penaklukdavos

Pagi ini, dalam deru KRL Ekonomi Jabotabek dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Kalibata saya tersenyum simpul sendiri kala membaca sebuah berita sisi kiri bawah harian Republika, akhirnya ada juga yang berhasil membungkam kesombongan israel πŸ˜‰ . . . nggak puas dengan senyum, punten . . . . .Β  artikel Republika online saya copy-paste abis di blog ini . . . mudah-mudahan Republika berkenan
Davos yang dingin, malam itu seakan membara. Bukan karena sungai Landwasser yang membelah kota tertinggi di Eropa itu menghangat, tapi pernyataan keras PM Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang membuat panas. Bersama Presiden Israel, Shimon Peres, Erdogan tampil sebagai pembicara dalam panel diskusi pada hari kedua Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss, Kamis (29/1). WEF merupakan ajang tahunan bagi para pemimpin dunia, baik kepala pemerintahan maupun eksekutif perusahaan, untuk membahas perekonomian global. Kali ini, fokus pembicaraan mereka mengenai resesi dunia. Namun, panasnya suasana diskusi panel itu bukan karena perdebatan antara Erdogan dan Peres soal resesi global, tapi agresi Israel ke Jalur Gaza-lah pemicunya.Bermula dari penjelasan menggebu-gebu Peres mengenai alasan serangan militer tiga pekan Israel ke Gaza. Agresi itu, dalihnya, untuk membela diri atas delapan tahun hujan roket yang dilancarkan Hamas ke wilayah negara zionis itu.

www.todayszaman.com
pict from : www.todayszaman.com

Peres mengatakan bahwa itu untuk menyindir pernyataan Erdogan sebelumnya yang mengkritisi kebijakan Israel memblokade Gaza. Erdogan menyebut blokade itu, ”Seperti penjara tanpa atap, mengisolasi Gaza dari ketenangan dunia.”Erdogan juga memaparkan derita rakyat Gaza akibat agresi Israel. Sebanyak 1.300 orang tewas, lebih dari setengahnya warga sipil. Hanya 13 orang Israel tewas, tiga di antaranya warga biasa. Perbandingan yang sangat jauh.Dengan penuh emosi, peraih Nobel Perdamaian itu mengatakan, ”Mengapa mereka (Hamas) menembaki kami roket? Tak ada pengepungan atas Gaza itu.”

Peres terus nyerocos. ”Mengapa mereka memusuhi kami? Apa yang mereka inginkan? Penderitaan di Gaza itu tidak ada,” katanya tanpa merasa bersalah sedikit pun.Jika Erdogan dibatasi waktu 12 menit untuk bicara, moderator diskusi panel itu, David Ignatius, justru menyilakan Peres bicara hingga 25 menit. Peres pun <I>ngoceh ngalor ngidul<I> soal serangannya ke Gaza.

Melihat monolog Peres itu, Erdogan berinisiatif menginterupsi. Erdogan ingin meluruskan justifikasi Peres soal serangan brutalnya itu. ”Saya sedih orang-orang tepuk tangan atas pernyataanmu itu. Kalian membunuhi orang-orang. Saya pikir, itu salah dan sangat tidak manusiawi,” seru Erdogan dengan nada tinggi.Namun, Peres membalas dengan mengatakan, ”Apakah Anda sungguh-sungguh mengerti akan situasi di mana ratusan roket berhamburan menyerang perempuan dan anak-anak. Ada apa dengan Anda?” Peres mengatakan itu dengan nada tak kalah tinggi.

Tak terima dengan pembelaan Peres, Erdogan meminta kepada moderator untuk berbicara sekali lagi. Tapi, David Ignatius, kolumnis harian The Washington Post, keturunan Yahudi yang terlahir pada 26 Mei 1950, itu hanya memberi waktu semenit.”Kalian Israel memang tak pernah mau mendengarkan,” kata Erdogan. ”Saya masih ingat anak-anak yang mati terbunuh di semak-semak. Saya juga ingat dua mantan PM (Israel) yang mengatakan bahwa mereka sangat senang bila dapat memasuki Palestina dengan menaiki tank.”

