Brothers sekalian, kali ini saya akan mengetengahkan lanjutan perkembangan performa Ninja 250R milik bro Nurman, kaskuser-juga member Forum CN250R setelah mengalami modifikasi lanjutan. Jika pada artikel terdahulu yang dilaporkan adalah performa akibat penggantian Knalpot dengan Sportisi Exhaus, maka kali ini akan diketengahkan komparasi performa Ninja 250R dalam kondisi Standar (stok) – plus Knalpot Sportisi – plus kanalpot sportisi +sebuah parts performa bernama Dial-A-Jet (DJ) yang dilakukan Bro Nurman Di Performance Workshoop Bro Prayogo. Pemasangan DJ ini dilakukan dengan cara mencolokannya pada karet AirBox (cek gambar atas).

Terbesit pertanyaan . . . . berapa ya harganya? Bro Prayogo menjawab pada postingannya di Kaskus : “knalpot + Rejetting dengan DJ 2,8jt, coba geser timing dengan geser magnet (ini mah free deh) modal paking rumah magnet aja, free sekalian pasang knalpot yak. nanti kita tes bareng.abis itu isi harus bensin pertamax plus”. Ok Puas dengan Jawaban Bro Prayogo, sekarang mari kita simak hasil output mesin dynamometer.

grafik komparasi power

grafik komparasi Torsi

Pada kondisi Standar Power Ninja 250R milik bro Nurman tercatat mencapai peak pada angka 24,870 HP dengan torsi maksimal 16,98 nm. Bila Knalpot standar diganti dengan Knalpot sportisi power maksimal naik sebesar 1,221 HP dan Torsi maksimum naik 0,74 nm. Nah Bila pemakaian Knalpot spotisi di tambah penggunaan Dial-A-Jet maka terjadi kenaikan power sebesar 3,452 HP dan Torsipun naik sebesar 1,63 nm. Menarik pula membicarakan grafik-grafik di atas. Dari Grafik yang dihasilkan diatas terlihat Ninja 250R memiliki torsi yang cukup tinggi bahkan pada saat revolusi kitiran mesin rendah (<4000 rpm). Menurut Bro Prayogo pada table Dyno terdapat kolom KMH (km/h) yang menunjukan kecepatan yang diperoleh. Nah angka 101 kmh merupakan hasil kecepatan pada gear 3 sedangkan Nilai 124 kmh diperoleh pada gear 4. Mungkin ada brothers yang bersedia mengkolaborasikan DJ dengan Two brothers slip On atau bahkan Yoshi Full System …. He he he he he …ngelirik bro Teja depok dan bro Cipto medan 🙄 .

Demikian semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Artikel berkaitan :

Sportisi full Exhaust system on Ninja 250R plus Dyno Result

Dial A Jet

disarikan dari sumber : forum CN250R,

kaskuspict : sportisi.com-kaskus

20 COMMENTS

  1. Bro, kalo dipasang dial a jet ada efek samping ga? kalo misal di luar jakarta gimana ya, secara sportisi cm ada di jakarta. Btw, dr yg gw baca2 dipasang dial a jet performance meningkat tp konsumsi bensin jd irit. Omong2 awalnya brapa, terus jd brapa bro?

    belum ada info mengenai efek pemakaian terhadap konsumsi bbm bro

  2. @^ ada juga karbu yg bor da yg cuman karet nya doank..tergantung kondisi sama jenis karbunya…klo nggak salah saich baca di threadnya P` prayogo….:)

    berarti klo untuk n250r, dial jetnya 2 donk yach..? pantesan sampai 2.8 jt harganya…:))

    klo untuk ninin RR , paketnya berapaan sekarang tuch, Kanlpot DBS + Dial jetnya..???

