Setelah sepekan yang lalu ramai diberitakan bahwa sepertinya Tiger 250CC urung dipasarkan Honda plus ditambah statement pihak Pabrikan Sayap Kepak Yang menyatakan Motor 250 CC tidak cocok di jalanan Nusantara/Indonesia . banyak Opini yang disampaikan pemerhati Roda Dua tanah Air, salah satu subyek yang sangat menarik adalah Gimana seharusnya Yamaha? apakah Ikut-ikutan Honda untuk membatalkan proyek Fazer 250 nya, ataukah Jalan terus tanpa memperdulikan prediksi dan statemen Honda?

Menurut Saya cara Jitu yang mungkin dapat dilakukan yamaha adalah meneruskan Proyek Fazer 250 ini. Mengapa? Bila kita dengar selentingan Gosip, Maka Tiger baru yang akan keluar akan tetap mengadopsi mesin 200 CC, Nah bila Fazer keluar dan memiliki posisi harga yang hanya 1 sampai 3 Juta diatas Tiger Revo atau pun Tiger yang baru nanti, Maka dipastikan Fazer 250 CC akan memiliki posisi bargaining yang lebih tinggi, apalagi bila harganya sama, menurut saya bisa dilibas deh penjualan Tiger 200 sama fazer 250R. Karena (lagi) secara Tampang fisik Fazer 250 sudah boleh lah, lebih kekar dan satu lagi . . . . mirip dengan Line Up CBR dan Ninja 250R, ini produk Global . . . . yang di manapun di muka bumi ditemukan Tampangnya akan sama. Bangga kan Punya produk Global? Temannya Banyak, bertebaran di seluruh permukaan Bumi he he he πŸ˜€

Ayo yamaha Ini kesempatan mu untuk mengulang kembali kejayaan Mio yang walaupun diutak utik sama jagoan Honda, kagak bergeming dari Singgasana Skutik Terfavorit dan terlaris saat ini. Masiy Inget Kan siapa Pelopor skutik . . . Kymco kan? bila kita analogikan ke sport naked bike Hal ini dilakukan Oleh Thunder 250 CC. Trus Siapa mongtor skutik Jepang pertama kali ydipasarkan : Yamaha Mio Kan . . . bila dianalogikan ke sport naked bike Bisa Jadi ini adalah Si Fazer 250 ( Kalo Jadi launching) . . . setelah itu Mio berjalan sendirian sebagai pemimpin pasar, hal ini bisa saja dilakukan Oleh Fazer 250, kerena nggak ada pabrikan Jepang Lain yang maen di Sport naked bike 250 CC 4 stroke, dengan catatan harganya yang reasonable, dan seperti yang saya tulis di atas kalo bisa dideketin ke harga Tiger Revo yang masih 200 CC pasti kelepek-kelepek deh konsumen. Bila sejarah terulang Lagi kita akan lihat nanti AHM akan turut Ngiler ngejual Motor 250 CC dan akan mencoba kembali peruntungannya di motor 250cc naked Bike . . . nggak tau gimana deh caranya nanti, yang jadi pertanyaan saya . . . . koq ada yah orang yang nggak belajar dari pengalaman sejarah, IMHO CMIIW

Taufik Of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

47 COMMENTS

  1. FZ15 ato 16 pake karbu, its ok.. 18 jetian lah bro, tau kan wat ngadepin siapa.. Terus YZF R15 25 jt an, segmen yg relatif blm trjamah,.. Gw kira lebih laris..
    Tapi skarng emang lg menjamur pnggemar naked bike, di daerah2 jg mulai banyak yg ngemodif tungganganya ala street fighter.. Yang jelas harus keker bro, mending ymki kalo mw msukin fazer buat ngadepin tiger, CBU aja. Ngapain repot2 ckd.. Mending siapin tnaga CKD tuh 2 motor di atas, siap2 indent nya bakal puuannjangg.. (sotoy mode on πŸ˜›

    mangkanya inden dari sekarang
    jiakakak..kata deler..apa yang di indenin?…
    pokoke aku naroh duwit satu jeti buat ngindenin naked Bike apa aja yang dikeluarin YMKI
    pengen jadi yag pertamaxxx

    Guest
  2. Halo fik,
    Kayaknya lebih seru ngebahas ini daripada Tiger 250.
    Kayaknya nggak kluar juga deh fik….