Namun sekali lagi, Ignatius memotong penjelasan Erdogan. ”Kini, saatnya kita untuk makan malam,” katanya.Kesal dengan sikap Ignatius yang beberapa kali memotong pembicaraannya, Erdogan langsung berdiri. ”Jangan menginterupsi saya. Kamu memang tak mengizinkan saya berbicara.”Selanjutnya, sambil berdiri, Erdogan pun berkata, ”Saya tak akan datang ke Davos lagi.” Forum yang juga dihadiri Sekjen PBB, Ban Ki-moon, dan Sekjen Liga Arab, Amr Moussa, itu ditinggalkannya.

Sikap cuek Erdogan tak urung membuat Peres kecut. Wajahnya terlihat tertekan dan mengkerut. Dia tampak tidak lagi percaya diri.Mantan PM Norwegia, Kjell Magne Bondevik, yang berteman dekat dengan Peres ataupun Erdogan, mengatakan, ”Saya pikir, Peres sekarang sadar bahwa Israel sedang dimusuhi dunia internasional. Dia merasa diisolasi.”Bondevik mengaku sedih Erdogan meninggalkan forum itu. ”Ini merupakan ekspresi betapa sulitnya kondisi di sana.” Dia juga mengatakan tak pernah melihat Peres seperti saat itu.

Menanggapi perdebatan keras Peres dan Erdogan, Amr Moussa dapat memahaminya. ”Erdogan mengatakan apa yang ingin dia katakan dan kemudian pergi. Itu saja. Dia sudah benar,” katanya sambil menambahkan Israel memang tak pernah mau mendengar siapa pun.Sementara itu, mata istri Erdogan tampak berkaca-kaca saat menemani suaminya meninggalkan ruangan. ”Semua yang diucapkan Peres adalah bohong. Tak dapat diterima.”

Malam itu juga, Erdogan meninggalkan Davos menuju Turki. Di Bandara Attaturk, sekitar 5.000 warga Turki menyambut Erdogan, Jumat (30/1) pagi. Mereka mengelu-elukan Erdogan layaknya seorang pahlawan sambil mengibarkan bendera Turki dan Palestina.Di antara mereka, ada yang membentangkan spanduk bertuliskan ”Sang Penakluk Davos”, ”Pemimpin Baru Dunia”, dan ”Turki Bersamamu”. Mustafa Mastar, warga Istanbul, mengatakan, mata dunia kini menyaksikan hal yang tak mengenakkan terjadi di Davos.”Ini memperlihatkan kekuatan Turki. Turki menancapkan kakinya di Eropa, di dunia,” katanya. ”Saya benar-benar bangga dan sangat senang,” tambah Mustafa Sahin yang menyambut Erdogan di antara kerumunan ribuan massa.

Telepon Erdogan
Sesampainya di Bandara Istanbul, Erdogan mengatakan bahwa dia merasa dihina dalam debat itu. Kesempatannya berbicara tak sebanding dengan waktu yang diberikan untuk Peres.”Tanggung jawab saya adalah menjaga kehormatan negara Turki,” katanya. ”Saya bukan kepala suku tertentu. Saya adalah Perdana Menteri Turki yang harus melakukan apa yang harus saya lakukan,” lanjutnya. Dia juga menyatakan, kata-kata kerasnya tak ditujukan kepada orang-orang Israel atau orang-orang Yahudi, tapi kepada Pemerintahan Israel.

Namun, perselisihan itu tak berlanjut. Jumat pagi, Peres telah menelepon Erdogan. Dia berharap kejadian di Davos tak mengubah hubungan yang selama ini terbina. Turki berperan besar dalam menengahi konflik Israel-Suriah terkait perebutan Dataran Tinggi Golan.”Saya meminta maaf atas apa yang terjadi dan terkadang sesama teman punya argumen sendiri,” kata Peres dalam pembicaraan via telepon seperti dikutip Haaretz. ”Saya selalu menaruh hormat kepada Republik Turki dan Anda sebagai perdana menteri.”Hubungan Israel-Turki memburuk saat agresi ke Gaza. Erdogan merupakan salah satu di antara pemimpin dunia yang mengecam serangan militer itu.Β  ap/reuters – Oleh Nur Hasan Murtiaji

you may also read this article in English at : http://www.todayszaman.com/tz-web/detaylar.do?load=detay&link=165508

74 COMMENTS

  1. bener..liat aja mukanya pas erdogan lewat tampa permisi didepan davos….:))

    orang ke2 yg berani terus terang melawan israel setelah chaves…

    indoensia….?????

