Artikel ini saya tulis setelah membaca blog mind genesis yang judulnya cukup dalem bagi saya . . .

Honda semakin Yamaha dan Yamaha semakin Honda!!!

Menarik sekali pemilihan kalimat Bro Mind, di atas. kediu ATPM tanah Air mencoba merapihkan line up produk mereka. yamandaDan mencoba menambal segala lubang-lubang kelemahan masing-masing. Honda Memiliki lubang pada ranah desain dan performa (kencang) sedangkan Yamaha memiliki lubang pada ranah mileage (ke iritan). Memang irit bukan segalanya, tapi sepertinya yamaha paham benar kondisi krisis energi akhir-akhir ini, terlebih tekanan ekonomi yang mendera, membuat setetes ataupun se sendok teh bensin pun berharga . . . hi hi hi jadi Lucu . . dulu saat Vario Baru keluar, Yamaha langsung tanggap dengan mengeluarkan Iklan dengan Muatan info bahwa ada matic ‘Gendut’ baru keluar 😀 . Tapi setelah itu, selang beberapa bulan Yamaha Mengeluarkan Mio Soul yang notabenenya . . . ‘gendut’ juga 😀 . Yang menarik untuk ditunggu . . . setelah dulu yamaha mengeluarkan Iklan dengan Muatan sesendok bensin . . . apakah di hari-hari kedepan Yamaha akan megeluarkan Motor dengan jargon irit? Saya Rasa Irit bukan Jiwanya Yamaha . . . Jiwa Yamaha Adalah Performa !! cmiiw

50 COMMENTS

  1. @astaufik n all

    udah ga jaman lg yaw saling menjelekkan produk, sekarang yg penting adalah keinginan konsumen n atpm pun sudah mulai mengerti juga. kalo dulu emang beberapa merk dianggap boros n ga irit tp sekarang kan enggak to, paling beda cuman sesendok/dua sendok aja.

    honda mulai memperhatikan performa n tarikan selain keiritan.
    yamaha juga mulai memperhatikan faktor keiritan bbm juga,

    mau motor kita beda merk/pabrikan yang penting kita tetep bikers indonesia “bhineka tunggal ika”, setuju…

    satu hal lage kita harus lebih saling berbagi, kasih tau kelebihan/kekurangan suatu produk tanpa saling menjelekkan, contoh :
    “eh sekarang aq pake motor ******* ini neeh, modelx asoy, tarikanx gini, performax gitu, n konsumsi bbmx 1:sekian. gimana menurut bikers2 sekalian.”

    salam mas, sorry br muncul lagee. huehehehe…

    Guest
  2. @hanamon#5
    setujuh banget

    @hanamon#6
    waks itu mongtor KX mas . . . hi hi hi aku ganti deh 😀 . . . kelupaan
    maksutnya ganti2 biar fresh tiap hari . .

    Administrator
  3. Numpang absen aja bro taufik.
    Semoga persaingan menuju ke arah yang lebih baik, jadinya khan konsumen juga yang diuntungkan.
    Sorry, baru nongol lagi…
    Salam.

    Guest
  4. Ahem.. katanya cuma beda sesendok teh ❓
    Koq skarang jadi diperitungin, malah dibangga-banggain pula award-nya Mr. T.. 😕

    Gemana neeh, gw jadi binun.. brarti slama ini gw dikibulin dongg??
    Gemana gw mo percaya lagi klo udah begini.. Huhh !! 👿

    Guest
  5. iklan kreative kan dah ada, punya honda….mendinglah hampir semua iklan honda gak menjelek2in produk kompetitornya….

    Guest
  6. @bro taufik…

    canggih kalo bebek lagi ya percumah.. canggih kalo bentuknya kek vixion ya sama aja bohong..

    canggih dan berbody sport bike…. YZFR125… itu baru maknyoosss
    canggih dan keren… ala VFR 400 baru mak nyossssssss

    canggih tapi bebk lagi bebek lagiiiii

    capekkkk dahhhhhhh

    Guest
  7. thn 1990’an saya sangat Honda-minded. skrg malah dah berubah drastis, bukan krn termakan iklan tapi krn pengalaman.
    pernah pake produk AHM 2 kali & skrg msh pake produknya YMKI.
    skrg nyari motor laki lagi tapi tawaran AHM & YMKI gak ada yg mengena di hati (yg atu, ganti jubah doang. yg atunya lagi desainnya gak menarik meski mesinnya mantap…..) tawaran Kawasaki sangat mengena di hati tapi tak mengena di dompet, hehehehe…..
    YMKI kapan rilis penggantinya Scorpio yah? mdh”an spt yg dah lama digosipin itu….. yg 250 cc.

