crade Frame. Rangka single cradle adalah rangka sepeda motor awal dan memiliki bentuk yang paling sederhana. Pada Rangka tipe ini mesin dikelilingi oleh pipa logam. Pipa utama yang terletak diatas umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding pipa lainnya. Jenis motor yang paling banyak menganut sistem rangka single cradle adalah motor off road

cb 450 menggunakan frame singgle cradle

2. Double crade Frame. Rangka Double cradle merupakan pengembangan dari rangka single cradle dengan modifikasi pada penambahan jumlah pipa penyangga mesin. Rangka jenis ini diyakini lebih kaku, lebih kuat, dan lebih ringan dibandingkan dengan rangka single frame karena pemakaian pipa berdiameter lebih kecil. Walaupun sekarang banyak tergantikan oleh jenis rangka perimeter, rangka double cradle banyak di pakai pada sepeda motor harian seperti Yamaha Scorpio, Kawasaki Ninja R/L/RR /KRR 150 dan bahkan Bajaj Pulsar dts-i 180

Frame double cradle

3. Backbone Frame. Rangka Backbone terdiri dari Pipa utama tunggal yang menjadi tempat mesin menggantung. Rangka ini cukup sederhana dan ongkos produksinya terbilang cukup ekonomis. Biasanya para perancang juga menambah batang pipa dibagian depan yang mengarah kebawah untuk membantu menyangga mesin, seperti yang terlihat di Rangka Honda Tiger dan Honda Megapro

Back bone frame

4. Perimeter Frame…Sering kita salah kaprah menyebut jenis rangka perimeter menjadi rangka deltabox. Rangka perimeter ini paling banyak digunakan pada motor sport modern. Ada yang menyebut rangka jenis ini sebagai Twin Spar Frame. Konsep dasar desain rangka perimeter adalah memperpendek jarak antara setang setir dan lengan ayun, dengan tujuan agar segala macam efek-efek mekanika bahan pembuat rangka seperti elastisitas serta getaran akibat raungan mesin yang sedang dipacu dapat diminimalisasi sehingga dapat menambah ke kakuan (Rigidity) sepeda motor. Segala efek-efek kelendutan akibat jarak setang dan lengan ayun yang panjang dapat dikurangi. Awalnya frame ini memakai bahan baja, tapi sekarang umumnya beralih ke pemakaian alumunium alloy untuk mengurangi beban motor seperti yang dipakai pada V-Ixion. Bahkan untuk motor balap, bahan yang digunakan dapat berupa serat karbon yang notabenenya lebih ringan tapi lebih kuat.

Frame perimeter Yamaha V-Ixion/Deltabox

5. Trellis Frame. Rangka teralis banyak digunakan pada sepeda motor italia. Rangka ini menganut konsep dan dasar pemikiran yang sama dengan rangka perimeter tentu dengan perbedaan bentuk. Rangka Teralis biasanya berbentuk jalinan pipa-pipa turbular yang dilas satu-persatu. Bagi Produsen sepeda motor seperti Ducati dan MV agusta, memproduksi rangka teralis lebih murah daripada rangka perimeter. Rangka Perimeter akan ekonomis jika telah menyentuh basis produksi masal. Biaya riset rangka teralis pun murah. Semakin banyak pipa-pipa menyilang maka rangka akan semakin kaku, begitu juga sebaliknya. Tugas dari para periset sasis ducati menentukan setingan kekakuan rangka yang diinginkan dengan hanya menambah dan mengurangi potongan pipa pada rangka. Bayangkan dengan apa yang dilakukan untuk menentukan setingan kekakuan rangka perimeter yang tepat. Para periset harus menghitung berbagai macam variable macam kerapatan bahan dll, belum lagi harus membuat prototype baru setiap kali riset.

trellis frame

6. Monocoque Frame. Rangka monokok boleh dibilang rangka multi fungsi. Selain menjalankan fungsi rangka pada umumnya, rangka monokok bisa berfungsi tangki bahan bakar dan lain-lain sehingga rangka benar-benar merupakan bagian fisik utama motor yang terintegrasi secara utuh. Skuter Vespa Piagio merupakan contoh sepeda motor yang mengaplikasikan rangka jenis ini. Kawasaki Zx14 merupakan salah satu sportbike yang mengaplikasikan tipe rangka monokok.

