Kebanyakan Ban buatan Lokal seperti F** dan Swa**** tidak di spesifikasikan penempatannya, sedangkan ban impor tertera spesifikasinya untuk ban depan dan belakang. Ban Belakang dan Depan memiliki jenis alur yang berbeda sesuai dengan peruntukannya masing-masing. Ban depan Seperti Battlax BT 45F berfungsi sebagai poros perpindahan secara setang motor berada di depan, selain itu ban depan berfungsi sebagai penyeimbang saat cornering yakni saat rider mengaplikasikan counter steering. Saat hujan, ban depan berfungsi sebagai garda terdepan pembelah genangan sehingga biasanya alur grip ban depan lebih ‘rame’ dari pada alur grip ban belakang. Sedangkan Ban belakang didesain lebih agresif. Saya sendiri belum pernah nuker-nuker ban begini tapi yakin banget kalau ditukar feeling gripnya akan beda IMHO. Bagai mana Pendapat brothers semua?

tmcblog youtube channel
TMC ADS

19 COMMENTS

  1. @kang momod a.k.a Mr helmy
    (aye yakin beliau mampir dimarih he he he he)

    aye minta poto yang malem minggu kemaren di mekar motor donk..mo dipublish buwat artikel besok ..bisa dikirim via email di cabidun@hotmail.com

    thks b4 bro

    Administrator
  2. ban lokal uadah mulai kok bedain untuk depan dan belakang. klau sampai tertukar pemakaian memang akan berasa di handling yang jadi gak stabil di kecepatan tinggi, juga pada saat menikung dan itu pke motor bebek apalagi pake motor sport yang tenaga dan bobotnya lebih. jadi jangan sekali kali mencoba kcuali sangat darurat dan harus cepat diganti bila sudah dapat untuk pengunaanya.

    Guest
  3. @2.Taufik

    Waks…. file ada di rumah, kebetulan internet di rumah lagi down sejak kemaren sore, jadi ga bisa OL. šŸ™
    Ni sekarang OL di kantor (lambat banget juga), malemnya sekolah, sampe rumah sekitar jam 23. Perlu diantar besok subuh ? (kalo ya… sms aja, di rumah ga pasti ntar malem bisa OL). šŸ˜€ šŸ™

    Guest
  4. Qta hrs brlaku adil, mnempatkan sgala sesuatu pd tmpat yg shrsnya masing2, klo memang tempatnya di dpn.. ya taro aja di dpn, klo shrsnya di belakang.. ya hrs ditaro di belakang.. Jgn dibolak-balik.. Pamali! šŸ˜‰

    Guest
  5. yang saya tau sih ban belakang alurnya liku2, untuk mendapat traksi sebagai pendorong tenaga motor. kalo ban depan alurnya lurus, lebih untuk steering / pengendalian motor.
    CMIIW

    Guest
  6. untuk ukuran pelek yang sama, ban belakang lebih lebar tapaknya.
    kalo ban depan dipake di roda belakang, untuk kecepatan, beban, dan manuver yang masih normal aku pikir tidak terlalu berpengaruh.
    ini teori saja, soale aku ga pernah nuker2 ban depan/ belakang.

    Guest
  7. @infinity , wisnoe n all

    berarti kalo di spek racing sirkuit . . . perbedaan depan dan belakang kira2 apayah?
    secara keduanya sama2 slick alias botax a.k.a nggak ada patern alurnya . . . šŸ˜‰
    mungkin beda kompon nya ya cmiiw

    Administrator
  8. 1) Boleh, silahkan tanya anak2 KNC/Ninja KRR dan yg suka balap lainnya… Btw, ane jg make demkian. Tp ane ga speeding.

    2) Tidak: Hati2 kalo musim ujan. Kyknya ga jamin…

    Guest
  9. Bro, klo ban pabrikan ternama, jenis lapisan bahannya beda juga disesuaikan dengan beban yang diperkirakan, termasuk di dalamnya beban pegas shock depan dan belakang yg kekuatannya beda. Jika diisi angin dengan tekanan yang sesuai syarat ban tsb, jika dipasang di depan akan menghasilkan bentuk yang beda dengan dipasang di belakang, karena beban yg berbeda.
    Itu dari segi bahan, dari segi desain juga berbeda. Sayangnya aku bukan ahli ban, jadi tahunya yang umum2 aja. šŸ˜€
    cmiiw…

    Guest
  10. @Taufik
    Belakang pindah ke depan?
    pengaruh di pengendalian..
    soal pembedaan ban pada produk lokal pasti..meski tidak tertera Front or Rear..
    lihat aja di FDR,Depan mempergunakan FDR tipe MP76,sedangkan ban belakang a dengan jenis Sport XR.
    yang pasti amannya pakai rem cakram,hehehehe…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here