    Kawasaki ninja itu momennya pas dan nggak bisa diulang sih..

    Sekarang kalau pun si YAMAHA masukkin fazer udah telat bertahun-tahun, di negara asalnya (Brazil? CMIIW) motornya kan udah kluar lama. Jadi kurang greget, gossip dari bikin napsu tinggi sekarang juga udah ilang.

    Lagipula rasanya nggak akan kluar tahun ini deh, cuman tahun depan pun kalau mau ngeluarin Fazer ya too late…

    katanya selalu di depan? <- di depan siapa? dan dalam hal apa?

    Guest
  3. @saranto ^^ hallo juga bro
    sudut pandang gw adalah pada jenis motornya bro..
    memang menurut gw Yamaha terlalu banyak pertimbangan…Nggak Kayak KMI, begitu launch di Thai..bos KMI langsung terbang ke thai buat penjajakan.
    πŸ˜‰
    Nah kasus fazer ini beda bro dia . . . walaupun sesama 250cc segmennya berbeda bro
    mulai dari jenis motornya beda -> naked Bike
    harganya -> sepertinya lebih murah dan mungkin bersiinggungan dekat dengan Tigi Revo..ini yang bikin menarik πŸ˜‰
    Mesinnya -> bada dengan N250r yang udah twin

    jadi menurut gw masiy ada kesempatan lah YMKI buwat berbuat sesuatu cmiiw

    Administrator
  4. ahm dan ymki juga lihat medan ndak asal nubruk setiap niche pasar

    awalnya memang pangsa motor 250cc walo cuma seupil klhtnnya menjanjikan.

    apalagi ktka ninja 250 diluncurkan dan banyak pemesan sampe harus indent berbulan2 (termasuk ane yg indent sampe 2 bulan lebih dr meil)

    ttpi stlh bbrpa bulan animo konsumen pada motor 250 ninja terus menerus turun

    perlu diliat juga faltor laen al
    infrastuktur yg perlu dibuat guna mendukung after sales servcie.
    plus model lain dijajaran produk baru yg diluncurkan AHm sudah ngantri pula pemesannya.

    u/ kmi krn rata2 konsumennya sudah paham lemahnya dukungan after sales service dan parts kawasaki dan juga motor jebolan kmi rata2 kurang laku jadi tidak ada msalah berat u/ KMI,meluncurkan produk baru istilahnya nothing to lose.

    kalau anda akan pilih mana
    10 burung ditangan atau 1 burung diawang awang?

    Guest
  5. @Motor Bebek
    menurut gw bukan aniimo pembeli Ninja yg menurun
    tetapi karena maslah harga motor ini yang tinggi >45 Jt
    jadi yang punya uang segitu udah sedikit..masak mo beli dua motor πŸ˜€
    kan uang segitu nggak mudah nyarinya
    tapi kalo keluar Fazer 250 yang harganya nempel Harga Tiger revo . . .
    ….. apa kata dunia..kalo gw seeehh milih yang 250 cc dunk…cc nggak bisa diboongin lah

    siap2 aja deh . . . demen ngeliatin Honda dan Yamaha bertarung Lagi
    dan sepertinya bakalan ada Perang versi kedua niy
    (versi Pertama : mio vs skutiknya honda)

    Administrator
  6. ^^
    Yang jelas versi Pertama : mio vs skutiknya honda, yg menang YAMAHA buktinya si marun yang di jual buat ngelego Ninja 250R,dan vixinya masih di elus2 hehehehehehe ngak nyambung yah???

    hah simarun nggak dijual bro..yang dijual Si TigRev..dg pertimbangan
    kalo dijual Uangnya banyak lebihnya bila dibandingkan jual Si marun
    tapi..juga karena deltabox n injeksinya sih πŸ˜€