Frame monokok

About these ads

Komentar»

1. DODIK - Agustus 18, 2008

dari type2 rangka yang ditampilkan, saya cuma pengen lihat type rangka yang digunakan motor ATV yang paling sederhana……terima kasi segala infonya yang sudah diupload di blog ini

2. hanry - September 17, 2008

rangka motor saya (satria 120R,tahun 200) patah dekat komstirnya.
apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya?
1. ada yang menyarankan hanya mengganti bagian rangka yang patah saja.
2. ada yang di las dan di tambahkan plat besi untuk memperkuat.
3. ganti rangka total, bagaimana dengan nomor rangkanya?

karena menurut saya bila hanya diperbaiki asal-asalan, stabilitas dan kekuatannya tidak terjamin.(keselamatan taruhannya)

Thx
Hanry

3. willy - Januari 23, 2009

bro kalo mau ganti rangka bgaimana…….
misal gw punya jupiter mx trus mo ngeganti rangka/body dengan jupiter z ……(mesin jupiMX – body/rangka jupiz) bgaimana…. bisa ngga yachh…..

seandainya bisa dimana klinik motor yg bisa gw datangin….

thanxs….

4. Suzuki Care - Januari 23, 2009

@ 2.hanry

Bila ganti rangka total, anda perlu ke Dealer Suzuki membawa sepedamotor, STNK, BPKB, Faktur pembelian.
Dealer akan membuat surat permohonan ke PT. Indomobil Niaga International supaya dibuatkan (metode punching nomor) nomor pada rangka yang anda beli.
Nomor rangka akan dibuat sama dengan yang sekarang sehingga tidak perlu ubah STNK.
Motor harus diperbaiki di Dealer Suzuki karena merakit rangka sepeda motor harus menggunakan ukuran torsi standar Suzuki.
Lebih baik menggunakan rangka standar karena kekuatannya sesuai standar pabrik.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :
Customer Service PT. Indomobil Niaga INternational
Ibu Dewi Novita Sari
Tel. 8564830 ext. 1221.
email : dewi.sari@suzuki.co.id

5. Djohan Limunas - Januari 23, 2009

@ 4

BRAVO SUZUKI !!!

6. ARMAN - Mei 13, 2009

TOLONG DONG DI KSH TAHU GAMBAR RANGKA SUZUKI SATRIA F?

TERIMA KASIH
ARMAN

7. richo yudha a - September 3, 2009

mantepp kang …
w richo anak otomotif, terus nulis ya kang . . .
soalnya w butuh banget nih tulisan kayak punya kang taufikkk
wasallllaaammm

8. Agus - Oktober 1, 2009

apa ada gbr lengkap rangka dan suspensi ATV

9. hendrik - November 3, 2009

Mas kalo mau ganti rangka gl 100 di buat kayak punya Rosi gimana

10. andre - Januari 30, 2010

Keren abis bang…..

bang Q punya ide kolaborasikan rangka v-ixion dengan mesin GL 100 kira2 bisa gak ya ??? truzzz bole minta rekomendasi harga rangka V-ixion gak bang ??? soalnya di papua blum ada nie ??

11. rahmatsyah - Februari 3, 2010

mas tolong dong kirimin ke email saya gambar rangka ATV lengkap dgn spearpak nya ya thanks

12. deny - Februari 8, 2010

tolong donk gambar/rangka/sasis atv buat sendiri mesin mtr pribadi honda supra

13. danny - Maret 8, 2010

tolong donk gambar/rangka/sasis atv buat sendiri mesin mtr pribadi honda supra lengkap dgn spearpat nya trim’s

14. 2nd Anniversarry of Taufik and Motorcycle Blog !! « Taufik & Motorcycle™ - Maret 17, 2010

[...] Saya bersyukur artikel saya tentang Rangka Motor Tidak dipilih aleh Bro Ilham Kafemotor untuk dipublish . . . Mungkin kalo sempet dipublish dan saya [...]

