Ninja 250R dan beberapa Motor lain dari pabriknya sudah dilengkapi dengan Cakram tipe Gelombang, lho kenapa bukan tipe Bulat biasa? Saat motor berjalan, rotor cakram ikut berputar, saat melakukan pengereman gesekan antaran kampas rem dan permukaan rotor cakram akan menghasilkan panas dan debu kampas rem. Nah Pada cakram tipe gelombang panas dan debu akan di lepas sepanjang kurva-kurva gelombang yang membentuk bibir rotor cakram kearah depan yakni kearah di mana angin berasal. Beberapa hasil pengetesan beneran efektif menurunkan suhu cakram, bahkan sampai 20 derajad. Akan tetapi ide utama dari Cakram tipe gelombang ini adalah masalah feeling pengeremannya itu sendiri, hal ini diamini oleh Mr Sandro Milesi, cucu dari pemegang paten dari rotor cakram tipe gelombang yang sekarang memagang jabatan General Manager perusahaan Grafer USA. Dia mencoba meyakinkan bahwa pengaplikasian cakram rotor tipe gelombang akan menghasilkan feeling pengereman pada tuas rem yang semakin baik dan berbeda dengan cakram tipe bundar. Kelebihan lain, bobot cakram sudah tentu akan berkurang sehingga efek Gyroskopis juga berkurang. Semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg
Sumber : Motorcyclist.com

12 COMMENTS

  1. knapa motogp sbagai barometer tekhnologi motor dunia egk ada yg pk wave cakram y…,-atau ane yg bLm prnh Liat…???

    Guest
  2. @Kang Momod
    siip tapi kapan yah . . . apa cakram yang sekarang digergaji biar bergelomnbang kayak githu he he he he šŸ˜€

    @Mas Pe3
    Velg Buel yang dual double disk itu ? hmmmm

    Administrator
  3. mungkin lebih adem ,tapi saya kira akan lebih sedikit gesekan antara kampas rem dan piringan cakram itu sendiri sehingga mengurangi daya cengkram pengereman.
    karena bidang piringan cakram berkurang akibat banyaknya renda/lubang2…….
    -Beberapa hasil pengetesan beneran efektif menurunkan suhu cakram, bahkan sampai 20 derajad (test suhu) belum ada test kekuatan cengkraman)
    cmiiw

    Guest
  4. mobil ama motor balap ngak ada satupun yg make cakram lucu kayak begitu.

    lebih kearah gaya doang.

    amalah kayak skutik yg dimodif seabrek2 ampe ada yg masang lcd panel. cuma aksi doang tanpa fungsi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here