    @2

    Dari thrednya jg gw udeh tanya sama pak prayogo, kenapa bisa irit BBM, karena sisitem dial jet itu mengambil sisa pengkabutan dan dimpan kan lagi, jadi kyk pengakabutan 2X gitu, jadi efecknya kita nggak spuyer yg gede, jadi rata2 yg pake dial jet, spuyernya ditrunin 1 step, tergantung kebutuhan sich..makanya bisa lebih irit..

    gitu bos..yach klo mau tau info dial jet, tanya langsugn atau bisa cari threadnya di kaskuser, biasanya nemplok sama treadnya ninja..:))

    PISS

    Thks atas pencerahannya bro 😀

  3. gue lagi konsen nopol keluar dulu…memang sih dah ngobrol-ngobrol sedikit sama bro prayogo…kalo dah positif pasang pasti gue kabarin

  4. kebetulan knalpot dah 2 bros…jadi tinggal install DJ aja..kalo n250r pake yang dually krn karbunya dua…price yg dikasih sekitar 1.7jt-an…masalahnya memang cuma sekedar bawa ninja dari depok ke cempaka putih aja..blum ada nopol resminya (waks padahal dah dipake touring..)

    mudah-mudahan akhir pekan ini jadi STNK keluar..ngarep mode : ON

  5. jd penasaran mo tau motornya bro teja klo ud install DJ.. wuuuuussss…
    Jgn sampe kebalap sm motor jupiternya komeng..hiks..

  6. Mas Taufik.. tolong referensikan knalpot racing yang baik dan power bagus untuk Ninja 250-R donk!!
    Coz di wilayahku banyak customer yang udah beli pingin pake knalpot racing (biar power tambah gede).
    Dan kira kira dapat dipesan dimana??
    Thanks ya Bro Taufix.
    Kalau bisa emailkan ke eko_kawasaki@yahoo.co.id

    Mas..kalo pengen info lebh banyak monggo sambangin Forum Cyber Ninja 250R Indonesia di
    http://www.cyber-ninja250r.co.cc

  7. @13 sales kawasaki
    hayo mas…jgn ragu2…pasti d dukung bbaanngget…!!! tp nanti jgn yg slip on aja yg d masukin yah…yg full set nya jg kudu harus…kan kl pabrikan yg masukin bisa dpt korting byk d banding in beli sendiri….
    aayyooo..hhhaajjjaarrr bbrroo… :thumbup: :shakehand:

  8. hehe postingan ogut bisa nempel disini …. sip sip seneng berbagi informasi!

    patut diinget yah hasil bacaan dyno itu dipengaruhi juga faktor kelembapan dan suhu ruang, dyno siang dan sore atau malem
    bacaannya bisa beda beda dikit, cenderung lbh gede angkanya kalau malam hari. makanya untuk motor bro Norman kita dyno di waktu yang sama, yaitu sabtu pagi..
    Soal DJ jelas bisa memperbaiki kurva bensin terutama setelah pemasangan knalpot racing. Untuk standar aja terjadi kenaikan 0,5-1hp namun memang signifikan dengan mengganti knalpot.

    siip juragannya nongol juga akhirnya 😀

  9. soale tadi lagi google2 dyno yoshi buat wartawan otomotif,loh kok ada knalpot ogut disebut sebut . hahaha diklik,weleh postingn ane..
    good bro silakan lanjut… tadi ada n250r standar kita dyno sore hari kondisi mesin aga dingin msk 26hp jg kok..artinya dont worry kalo mau ambil ni motor.asli enak bawanya, gagah dan stabil pula! irit lo bensinnya. kalo soal performa biar ane yang pusing.. bentar lagi riset cdi programmabelnya..dtunggu yahh

  10. budget udah ready utk beli ninja250r… tapi kok jd ragu yah? kalo dulu sy pake seri gpx250(ninja250 jadul+kotak) suaranya kok wuueeenak bgt alias brasa 2 silinder segarisnya,tp kok yg skrg malah kyk tig*r yah mas?? ada yg tau knp? dan gimana cara utk balikin karakter suara mesin diatas 1silinder?
    pls reply…. tks

    • MUNGKIN NINJAMU SDH TUA YA DIGANTI DENGAN NAMA NINJA HATORI MUNGKIN LEBIH FRES LAGI DAN BISA MELEWATI GUNUNG LEWATI LEMBAH SUNGAI MENGALIR INDAH BERSAMAAN

  11. mungkin motor ninja itu kalo di ajak balapan liar sama punya ku mungkin ninja itu kalah sama punyaku karena sepeda ku seker nya punyanya kereta api yang kelas bisnis .GRAND BULUS.SEPEDA TUA YANG PENTING TENAGA NYA BUNG!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here