    Guest
  2. @1

    dalam cuplikan wawancara reporter tvone dgn dubes israel disingapore yg ditayangkan di tvone kemarin sore dikatakan indonesia bisanya cuman “lips service”, tanpa ada langkah konkret untuk membantu perdamaian di timur tengah. loh??????

    Guest
  3. Betul bang taufik, saya juga lihat di TV1, si keparat peres nyrocos dengan kebohongannya dan dibantu ama moderatornya yang sesama yahudi dan gak ngasih kesempatan 1 menitpun pada pm turki untuk angkat bicara tentang kebohongan pm israel itu.

    Guest
  4. Smoga aja ada rudal ato roket yg jatoh dari Turki ato iran KE israel.
    Biar stimpal dgn apa yg diderita palestina.
    Keadilan harus ditegakkan
    πŸ˜€

    ^kornet
    (Ngetikna blm selesai net jgn kabur dulu,tu jadina israek xixixi)
    Berarti gag punya telinga ya net,hanya punya mulut
    Wkwkwkwkwk

    Guest
  5. om moga2 jgn sampe dech, tar bisa2 jadi ww3 lg..kita2 juga yg keimbas nantinya, apalagi jaman resesi skrg hidup aja udh berat, sorry kalo salah..ane sich non blok aja..

    Guest
  6. “the true nature of war is war it self” mengutip kalimat dari denzel washington di crimson tide. di jaman nuklir seperti sekarang jangan sampe ada perang dech, ngeri sama bomb nuklir. after effect (nuclear hollocaust) bisa mencelakakan seluruh umat manusia di semua belahan bumi tercinta ini.

    Guest
  7. ^
    Iya deh peace lbh baik..
    Tp spertina israel akan terus keras kpala..(bahkan sampai hari kiamat)menurut w.
    Kembalinya ke pengadilan Tuhan,
    w hanya ingin apa yg dilakukan israel dpt blsan yg stimpal..
    Uda gitu aja
    ;D

    Guest
  8. semoga angin dari Erdogan akan kuat berhembus mempengaruhi semua pemimpin dunia. Aku akan contreng capres yang berani pada israel.

    Guest
  9. @nick
    Ngak koq aye mang sengaja…
    Jyakakaka ga mau ngaku kekekeke…

    Iya koq jd israek ya…

    Ra mlm mingguan ta?

    Oh iyo ati2 pakde katanya lg isu rabies ya di bali…

    Guest
  10. di tvOne pernah diputer, sekelompok pemoge israel (gak perlu saya sebutkan jenis MOGEnya), touring di perbatasan israel-jalur gaza, untuk melihat gaza yang dibombardir. Huh mereka tampak kegirangan saat bom-bom israel mengenai sasaran di gaza.

    Bang Taufik lihat gak ya?

    Guest
  11. ^net
    Wkakaka malah hujan net net ;D,
    Gag jd keluar,
    td pagi mtor uda w kit,pas brangkat eee lha malah keujanan..
    Dapet berkah ampe t4 krjaan ban kempes..
    Mlmna mau keluar hujan lagi..
    Dugh apes banged deh w..
    Ho,oh net,hilang flu burung datang rabies..
    Sama2 mematikan hiii..

    ^hadiyanta
    Iya,w jg liad di liputan tv,malahan pake foto2 n rec video wktu rudal jatoh di gaza,
    Mana sambil ktawa ktiwi sgala,berpelukan cew cow gitu….pokokna buset banged deh gag tega w mo bilang lbih buruk dari hewan gug gug

    Guest
  12. plisss.. biarkan dunia motor steril dan jauh dari hal politis beginian… yang ujung2nya SARA…

    males bacanya pada debat agama dimana2..

    mendingan bahas doni tata aja… dari pada bahas gaza

    piss

    Guest
  13. Perasaan ini bukan debat agama.
    Dari sudut mana anda menyimpulkannya?
    Ini kan masalah kmanusiaan.
    Kalau mas ga setuju atau males baca ya ga usah mampir,
    suka2 yg punya blog donk hahaha

    Peace juga bro…..