    Guest
  8. Hari ini baca M+
    KOMPARASI BLADE VS JUPITER Z
    Blade ungul segalanya; akselerasi, max power, keiritan konsumsi bensin, manuver, harga, teknologi…dan pasti nama besar (tambahan sendiri)
    Yah emang wajar sebenarnya sih, Blade tuh produk yang benar2 baru, sementara Jupiter Z itu masih keturunan Yamaha Crypton yang udah 11 tahun
    Lha tapi kapan Yamaha mau melawan kalo cuma ngeluarin Vega ZR

    So sebagai penggemar Yamaha (yang tidak fanatik), trus kalo gini terus apa yang bisa diharapkan dari Yamaha dong

    Guest
  9. orang indonesia emang sejahtera dan modern. Anak mudanya sudah bisa make motor bagus kemanana-mana.
    Beda dengan anak muda jepang, mereka sudah bisa bikin motor dan laku dijual ke indonesia 🙂

    Laa ilaha illalah!

    Guest
  10. Sayang ya om taufik,yg seru gontok2annya cuma 2 pabrikan itu doang…kan yg untung cuma mereka saza(he3x…kaya cerita prosa sastra lama Kawan Bergelut itu loch!)…
    Coba kalo szk,kwsk dll ikut tawuran masal,kan seru..konsumen pasti dimanjakan deh…bentar2 muncul produk baru yg cihuy punya…

    Guest
  11. @Kang Paidjo
    Kalo untuk kawi sih nggak usah di komporin juga akan ngeluarin produk yang mau nggak mau harus beda . . . soale kalo begitu2 juga alias nggak ada bedanya . . . susah lakunya 😉 cmiiiw

    Administrator
  12. jd ilfil neh.
    gw blm liat + nyoba sndiri bhwa blade unggul sgalanya dr jupiterZ,,
    sow gw ga bkal percaya..
    emank siy t’serah eloh n gw tp perlu dibuktikan..
    lagian mana ada kenceng tp irit..
    tekno dr planet mana lg nih..

    Guest
  13. He..he..he..betul juga ya om taufik…walopun telat ga ma2 juga deh..sayang buat nebus kawi yg cihuy belom ada donaturnya bos,secara kita golongan menengah menurun jadinya ya cuma bisa klik mode: ngimpi ON!
    Ninja ijo..oh ninja ijo,pancen cocok buat cari jodho…hikz!
    Suzuki,piaggio,kanzen dkk ditunggu kejutan2nya..

    Guest
  14. @esemelekete
    harus banyak sabar mas hehe.. h/y/s udah pernah ngeluarin sport fairing tapi ga lagi brarti memang tipis untungnya hehe..

    @nick
    kek gitu aja dipikirin.. motor saia kalah keren atau kalah kenceng juga cuek aja ah.. kita mah pokoke tetep yg asik2 aja..

    Guest
  15. honda memang melakukan terobosan yang sangat berani,tapi yamaha kok malah gitu2 aja ya…
    padahal aq dari dulu sangat suka dengan mesin yamaha yang responsif

    Guest
  16. Kalo persaingan memanas, udah pasti yang diuntungin kita2 sebagai konsumen.
    Moga-moga aja ke depan ada ATPM baru masuk ke Indo trus bikin gebrakan, yaahhh… kayak perangnya para operator seluler gitu. Tul gak?

    (nungguin gebrakan motor India neh!}

    Guest
  17. saat dunia lagi krisis, yamaha ngluarin produk2 irit. . .honda ke performance. . .

    saat dunia tidak krisis, honda ngeluarin produk2 irit. . . yamaha ke performance. . .

    ada yang tau kenapa??

    (tapi sekarang bensin lagi turun dink. . .hihihi :mrgreen: )

    Guest
  18. @22

    anak2 muda di indonesia juga sebenarnya banyak yang pinter-pinter n berpotensi, tapi masalahnya. . .pemerintah indonesia gag ngasih biaya untuk riset2 gitu. . .beda ama pemerintah jepang, ilmu pengetahuan didukung total. . .

    coba sekarang anda pikir, berapa hadiah yang didapatkan oleh seorang juara olimpiade tingkat nasional dibandingkan juara2 idol??

    sangaat jauuuh. . .

