Tak terasa, belum satu tahun umur blog ini, alhamdulillah saya diberi kesempatan dari sang maha kuasa untuk dapat mempublish menulis lebih dari 300 artikel, Terimakasih untuk semua brothers (maaf namanya nggak sanggup saya tulis satu persatu šŸ˜‰ ) yang rela dan Ikhlas untuk mencoba saling berinteraksi di blog sederhana ini, terima kasih juga untuk para blogger senior (bro retorika, mas tri, bro Imam, bro Ilham, bro Nugroho, bro Bona, Mas fanderlart, mas Giri dan para bloger seniorlain) yang telah banyak membimbing newbie seperti saya ini. Seiring dengan eskalasi dan akselerasi jumlah artikel yang mengikuti deret ukur ini, terpikir oleh saya untuk mengikuti jejak blogger-bloger terdahulu seperti bang Ilham dengan kafemotornya dan bang Retorika/satar dengan Indobikernya ataupun bro Giri dengan Prado [dot] Com nya untuk melangkah lebih jauh lagi dengan menginstalasi blog wordpressnya pada domain sendiri. Bagi saya sendiri, memiliki sebuah blog dengan domain dan hostingan yang di manage sendiri memiliki tantangan tersendiri yang saya yakin jauh lebih njelimet dari pada menggunakan sub-domain wordpress.com.

Akan tetapi dibalik semua ini, saya adalah seorang penganut fikih prioritas yang (mudah-mudahan) akan selalu berusaha mengkaji dulu alasan-alasan dan pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan pilihan/prioritas pilihan. apakah punya Rumah untuk blog saya ini lebih bermaslahat (lebih baik), lebih utama ? dan tentunya ada banyak pertimbangan lain nya. Nah melalui Artikel ini saya berusaha untuk mendapat Feedback, advice, wejangan, saran atau apapun juga dari brothers semuanya mengenai rencana blog ini untuk pindah ke rumah sendiri. Monggo tolong dikomentari rencana saya ini, masukan bro sangat berarti bagi saya. Thks b4 bro

Taufik of BuitenZorg

26 COMMENTS

  1. pertamak dulu..hmm terserah bro taufik deh mo pake rumah sendiri atawa ngekost atau ngontrak yang penting terus nulis artikel baru buat penggemar hehehehhee lanjut……

    thks bro

    Guest
  2. selamat ya mas taufik, ternyata udah setahun ya.

    belum setahun mas

    klo menurut aq seh paling cucok klo ada rumah sendiri jd kan semuax dijadiin satu alamat cuman beda bahasan aja kan(ninja 250r, tabulampot, dll).

    hmmm ide brilian!! gimana caranya yah šŸ˜‰

    he he he

    jd lebih praktis n kesanx lebih gimana gt, susah diungkapin pke kata2 dech.

    btw keep posting n selamat ya mas.

    Guest
  3. Bro Taufik,

    Salut, sudah 300 lebih euy… Selamat

    Tetap di wordpress saja, selain gratis juga kalau mau komentar lebih gampang.

    Kafemotor (org) yg tanpa wordpress sepertinya sudah tidak aktif

    salam,
    bengkelsepedamotor

    makasih atensinya dan bimbingannya mas Imam

    Guest
  4. Well,… menurut gue lho… mau pakai domain sendiri atau nggak… bukan disitu letak powerful suatu blog. Yang lebih penting adalah content… packaging memang perlu.. tapi karena nature dari blog adalah content dan discussion… teknologi peranannya soo..soo laagh.. !!!

    betul tuh mas . . . . untuk masalah konten, rujukan saya memang blognya mas tri
    cara nulis artikelnya unik …. mas tri banget dah pokoke šŸ˜€

    Jadi kalau mau pakai domain.. boleh saza.. pilih domain yang gampang diingat… Namun yang penting adalah content artikelnya.. dan konsistensi updatingnya.. !!!