    Guest
  7. jadina apa dong mas?
    podo wae, animo yg beli nurun ketitik nadir sama ngak mampu beli.

    emang sih yg knaksir ama i 250 ninja iyu lumayan banyak terutama dikalangan abg tapian masak kudu nodong enyak amah babeh

    Langkah AHM kayaknya bakalan diekorin sama ymki
    krn AHM bakalan lebih fokus kemotor cc dibawah atau = 200cc
    krn alasan harga bbm dan daya beli masyarakat yg lebih di motor dibawah 20 jt

    Tapi ingat…YMKI itu jagonya bikin motor yang
    cc besar harga lebih rendah

    Guest
  8. Jangan khawatir teman2…. bentar lagi si Fazer250 bakal ngelibas jalanan jakarta…… dengan nama YAMAHA……

    Selamat nyoba….

    walah…nyalain sumbu KOMPOR niy
    he he he he
    bagi2 dong infonya bro abisolah . . . . ngarep mode : ON

    Guest
  9. pernyataan gegabah dari Honda, ntar juga kaget2 kalau pengguna cc besarnya minggat ke Yamaha hehehehhehe….dan ga lama lagi de…

    Guest
  10. ayo FAZER maju terus pantang mundur……, khan kujual PIBO-ku kutuker FAZER klo emank jadi keluar…… btw Pulsar220 jadinya kluar ga ya?….

    Guest
  11. Kayanya strategi honda membatalkan launching tiger 250cc cuma buat shock terapi ke Yamaha aja deh.. tapi mudah” an tiap pabrikan tidak saling gontok”an.. Oiya, sekedar info dan berniat membantu.. Bagi Anda yang sedang mencari kerja, silahkan kirim saja CV anda ke email marketing@jacindonesia.co.id karena JAC Indonesia memiliki 350 lowongan baru tiap bulannya.. terima kasih..^^

    Guest
  12. @7 motor bebek

    kalo gue gak mau pilih burung. gue pilih Ninja 250 cc he he. simple, just buy the best motorcycle you can afford !!! dan Ninja 250R is the best (dan kebetulan duitnya ada).

    gue pikir ntar kawasaki keluarin motor laki 150 / 200 cc yang harganya dibawah tiger atau setara v-ixion. membawa citra Ninja 250R pasti lebih mudah. yang gak kuat beli 250R ya beli “adiknya”. Mengusung nama besar 250R pasti lebih mudah bagi marketing kawasaki nanti.

    langkah kawasaki memang pintar, ngapain melawan merk yang sudah mapan, itu sih berat. mending main sendiri. kalau mereka keluarin motor 150 / 200 cc, langsung perang sama v-ixion (yang jelas-jelas mampu laris), atau perang sama thunder 125, mega pro atau tiger revo. dan kemungkinan 95% kalah.

    Yamaha dulu juga menempuh jalan yang sama. vega udah gak bisa dipush lawan supra ya udah, main kelas beda aja : Mio. dan kita lihat hasilnya. bos AHM sampai batuk-batuk kalo dengar kata Mio.

    Guest
  13. Secara pribadi pengen punya motor “bugil” < 200 cc, liat2 aja dulu ah, walaupun fazer 250 jadi keluar, tapi kalo tiger 200 upgrade-an juga ok, kenapa tidak ? syarat nya seh ga neko2 :
    1. menurut kebanyakan orang modelnya keren (model baru pasti keren lah, tukang insinyurnya aja kan dibayar mahal untuk R&D)
    2. konsumsi BBM tidak terlalu boros.
    3. cenderung pilih injection.

    hussss jangan ngomong2 kata Bug** … UU nya dah mo di launching tuh he he he he
    kalo diliat no 1 s.d 3 motor ente yang Vixion kan dah memenuhi kriteria

    Guest
  14. ya…smoga aja fazer muncul….klo laku kynya baru mau AHM ngeluncurin…..yang penting banyak pilihan πŸ˜€
    sbrnya scorpio klo ganti bodi yg keker aja pasti laku….mesinnya segitu dah cukup……

