Setelah bosen selama hampir empat tahun ber box givi, akhirnya semua box dan braket yang menempel di tiger saya lepas. Sebagai gantinya sementara saya ngegembol Ransel di punggung tiap berangkat kantor dengan konsekuensi pundak saya terasa agak pegel sepulang dari kantor. Sampai akhirnya pesanan saya via seorang brother HTML yang mukim di Singapura datang, sebuah Tank Bag merk RJays. Tank Bag RJays Hitam yang saya miliki merupakan model value berkode TB1 dengan dimensi PxLxT : 34 x 24,5 x 18 cm.

Karena alamat pengirimannya adalah alamat kantor, sepulang ngantor ntu Tank Bag langsung ditemploki di Tengki Vixion yang kebetulan hari itu giliran nganterin saya ke kantor. RJays mudah sekali dilekatkan di Tangki karena memiliki 3 titik area bermagnet. Dua di kanan dan kiri “sayap” tank bag dan satu di dasar Tank Bag.

Secara dimensi ternyata Tank Bag ini keliatan kegedean dengan dimensi Tangki V-Ixion. Sedikit keraguan terbayang di benak saya saat nanti melibas chicane-chicane Kampung sawah yang menjadi Jalur pulang saya dari depok ke Buitenzorg. Ternyata keraguan itu pupus saat saya merasakan tidak ada efek apapun terhadap kestabilan VIxion saat menikung.

Esok harinya saya meencoba Tank bag in diatas Tiger, Terlihat bahwa dimensinya masih agak kebesaran he he he J. Pagi itu bobot isi Tank Bag lebih berat dari sore kemarin karena hari ini saya membawa juga satu buah UMPC, satu set Jas hujan, dan tentu Satu kotak Nasi Bekal makan siang plus lauk pauk karya istri tercinta. Mungkin bila ditimbang sekitar 2 kg. Jalur Bogor-Depok lewat Jalan Karadenan Pemda Cibinong-Kampung sawah tetap menjadi jalur yang akan dinikmati hari ini. Kehadiran Tank Bag di atas Tangki seolah-olah tidak mempengauhi handling Tiger terutama saat menembus antrian di pintu rel kereta api Jalan baru bogor yang sedang ada proyek Underpas (kabayang kan bagaimana Krowditnya). Kembali chicane-chicane kampong sawah dengan mulus dinikmati pagi itu. Jujur Saja, berkendara dengan Tank Bag memberikan sensasi tersendiri bagi saya.

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan solusi bagasi saat membawa motor sport, Tank Bag dapat dijadikan opsi referansi karena memiliki at least dua nilai positif yakni. Handling motor yang stabil bila dibandingkan dengan pemakaian console box di buritan. Analisa/ hipotesis saya karena centre of mass/gravity dari motor tidak bergeser. Yang kedua punggung tidak pegel karena menopang ransel, alhasil riding jadi lebih relax, safety dan menyenangkan.

12 COMMENTS

  1. itu pake magnet nempelnya apa ngak bisa tergores cat tangki mas taufik?ah itu ada ngak tertulis beban maksimum yg bisa diangkut (misalnya lebih dari itu tank bag bisa bergeser yg menyebabkan tangki bensin tergores cat nya gitu )

    Guest
  2. @Adet
    Iyah nitip sama Deny W
    @cipto
    selama gw pake belum ada tanda2 goresan di tengki tuh. Nggak ada beban max sih, tapi ya jangan berat2 saja isi tank bagnya.

    Administrator
  3. coba ntar di taruh di tangki 250 R nya mas dah itu foto postingnya sini ya,biar kita liat cocok ngak?kalo cocok aye mo beli tuh.sekalian kasih tau merk nya apa ya 🙂

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here