garmin_gpsmap_60csx

Postingan pertama dulu saya buat untuk postingan pemanasan mengenai GPS. Nah sekarang mulai deh serius dikit 😉 Akhir pekan lalu akhirnya saya menebus sebuah Gadged GPS Garmin 60CSx, sebuah GPS yang konon katanya cukup banyak penggemarnya. Alasan Utama Saya memutuskan membeli GPS tipe ini adalah karena Weather proof !! Ya disetiap sisi GPS ini telah diselipkan semacam ‘packing’ karet untuk mencegah masuknya air kedalam GPS. Saya juga membeli handelbar mount agar GPS ini dapat menemani berpetualang dengan Motor tentunya. 60csxoverviewPertama Kali saya menyalakan GPS ini di rumah, Tapi koq posisi di sekitar titik yang ditunjukan display map kosong. Hal ini tidak seperti GPS Mio Digiwalker 230 dimana jalan kecil didepan rumah tergambar jelas di mapnya. Hati kecil saya berkata;  Wah saya musti update Mapnya niy. Ngubek-ngubek berbagai forum di internet, diperoleh informasi bahwa forum navigasi[dot]net baru saja merilis peta update terbaru tanggal 17 desember kemarin. Peta ini hasil jerih payah tanpa pamrih Pak Buyung Akram dan seluruh anggota Team pengembang Peta navigasi.net !! Terima kasih tak terhingga pada beliau. Oh ya brothers semua dapat mengunduh filenya dengan bebas dan gratis di : http://navigasi.net/goptd.php .

Sebenarnya cara pengistalan peta ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

  1. Melalui Software MapSource buatan Garmin
  2. Tanpa Menggunakan MapSource

Saya sempat bingung, secara saya belum pernah menggunakan Aplikasi MapSource sebelumnya, walaupun Garmin menyediakan juga CD Installer Mapsource dalam paket 60CSx. Bolak-balik mencari petunjuk step-by step instalasi di situs navigasi[dot]net, belum dapat juga. Akhirnya saya Telfon lagsung Bapak Joel, punggawa apobae.com dan berusaha menanyakan dan meyakinkan bahwa kedua cara di atas hasilnya tidak berbeda. Jawaban Pak Joel sangat meyakinkan, beliau bilang “Sama Saja!!” akhirnya saya menggunakan cara yang kedua yang lebih familiar bagi saya. Karena pengalaman saya kesusahan mencari artikel cara pengistalan menggerakkan hati saya untuk membuat petunjuk cara pengistalan peta navigasi[dot]net ini agar pemakai selanjutnya dapat melihat dan nggak sempet kebingungan lagi 😉

Langkah Pertama : Unduh/download Software peta navigasi.net dan Satukan file parsialnya

0downloadpeta

Karena kecepatan download akses internet saya nggak cepat-cepat amat, maka saya putuskan untuk mengunduh ke 6 bagian demi bagian mulai dari file GMAPSUPP_v0.66u (a00) sampai GMAPSUPP_v0.66u (exe).  Setelah disatukan dengan cara mengeksekusi file [GPSv0.66u]navigasi.net.exe maka file-file akan bergabung dan membentuk file [GPAv0.66u]navigasi.net.exe . Nah bila kita mengeksekusi file  [GPAv0.66u]navigasi.net.exe maka akan diperoleh file peta bernama gmapsupp.img . Nah File inilah yang nanti akan kita gunakan

Langkah ke 2 : Buka Micro SD GPS

1ambilmicrosd

2masukkankeadapter

Matikan GPS dan keluarkan Micro SD GPS. Micro SD card berada di bawah baterai AA. Card ini memuat file data Peta/map. Cara-melepasnya mirip dengan beberapa varian Ponsel. setelah lepas, masukkan MicroSd ke dalam dapter SD card untuk selanjutnya dapat dimasukkan ke dalam Card reader untuk mengetahui isi dan melakukan hal-hal lainnya seperti opload dan download data dari/ke Micro SD.

Langkah ke 3 : Back Up File Peta Asli bawaan GPS

3backuppetaasli

Untuk menjaga-jaga kemungkinan kita akan tetap membutuhkan peta bawaan GPS, Alangkah bijaknya jika kita memback-up dulu data/ file Map Asli bawaan GPS dan letakkan di forlder manapun brothers suka, asal diinget-inget ya 😀

Langkah ke 4 : Letakkan file map navigasi[dot]net pada direktori garmin di dalam micro SD.

