About these ads
jump to navigation

Suplayer Tunggal Ban MotoGP 2009 . . . . . Michellin Nyerah !!! Oktober 6, 2008

Posted by Taufik in Tentang Motor.
Tags: , ,
trackback

motogpnews

Seperti yang telah saya tulis dalam tulisan saya terdahulu bahwa untuk Musim Race 2008, dengan alasan keselamatan dan efesiensi biaya Moto GP hanya akan menunjuk suplayer tunggal penyedia Ban untuk semua Rider di kelas Para Raja MotoGP 800CC. Nah Tanggal 3 Oktober kemarin adalah tanggal terakhir penerimaan proposal penyedia ban untuk musin 2009 . . . dan Hanya Bridgestone yang nyodorin Proposalnya . . . Michellin nggak ikutan nyodorin !!. Kenapa Michellin nyerah sebelum bertanding kayak gini ? trus apa kira-kira efeknya pada gelaran MotoGP ?

Seperti kita ketahui, keruntuhan Citra Michellin sesungguhnya dimulai pada musim 2007 lalu dimana valentino secara terang-terangan mengkritik ban ini sebagai salah satu faktor tidak kompetitif dirinya pada gelaran tahun Lalu sehingga Sulit bersaing dengan Stoner yang notabenenya menggunakan Battlax. Valentino pun akhirnya ogah pakai Michellin pada Gelaran Tahun Ini. Hal ini dianggap Bukti lambatnya RnD Michellin atas Respons penurunan dapur Pacu MotoGP menjadi 800cc yang menjadikan kareakter Grip Kuda Pacu menjadi Berbeda. Lebih parah lagi, Pedrosa Tahun Ini Ikut-ikutan Ngambek dan banyak mengkritik Michellin sebelum akhirnya pindah ditengah musim, jatuh ke pelukan Battlax. Sebelum diadakan sayembara suplayer tunggal oleh dorna, sudah banyak pabrikan dan team yang pengen Pindah ke bridgestone tahun depan sehingga sebenarnya Michellin gagal untuk mencapai targer 40% motor yang disuplay tahun depan.

Bagaimana efeknya terhadap gelaran MotoGP. Seperti Kita tahu gelaran paling bergengsi seperti MotoGP dan Superbike, Rivalitas persaingan suplayer ban akan berkorelasi langsung pada perkembangan RnD Ban itu sendiri. Oleh Karena Itu Banyak Pengamat memperkirakan proses pengembangan performa ban akan melambat, tidak kenceng kayak sekarang. Bila Kita Flash Back, bridgestone dapat seperti sekarang ini karena ia terpacu untuk mengembangkan Ban yang lebih kompetitif dari Michellin . . . dan akhirnya berhasil bukan. Dulu Cuma kawasaki dan Ducati yang pake ban ini, sekarang semua pabrikan dan team pengen pake ban Battlax.. bagaimana respon resmi dari Michellin . . . saya ambil dari situs resmi michellin dan coba terjemah secara bebas :D:

“Organizer MotoGP telah memutuskan untuk menggunakan pemasok tunggal ban pada musim mendatang, yang secara efektif mematikan atmosfir persaingan yang sedang hot-hotnya berjalan. Seluruh sumber daya RnD (Michellin) akan dialokasikan ke ke bagian Inovasi yang merupakan fokus dari strategi Michellin”

Taufik of BuitenZorg

sumber dan bacaan terkait

http://ninja250r.wordpress.com/2008/09/29/tahun-2009-motogp-cuma-pake-satu-merk-ban/

http://www.michelin.com/corporate/front/templates/affich.jsp?codeRubriqueListe=20080211173641&codeRubrique=20080225141247&lang=EN&news_id=23767

http://www.michelinmototechnologies.com/blog_randy/index.php?option=com_content&view=article&id=120:michelin-manquera-au-motogp&catid=11:articles-2008

About these ads

Komentar»

1. Mr. Momod - Oktober 6, 2008

Pas dah belakang pake battlax BT45 120/80, kalo depan masih percaya Metzeler Lasertec 110/70.