    Hope .. bisa menjadi masukan.. dan bermanfaat… šŸ˜€

    makasih masukannya Mas tri šŸ˜‰

    Guest
  5. ikutan…
    saya sih belum tahu kelebihannya apa selain untuk belajar ya. katakanlah kita pakai free hosting, spacenya cuma sedikit dibanding wordpress yang ngasi 3gb. kalau kita sewa hosting, makin gede traffic di blog kita bayar trafficnya juga makin gede. kecuali di free hosting ya, ada yang dikasi gratis sampe 100gb katanya, walau space cuma 250mb.

    selain itu, dalam berkomunitasnya rasanya lebih mudah kalau dibawah satu layanan blogging. entah itu wordpress atau multiply. apapun yang kita post akan muncul dalam sistem bulletin board mereka, dan tags yang ada di sana pun akan mempermudah orang menemukan tulisan kita. kalau kita pakai rumah sendiri, harus pakai sistem feed atau bookmarking lain supaya bisa ditemukan orang. jadi ya, masih praktisan pakai layanan blogging kalau untuk saya ya. interaksi sosial biasanya lebih cepat karena jaringan komunitasnya lebih terdukung.

    nah kalau domain ya ndapapa, bagus aja beli dotcom sendiri. dulu saya juga pake, walaupun bendanya adalah di multiply.

    kalau usulan saya, kalau mau coba independen, coba aja dulu pakai freehosting dan softwarenya wordpress, bikin clone-nya dari blog ini. jadi ada 2 yang online sama persis. dari situ kan bisa belajar-belajar… dan bisa lihat lebih hidup secara independen atau dibawah blogging service…

    euh, kepanjangan ya mas, hehehe…

    Makasih Mas Raya…
    mantappp dapat elmu lagiiiihh šŸ˜€

    Guest
  6. Setuju sama bro tri, konten dari satu blog sangat penting, lebih penting daripada punya domain sendiri atau tidak. Yang jelas penggunaan domain sendiri akan lebih mudah diingat daripada “numpang”…

    Tapi saya mendukung bro supaya pakai domain sendiri, bro termasuk aktif banget loh soal penulisan artikel. Sudah jauh nyalip saya…

    Moga-moga kontennya makin keren saja ya bro…
    Congrat…

    makasih bro fander . . .
    hidup blogging activity he he he šŸ˜€

    Guest
  7. Klo ngeliat isi blognya Bro Taufik yang full info gak cuma buat yg punya ninja, menurut saya lebih baik punya rumah sendiri, ini dari segi pembaca ya, kalo Bro Taufik hostingnya di lokal (IIX) otomatis pembaca blog ini akan lebih diuntungkan karena jauh akan lebih cepat aksesnya dibanding hosting di wordpress yang notabene banyak banget fasilitas yang dibatasin.
    Tapi kalo hostingnya di luar sih menurut saya mending pake rumah yang sekarang aja, akses nya toh gak akan terlalu berasa buat pembaca blog ini.
    Emg bener isi lebih penting drpd punya domain sendiri, tapi kalau dah isinya nambah mantap dan hostingnya jug di lokal jauh lebih mantap lagi Bro.

    Thanks

    ok sip, inputnya saya terima bro ferry šŸ˜€

    Guest
  8. @taufik
    gw mah bukan senior..karena ente paksa aja bikin blog sendiri.juga rekan lainnya.
    jadilah http://www.prado2.com,xixixixi….
    eh,bedanya bro sama mas itu apa ya?
    kayaknya ada korelasinya deh..
    xixixixi…

    senior dong..kan mas giri duluan yg nge bloging he he he
    bro sama mas…ya enaknya saya aja manggilnya apa he he he
    contohnya kayak mas triatmono …saya sebut mas karena dia orang jawa
    derajatnya sih sama2 bentuk penghormatan saya terhadap seseorang šŸ˜‰

    soal pengen punya domain sendiri,well silahken aje.asal diupdate terus.gw dukung mas bro…(apa bro mas?)
    masalah kafemotor.org gak aktif lagi karena gak ada yang update lagi.sedikit banyak ada korelasinya sama prado2.com;

    korelasi lagih..apaan nih korelasinya
    emangnya Regresi Linear ha ha ha ha ha …inget pelajaran statistik šŸ˜€

    Guest
  9. Enakan di wordpress, selain cepet di akses tapi jg gratis, kalo masalah ingat ato nggak dengan domain seh, mending di add di favorite ajagh

    bookmark MODE : ON šŸ˜€
    bukan begitu kang wewed?