4file_hasilpenginstalanpetan

🙄 file hasil penginstallan peta navigasi.net

5copy_file_hasilpenginstalap

🙄 copy file gmasup.img yang berisi peta navigasi.net

6tiban_file_asli

🙄 replace file peta bawaan GPS dengan file peta navigasi.net

Mulai  dengan mengkopi file gmapsupp.img hasil penginstallan file navigasi[dot]net ke dalam direktori garmin di dalam micro SD dan jangan ragu-ragu untuk me’meniban’ (replace) file gmapsupp.img lama (kan sudah di back up sebelumnya)

Langkah 5 : Kembalikan Micro SD ke dalam GPS

before_after

Setelah proses pe’nibanan’ selesai, masukkan kembali micro SD yang sudah di kopikan file  gmapsupp.img hasil olahan navigasi[dot]net ke dalam GPS Garmin 60 CSx. Nyalakankembali GPS . . . dan brother akan lihat sendiri perbedaan peta sebelum dan sesudah penginstalah peta navigasi[dot]net. Dan Akhirnya jalan kecil di depan rumah saya tergambar jelas di Map yang baru. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

50 COMMENTS

  1. saya juga suka yang model ini, mas.
    cuma pengen tahu, tampilannya bisa jelas kelihatan kayak Mio nggak? kalau Mio kan dilirik sekejap aja sambil mengemudi udah bisa kebaca.

    Guest
  2. @Stealth
    Iya bro baru dirilis 17 dec kemaren

    @kuro
    Pada dasarnya disetiap gadget itu peta bisa diedit ataupun diupdate, akan tetapi sepertinya file pada navigasi.net, mayoritas digunakan untuk Tipe garmin. . . . nanti kalo ada luang waktu saya oprek Mio 230 saya

    @mas Raya
    Keliatan mas, dan cukup jelas. . . pagi ini saya pakai dari rumah ke kantor . . tunggu laporan berikutnya

    @blekok
    kalo dari beberapa sumber . . dibilang water proof bang . . .
    aye lebih ambil amannya aja weather proof 😀

    -> dari website Garmin : # IPX7 waterproof case can withstand an accidental dunk in the water and still perform

    atau mau tau gambar nya 60CSx diceburin ke dalam wine? check this out : http://www.hwp.ru/Satellite/Garmin.60csx/Garmingpsmap60cs-8.jpg

    @Jefri
    Ok bro thks warningnya 😀

    Administrator
  3. wah tuku anyar yo bro… tau butuh tak tawarin wek ku ga pernah aku pake… aku dapet gratisan …. mau jual susah..ga ada musuhnya,,,… tapi emang tuh gedged gak ringkih kuat banget….cuma karetnya kayak penghapus anak sd gampang ke gerus bro…

    Guest
  4. Waduh makasih buanyak mas artikelnya, nih informasi ini sangat cucok pada bidang pekerjaan ane, dan dah lama pengen instal map di dalam GPS ane
    Thankyu veri much

    Guest
  5. brother………
    cari garmin di jogja dimana, sementara aku pke 6110 nav ni, aku mau cari 60csx juga, please dong kasih tau ;))

    Guest
  6. @Tito
    Kalo memang sulit, nggak usah maksa nyari di Jogja bro . . . coba kontak toko online macam apobae.com (palembang) atau gpsmurah.com (jkt) . . . buanyaaakk koq toko online alat navigasi . . . mereka bersedia kirim antar daerah bro

    Administrator
  7. pagi bro..
    ada info di computa jual juga, tapi musti inden, alias pesan dl. untuk sementara pake 6110 nav + gamin XT dl, soalnya mau touring ke bali bos tgl 10-15 jan 09 bsama temen2 scorpio owner neehh..
    Makasih bro, next time baru pesan

    Guest
  8. bro, gw minta tolong bgt,,, sama lho semua…
    CD driver punya GPS Garmin 60csx gw ilang,,, bisa gak kasih gw link downloadnya yg gratis donk,,, 😀
    atau bantu gw kirim ke email gw,,,
    zie_213@ymail.com

    please bgt..

    thanks b4….

    Guest
  9. thanks bro,

    tapi map sourcenya gak bisa di buka,
    malah ada tulisan :

    Mapsource could not find any installed Mapsource map products.

    please install one or more Mapsource map products and start mapsource again.

    gmna tuh..???

    Taufik:
    Sepertinya, mas belum instal mapnya ya? cmiiw . . . install map dulu lalu baru install mapsource kalonggak salah

    setahu gw seblm ilang tuh CD, di compy gw namanya

    “trip and waypoint” nah itu yg gw gak ada filenya…

    jadi smpe skrg gw gak bisa buka/liat tuh file2 lama gw yg dari GPS di komptr gw…

    please donk bantu gw untuk cari solusinya, and klo ada link download “trip and waypointnya” kasih tahu gw ya..

    please….

