motogpnews

Seperti yang telah saya tulis dalam tulisan saya terdahulu bahwa untuk Musim Race 2008, dengan alasan keselamatan dan efesiensi biaya Moto GP hanya akan menunjuk suplayer tunggal penyedia Ban untuk semua Rider di kelas Para Raja MotoGP 800CC. Nah Tanggal 3 Oktober kemarin adalah tanggal terakhir penerimaan proposal penyedia ban untuk musin 2009 . . . dan Hanya Bridgestone yang nyodorin Proposalnya . . . Michellin nggak ikutan nyodorin !!. Kenapa Michellin nyerah sebelum bertanding kayak gini ? trus apa kira-kira efeknya pada gelaran MotoGP ?

Seperti kita ketahui, keruntuhan Citra Michellin sesungguhnya dimulai pada musim 2007 lalu dimana valentino secara terang-terangan mengkritik ban ini sebagai salah satu faktor tidak kompetitif dirinya pada gelaran tahun Lalu sehingga Sulit bersaing dengan Stoner yang notabenenya menggunakan Battlax. Valentino pun akhirnya ogah pakai Michellin pada Gelaran Tahun Ini. Hal ini dianggap Bukti lambatnya RnD Michellin atas Respons penurunan dapur Pacu MotoGP menjadi 800cc yang menjadikan kareakter Grip Kuda Pacu menjadi Berbeda. Lebih parah lagi, Pedrosa Tahun Ini Ikut-ikutan Ngambek dan banyak mengkritik Michellin sebelum akhirnya pindah ditengah musim, jatuh ke pelukan Battlax. Sebelum diadakan sayembara suplayer tunggal oleh dorna, sudah banyak pabrikan dan team yang pengen Pindah ke bridgestone tahun depan sehingga sebenarnya Michellin gagal untuk mencapai targer 40% motor yang disuplay tahun depan.

Bagaimana efeknya terhadap gelaran MotoGP. Seperti Kita tahu gelaran paling bergengsi seperti MotoGP dan Superbike, Rivalitas persaingan suplayer ban akan berkorelasi langsung pada perkembangan RnD Ban itu sendiri. Oleh Karena Itu Banyak Pengamat memperkirakan proses pengembangan performa ban akan melambat, tidak kenceng kayak sekarang. Bila Kita Flash Back, bridgestone dapat seperti sekarang ini karena ia terpacu untuk mengembangkan Ban yang lebih kompetitif dari Michellin . . . dan akhirnya berhasil bukan. Dulu Cuma kawasaki dan Ducati yang pake ban ini, sekarang semua pabrikan dan team pengen pake ban Battlax.. bagaimana respon resmi dari Michellin . . . saya ambil dari situs resmi michellin dan coba terjemah secara bebas :D:

“Organizer MotoGP telah memutuskan untuk menggunakan pemasok tunggal ban pada musim mendatang, yang secara efektif mematikan atmosfir persaingan yang sedang hot-hotnya berjalan. Seluruh sumber daya RnD (Michellin) akan dialokasikan ke ke bagian Inovasi yang merupakan fokus dari strategi Michellin”

Taufik of BuitenZorg

sumber dan bacaan terkait

http://ninja250r.wordpress.com/2008/09/29/tahun-2009-motogp-cuma-pake-satu-merk-ban/

http://www.michelin.com/corporate/front/templates/affich.jsp?codeRubriqueListe=20080211173641&codeRubrique=20080225141247&lang=EN&news_id=23767

http://www.michelinmototechnologies.com/blog_randy/index.php?option=com_content&view=article&id=120:michelin-manquera-au-motogp&catid=11:articles-2008

23 COMMENTS

  1. mas taufik, itu supplier pake jangka waktu kontrak?
    klo ga pake jangka waktu (selamanya), takutnya ntar kayak PLN hehe.. ban motogp byar pet..

    bagusnya sih setahun sekali . . .
    jadi tahun depan belum tentu battlax yg ngegelinding
    bisa aja tahun depan FDR, Mizzle, ataupun Deli Tyre 😆

    Guest
  2. @Rizaru
    Ente Betul bro..IRC dah jadi underbownya Bridgestone . . .
    mudah2an tahun depan Michellin , dunlop maupun Pirelli sudah bisa kompetitif lagi

    Administrator
  3. @12. Taufik
    Taun depan (2009) pake Bridgestone, taun depannya lagi (2010) kali Om.

    xi xi xi xi..ho oh bentul bro..nggak mudeng aku

    Guest
  4. SEPANG MOTOGP OKTOBER 2008
    PAKET TIKET+HOTEL 2MALAM 3 HARI, SEPANG MALAYSIA
    HARGA 520RM

    CATATAN:
    1. TIKET MASUK SIRKUIT +HOTEL BINTANG 3 DE PALMA SEPANG 2MALAM 3 HARI
    TGL 18-20 OCT 2008
    2. TIKET DI AMBIL DI GATE SIRKUIT SEPANG MALAYSIA
    3. TAMBAH 30RM, JIKA INGIN SEAT WITH BIG SCREEN
    4. TAMBAH 80RM JIKA INGIN TIKET DI KIRIM KE ALAMAT YBS
    5. TIDAK TERMASUK TIKET PESAWAT/FISKAL
    Note:
    *. Dapat Official Tshirt + Cap Motogp Sepang
    **. Hotel termasuk salah satu hotel rujukan dr Sirkuit Sepang, Bintang 3, 15 Km dr sirkuit, No. 3 terdekat.
    ***. Minat Hub,
    Adi Saputra
    081319907537 – 08999877991
    lord_saputra@yahoo.com
    HANYA ADA 10 PAKET SAJA….!!!!

    Guest
  5. IRC ??? opo iku tohh…
    ente ente bener coyy…. irc knpa ga nyumbangin aja ke doni tata??
    kan indonesia made in yogyakarta….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here