Beberapa waktu terakhir ini kita sering mendengar adanya sumber bahan bakar alternatif dengan label Bio Fuel seperti Bioetanol, Biomethanol, dan Biodisel. Bahan Bakar bergugus Alkanol biasanya terbuat dari fermentasi gandum, jagung dan bahan makanan lain yang mengandung Hidrat Arang. Sedangkan bahan Bakar Biodiesel biasanya diracik dari bahan dasar minyak Nabati. Bahkan seluruh armada Bus Trans Pakuan di Bogor telah memakai biodiesel dari bahan bakar minyak jelantah.

Pemakaian Bio Fuel dapat mengurangi efek pemanasan global karena kecenderungan jumlah CO2 sebagai gas penyebab efek rumah kaca tidak terus naik. Koq Bisa? Karena CO2 yang dihasilkan akibat pembakaran Biofuel berasal dari CO2 yang diserap oleh tumbuhan saat berfotosintesis. Atau dengan kata lain CO2 yang dilepaskan muffler motor kita hanya menggantikan CO2 yang telah diserap tumbuhan, sehingga kuantitas CO2 di atmosfer dapat ditekan. Kalau kita terus memakai bahan bakar Fosil berarti kita seperti membangunkan kembali karbon yang telah terkubur di dalam bumi, sehingga jumlah CO2 di udara akan terus meningkat.

Nah bagaimana Bila BioFuel dijadikan bahan Bakar motor kita? BioFuel memiliki beberapa nilai plus yakni : tidak menimbulkan gejala Knocking, efesiensi pemakaian yang baik, dapat diaplikasikan pada mesin berkompresi tinggi, dan meningkatkan pembakaran karena mengandung oksigen.

Nilai Minus dari Bio fuel Menurut Andy Storer, Seorang Dosen Motorsport di Notinghamshire college, api dari methanol yang terbakar memiliki spectrum yang tidak terlihat, sehingga kita hanya akan menyaksikan efek pembakarannya saja. Bayangkan Bila ada kebocoran ditangki dan terbakar. Fakta lain menurut beliau untuk kuantitas yang sama, Energi yang dikandung Biofuel hanya sepertiga energi yang dikandung FossilFuel. Artinya kita harus membawa Biofuel 50% lebih banyak dari pada fossil fuel untuk menghasilkan kerja yang sama, berikut perubahan beberapa kits seperti injector, pipa, pompa fuel, dan juga tangki yang jauh lebih besar. Kebayang deh MotoGP masa depan harus membawa tangki sebanyak 45 liter methanol 🙄

Nilai minus lainnya adalah karena sifat Biofuel yang menarik air, maka dapat menyebabkan korosi pada tangki bahan bakar dan perangkat bahan bakar lain pada jeroan motor seperti pipa karet dan plastik. Jadi sebelum menggunakan Biofuel kita harus mengupdate perangkat bahan bakar motor dahulu.

GPZ 750 Turbo

Akan tetapi hal-hal minus diatas masih dapat diminimalisasi. Dengan penggunaan Turbocharger atau mesin turbo tenaga yang dihasilkan Biofuel akan melebihi tenaga fosilfuel, bahkan lebih hebat lagi karena sifat anti knockingnya menyebabkan potensi peningkatan power mesin jauh lebih besar. Akan tetapi sangat sedikit motor legal yang mengaplikasikan mesin turbo, tercatat seperti Kawasaki GPZ 750 Turbo tahun 1985.

Hal lain yang patut diperhatikan bila Biofuel jadi diterapkan secara menyeluruh adalah akibatnya terhadap keseimbangan bahan makanan pokok manusia. Bila pengelolaannya tidak baik maka akan terjadi ketipangan pasokan bahan makanan pokok antara kepentingan perut dan kepentingan biofuel.

Dsarikan dari majalah SuperBike

Salam-Taufik of BuitenZorg

18 COMMENTS

  1. Ehm,kalo di malang sih hampir smua pertamax yg dijual dah pake biopertamax.Cuman kata bengkel langganan gw, biopertamax bikin umur busi lebih pendek.Apa iya ya:(

    Bisa jadi…mngkin karena mengandung air lebih banyak ya ….cmiiw

    Guest
  2. @taufik
    cmiiw=…?….

    correct me if i’m wrong
    betulin saya bila saya salah …bahasa netter bro … imho
    a.s.a.p.

    Guest
  3. makenya 50 : 50 campur sama premium…( blom coba sich )

    tapi ktnya bisa lebih irit..

    Bner ngak.

    Guest
  4. rumah saya di pabean, kabupaten probolinggio ngak ada listriknya mohon bantuannya kepada pak bvupati probolinggo supaya desa saya diberikan penerangan yang layak.

    Guest
  5. @gilang joko rismiati
    MAS JOKO,………….ANDA LAHIRNYA SLASA KLIWON.
    ANDA TIDAK COCOK TINGGAL DI PROBOLINGO.
    DI PROBOLINGO GELAP……..
    KETIK REG SPASI PRIMBON,KIRIM KE 6869.
    PRIMBON DARI SAYA PAS BUAT ANDA.

    piye kabar mu le……….
    wis padhang durung………………..?

    Guest
  6. @ sof
    tega amat sampeyan……….
    kuwi gelap beneran lho…………..
    kok malah kon kirim primbon barang………………
    @mas joko
    mudah mudahan cepet ada penerangan ya………
    hari gini kok ngak pakai listrik………….
    pemerintah nya jangan loyo aja ,masa hari gini gak ada listrik capeeeeeeeee deeeeeeeeeeeech.

    Guest
  7. bukannya bahan bakar biofuel butuh lahan yang besar untuk mengelolanya, wah jangan sampai hutan tropis kita dikorbankan yah untuk tujuan itu. kalau sampai dikorbankan berape bagi bumi

    Guest
  8. Bahan biofuel agar dibuat dari minyak jarak sekalian untuk mengontrol minyak sawit. Ini berguna supaya minyak goreng (bahannya dari minyak sawit) tidak melambung yang ujungnya menyusahkan rakyat kecil

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here