    Guest
  10. trus gmna..??

    cz CD dari pack GPS 60csx gw kan ilang..

    jadi gak ada file dari CD itu yg ke sisa,,,

    ada file map nya gak..??
    link nya???

    atau klo bleh bisa kirim isi file di CD-nya ke gw 😀

    please, help me..!!! cz gw cari dmna2 gak ada..!!!!

    makasih ya bro sblumnya..!!!

    Guest
  11. bro,,,
    makasih bnyak ya atas infonya…

    sekarang gw dah bisa buka file2 gw lagi…
    walaupun masih ada yg kurang…

    tapi ini smu dah berharga bgt…

    makasih ya bro…

    thanks alot…

    Guest
  12. gw punya gpsmaps 60csx, pengen banget gw update kayak mas taufik, file udah gw download cuman yang jadi bingung dan ingin gw tanyain, gimana sich caranya mengeksekusi file2 tersebut, thks ….

    Guest
  13. O’iya satu lagi ya mas..
    apa system GPS juga bisa terkena virus seperti system pada komputer ? klo bisa kena virus, gimana ya mas cara ngatasinya ? thks ….

    Guest
  14. di jogja udah ada yg jual GPS koq, googling aj garmin jogja, ntar muncul,
    kmrn iseng2 nanya harga,lmyan murah bro, bersaing dgn harga jkt, barang garansi resmi juga. tp brg order 1 hr, menurutku ga papa sih, lebih tenang drpd belanja dr jkt, klo ada apa2 komplainnya makan biaya lagi.

    Guest
  15. Dear Mas Taufik.

    Mas saya mw tnya nih, untuk penginstallan map (navigasi.net) di GPS 60 CSX yang gak pake micro SD gmna caranya?? cz kita pas beli GPS itu gak ada MSD nya. n peta disitu langsung tanpa MSD.

    thanks B4.

    Guest
  16. Mas Taufik, makasih untuk artikel ini..
    karna saya pake:
    – i-mate 8502
    – OS Windows mobile 6.0 tapi dah upgraded ke WM 6.1
    – internal GPS (akurasi kurang)..
    – resolusi layar 240x320pix.

    Saya install Garmin Mobile XT versi 4 (kemudian saya upgrade ke versi 5).. selesai instalasi.. yg saya dapat cuma peta simple untuk indonesia (untuk USA sih detail..)

    akhirnya saya coba menyambangi Navigasi[dot]net dan saya dapatkan file “gmapsupp.img” sebesar 114MB.. setelah download selama 12jam lebih (speed koneksi lelet)..

    tinggal copy file IMG itu ke D:garmin (ini lokasi di MicroSD, tempat aplikasi di install)

    dan peta indonesia sebagian besar (kota-2 besarnya) bisa muncul dan detail banget.. (meskipun rumah saya yg pelosok ga ada di peta garmin (kecuali klo pake GoogleMaps)..

    tadinya, sempet bingung mo gimana ama file IMG tadi, ternyata waktu cari-2 di arsip ternyata ketemu (dulu seinget saya pernah baca di sini..)

    btw, klo mo otak-atik file IMGnya.. gimana ya Mas? mo edit jalan (mo nambahin jalan / gang kecil)..

    Guest
  17. ok pak good blog…saya mau tanya knapa kok waypoint gps c 60 csx ku ga mau masuk ke micro sd ya….? tolong ya pak…terimakasih sebelumnya.

    Guest
  18. Mas Taufiq terima kasih atas postingan ttg Update DB GPS Garminnya dan sudah sy download, namun hasil downloadnya tidak membentuk File exe, apa memang begitu, kalau ia lantas bagaimana cara mengeksekusinya ? tolong bro…. saya baru nih pakai GPS dan kemarin ketika saya melakukan perjalanan ke jawa saya kesasar terus, Map jalan GPSnya tidak update ?

    Guest
  19. Gimana caranya mengatasi GPS Garmin oregeon 300 yg ngeblank gan…?
    udah kaga bisa di hidupin lagi…
    awalnya hidup namun data” yg di dalam sebelumnya saya salin ke PC, besoknya GPSnya saya pake tapi data” yg lainnya hilang, tapi tidak masalah saya tracking ulang tidak lama kemudian mati GPSnya saya ganti baterainnya tetap udah kaga mau hidup lagi…
    kira” gimana Pemecahan masalahnya gan… Mohon Bantuannya…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here