15. rasheed - Maret 17, 2010

@ kang taufik
Padahal ini artikel bagus bgt, sangat idealis dan orisinil. Saya dulu pernah mau nulis artikel ttg sasis gini, tp pernah baca artikel ini di tabloid ot..re.. (grup ja-pos) jd ga jd posting ttg rangka. kynya postingan kang taufik ini di copas deh sm slh 1 tabloid. Ko bs yah ga di acc kafemotor dulu??

16. ahmed - April 17, 2010

ada cara atw langkah langkah untuk pembuatan rangka sepeda motor?

17. Taufik - Mei 5, 2010

@rasheed
he he eh . .. ambil hikmahnya aza . . .aku jadi bikin blog sendiri he he he

18. iwan - Juni 13, 2010

salam kenal…
mau nanya gimana caranya membuat rangka ATV dan spare parts apa aja yang diperlukannya?? makasih ya mas taufik moga ttp sukses.. amien

19. Agus haryanto - Agustus 12, 2010

mas, saya minta skema dan gambar rangka ATV yang selengkap2nya, mohon kirim ke email saya, makasih mas… sukses slalu…

20. renal - Desember 19, 2010

ribet cari ranga yang pas buar rangka w.

21. alfian - Desember 30, 2010

mas ada contoh atv monster yang serba guna
Qlo ada post aja di email saya
saya lagi rakit juga untuk atv amphibi multiguna
tp belum perfect
thX

22. cJagoer - Maret 4, 2011

Salam kenal,

Wah ini benar2 rubrik yg seru dan sngt menarik. Kebetulan saya ingin membangun ATV, bro bisa tidak saya minta skema rangka dan spare part yg diperlukan?… Mhn dikirim ke email saya.

Trims atas perhatianya, sukses selalu!

23. galih - Mei 5, 2011

gan,,klo rangka megapro tahun 2000 sama sasis tiger revo,, sama gak gan,, saya punya megapro ’00 mau saya ganti,tangki,buritan,smpejoknya punya tiger revo,, kira” mrubah apanya gan,,?? mkasih

24. galih - Mei 5, 2011

megaproo ’00 mau di pasang tangki,buritan sampe joknya punya tiger revo,, kira” mrubah apa aja gan

25. Coakan Rangka, Lagi « RamboiestBlast - Mei 13, 2011

[...] baca tentang macam-macam frame disini: http://tmcblog.com/2008/04/11/rangka-motor/ [...]

26. rio - Juli 17, 2011

bang tolong ksih pencerahan buat ngebangun atv donk……
soal nya saya lgi mw bngun atv tpi ga pnya link sma skali…….
tolong jga kirimin gambar rangka atv yg pling mudah di mengerti donk………..
(tolong kirim ke email saya ya???)
makasih sblum nya…..

27. Agus Sudarisman - Januari 19, 2012

Salam kenal Mas, saya punya motor 3 roda viar mau saya modif jadi atv.. tolong bantu skema rangkanya dan spare partnya tambahannya.. Thanks yah..

28. denifad - Maret 24, 2012

MALAM MAS SAYA DENI DARI RIAU
mas boleh saya minta desain rangka atv
saya ingin membuat atv mini buat anak saya yg akan ulang tahun bulan agustus nanti
saya sangat berharap mendapat desain atvnya
terima kasih
semoga sukses selalu

29. Medical Cases - Juni 25, 2012

Thanks and good blog.

30. bone - Juni 27, 2012

om gmana cara benerin rangka honda tiger secara manual, tlong infonya, dari agagn2 jg boleh.. thanks iah

bone - Juni 27, 2012

karna udah gk center, pertanyaanya : gmna cara mengembalikan sasis/rangka kembali standar/ center.

31. rahmat - September 26, 2012

mas tolong kirim ke email saya detail rangka atv trus spare park nya apa aja

32. Aldi Firos - September 19, 2013

klo mau ngerubah body tiger cuma nambahin delta box dan ngrubah sedikit rangka belakang soalnya mau pakek monoshock apa akan bermasalah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.658 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: