judul

Brothers masih ingat saat kesebelasan PSSI bertarung melawan kesebelasan Singapura? Itu tim Singapura sangat plural ada banyak ras yang hadir di sana hasil proses naturalisasi atau dengan kata lain pemain asing yang di WNS-kan* (WNS : Warga Negara Singapura) Nah Kanzen yang line up bebeknya sudah mulai memperoduksi sendiri, untuk segmen motor sport masih harus melakukan proses naturalisasi dari motor luar negeri. Kanzen  pada JMS 2006 yang lalu sempat memamerkan Roadwin 125/150 yang merupakan hasil naturalisasi dari Daelim Roadwin 125/150. Pada gelaran JMS 2008 kemarin memamerkan sesosok Motor laki dengan nama Kanzen Roadwin 200.

103237p
foto : M+

PT Kanzen Motor indonesia, menemplokkan mesin baru ke sasis dan body Roadwin 125. Mesin ini permintaan khusus Kanzen pada Pabrikan Daelim. Menurut kompas.com : Selain kapasitas mesin, Roadwin 200 punya perbedaan teknologi dengan saudaranya Roadwin 125 cc dan 150 cc, yakni pada kepala silinder. Generasi 125 dan 150 mengaplikasi 4 klep dengan satu camshaft, sedangkan versi 200 cc cukup pakai 2 klep dengan satu noken as dan rocker arm yang dilengkapi bearing. Tujuannya untuk mengurangi beban gesekan, dan bensin lebih efisien. bagaimana Performanya? setelah  membaca dua tabloid ( M+ dan Otomotif) koq saya jadi bingung yah. M+ bilang “putaran mesin sulit mengail tenaga secara cepat saat macet” [ M+ 513/IX hal 2,  http://otomotif.kompas.com ] tapi Otomotif berkata “entakan tenaganya terasa banget meski putaran mesin masih ada dibawah 2.000 rpm”, kan saat macet kita biasa main di rpm rendah stop n go lagi 🙁  BTW, motor ini memiliki 5 percepatan dan berbobot 143 kg. Motor ini akan head-to head langsung dengan Honda Tiger New Eyes dan Bajaj Pulsar 200, secara ketiganya masih mengaplikasikan mesin SOHC. Walaupun kanzen masih meriset pasar, ancer-ancer harganya akan diset mendekati harga Honda Megapro. FYI Daelim Korea Selatan merupakan perusahan produsen Motor yang merupakan hasil alih teknologi Honda, so mungkin saja mesin 200 cc ini akan mirip-mirip dengan mesin 200 cc Honda . . . who knows.

cagplanet_roadwinKanzen Roadwin 200, sama seperti adiknya yang 125 dan 150 mengaplikasikan frame bertipe twin-spar (Yamaha = deltabox) plus sepasang sasis cradel untuk menopang mesin dari bagian depan, so mesin dijamin berpegang dengan sangat kuat pada sasis. Sepintas desain tangkinya bagi saya beraura motor italia khususnya Cagiva Planet 125 , belum lagi kapasitasnya yang 16 liter, manteb buat perjalanan jarak jauh. Roadwin mengaplikasikan profil ban lebar yang membalut velgnya yang berpalang tiga . . . hmmm kesan kekar  langsung membuncah. Bila speknya sama dengan versi 125 berarti mono-shock belakang sudah bertipe gas lho.

Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

spec

🙄 perkiraan spek

24 COMMENTS

  1. mantabbbbbbbbbb. . . .
    engine vs ban sebanding tinggal disc aja rem belakangnya . . .

    kalau memang benar spek segitu and harga ± sama dengan si megy
    kayaknya akan menjadi fenomena tersendiri ( kayak pulsi pertama launching atau niru strategi pulsi )
    makin ramee. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  2. rem belakang uda disc brake kok bro..
    coba pelototin tuh pic..h3..
    emang keren..sayank bentuk mesin jadul h3..
    salam peace..:))

    Guest
  3. Wah tiger punya banyak kompetitor skrg, mana kompetitornya punya banyak hal menarik yg ditawarin dripada tiger apalagi klo dari segi harga hehehe.

    Guest
  4. ada kemungkinan nggak Kanzen malah ngambil dari shineray (china)?

    http://www.shineray.com/products-liebiao.asp?id=74

    http://www.shineray.com.cn/prodpic/big-2008-9-12_17-25-44.jpg

    Guest
  5. Mesinnya terjamin nggak ya mas taufik?
    saya tertarik bgd, dari pameran kemarin udh melototin aja ni motor, sama yang skutik sportinya itu gmna kabarnya ya? mohon diulas ya mas taufik..

    Guest
  6. iye ya , , ,sori
    baru bangun langsung buka blog favorite
    jadi masih kriyip2. ..

    cuma satu dong masalahnya ,
    harga .. . . . ..

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  7. gw dah coba nanya langsung ke kanzen (PT.IKM) Bdg, ktnya sih mau dilepas 19,5jt which is emg seharga megapro ato v-ixion. tp br ready awal 2009. dengan sasis deltabox,monoshock, pelek & ban lebar, kynya emg hrg yg cocok,minimal ga perlu ngluarin banyak biaya modifikasi lg. sayang ga ada kick starter & bkn mesin roadwin versi injeksi yg masuk..

    Guest
  8. @sagara
    daelim adalah pabrikan Korea selatan . . . seperti juga pabrikan mobil negeri gingseng ini seperti Kia dan Hyundai . . . mereka biasanya nggak main-main masalah kualitas mesin . . .
    misalnya lagi merk korea yang lain : Hyongsung

    @sudra
    tapi ini 19,5 juta dapet mesin baru bro . . . tapi selera siy 😀

    Administrator
  9. nah
    ini yg bkal bunuh si macan genit
    btw anu,bro tofik,ulas juga dund tentang motor merekna “soib” n katanya dari korea juga…
    jenisnya enduro n supermoto desain berbasis honda crf250
    cc 250 ktanya dijual di kisaran 27 juta-29 juta !
    Bkal ngancurin pasar klx seratusmapuluh ga ya ?

    Guest
  10. Dulu Jepang naturalisasi (baca “belajar”) dari Amerika, Korea naturalisasi dari jepang dan Indonesia (Kanzen) naturalisasi dari Korea….Smoga nanti produk Indonesia bisa jadi tuan rumah di Nusantara.

    Guest
  11. Kayaknya emang mirip modelnya dengan shineray china,mungkin ada org korea yg investasi disana juga,so klo mirip modelnya ya gk heran.n satu lagi harapa gue. moga bisa ngentutin tuh macan yg pinternya ganti wajah doang.

    Guest
  12. kemaren (udah agak lama seh) sempet baca komparasi dengan tiger & bajaj dan hasilnya lumayan. situs kanzen kenapa gak bisa dibuka ya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here