Ban merupakan komponen utama bergeraknya sebuah motor. Berat ban (dalam hal ini berat karet ban + Velg) haruslah menjadi perhatian utama pula, kenapa? Saya akan coba sedikit memaparkannya. Sebelum Power sebuah mesin motor dapat menggerakkan motor, maka power tersebut harus ditransformasikan terlebih dahulu untuk menggerakkan ban. Dari sini secara logika dapat disimpulakan bahwa gerakan rotasi ban yang lebih ringan pada gaya dan tenaga mesin yang sama akan lebih besar bila dibandingkan ban yang lebih berat. Jadi mengurangi berat velg ban memiliki dua keuntungan yakni, pertama : mesin hanya membutuhkan gaya yang lebih sedikit untuk menggerakkan ban (otomatis harusnya bbm lebih irit) dan yang kedua karena keseluruhan bobot motor berkurang, maka dengan gaya dan power yang sama, motor akan lebih kencang. Tidak heran para pembalap drag lebih memilih ban dan velg yang super kecil. Keuntungan lain adalah pada umur kerja suspensi dan rantai yang lebih lama karena bobot obyek yang ditopangnya juga berkurang.

Velg Magnesium Marchesini

Dymag Velg terbuat dari karbon

Teknologi material yang cukup pesat sangat membantu apa yang dicita-citakan oleh para biker yaitu memiliki ban yang kuat namun ringan. Berikut Urutan material yang biasa menjadi bahan baku pembuatan velg dari yang teringan sampai yang terberat : Karbon – Magnesium – Alumunium – Baja. Akhir-akhir ini baja sudah tidak lagi digunakan sebagai bahan baku velg kecuali untuk pembuatan jeruji pada tipe Velg spoke.

Velg jari-jari

Pict : http://www.thewheelwarehouse.com, hardracing.com, www.trickworks.com

22 COMMENTS

  1. Makin ringan semakin mahal..
    makin kuat juga semakin mahal…pusing ah..
    Lagi motor diatas pasti pake PERTAMAX tuh.

    Guest
  2. Pertanyaannya adalah :

    Dari berbagai merk ban yg beredar di pasaran,
    manakah yg paling ringan & tentunya paling cocok buat Ninin 250?

    Guest
  3. saran lain:
    B(ad)an Yang Ringan…(lebih murah ,wlo dengan sedikit usaha)
    ngemeng2 manjur juga, si Rossi diet sampe 5kg menghadapi GP Sanghai dan hasilnya..motor jadi hero ,eh…kok iklan.maksudnya doi bisa libas stoner di “treknya” Ducati.

    Guest
  4. yah…saran saya, walau ngejer ringan, tapi safety tetep pertama. paling gedeg ngeliat motor pake veleg atau ban terlalu kecil/tipis (kadang pake veleg/ban sepedah!!!) supaya tambah kenceng.

    padahal dia lagi ngebonceng anak en istri. apalagi jalanan jakarta itu ga mulus2x amat.

    performance second, safety first (maklum baru ngalamin kecelakaan tulang remuk des 07)

    dian

    Guest
  5. @ Bro taufik

    Kalo mengenai berapa isi angin di ban sesuai dengan ukuran bannya gimana?…khan mo pake 150 katanya bro, trus idealnya berapa isi nitrogen/angin nya

    Guest
  6. @taufik
    mas,itu velg magnesium Marchesini disini ada jual?mas taufik buat dong khusus topik velg dari yang terbaik/termahal sampai yang dibawah kalo bisa dengan harga pasaran dan tempat jual diindo.serta keunggulan dan kelemahan nya 🙂

    Guest
  7. @ Cipto

    Itu pelek diatas ada yg bahan Allu sm Magnesium.. dan warnanya jg bermacem2..buata Ninja 250? gak imbang pak cipto harga pelek 15jt++ dipasang di ninja. rata2 pelek diatas buat MOGE 600CC keatas punya..

    menurut saya mending ganti ban Michelin Pilot Road 2CT buat ninja 110 sm 150 udah keren tuh..

