31102008005
menembus sungai

Waduh, nggak tau deh, brother ikut ngeliat pilem dokumenter ini atau tidak sekitar akhir pekan lalu, menceritakan perjuangan ojeker di daerah pedalaman sulawesi, motor yang mereka pakai itu beragam, dari Honda bebek Revo sampai Trail Suzuki TS, yang kesemuanya telah diganti bannya menjadi ban pacul ala dirt bike. Mereka melayani Jasa pengantaran barang dari sebuah kota disulawesi utara ke desa-desa pedalaman seperti sulu utara, mamasa dll. Perjalanannya sangat jauh dan medan yang yang ditempuh sangat-sangat tidak layak dan bila bro ikut nonton pasti bilang . . . imposible motor bisa lewat situ. . . . apalagi tipe motor bebek. Bisa Bayangkan motor-motor itu melawati hamparan sungai dangkal, lumpur, hutan belantara, berjalan diantara dua tebing sempit yang mungkin lebarnya hanya 20 cm . . . .dan ini yang paling edaaannn naik keatas tebing cadas. Untuk yang terakhir ini, saya sempet memoto dengan ponsel saya, dimana anggota group ojeker ini saling bahu-membahu mendorong, menarik dan menjalankan motor sehingga bisa sampai diatas bukit terjal. . . . gelo ceuk orang sunda mah ๐Ÿ˜€

311020080041
motor naik tebing ? bukan imposible !!
(
riding diantara batu kali ๐Ÿ™

Jiwa brotherhoodnya . . . . . kagak ada lawan dah, mereka saling membantu dan memberikan solusi saat salah satu anggota group ojek yang bermasalah motornya. Solusinya pun diambil dari alam . . . sebagai contohnya : Bila Kampas rem cakram sudah habis mereka mensubtitusinya dengan . . . . . KAYU, cukup tercengan saya ketika melihatnya, sayang saya nggak sempet mengabadikann gambarnya, dan juga bila ada ban yang gembos dengan kondisi ban dalam yang sangat parah, maka mereka mengisi ban dengan jerami hingga bisa kembali berjalan. Sampai-sampai di filem dokumenter tersebut perjalanan terhenti karena jalan tertutup longsoran tebal yang tidak memungkinkan motor lewat . . .sungguh sebuah anti klimaks . . . para ojekerpun meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki, karena amanah barang harus sampai ke tangan pemilik barang. Ternyata di sisi lain dunia ada juga biker berjiwa pejuang seperti mereka ini

Taufik of BuitenZorg

foto : jepret langsung pake kamera ponsel. (maap kalo burek ๐Ÿ˜‰ )

30 COMMENTS

  1. Iya mas kemaren pas liat neh pilem wuih sampai meneteskan airmata mas, selain karena terharu perjuangan mereka juga karena prihatin ko pihak terkait sampai sekarang belum tergugah hatix untuk membuatkan akses jalan yang lebih layak gt lho.
    Padahal kalo tuh ojeker sampai ga bisa beroperasi katanya warga disana bs kesulitan lho mas.
    Satu hal lagi mas “jiwa brotherhoodx” itu lho mas patut ditiru, siapapun kita, apapun tunggangan kita kalo ada biker yg butuh pertolongan ya harus kita tolong “bukan begitu mas bro sekalian”..

    Guest
  2. Wah! Aje gile..!
    Bnr2 tk acungin 4 jempol bwt mereka.
    Medan kyk gitu mgkin cocoknya pake atv yg rodanya dibikin kyk roda tank kali…

    Guest
  3. Bener bro, gua jg liat itu documenter, mantaps tenan Ojeker itu ya, dengan segala keterbatasan yang mereka punya, Mongtornya bisa ngelibas medan yang berat.
    Salut banget gua.

    Guest
  4. Waduh…
    Di stasiun tv mana, jam berapa..??
    Koq nggak liat yaa saya…
    Tapi hebat juga…
    Masuk anggota trabas nggak usah test lagi…
    Salut…
    4 jempol…

    Guest
  5. Hmmmmmm……….. sayang ga nonton.

    Waktu baca paragraf pertama2, inget dulu di daerah cibinong para ojeker ban motornya pake rante, maklum jalannya belum diaspal.

    baca paragraf tengah, “haaaahhhh” …..?!
    baca paragraf akhir, “eduuuuaaaannnn……….” !!

    Guest
  6. kita yang di kota jadi malu sendiri, selama ini petantang petenteng ga karuan…..bener-bener kena tuh semboyan dari HD “Ride to live live to ride….”

    Guest
  7. Iya tuh…klo gak salah dgn destination situs purba yg banyak megalitiknya.

    Cuma klo ane nonton doang, gak kepikiran jadi inspirasi buat postingan.

    Hehehehe…

    Guest
  8. tidak ada yang bisa kita sombongkan, kita bisa mengendarai motor di jalan yang halus…… tapi mereka, bisa mengendarai motor, tidak lagi di jalan.

    Guest
  9. klo dibandingin ini, rekor saya dorong motor dari menteng sampe cempaka putih kayanya jadi ga bisa dibangga2in lagi…

    Guest
  10. Mereka patut mendapat lebih dari sekedar 4 jempol. Jalinan persahabatan melebihi segalanya.

    Dan yang penting….mereka tidak meributkan merk atopun
    tipe!! Inilah semangat yg patut kita teladani.
    Selayaknya kita ketika jadi panitia 17 Agustus di kampung.
    Gak perlu beda2in agama, suku, tinggi n berat badan, golongan
    darah, partai dan atribut2 lain yang GAK PRINSIP!!

    Makanya Bro
    Jalinan perkoncoan, seduluran dan persahabatan yang
    harusnya lebih kita utamakan. Bukan semangat perselisihan
    hanya karena merk tunggangan!!

    So, yang pasti jangan sampรจ kita dijajah Jepang lagi (melalui merk motor tentunya). Walopun beda merk gak harus cerai berai.
    Yang pakรจ Sony Cybershot, ga usah njelekin Lumix-nya
    Panasonic, ato EOSnya Canon dlsb.

    Masa HANYA karena MERK, kita MUSUHAN??
    Jangan Bro…..
    INI YANG JADULLL bin KATROCK

    Salam,

    Guest
  11. Kok gw liat gak ada yang pake rx king di modif trail gt..kalau ada pasti lebih mantap lagi perjalanan mereka dalam melibas rute yang seperti itu..keliatan sekali betapa ngos-ngosan nya motor bebek mereka dalam melayani medan yg begitu berat..btw semanganya oke bgt.

    Guest
  12. setuju…mari kalo kita berkomentar biarpun di dunia maya dijaga tata kramanya..kebayang kan klo jadi kebiasaan mencela-cela motor orang lain atau merek lain menyebar ke sektor2 lain, misalnya:
    wah bro, pacar lo ga oke…pacar gw dong!!
    bro, pacar lo perawatannya mahal tuh…
    bro, pacar lo tampangnya cupu..

    bisa2 ente masuk caranya bang napi nih gara2 berantem:
    Nah Lo liat tuh kejadian barusan, waspadalah..waspadalah!!!!

    Guest
  13. Wah gile.. Perjuangannya patut diberi 100 jempol.. Buat komunitas2 yg sering masuk hutan, jangan terlalu berbangga dulu.. Liat tuh medan berat yg dilalui ojeker2 diatas..

    Guest
  14. Kalo diliah pic terakhir ada ucapan terima kasih ke Humas Pemda Luwu Utara, mungkin lokasinya bukan di Sulawesi Utara, tapi Sulawesi Selatan. Dulu ane pernah disana waktu Kab Luwu belum pecah jadi Luwu Utara, Luwu Timur, Luwu, dan Kota Palopo. Ane dulu di Palopo.

    Guest
  15. itu lah indonesia raya tercinta
    untuk prasana umum terlupakan
    tapi …… untuk gaji
    anggota DPR terhormat total ber Milyar” dengan hasil
    pada bolos atau tidur waktu rapat
    dulu waktu di kalimantan nyebrang ke malaysia
    bedanya bumi dan langit, jalan tanah batu ke temunya jalan hotmix muluss kaya aspal sepang
    ud di subsidi aja dari anggaran BBM biar para ojerker
    bisa ganti naik KLX250 (tambah mumet)

    Guest
  16. @luthfie
    makasih koreksinya betul sul sel ๐Ÿ˜‰

    @for All..
    .tambahan..pada akhir filem ini, metro tv memaparkan pula bahwa jalur ojeker sudah dibuka jalur penerbangan perintisnya . . . akan tetapi para ojeker masih tetap setia narik…
    FYI sekali jalan mereka dibayar 500 rb Rupiah

    Administrator
  17. By d way…
    Maaf,.bro..kita mo pindah tugas ke Padang…mohon info pertamax,.disana lancar gak..,.soale si ijo baru seminggu,di tangan nih..mo boyongan juga ke padang…
    salam buat ninja mania di padang

    Guest
  18. wah ane ndak bisa bilang apa2 lagi, yg jelas kata salut masih kurang untuk mengekspresikan apa yg mereka buat. Kok tega sekali pemerintah daerah ato pemerintah pusatnya membiarkan rakyatnya masih hidup susah seperti ini, dimanakah perasaan mereka, dimanakah perikemanusiaan mereka, klo pun pemimpin daerah mikirin diri sendiri mending kalo dia mati suruh gali lubang kubur sendiri trus tutup kuburannya sendiri.
    BTW jika ane suruh menjadi ojeker disana mgkin ane nyoba 1 hari aja udah kapok, yah biarlah ALLAH SWT terus memberikan rahmat & hidayahnya kpada mereka semuanya

    Guest
  19. Nah, kayanya ini yg bikin inspirasi terbentuknya suatu komunitas.. Rasa ingin saling membantu (maupun dibantu)..

    nah.. buat para ojeckers, salut buat konsistensi mereka pada pekerjaan, walau apapun rintangannya.. and sekalian aja.. tuh para ojeckers bikin.. Komunitas Ojeckers Indonesia.. hehehe..

    poko’e maknyos lah semangat’e..

    Guest
  20. 500rb yah??
    Waa…lumayan tuh bwt bisnis jasa pengiriman brg ๐Ÿ˜›
    kalo sehari 500rb ya ckup sbanding lah dgn resikonya
    IMHO

    Guest
  21. @bro taufik
    Jrk yg ditempuh brapa km mas?
    Kalo skali angkut 500rb, harusnya byk yg brani invest niy!
    Cari jalur ndiri agr bs ngangkut pake trike atw ATV

    Guest
  22. Jalan Trans Sulawesi aja menantang apalgi yg ampe masuk pedesaan……., hihi……. Yg jiwa touringnya cuma setengah2 bs koit bro…

    Guest
  23. itulah bukti nya, apabila kita (manusia) berada dalam keadaan keterpaksaan, maka semua nya (mau tidak mau) harus bisa…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here