    Guest
  10. kenapa kafemotor.org diblok sama googlel yah?
    “Peringatan- mengunjungi web site ini mungkin berbahaya bagi komputer Anda!” demikian kata pak google

    Guest
  11. @12 wah kaya ngunjungin website motorplus dong…dangerous katanya..bisa ngerusak!!
    bagi2 ilmu terus mas Taufik..komentatornya juga rame..
    saya ketularan juga nih bikin blog..tapi sepi hiks….jadi blog saya banyak hantunya..bisa bikin blog juga baru, buat saya sih rada2 keajaiban akhirnya saya bisa bikin blog..blom ngerti cara2 beli domain dan setting ini itunya..
    thx bro taufik n bro2 lainnya…enak ada blog motor indonesia, terutama buat suku terasing kaya saya hihi

    Guest
  12. thx mas taufik..maunya sih bisa rajin kaya mas taufik, isinya juga macem2 n seru..
    saya baru belajar bikin blog..lumayan lah jadi pelarian, soalnya di kota saya ga ada orang indonesianya..da ampir setaun 3 minggu ga naik motor..biker kaya mas taufik pasti tau rasanya klo absen ga naik motor hihi..
    mas taufik pernah nulis perbandingan honda tiger dan V-ixion? maksud saya dalam hal performa, karakter dan perawatannya..sebagai pengguna pastinya mas taufik tahu banyak.

    Guest
  13. bicara soal blog yang laku dikunjungi, saya belum pernah punya blog yang rame, apalagi kayak blog mas taufik ini. di multiply saya bikin blog udah 4 tahunan dan udah mulai banyak temen yang ngunjungin dan komen secara reguler tapi…. entah kenapa akhirnya sekarang malah bikin lagi di wordpress karena butuh ruang yang lebih tenang untuk topik yang spesifik sekitar pekerjaan dan obsesi. rasanya seakan nggak kepengen ditonton sama teman-teman di multiply, pengen mulai lagi dari nol. bukannya berarti kepingin blog sepi, tapi mungkin emang kepengen ada ruang yang baru… aneh juga.

    Guest
  14. kalau menurut saya yang susah itu kalau blog kita mau dijadiin lebih dari sekedar personal web log. misalnya jadi situs berita, situs bahasan tematik atau semacam portal mini yang emang tujuannya mencari interaksi dan komunikasi dengan banyak orang… kayak blog ini. udah bukan lagi sekedar blog, isinya udah lebih kaya dan manfaatnya ke banyak orang, bukan hanya pribadi. šŸ™‚

    kalau murni blog aja sih gampang karena cuma sekedar catatan harian atau sarana menumpahkan perasaan, prioritas manfaat dan fungsi utamanya adalah untuk si pemiliknya aja. sepi atau rame nggak soal, yang penting udah ada sarana berekspresi šŸ˜‰

    hmmm..nambah ilmu lagiiihh

    Guest
  15. mas rayafahreza, itu foto aslinya ya? wah ikutan main di video klipnya peter pan dong…
    bener…bikin blog buat berekspresi, sekalian latihan menulis dengan sistematis. tapi klo rame kaya blognya mas taufik seru bgt, bisa ketemu banyak orang dari mana2.

    Guest
  16. @Mas Ari

    jaaaaaaahhh bari tau die… šŸ˜‰

    Mar raya itu salah satu psohor yang berinteraksi di marih . . . bos nya para artis hi hi hi šŸ˜€

    Administrator
  17. iya itu emang foto saya pak arie, tapi coba buktiin kata-kata mas taufik, tanya aja sama artis, siapa saya. pasti pada jawab……

    “siapa ya?”

    hahahahaha….

    saya mau ah jadi bosnya artis, biar kebeli ninja 250r.

    Guest
  18. aye ngak berani kasih koment karena aye juga masi new new bie nya dibawah bro taufik (pokoknya intinya mas taufik tetap eksis ngak bosan2 nya update tuh milis dan forum yah šŸ™‚ )
    semoga sukses selalu disegala bidang bro,
    salam kompak selalu
    dari bro jauhhhh dari medan šŸ™‚

    Guest
  19. Mas Taufik,Maaf saya nggak bisa komentar yg lebih berguna buat Blog ini.
    Selain pemula juga nggak tau apa2.Mau dibikin apapun yg penting nggak ngerepotin bagi saya untuk nyariin Blognya Mas Taufik.
    Soalnya kalo didpn komp plg2 yg kubuka pertama2 Bloknya Mas Tri,Mas Taufik dan Forum N250R.itupun nggak bisa tiap hari mas,krn sering luar kota’
    Sampe2 kata istriku,paling2 bertamu ke tempat MasTri ato Mas Taufik.He.he..Maklum istriku lebih pinter hal beginian.Tapi dia seneng kok mas Soalnya saya jd krg keluyuran ketempat yg aneh2 He.he…
    Maaf saya pemula banget
    Semoga makin sukses aja Mas..

    Guest
  20. banyak ilmu baru yang saya dapet dari blognya mas.
    kami dari pembaca sih sebenarnya asik aja mas, mau pake domain sendiri atau tetep di wordpress.
    yang penting gampang nyarinya ama posting komennya.

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here