    Standard pelek ninja udah bagus..tinggal diganti sprocker sm chainnya aja pake AFAM 15″ atau RK Chain atau DID 525 atau 520
    O-ring. 120-130″

    gitu saran dari saya 🙂

    Guest
  8. @Indra …
    gw berpatokan bahwa tekanannya tetep sama yakni 32 psi
    akan tetapi harap dijaga jangan sampai kurang … karena ban lebarbila tekanan kurang …berat …ntar jadi boros bro

    Administrator
  9. @Cipto
    kalo velg marchesini 2nd alias limbah … mungkin bisa ditanyakan sama modifikator2 .. kalo baru ..maap nggak tau chanelnya bro
    betul Bro winata … ntu velg harganya lumayan … tapi kalo utilitasnya buat balap …dan dapet sponsor ..yaaa lain cerita

    Administrator
  10. glekk…. 🙁 15 jeti? da 1/3 harga motor nya,ngak imbang deh .kalo mobil harga 500 jeti,velg15 jeti masih mending .sakit sakit ………..

    Guest
  11. Ban yang ringan juga memperbaiki traksi ban terhadap jalan,karena mengurangi berat “unsprung” alias jumlah total berat bagian sepedamotor yang tidak didukung oleh suspensi (artikel suspensi saya nggak selesai-selesai…..lho koq jadi curhat,maaf ya Bro Taufik).

    salam,
    bengkelsepedamotor

    Guest
  12. Roda yang ringan juga mengurangi total berat “unsprung” yaitu bagian berat yang tidak ditopang oleh suspensi, semakin ringan maka traksi ban terhadap jalan akan semakin baik (duh… tulisan saya tentang setting suspensi koq nggak beres-beres……. maaf Bro Taufik jadi curhat).

    salam,
    bengkelsepedamotor

    Guest
  13. @Mas iMam
    Itu dia mas …waktu nulis ini saya jg baca dari beberapa tulisan referensi mengenai bobot “unsprung” ini …tapi berhub saya nggak ngerti maksudnya…saya pending dah … Untung mas Imam bisa njelasin
    Thks Bro

    sy doakan Artikel Seting suspensi dpt segera selesai … bikin penasaran euy

    Administrator
  14. […] Ban merupakan komponen utama bergeraknya sebuah motor. Berat ban (dalam hal ini berat karet ban + Velg) haruslah menjadi perhatian utama pula, kenapa? Saya akan coba sedikit memaparkannya. Sebelum Power sebuah mesin motor dapat menggerakkan motor, maka power tersebut harus ditransformasikan terlebih dahulu untuk menggerakkan ban. Dari sini secara logika dapat disimpulakan bahwa gerakan rotasi ban yang lebih ringan pada gaya dan tenaga mesin yang sama akan lebih besar bila dibandingkan ban yang lebih berat. Jadi mengurangi berat velg ban memiliki dua keuntungan yakni, pertama : mesin hanya membutuhkan gaya yang lebih sedikit untuk menggerakkan ban (otomatis harusnya bbm lebih irit) dan yang kedua karena keseluruhan bobot motor berkurang, maka dengan gaya dan power yang sama, motor akan lebih kencang. Tidak heran para pembalap drag lebih memilih ban dan velg yang super kecil. Keuntungan lain adalah pada umur kerja suspensi dan rantai yang lebih lama karena bobot obyek yang ditopangnya juga berkurang. (more…) […]

    Guest
  15. coba liat ini dulu
    http://www.buynowroaringtoyz.com/240_wide_tire_swingarm_conversion_kit_s/187.htm
    gila man,sayang ngak ada khusus di jual swing arm utk N250R kalo ada tak beli ama ban dan velgnya
    bling bling mannn 😛

    Guest
  16. @ taufik

    u Pulsar 200 ada rekom velg apa nih? terutama u pasang ban touring size 130/70. Ada info ttg ada design u P200 blm? Kebon Jeruk III ya?

    thanx

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here