    Guest
  19. @33
    kalo buat motor sendiri . . . modalnya gede om . . .kudu buat pabrik, mesin belum lagi training sdm dsb dsb. . . lihat India bisa sukses karena dulunya gendengan sama Piagio dan kawi . . . pelan2 mereka serap ilmunya sampe akhirnya muncullah Bajaj, TVS sebagai hasil jerih payah mereka . . .

    Kalo kita . . . (mungkin) pemerintah males mguarin dana segitu gede . . . pengennya instan ajah . . . datengin investor LN, suruh bikin pabrik di marih . . . lalu produksi deh . . . kan bagi pemerintah lumayan . . . nggak usah nguarin duit buat modal . . . tapi terus dapet duit dari pajak dll dll cmiiw . . . jadi industri motor nasional . . . jalan di tempat deh cmiiw lagih 😉

    Administrator
  20. ^mas taufik
    Yup mang pemerintah
    Pemikiran mie instan jd ya hanya jangka pendek aja..
    Kan yg penting kepilih lg pas pemilu
    Dgn ember2 kinerja bagus dll

    Guest
  21. ^xb
    wkwkwkwk
    iseng2 mas..
    gag penting juga..

    ^kornet
    bilang mi instan tringat gw wktu merantau dgn sephia wkt dikost dulu net.
    spiring bdua,ujan2.
    jd anget xixix

    Guest
  22. @warman – Desember 17, 2008
    “iklan kreative kan dah ada, punya honda….mendinglah hampir semua iklan honda gak menjelek2in produk kompetitornya”

    Iklan vario yang ada motor matic lain lupa nurunin standar samping, sama ngesot di turunan..coba liat motornya.dengan jelas itukan produk matik yamaha?

    Guest
  23. @25 Nick 69
    Honda Blade lebih kenceng kog lebih irit?
    ya bisa aja bro, Honda Blade torsi maksimalnya didapat di rpm lebih rendah (kalo nggak salah).
    Jadi kalo buat jalan nyante gak usah betot gas dalem2, irit deh.
    Dan lagi sistem perpindahan giginya lebih canggih, jadi penyaluran tenaga lebih sempurna. coba dilihat spek mesinnya, silakeun.
    Saking canggihnya, perlu oli khusus buat motor blade ini, ekstra encerrrr… 10 – 30 kalo nggak salah (kalau salah ya maap)…
    Ini bener2 teknologi lengkap dalam satu motor…
    Dan sepertinya ini akan menjadi raja motor 110cc…
    dari shogun 110, dilengserkan Jupiter Z, Jupiter Z dilengserkan Blade…
    Mungkin suatu saat Blade dilengserkan Minerva???

    Guest
  24. eh oli encer bukan pertanda mesin canggih, tapi pertanda mesin ini specnya tinggi, komponennya lebih rumit, banyak celah kecil, begitunya perlu oli encer biar bisa menyelusup ke semua parts yang perlu peluamasan… kalo nggak salah begitu deh (kalo salah ya maap)…

    Guest
  25. @100cc
    250R pake oli 10-40 . . . lebih encer lagi yah?
    berarti lebih ngejelimet lagi atawa . . . celahnya/lebih kecil lagi begitu maksutnya bro?

    *beneran baru tahu 😉

    Administrator
  26. @41
    betul..selain itu liat tahun pembuatannya juga..
    bakal ada spek oli baru..ditunggu saja..

    @Taufik
    biasanya pake oli apa bro motornya?

    Guest
  27. iya yah….. model motor yamaha ama honda mirip ya….. !!!!
    misal taun ini honda ngeluarin model tertentu, tunggu aja bentar yamaha akan ngeluarin model yg ampir sama, begitu juga sebaliknya…… napa ya..??? jangan – jangan pembikin modelnya satu pabrik hehehehehehhe………

    Guest
  28. tapi yg gue salut dari HONDA adalah tetep legowo dan tidak dendam dgn YAMAHA. Padahal klo diliat dari iklan2 YAMAHA selalu mendeskreditka produk2 HONDA. Terasa kampungan banget emang. Cuma 1 iklan YAMAHA yg sangat elegan buat gue, yaitu pas diiringi lagu DEWA 19. selebihnya terlihat sangan KAMPUNGAN!!!!
    Tapi ya begitulah YAMAHA, hi hi hi jadi Lucu . . dulu saat Vario Baru keluar, Yamaha langsung tanggap dengan mengeluarkan Iklan dengan Muatan info bahwa ada matic ‘Gendut’ baru keluar . Tapi setelah itu, selang beberapa bulan Yamaha Mengeluarkan Mio Soul yang notabenenya . . . ‘gendut’ juga . Yang menarik untuk ditunggu . . . setelah dulu yamaha mengeluarkan Iklan dengan Muatan sesendok bensin . . . apakah di hari-hari kedepan Yamaha akan megeluarkan Motor dengan jargon irit?

