Gb. 1  Step One . . .
Gb. 1 Step One . . .

Pada kali ini saya akan mengetengahkan tips untuk memutar motor yang kali ini berjenis matic. Motor matic memiliki focus bobot pada bagian belakang karena disanalah tersentral beberapa parts seperti rumah CVT dan lain-lain sedangkan pada areal depan jauh lebih ringan. Hal ini mengharuskan kita untuk menggunakan standar tengah. Standar tengah pada Matic letaknya lebih sentral dari pada standar samping. Ok mari kita mulai. Pertama-tama dirikan Motor matic dengan standar tengah, lalu berdirilah dengan memasang kuda-kuda 😀 , di sebelah kiri motor. [Gb. 1 ] Brothers juga dapat memasang standar samping untuk jaga-jaga pabila motor terlalu berat dan miring ekstrim ke kiri. Cengkramlah dengan erat grip kiri setang dengan tangan kiri brothers, sedangkan tangan kanan dapat memegang grip atau apapun yang dapat digenggam dengan mantap di buritan motor. Untuk Kasus ini saya memegang braket box.

Gb. 2 Step Two . . . .
Gb. 2 Step Two . . . .

Untuk diketahui nanti tugas tangan kiri lebih ke “mengangkat” dan tugas tangan kanan lebih ke “menekan” karena bobot motor matic yang cenderung ke belakang. Lalu miringkan motor ke arah kita dan buat motor hanya bertumpu pada satu titik yaitu kaki kiri dari standar tengah dengan cara membuat kesembangan antara tangan kanan dan tangan kiri. [Gb.2 ] Awalnya mungkin agak sulit untuk menentukan posisi seimbang ini dan butuh beberapa detik untuk menyesuaikan.

Gb 3 Step Three . . . .
Gb.4 Step Four . . .
Gb. 5 Step Five . . .
Gb. 6 Step six . . .

Lalu ketika brothers sudah memperoleh posisi seimbang dan sudah merasa yakin untuk melakukan putaran, bro dapat memulai memutar tubuh bro dan motor ke arahkanan/kiri sambil tangan kanan dan kiri menjaga keseimbangan. [Gb. 3,4, dan 5 ]Setelah menemui arah putaran yang diinginkan kembalikan posisi motor tegak seperti sedia kala dengan perlahan [Gb.6 ] . . . . . mudah kan? . Saran saya, bila dilakukan di dalam rumah dengan lantai keramik, dirikan standar tengah di atas alas seperti kain yang tebal untuk meminimalisasi efek guratan pada permukaan keramik/lantai. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

16 COMMENTS

  1. mas taufik, gmn klo muterx pke standar samping aja?

    klo aq sih seringx muter begitu pke standar samping dari mio sampe mx ok lah.

    Guest
  2. mas taufik, gmn klo muterx pke standar samping aja?

    klo aq sih seringx muter begitu pke standar samping dari mio sampe mx ok lah.

    Guest
  3. asal jgn ngajarin or saranin tip ini ke cewek / kaum hawa,..
    di jamin,.. baret2 🙂

    kerasa berat, bukan kuda2/ keseimbangan yg di jaga tapi perut nya bakal ngikut nempel ostosmastis ke motor (read=reflek) dg maksud mensupport beratnya mongtor,..

    alhasil,..
    kalo gak kuat juga….. “dari pada perut gw baret2,..” (cewe’ mode=ON)
    mending lepas mongtor dan gubrakkkk!!

    peace..!!

    Guest
  4. @hanamon
    kalo pake sstandar samping di mongtor seprot katak tigi dulu ogut dah pernah coba, tapi kalo pake matic kok kayaknya lebih berat ke belakang yah ? susah nyeimbanginnya euy

    Administrator
  5. @pertromax
    wakakak ..oo jadi githu ya kalo cw yg ngerjain

    @momod
    pake box juga bisa di tarik kayak yg ente kerjain bro, cuma spacenya harus lebih luas aja 😀

    @Penggemar Ninja

    Kalo bebek mah kayaknya bisa cuma pake setandar samping deh bro, soale mesinnya ditengah jadi bisa mudah balance

    Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here