Brothers sekalian kedepan kemungkinan brothers akan dihujani oleh launching beberapa produk roda dua baru, terutama dari dua pabrikan teratas di indonesia Honda dan Yamaha. Perseteruan Produk ini terjadi hampir di semua lini, Bebek/ Cub entry level, Bebek High end, Skuter matik, sport entry level, maupun sport high end.

Di segmen Bebek entry level Honda sepertinya akan diwakili oleh CZ-i 110 cc dan Yamaha akan diwakili oleh Varian Vega ZR. CZ-i sepertinya akan di set untuk mensuksesi varian Honda Revo atau berdua dengan Honda Revo merongrong pasar Vega yang cukup membuat Honda ketar-ketir itu. CZ-i hadir dengan desain sporty plus single headlamp mirip Suzuki Arashi dan garis body yang serba runcing mirip senada dengan garis body Yamaha Jupiter MX. Bila benar Versi Injeksi yang akan masuk berarti ini akan menambah pasukan motor berinjeksi Honda. Sedangkan Vega mempersiapkan Varian Vega ZR dengan penambahan kapasitas mesin menjadi hampir 114 cc.

Pada segmen bebek Hi End Yamaha sepertinya sedang menunggu waktu untuk melepas peluru pamungkasnya yaitu varian Yamaha X1R. Mereka sedang mempelajari efek dari meluncurnya varian Honda CS 1 yang nongol beberapa waktu yang lalu. Bila Jupiter MX masih dapat survive dari pertempurannya dengan CS 1 bukannya mustahil X1R akan urung diluncurkan. Jupiter MX memiliki keunggulan dari segi Value yang jauh lebih terjangkau dari CS 1, inilah yang dapat menjadi variable factor amannya pasar Jupiter MX.

Pada segmen matic Aksi kedua ATPM seperti sebuah parade berbalas pantun. Setiap ada launching produk baru pasti akan dibalas oleh launching tandingan. Pada segmen ini Yamaha bertindak sebagai penguasa pasar, sedangkan Honda bertindak sebagai perongrong pasar Yamaha. Terlihat Yamaha sangat berusaha mati-matian mempertahankan singgasananya. Hal ini terbukti saat AHM meluncurkan Beat, YMKI tak berselang lama langsung meluncurkan New Mio Sporty, sebuah upgrade penampilan dari Mio Sporty lama. Honda Thai telah meluncurkan Click-I dengan system pengabutan otomatik dan body barunya yang memiliki desain lebih tajam, mungkin saja AHM juga meluncurkannya dengan nama Vario PGM-Fi tapi konsentrasinya bukan kembali untuk menyasar Mio akan tetapi sekedar sebagai Flag ship matic bike dan mencuri perhatian peminat Suzuki Sky wave. Kan urusan mio dah diserahkan ke beat.

Pada Segmen sport entry level, aksi Honda sebenarnya sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya untuk segera mensuksesi varian Mega Pro untuk dapat bersaing dengan Kesuksesan Yamaha V-Ixion. Sepertinya kalo upgrade hanya seputar asesoris dan striping saja akan sulit bagi AHM untuk mengatasi rongrongan V-Ixion. Jika saja Honda mau mengikuti jejak Honda Malaysia dengan meluncurkan Varian CBR 150, tentu ceritanya akan berbeda. CBR 150 diyakni ampuh untuk mengatasi kesuksesan V-ixion karena secara teknologi dapat menyaingi V-Ixion dengan tipe mesin DOHCnya, tinggal bagai mana AHM meramu harga jual CBR 150 saja sehingga secara Value dapat bersaing dengan V-Ixion yang dibandrol 19,5 Juta Rupiah per unitnya. Bagaimana Dengan YMKI? Tentu YMKI tidak akan tingga diam, bila CBR 150R masuk ke Indnesia, sepertinya YMKI akan menggadangkan Versi V-Ixion berfairing yang di India disebut YZF R15. Walaupunsecara teknologi mesin masih berada dibawah CBR 150R, akan tetapi power of value akan menjadi senjata rahasia YZF R15.

Pada segment Sport Bike High End Keduanya kemungkinan mengeluarkan motor berjenis naked Sport bike. Mengenai dapur pacu, keduannya pun sepakat kembali mengeluarkan Varian mesin 250CC 1 silinder. Bedanya Honda yang sepertinya akan mengeluarkan Varian CBX 250 Twister mengusung tipe DOHC, sedangkan Yamaha dengan pede akan mengeluarkan varian YBR 250 Fazer yang masih mengusung tipe mesin SOHC-Injection. Walaupun kedua motor ini secara nyata berkompetsi, akan tetapi keduanya memiliki musuh bersama yaitu Ninja 250R. Baik Twister maupun Fazer sepertinya memiliki seting harga dibawah Ninja 250R, sehingga keduanya memiliki keunggulan dari segi Value. Brothers sekalian demikianlah sedikit review saya yang berasal dari curahan pendapat pribadi. Menurut hemat saya, biar saja para ATPM dan pabrikan berlomba-lomba menelurkan produk baru yang makin canggih dan enak dilihat, toh yang diuntungkan kita-kita juga karena dapat segera mengecap produk yang selalu up to date. Tidak perlu kita sesama konsumen saling gontok-gontokan tarik urat leher plus esmosi-esmosian. Percayalah brothers bila ada komentar-komentar miring tentang suatu produk motor, Biasanya yang berkomentar memiliki kepentingan mempertahankan LAPAK nya. So…jangan mau diperalat. Semoga oret-oretan saya ini berguna, bila ada opini saya yang tidak ada tempatnya, mohon dimaafkan, maklum . . . . pemula

Taufik of BuitenZorg

SHARE
Previous articleModifikasi Swing Arm Ninja 250R
Next articleChicken Strips :D

43 COMMENTS

  1. cz1 ada kemungkinan pake karbu dan bukan PGM F!, tapi dilihat saja nanti yah waktu diluncurin biar rame.

    fzr 250 sprtina belum akan keluar,
    YMKI kyknya akan lebih fokus motor di bawah 200cc

    Guest
  2. yah sebagai konsumen monggo dipilih yang paling bagus. Apapun mereknya pasti ada yang tebaik di kelasnya, ada yang bukan terbaik di kelasnya.

    Pintar-pintarlah memilih bro…

    Guest
  3. Kalo dah bosen dan ada duit, yaaa… ganti, apapun merknya. Yang penting sesuai kebutuhan dan sekedar menyalurkan hobi. Sementara merk jepun aja dulu, korea belum, eropa ‘n amerika mimpi aja dulu. Nanti malem mo pake MP3 aaahhh………………..

    Guest
  4. kalau saya tunggu i-click aja atau vario PGF-I aja…mudah2an dengan injeksi maticnya bisa lebih irit dari yang sudah ada..:)
    dan yang penting harganya..klo masih beda tipis sama skywave, baru ane beli ….Amiinnn..mudah2an cepat masuk sini…

    kalau untuk motor spot gw blom mau pindah kelain hati nich…:))

    kira2 prediksi nya kapan bro..? click-i masuk ina..?

    PISS

    Guest
  5. sebenarnya dengan persainga ini konsumen diuntungkan…

    tapi klo lihat stylenya AHM, dia merasa dia yg ditunggu konsumen jadi nya besar kepala..:))

    maka price walaupun masih tinggi tetep laku kok..:)

    PISS

    Guest
  6. @all..gw tulis lagi deh alinea2 terakhir artikel ini :
    ” Percayalah brothers bila ada komentar-komentar miring tentang suatu produk motor, Biasanya yang berkomentar memiliki kepentingan mempertahankan LAPAK nya. So…jangan mau diperalat. …….”

    ciri-cirinya
    nyepam..dengan menggunakan satu kalimat yg nadanya sama/ dan selalu diulang2….tanpa ada penjelasan yang sedikit ilmiah/obyektif . . . toh secara obyktif kita2 ini semua 2 whell lover yg melek teknologi, jarang yg brand minded
    dulu di artikel minerva gw sempet perhatiin satu orang sampe2 deteksi IP nya
    nah sekarang tumbuh lagi orang nyepan nggak jelas ..ip nya beda2..barangkali berada di suatu instansi ber ip paralel ….. atau mungkin 😆 warnet …jadi ip nya beda2 tapi masih satu lokasi …
    sebenrnya gw dah tau posisi orang ini dimana …. kan ada software ip tracker 😆
    tapi apa untungnya gw publikasikan …so …santai aja, hanya penjelasan obyektif yang masuk di hati
    komentar subyektif mah masuk keranjang sampah 😆
    peace

    Administrator
  7. gw kok kurang suka tampilan sport naked ya..

    mungkin krn gw gak suka jalan2 telanjang…he..he..

    kayaknya kalo twister dikasih fairing bakal cakep juga.