2. choilang - Oktober 6, 2008

yg penting bundar

3. Ban_Tubles - Oktober 6, 2008

klo buat lokal mah pake duro aja,
Adem Bener…….
yang penting masih podium

4. Berita Sport - Oktober 6, 2008

sebetulnya lebih baik pakai lebih dari satu pabrik ban, karena persaingan akan menghasilkan inovasi baru.

5. Mas yuk - Oktober 6, 2008

Single tyre, bs seru bs engga…

6. gerryZX150 - Oktober 6, 2008

hore battlax berjaya……hdup bridgestone…..

7. wewed - Oktober 6, 2008

Pake ban nya tank ajah… lebih gaharrrr

8. radix - Oktober 6, 2008

mas taufik, itu supplier pake jangka waktu kontrak?
klo ga pake jangka waktu (selamanya), takutnya ntar kayak PLN hehe.. ban motogp byar pet..

bagusnya sih setahun sekali . . .
jadi tahun depan belum tentu battlax yg ngegelinding
bisa aja tahun depan FDR, Mizzle, ataupun Deli Tyre :lol:

9. Ando - Oktober 6, 2008

Shock Dpan Ducati Kereeeeennn..
(ga NyamBuNg)

10. ikhsaint - Oktober 6, 2008

kapan irc jadi ban tunggal moto gp ???? :p

11. rizaru - Oktober 6, 2008

^

fyi, irc itu sbagian sahamnya dah milik bridgestone, mana mungkin dong jd ban moto gp –’

12. Taufik - Oktober 6, 2008

@Rizaru
Ente Betul bro..IRC dah jadi underbownya Bridgestone . . .
mudah2an tahun depan Michellin , dunlop maupun Pirelli sudah bisa kompetitif lagi

13. Ciprut - Oktober 6, 2008

@12. Taufik
Taun depan (2009) pake Bridgestone, taun depannya lagi (2010) kali Om.

xi xi xi xi..ho oh bentul bro..nggak mudeng aku

14. devil's - Oktober 7, 2008

Michellin baru taun ini KO masa udah nyerah.. taun depan juga ribut2 ga puas dengan Battlax

15. Emanuel Setio Dewo - Oktober 7, 2008

Bukankah seharusnya “supplier” dan bukan “suplayer”?

16. Taufik - Oktober 7, 2008

@Mas Dewo…
maklum pake bahasa kampung jadi deh nulisnya suplayer :D

17. agung - Oktober 7, 2008

minta info sparepart sacks 125 donk yg keluaran minerva

18. Biji_anget - Oktober 9, 2008

irc ga ikut2 nyodorin proposal?

19. adi saputra - Oktober 10, 2008

SEPANG MOTOGP OKTOBER 2008
PAKET TIKET+HOTEL 2MALAM 3 HARI, SEPANG MALAYSIA
HARGA 520RM

CATATAN:
1. TIKET MASUK SIRKUIT +HOTEL BINTANG 3 DE PALMA SEPANG 2MALAM 3 HARI
TGL 18-20 OCT 2008
2. TIKET DI AMBIL DI GATE SIRKUIT SEPANG MALAYSIA
3. TAMBAH 30RM, JIKA INGIN SEAT WITH BIG SCREEN
4. TAMBAH 80RM JIKA INGIN TIKET DI KIRIM KE ALAMAT YBS
5. TIDAK TERMASUK TIKET PESAWAT/FISKAL
Note:
*. Dapat Official Tshirt + Cap Motogp Sepang
**. Hotel termasuk salah satu hotel rujukan dr Sirkuit Sepang, Bintang 3, 15 Km dr sirkuit, No. 3 terdekat.
***. Minat Hub,
Adi Saputra
081319907537 – 08999877991
lord_saputra@yahoo.com
HANYA ADA 10 PAKET SAJA….!!!!

20. iin - Oktober 17, 2008

rossi is the best

21. SAHID - Januari 15, 2009

dalam perebutan gelar tidak ada tantangan menurut saya karena di suplyer satu ban aja

22. irman - Februari 28, 2009

IRC ??? opo iku tohh…
ente ente bener coyy…. irc knpa ga nyumbangin aja ke doni tata??
kan indonesia made in yogyakarta….

23. Nick 69 - Februari 28, 2009

Bagus dech..

Biar gag trlalu bnyak penyebab atau alasan kalah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.520 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: