Sebuah Motor bermesin Diesel telah dkembangkan untuk keperluan khusus oleh marinir AS, berkode HDT M103M1 dan bernama JP 8. Motor ini menggunakan Sasis, transmisi, dan beberapa komponen dari varian kawasaki KLR 650. Akan tetapi mesinnya sama sekali baru yaitu mesin kembangan Hayes Diversified Technologies berbasis mesin Diesel.  hmmm sudah kebayangkan bagaimana kaki sama tangan bergetar hebat karena efek mesin diesel 😀 . Mirip dengan getaran Bajaj roda 3 di bilangan kampung melayu kayaknya 😉 .

Mesin Diesel motor ini berjenis single-cylinder,  IDI (indirect Injection) diesel 611cc  pendingin air, menghasilkan daya 30 hp pada 5700rpm. Berat motor sekitar 166 kg, dapat berekselerasi dari 0 sampai 100km/h dalam 9.7 detik, dan dapat ngebut dengan top speed sekitar 150km/h. Tapi ada yang menakjubkan yaitu konsumsi bbbm nya yang  irit. Tester New York Times mencoba motor ini dan mendapatkannya hanya meneguk 1 gallon Solar untuk 95 mile perjalanan atau sekitar 40 kilometer per liter.

Semoga berguna

Taufik Of BuitenZorg

12 COMMENTS

  1. Pas mau nyalip, depannya mikir “wah ada truk mau lewat”..
    Ternyata motor..

    Apalagi kalo pake Klakson Stebel…DUUUEEEENNNNNKKK 😀

    Guest
  2. PodiUm 3!

    Wlaupun Irit, Tapi Kan G Ramah LingkuNgan…
    Euro 2 aja Aq Ga Yakin Tu Motor Lulus

    Military utility bro…
    spek perang…… yang penting bandel dan Gahar

    Guest
  3. Wah tenaganya gede tuh, bagusnya dibikin roda tiga plus ada
    bak dibelakang buat angkut-angkut, biar lebih efisien.

    Guest
  4. di sana memang bahan bakar untuk keperluan militer kebanyakan adalah solar. Jadi kalau ada yang pakai bensin pasti keluarnya jadi mahal makanya dibuatlah motor bermesin diesel untuk keperluan militer…

    Guest
  5. Kalo masuk di Indonesia..
    Bisa tambah irit lagi..
    Disini kan bis banyak yg dioplos minyak tanah..

    Ntar kalo pake nich motor..
    Solar 1 l + minyak tanah 2 l..

    😀 😀

    Guest
  6. kalo ga salah pernah baca tentang motor ini deh, lupa dimana
    ini motor katanya dibuat untuk keperluan militer
    walaupun di kasih kerosin masi bisa jalan

    CMIIW

    Yoi..Artikel ini memang data-datanya dari blog LN

    Guest
  7. Tul udah lama baca artikel ini, tapi perkembangannya gmn ya??.
    Untuk mesin diesel jaman sekarang tidak harus identik dengan suara kasar, getaran keras dan polusi, coba simak di mobil2 sedan kelas atas seperti mercedez mana terdengar suara, mana terasa bergetar, mana ada polusi bahkan standard emisi euroII saja mereka sudah dapatkan, tapi yg jadi masalahnya kl semua itu di aplikasikan ke motor berapa mahal motornya 🙁

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here