    -still waiting on my ninja. maybe september-maybe october-maybe never.-

    Guest
  8. asyikkkk Cibie mo masup ya? klo harganya <25 gw pesen atu buat ngegantiin pulsar gw, klo R15 yg masup dgn harga Vixie yg udah 19.4 mau dikasih harga brapa? anggep 22 juta dgn mesin vixie yg sohc, anggep di bore-up nyampe 6 speed 17 dk? mending ambil mesin FU yg dohc trus dipasang di body pulsar?

    Guest
  9. setuju mas..mmg pd umumnya org yg bnyk omong cm bs nya menjelek2kan sj..tp sbnrnya mrka iri krn ga punya duit.

    Guest
  10. Nunggu motor gabungan dari merk Jepang ah..
    Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki jadi..
    “HOYA SUKAWA”
    😀 😀 😀

    Guest
  11. naked bike itu keren kalo kelihatan mesinnya sangar. gede gitu. jadi kalo 250 cc naked mungkin bisa lumayan keren asal pake radiator, rangka deltabox dll contoh vixion meski mesinnya kecil tapi intimidating. lumayan bikin napsu buat diajak tarik-tarikan. saat tiger2000 pertama keluar juga sempat kagum-kagum, tanki gede, ban gede apalagi banyak variasi yang deltabox palsu. oke deh saat itu

    nah ini kalo naked bike 250cc keluar ya sebaiknya tarik garis tegas sehingga kesan “gue 250cc, loe nggak.” jadi orang yang lihat juga langsung tau mana 250cc mana 200cc. soalnya dengan harga bisa diatas 25 jt, kebanyakan orang yang beli adalah orang yang bukan sekedar butuh motor 250cc tapi juga orang yang pingin “tampil beda”. dan kalo tampilannya sama aja dengan yang 200 cc ya gimana bisa “tampil beda”.

    btw belum ada yang bikin ninja 250R-nya jadi naked bike ya?

    akurrr bang victor
    satu lagi biasanya versi Naked Bike biasanya memangkas harga jual
    mungkin ke depan akan tampul Kawi Z 250 Naked bike dengan basis Rangka, body dan mesin N250R

    Guest
  12. honda bakal keluar pengganti tiger
    (temen gua dealer honda)
    yamaha belum pasti la wong scorpio aja memble
    (temen gua dealer yamaha)
    suzuki bakal keluar pengganti thunder
    (temen gua dealer suzuki)
    lengkap yah!!
    bertiga ndak ada rencana keluar pesaing ninja 250R karena secara skala ekonomis tidak masuk
    (penjualan >10.000 unit/th)
    kalau kawazaki jual ninja lumayan nambah omzet
    hidup KAWAZAKI

    Guest
  13. @bro taufik
    klo tempat sama lom tentu orangnya sama bro….
    sapa tau bener2 ada 2 orang yang comment…
    mungkin bro taufik bisa buat aturan yang nge-delete comment2 miring tsb….

    Guest
  14. Klo Honda yg pasti si Tiger ganti style besar2an tp mesin tetep, Meggy Pro jadi 150cc + monoshock dan mgkn injection….

    Yamaha… Vega ZR… YZF R125 juga kemungkinan besar tuh…

    Guest
  15. @ mas taufik
    Stju mas,sbg peacelover,qta shrusny slg menghormati kputusan org laen.G ush tuh njelek2in.Hidup perdamaian.Perdamaian..perdamaian (gigi mode:on) 😀

    Guest
  16. wiih kaya jaman ABG…..angkatan babe gue….banyak montor cc besaar….or multisilinder…..ya biarlah yang punya pabrik pada jor-joran model….kita nikmati saja…ya tooo…
    yang punya duit bisa menikmati dengan beli, yang ga duitan manikmati dengan melihat, sukur-sukur pinjem punya temen, hehehe….