    Guest
  15. mari sama berdoa….berdoa mulai….

    mudah2an fazer disini versi injectionnya,..amiinnn…

    klo bener , pengen juga inden…hehehe..:))

    PISS

    Guest
  16. klo suzuki kok blom ada gaungnya yach..?

    mau ngeluarin apa gitu, jangan2 diem2 mau ngluaring 250cc, 4silinder lagnsung, biar mampus tuch..lawannnya..wakakakakaa..:))

    PISS

    Guest
  17. dulu imni udah pernah coba jualan gsf250 bandit
    dan ndak laku tuh….
    skrg jug kalau dikeluarin paling bisa dijual di level 70 an jt
    apa ada yg mau beli?

    250 ninja sajah udah mulai ngos2an

    skrg imni lebih fokus jualan motor cbu sport
    kalo motor bagger mah udah di maem sama HD nan gaban

    Guest
  18. @22 …betul mas…itu IMNI, nah sekarang ini situasinya beda mas, pertanyaannya adalah
    bagaimana Bila YMKI jadi ngeluarin Fazer 250 dengan harga 25 JT ?

    bila ente punya duit 23 Juta mo beli Tigi revo 200 atau bersabar sambil nabung 2 Juta untuk nambahin beli Fazer 250?

    Administrator
  19. Dana yang dianggarkan buat beli twister bisa pindah ke fazer nih.

    Setuju sama bro Taufik, kalau sampai harganya “cuma” 25jt pasti pada pilih Fazer lah.

    Kalau liat dari Spek Fazer yang “cuma” naik volume 25cc, kayaknya masih mungkin tuh harga segitu, secara teknologi gak ada barang mahal.
    Wong bikin motor Deltabox + Injeksi + Radiator saja bisa dibawah 20jt.
    Salah satu dugaan “harus” dikeluarkannya Fazer adalah karena Scorpio sudah bukan flagship lagi, karena harganya sudah sama dengan vixion, jadi memang scorpio harus diupgrade.

    Guest
  20. om taufik…

    “Trus Siapa mongtor skutik Jepang pertama kali yang dipasarkan : Yamaha Mio Kan . . . ”

    ralat dikit yah…skutik Jepang pertama kali yang dipasarkan sebelum Kymco adalah Yamaha Majesti…dan itu ga terlalu booming. Sedangkan skutik kedua dari pabrikan Jepang yang lumayan booming adalah abangnya Mio, yaitu Yamaha Nouvo (tanpa Z)..

    CMIIW yah…

    hi hi hi betul yah…makasih koreksinya πŸ˜†

    Guest
  21. @23…bro taufik

    kalo ane mah ada uang segitu atau paling mentok 25 jeti dah… medingan ambil yamaha Fazer 250…daripada harus ambil motor yang harganya cuma beda tipis serti Tigi yah. Dengan 25 jeti bisa dapat 250 cc, torsi gede, speed diatas Tigi, (kalo emang bener ya.. udah injection, and pake delta box)..maaf dikata yah, Tiger sekarang udah ga seperti tigi revo..apalagi yang taun-taun awal..

    this my personal opinion…

    Guest
  22. mas taufik,

    tergantung sih ama kualitas fazerna,
    kalo masih
    berwajah cungkring sprti pio
    boros bensin
    shockbreaker blkg gampang ambles
    mesin panas dan bunyina kasar
    rumah kopling baru 20km dipake udah oblak
    karbu rajin bocor bin banjir
    bunyi kreot2 dari dudukan shock blkg
    kopling gampang selip
    transmisi cuma sampe 5 doang
    ban standar sama bebek sama imutnya
    rem blkg drum doang
    bunyi2an di daerah stir
    harga parts yg mahal
    kualitas plastik yg kasar
    kualitas cat yg cepet burem
    kualitas tempat duduk yg gampang ambles sprti shockblkg
    harganya fazer udah pasti di atas 25 jt

    kayaknya sih bakalan masih lebih bagusan Honda New Tiger

    mas setyanto,
    bisa murah krn vxion pake banyak common parts
    mesin pake punya bebek,
    lampu pake punya rx king yg smnjk jaman jebot dulu udah diproduksi. delta box bolong2

    Guest
  23. skdr infoh
    di brazil
    fazer dijual 6500 brazilian real kl US $ 3300 kl 32 jt
    kalo masuk Indo dalam btk cbu dari brazil
    bakalan jadi berapa duit tuh

    krn Indonesia sama brazil kykny ngakada special trade agreement.

