Menyusul berita dikontinunya RX King, Setelah 30 Tahun mengabdi, Produksi Varian Skuter 2 tak ber-ngaran Vespa PX akan di akhiri setelah dapat menghasilkan penjualan sebanya 15.000 unit per tahun menurut motorcycle.com. Musabab dari keputusan pabrikan vespa tidak lain adalah regulasi baru emisi gas buang kendaraan yang dikenal dengan Euro-3, sehingga menyebabkan pengembangan dan produksi mesin 2 tak diatas 50 cc tidaklah lagi senyaman dulu, ujar Vespa’s U.K. executive Tony Campbell. Bagaimana tidak harga Bensin dan harga parkir di negara-negara eropa seperti inggris yang naik, semakin membuat motor ini tidak berharga.  . . .moso’ ngerawatnya lebih mahal dari pada membelinya, mungkin itu yang ada di benak Oom Tony cmiiw 😀 Menurut tony kembali, PX akan ‘dipensiun’ kan dengan tercatat sebagai produk yang fenomenal dan menjadi salah satu produk terbaik vespa yang tersebar hampir diseluruh penjuru dunia.

[Dikutip dari titipan.org -bro e-hiero] . . . Untuk orang-orang Italia, Vespa sekuter punya arti lebih luas, simbol dari kebangkitan kembali negara mereka sebagai kekuatan industri utama yang berantakan karena perang dunia II. Ini menunjukkan bagaimana masalah ekonomi yg kompleks dapat dikurangi dengan kesederhanaan yang elegan dari sebuah motor sekuter. Dan desain-desain Vespa dihidangkan untuk medemonstrasikan sentuhan Italia pada gaya dan inovasi.

Dari akarnya yang menyediakan transportasi dasar dan permulaan dari masyarakat Italia yang bertahan hidup akibat perang dunia II, sampai peranannya sebagai trend-setter dunia fashion yang bergejolak 1960 an, Vespa tetap mempertahankan desain dasarnya dan fungsi keseluruhannya. Gaya dan budayanya disesuaikan dengan pas untuk anak muda masa kini, yang menghormati keanggunan “retro” dan era pasca-industri. Sekuter-sekuter tua diparkir di garasi dan basement, diperbaiki, dihidupkan kembali, dan dikendarai oleh generasi baru.

Wah bila memang benar begitu, kedepan kita akan sulit sekali melihat tampang old-scool si PX berseliweran di jalanan. Bersiaplah para owner PX motor anda akan menjadi antik dan klasik . . . ayo hunting PX 😀 😀 , semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber gambar : http://www.provoke-online.com/, www.naiffunclub.com,

33 COMMENTS

  1. @2,
    denger juga gitu, di blog mana gitu.. tigi revu juga masuk museum karena ke-classic-an..mesinnyya…hahahahaha

    Guest
  2. HMMM Vespa identik dengan Beetle nya mobil ,sama sama ngak berubah modelnya dan tetap dikenang sepanjang abad 🙂

    Guest
  3. ada yang mau beli vespa taun 62 masih mulus
    mesin bagus surat kumplit mati 3 bulan
    kalo ada yg berminat silahkan hubungi saya di email ajah
    pake YM juga bisa OL terus ngga putus-putus

    Guest
  4. sy angga gr.bahasa Inggris di Karimun, punya vespa sprint tahun 70 an. ingin beli jok pisah dan assesoris lainnya. minta tolong saya dibantu nanti saya kasih uang rokoknya.

    Guest
  5. I’m not sure where you’re getting your info, but great topic.
    I needs to spend some time learning more or understanding more.
    Thanks for excellent info I was looking for this info for my mission.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here