    Guest
  17. bungset…..kapan yak R15 atwa fazer keluar….untuk harian keren tuch, dari pada beli tiger yg cuma ganti baju aza…tp ga gnti tecno, boro2 gnti tecno….riset az kagakmau…..(ba’a kho…….piye toh…cakmanao pulo)..piss bro…

    Guest
  18. wah gila jg pabrikan…CC pada digedein,
    ap mrk ga bisa ngembangin mesin yg sudah ad dgn perangkat yg lebih canggih?
    klo hal ini dibiarkan…bisa2 satria Fu jd bebek yg ber’CC paling kecil dong!!! ini Gila!!!

    Guest
  19. Yang bilang nanti v-ixion masuk bakal kalah ma ducati, liat aja! ntar motor loe yang dukatimana/dukatimonster bakal kalah ama supra fit gua!!!!!!!!!!

    Guest
  20. @ 32 :
    Trus kenapa?? Jadi keren gitu kalo pake nitro + pendingin prizer?? Biasa aja kali… Digeber ma Bandit250 juga ciut…

    Guest
  21. kebiasaan honda, bandrol harga tinggi, tapi barang nya tukar Cassing doank!!
    pa lagi Tiger, Kasar buanget bunyi nya…g sebanding ma harga nya!
    tapi gw akui, Oli nya honda yang bikin motonya terkenal Awet.

    Guest
  22. Gw mah gak pusing amat!!!!!!!!!!. amat aja gak pernah pusing mikirin motor terbaru!. tapi gw tetep FANATIK TUNING FORK!!!!!!!!
    Klw ada Up-grade tan MX Terbaru boleh juga tuh!!!!!!
    Dobel disk, 150 cc and + INJECTION!!!!!!!!!!!.

    Guest
  23. knp mio soul body nya kaya kodok yg lg hamil…………………….? he……..he………he.

    Solusi – Menanggulangi akibat buruk dari mimpi
    Jika anda bermimpi sesuatu yang dapat berakibat buruk bagi anda dan keluarga (seperti mimpi gigi copot dll) anda di harapkan melakukan hal-hal sebagai berikut untuk menanggulanginya:

    Ambillah sapu lidi (bisa juga tusuk gigi, bambu kecil dll). Lalu potong atau patahkan dengan tangan anda menjadi 7 (tujuh) batang, kecil-kecil, kira-kira 3 sentimeter. Sediakan selembar kertas atau tissue. Siapkan garam dapur, sedikit saja. Taruhlah potongan ke tujuh sapu lidi dan garam dapur tadi ke dalam tissue atau kertas. Lipat kertas tersebut dan kuburkan ke dalam tanah (pekarangan, halaman rumah anda). Kalimat yang anda harus ucapkan ketika akan mengubur/membenam kertas (yang berisi 7 potong sapu lidi dan garam) tersebut adalah kalimat yang meminta kepada Yang Maha Kuasa agar di jauhi dari akibat buruk mimpi anda.

    Ya Tuhan. Jauhkanlah saya dan keluarga saya dari malapetaka. Tidak akan tumbuh/jadi, garam yang saya kubur ini. Seperti halnya mimpi saya yang dapat berakibat buruk bagi kami tidak akan menjadi kenyataan atau tidak akan terjadi. Amien.” .

    Guest
  24. Tapi gue salut ma AHM, mereka tdk pernah membohongi konsumen. Liat aja New Tiger dengan penambahan segala macem harganya cuma naik 500 ribu. v-ixion gak ngapa-ngapain naikin harhga sampe 2 jt. Gila gak tuh. Baru jadi no 2 aja udah sombong. Gimanajadi no 1 kayak AHM? dah lupa daratan kalee. Pasti V-ixion di jual 30 jt kalee….. Dasar gendheng!!

    Guest
  25. W lebih nyaman pake bebek X125 injek ketimbang mtr2 tanggung ky macan or kalajengking, kecuali week end w pasti pake moge (up 600cc ), untuk harian honda X125 muntab !!!!!!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here