    Guest
  24. Justru itu mas Bek, tahu sendiri kan image Tiger Revo sekarang di milis-milis dan forum tiger seperti apa, terutama dari segi mesin, kualitas cat, kanvas kopling.
    Yang sampai membuat AHM mengutus divisi QC nya untuk memonitor milis2 dan forum2 tsb. Dan sedikit banyak hal ini juga yang membuat adanya perubahan management selain karena kesalahan strategi konservatif terdahulu. Nah ini mau diulang lagi, kan blunder, Yamaha jadi first mover lagi, seharusnya sudah belajar dari kasus Mio dan V-Ixion.
    Secara nama, seharusnya AHM itu bukan sekedar diatas, tapi jauh diatas, sekedar diatas tipis saja itu sudah katagori kalah kalau merunut kejayaan AHM dimasa lalu.

    Pemakaian Common Part juga menurut saya itu dilakukan secara lebih agresif oleh AHM, dari GL-Pro/Max Neo Tech, Megapro Tiger.

    Kemudian mesin2 bebek generasi C yang bahkan dipakai juga buat type sport, Honda favorit saya, Win-100.
    CS-1 pun juga megadopsi mesin lama.
    Jadi jauh mendingan Basis mesin MX yang sudah memang sudah beradiator dan 4 katup.

    Soal harga part saya setuju, Honda masih nomor 1.

    Iya mas bek saya dan mas Citra anak lamanya HTML…aktifis KHTI sejati he he he he
    Tau lah mesin Honda he he he he

    Guest
  25. Wakakakaka mas Motor Bebek lucu postnya di #31

    Mas, jangan buta hati dengan merek tertentu, bila ingin judge kualitas sebuah merek selain yang mas cintai sebaiknya disertai fakta, wah.. kalau memang merek motor yang mas sebut di post #31 seburuk itu pasti lah sekarang mas sudah jarang melihat motor2 tuanya dijalan.. malah sebaliknya RX King, ALfa 2 R, F1ZR, Scorpio tua, masih banyak dijalan dan terlihat dalam kondisi sangat baik.

    Saya sendiri pernah pakai Tiger 2000 selama 1997-199 dan 2001-2004 dan menjumpai banyak masalah bawaan yang sejak tahun 1997 pertama saya beli dan belum diselesaikan, saya yakin sampai tiger yg terbaru sekarang ini pun sama, namun bukan masalah yang saya cari, saya cari sebuah motor yang sesuai kebutuhan saat itu, selama masalah dapat diatasi (meski sering bukan oleh bengkel resmi pabrik, melainkan melalui teman2 komunitas) saya sangat menyukai produk tersebut meski secara pribadi saya sudah menganggap motor tersebut terlalu tua teknologinya saat ini, tapi saat itu saya sangat puas karena kebutuhan saya terpenuhi.

    Mohon mas Motor Bebek melihat lebih dalam kehati mas dan beri kesempatan, bisa jadi yang mas anggap musuh selama ini adalah jodoh yang mas cari πŸ™‚

    Allah Maha Adil meski caranya kadang Misterius dimata kita πŸ™‚

    Saat ini saya pakai sebuah merek yang tadinya saya tidak pandang sebelah mata dan ternyata kualitasnya sangat memuaskan kebutuhan saya.

    Salam.

