Kalau sebelumnya saya sempat memposting cara mendirikan motor besar yang sebenarnya dapat pula diaplikasikan untuk semua ukuran motor, Pada tehnik kali ini kursus mendirikan motor celentang yang lebih dikhususkan untuk motor berukuran kecil sampai medium, monggo disimak dan dikomentari πŸ˜€

1. Belokkan Setang sampai full sehingga ban menghadap ke atas

2. Temukan titik tumpu motor yang seimbang antara kedua ban yang dapat berupa foot step, engine guard dll. Biasanya motor akan lebih mudah diangkat dari titik tumpu tersebut. Bersiaplah untuk menopang seluruh bobot motor.

3. Jongkoklah didekat setang, gunakan kedua tangan untuk mulai mengangkat seraya menjaga agar punggung tetap tegak/lurus. Angkat motor perlahan dengan menggunakan otot lengan BUKAN otot punggung seraya mempertahankan grip setang di dekat tubuh

4. Berhati-hatilah agar nggak keterusan sehingga motor akan jatuh ke seberang πŸ˜€

5. Buka side stand (stadar samping), dan parkir motor dengan Rapi πŸ˜€

semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

artikel terkait : http://ninja250r.wordpress.com/2008/10/20/diy-mengangkat-motor-yang-jatuh-nggak-sembarangan-lho/

sumber : http://roadstarclinic.com/

16 COMMENTS

  1. Asal teknik pengangkatan benar dan bertumpu pada lutut motor akan enteng sekali terangkat. Pada gambar motor jatuh ke sisi kiri, begitu berdiri tangan cepat memegang stang dan kaki menurunkan standar, jika dari arah sebaliknya pastikan kita sudah membuka dulu standar samping untuk mencegah motor tidak keterusan terdorong ke arah sebaliknya. Teknik ini di pelatihan defensive riding internasional (e.g JDDC) sudah termasuk dasar dari pelatihan.

    thks testimoni penguatnya bro πŸ˜‰

    Guest
  2. pelajaran bagus buat yang awam kayak saya nih.
    soalnya ngangkat kalau nekuk punggung bahaya, udah kapok.

    hi hi hi..sayang punggung ya mas…
    bisa skit pinggang kalo salah ngangkat πŸ˜‰

    Guest
  3. wah cocok banget neh tips……..kmrn gw habis jatuh sama si ninin emang ga bisa bangunin untuk bnyak orang baik disitu yg nolong……..berat bgt bro…..tp heranya cm mika lampu sein yg lepas..knalpot lecet dikit sama jalu stang lecet dikit….bodi bnr2 utuh tanpa lecet…..saran gw…..kyknya emang lebih mantaf pke sein tempel selain lebih aman jg gaya…..buat yg lain hati2 aja kususnya dalam menikung perhatikan kondisi jalan bnyak pasirnya g tuch….biar g kebanting kaya gw………..

    memang kudu hati hati saat menikung dg N250r apalagi dengan kecepatan rendah..secara motor ini berat euy

    Guest
  4. Kalo stang motornya dah diganti pake stang lokal (di marih), bakalan “mletot” tuh stangnya. πŸ˜€

    maksutnya setang sepedah bmx githu kang helmi πŸ˜‰

    Guest
  5. Terimakasih Mas Taufik,

    Disini juga ada, perempuan lagi tinggi sekitar 160cm yang di-tegak-kan BMW yang beratnya hampir 300 kilo

    http://www.pinkribbonrides.com/dropped.html

    So yakin aja pasti kuat deh…. tapi asli kalau KZ-1000 yang bekas APEC bueerat buangeut, standar tengah aja aye nggaak kuat.

    salam,
    bengkelsepedamotor

    makasih mas imam..cara yang seperti ibu2 lakukan itu mirip banget seperti cara sebelumnya
    http://ninja250r.wordpress.com/2008/10/20/diy-mengangkat-motor-yang-jatuh-nggak-sembarangan-lho/

    Guest
  6. @ mas taufik
    jangankan ngangkat motor, kalau bisa ngangkat apapun jangan membungkuk/pakai punggung. saya pernah lagi ngangkat pot doang, mendadak bersin, abis itu nggak bisa tegak lagi. 2 bulan sakitnya gila-gilaan, duduk-berdiri aja perlu ancang-ancang… kalau kejadian sama terjadi di jalan, pas ngangkat motor, bahaya banget…

    pokoknya jangan ngangkat pakai punggung/punggung posisi nekuk-nunduk.

    Guest
  7. koq gue ngangkat CBR 150 yang jatuh ajah dengan posisi kaki jongkok, ngak kuat bro, malah tuh cbr tetep turun terus niban paha gue, untung ada orang yang lagi lewt ngeliat dan bantuin ngangkat…..Bro Fik dengan adanya kejadian ini aku malah malah ngeri nih kalo beli ninja250, bobotnya kan lebih drastis gitu…yang namanya kecelakaan siapa tau siapa sangka, tiba2 posisinya gue dah di tiban miring tuch Ninja250, bisa pasrah tergeletak sampe ada orang yang lewat untuk nulungin :)… bisa share pengalamannya ngangkat motor yang terjatuh miring dengan posisi kita yang tertiban di bawahnya?, semoga belon pernah dech….

    Guest
  8. Add: tetangga gue cuma ngeliatin doank lagi, kagak ngebantuin, kelar-kelar malah diomongin dan di ketawain(dasar emak2 tukang gosip), untung ada orang dari luar gang yang kebetulan lewat dan landsung lari ngebantu aku.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here