    Guest
  29. betul..
    persaingan yang sehat serta iklan yang mendidik sangat dibutuhkan
    nantinya konsumen yg diuntungkan

    jangan ada lagi komen pemakai merk yamaha menjelek2an pemakai honda
    meskipun gtu pemakai honda harus sabar…

    semoga pemakai yamaha diem dengan sendirinya

    biar ATPM yang gontok2an
    konsumen tinggal pake motor yang terbaik

    buat gw, honda yang terbaik
    buat lo?????terserah d…
    🙂

    Guest
  30. Yamaha membangkitkan raksasa tidur !
    Tahun 2007 Honda sempat beberapa bulan mengalami kekalahan dengan Yamaha. Selain itu Statement petinggi Yamaha juga cukup mantap, mau menggeser posisi nomor 1 yang selama ini dipegang oleh Honda. Yah.. untuk tahun 2007 selisih antara Honda dan Yamaha hanya 300 ribu unit saja walaupun masih terkendala masalah produksi. Dan untuk tahun 2008 Yamaha mengingkatkan produksi dengan pabrik barunya dari 1.8 juta unit menjadi 2.4 juta unit setahun dimana diharapkan pertumbuhan market share dari 39% menjadi 42%. hm…. fantastis !

    Tapi apa yang terjadi di Mei tahun 2008 ?

    Seperti Yamaha keteteran menghadapi Honda. Untuk penjualan per Mei 2008 tercatat terjual 541.797 unit motor ke market. Honda sendiri berhasil menjual sebanyak 250.891 unit, Yamaha 217.710 unit, Suzuki 66.202 unit, dan lainnya sebesar 6.994 unit. Secara kumulatif sampai dengan bulan Mei 2008,… total penjualan motor mengalami pertumbuhan 43.77% walaupun ada yang mengalami pertumbuhan dibawah 43.77%

    O..o … Siapa dia… ?

    Yamaha, mengalami pertumbuhan dibawah 43.77% yaitu sebesar 36.45%, Honda mengalami pertumbuhan sebesar 50.31% dan Suzuki 50.96%

    Sepertinya Honda berhasil menyumbat mulut Yamaha, dengan strategi Honda yang innovative. Memang Yamaha terlalu sibuk ngurusin indent dan buat iklan baru dengan gaya emak-emak yang menyindir. Memang meningkatkan penjualan, tapi Honda bergerak sangat cepat dan innovative dengan produk barunya.

    Yah… Honda sudah meluncurkan jagoan jagoan baru seperti Revo, Tiger Revo, CS1, Beat, yang teranyar yaitu Blade110R, dan jagoan lainnya yang bakalan menyusul lagi . So pasti akan meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan mindset serta loyalitas konsumen Honda.

    Yamaha pasti tidak akan diam saja, lalu apa yang kira kira akan dilakukan oleh Yamaha ?

    Apalagi kalau ngak ikut-ikutan keluarin produk baru. He he he ….

    Selain itu Yamaha pasti akan mati matian memperjuangkan Matic yaitu Mio dan Mio Soul, karena Yamaha cukup bergantung pada kelas ini. Belum lagi Honda sudah diperkuat lagi oleh Honda Beat yang sepertinya akan sangat mengganggu penjualan Mio. Untuk Mouvo pasti di kurangi deh produksinya… Toh ngak laku.

    Untuk kelas Sport Yamaha Vixion. Walaupun diserbu oleh TVS dan Bajaj Pulsar, belum lagi Honda Mega pro, seharusnya motor banggaan Yamaha ini tidak terlalu perduli. Malah mungkin Honda mega pro yang akan tertantang oleh Bajaj Pulsar.

    Yang pasti kekalahan Honda beberapa bulan di Tahun 2007, membuat Yamaha telah membangkitkan raksasa tidur

    Guest
  31. TERIMAKASIH YAMAHA…… honda sekarang ga bisa seenaknya sendiri, harga muahal ga jaman lagi. honda berfikir 1000 x sebelum luncurkan produk baru, konsumen yang diuntungkan….. ga ada monopoli

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here