    Kymco Trend SR 125

    Guest
  26. Yamaha Fazer di sana +Rp 25jt an, masuk Indonesia jadi barang baru kena pajak bea cukai jadinya Rp. 40jt an…..wakakakakak….sama juga bohong……..
    Gatau lagi kalau tuh motor sebagian partnya diproduk disini ,tuk menekan biaya produksi seperti produk Honda si motor lokal yang mahal mahal……..

    Guest
  27. ga perlu hajar honda u/ kci pndapt,, Komen itu tllu mojokin honda..
    berat sebelah..
    Mgkn honda pnya persepsi sndri u/ kluarin barang nya, byk hitung2nya,
    yg jls “pnya alsan sndri,,”

    Guest
  28. Gue maniax Tiger. dari mulai muncul udh 3x ganti. mo ganti lg yg Tiger Kicher (matanya kecil sebelah sih xixixi..) cuma gue mo curhat dikit ama pesaing2 Honda neeh.. GUE KECEWA gara2 Tiger Batal keluar yg 250cc. Duit udah gue tabungin bin simpen biar cukup beli motor Honda yg terkenal mahal2 itu.. (org indonesia rata2 sombong, makin mahal makin bangga makin dibeli)
    Payah dah Honda.. Harapan gue, kalo Yamaha Fazer jg ikutan “keguguran” spt Honda Tiger. Mudah2an Bajaj Pulsar/ TVS akan menggantikannya. Apalagi motornya murah meriah dah gitu keren abizz… bikin sirik Fanatisme Honda spt gue ini..

    Guest
  29. yamaha boleh bangga dengan mionya & mx nya, tapi tetep aja murahan, yang beli YAMAHA kalo ga yang bokek ya tukang ojek, yang beli vixion adalah yang ga kebeli tiger revo, peace, HONDE STILL THE BEST, he he

    Guest
  30. kenapa honda mau batalin tiger 250ccx masukk indonesia..??? INDONESIA PUNYA UANG BROOOOOO….TAKUUUUT GAKK KEBAYARRR..?? OOO YYY MOTOR HONDA YG MASUK INDONESIA MODELXX JADUUUULL BANGET….!!!!! GK KAYAK YAMAHA MA KAWASAKIII GW PERCAYA KALO DY SMAKIN TERDEAP CZ GK TAKUT NGAMBIL RESIKOOO..(HONDA CEMENNNNNN)

    Guest
  31. oi bro2 smua…… gwa ma lbh tertrk ma fazer….
    tp kpn y fazer launching di indonesia???
    gwa pngn bangt ni mau bli fazer…
    soal nya tu dah mntp….
    bro2 klo ada yg tau kpn fazer kluar.. autaupun taon depan jadi atau gk di launching,,,,,
    ksi tau gwa y….

    Guest
  32. ikutan share dong oom2….
    okelah…kalo’…begitu…kalo aku perhatiin kenapa motor ber tenaga 250cc.agak seret pasarannya di indonesia / jakarta khususnya setelah peluncuran thunder 250cc. Begini bro’ selain mengenai problem harga yang cukup wuuiiihh itu disinyalir ada masalah di tampilan body keseluruhan.Coba ente’ pada liat sekarang kawak ngeluarin ninja 250cc yang bisa dibilang laku bak kacang goreng kan….jadi pendapat aku bro’ kenapa produk yamaha / honda tidak mengambil disain sport moge full firing seperti kawak. karena konsumen sangat antusias apabila ada motor sport moge yang tampang mirip dengan moge asli, jadi bukan karena naikan cc jadi 250 tapi tampang masih bisa dibilang tidak ada perubahan jauh. coba liat yamaha fazer tampang gak beda ama scorpio khan….juga honda twister hampir mirip tiger, jadi gak ada perubahan total bro’. intinya apabila mo’ berubah berubahlah secara total….seperti kawak 250cc….ini hanya sekedar share loh oom’
    abis aku geregetan kenapa sih gak’ ada yang mau ngerubah seperti kawak, khan mantaf seperti punya moge sport bro. gimana…….okelah..kalo’..begitu…sorry kalo kepanjangan.
    salam bikers sejati…………

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here