    Guest
  14. @aa dadung
    ini masalah kemanusiaan bro … bukan masalah agama, tolong deh baca dengan seksama treat ini gak ada satu kalimatpun menyinggung agama
    komentar diatas anda juga nggak ada,
    .
    .
    peace to all

    Guest
  15. semoga dalam mengambil sikap maupun mengecam opresor kita nggak terbawa sebagai pembenci atau ‘hater’ kelompok/bangsa/ras tertentu.

    soalnya kalau sampai begitu, tanpa sadar kita bukannya berkontribusi pada terciptanya keadilan atau kedamaian, namun memupuk kebencian dan peperangan… yang justru akan berlangsung turun temurun, generasi demi generasi yang tumbuh dengan dendam…

    Taufik:

    Betul mas . . . bahkan Erdogan sendiri di akhir artikel menanggapai : kata-kata kerasnya tak ditujukan kepada orang-orang Israel atau orang-orang Yahudi, tapi kepada Pemerintahan Israel.

    Guest
  16. ^nick
    Kekekeke….
    Lg dpt berkah ya sehari kmaren….
    Sabar ja pakde…

    @grifumi
    Yup sama aza obama kan AS jg ga mungkin lah
    Dia beda dr yg kmaren2

    Guest
  17. hidup israel…..taufik demen bgt niy mrnghina israel ati2 kualat bung …..jgn mcm2 sama israel,,,,..lo tuh tidaK MENGERTI APA2 BUNG,,,,

    Guest
  18. setiap pemimipin emang sudah seharusnya begitu kan bro membela kepentingan dan kehormatan negara dan bangsanya sendiri..
    semoga hamas dan israel yang suka perang dan menyengsarakan rakyatnya sendiri cepet berdamai secara permanen…. bosen denger cerita kesedihan mereka…

    Guest
  19. @24
    Wooi mas…
    U olang punya pikiran ga sih…
    Klu punya u ralat komen u…

    Ni masalah kemanusiaan…
    Jgn u samain ma perang antar pabrikan motor…

    Guest
  20. @all : No 24 si diemin aja bro.. Ga usah ditanggepin orang picik kayak gitu.. Btw, mudah2n semuanya bisa selesai dengan jalan damai.. Capek bro dada gw ngliat mayat berserakan..

    Guest
  21. @All

    Aye berani nampiin berita ini karena menimbang bahwa artikel yang dimuat Republika nggak ada unsur menghina seseorang atau sebuah kaum karena unsur Sara. Menurut Aye Moral dari artikel ini bukan agama atau Ras, melainkan Kemanusiaan dan Nasionalisme !!. . . coba deh cek, satu kata pun mudah-mudahan nggak ada yang mengarah ke penghinaan berdasarkan SARA. Banyak koq blog motor yang juga menampilkan sesuatu yang bertema selain motor. pun persentasenya hanya sedikit, mohon maaf saya tidak bisa menarik artikel ini, bila anda tidak berkenan, anggaplah ini hanya kelemahan saya.

    Administrator
  22. @bro taufik
    Gag bro,mas fik gag ada salah apa2,jd gag perlu minta maaf..

    @net
    Komennya uda dimoderate,kmu tujuin komen 24 itu tyt kmu sendiri..wkwkwkwkwkwkwk

    Minggu2 jln2 kmana net?

    Guest
  23. Gw sangat bangga sama Erdogan, salut bgt dah. .
    Israel tinggal tunggu azab aja.

    @17, 18, 19 nd @24
    emang ngapa bro? Kayanya ga suka banget bang taufik bahas topix ini? .

    Liat lah bro sodara2 kita yang dipalestina. Lo tau kan mereka menderitanya kaya gmana? Sedangkan kita disini bisa nyantai2. Apa lo ngga kasihan?

    Sori bukanny menyinggu SARA, cma perlulah sekali kali bahas topix kmanusiaan kya gini.

    Peace aah.

    Guest
  24. kemaren nonton i TVone, seru banget…peres melongo pas ditinggal ama Erdogan..Ban Ki-Moon gak keliatan..kecil..
    butuh keberanian yg sangat besar untuk berbicara di sebuah forum segede itu, saya salut sama Erdogan..pemimpin yg bisa memprotes kejahatan perang..
    pak EsBeYe???

    Guest
  25. @jin galon
    Siap mas…
    πŸ˜€
    Btw aye minta jaket ducati ya jin…
    Mohon dikabulkan…
    Wkwkwkwk
    Guyon2

    @mas taufik
    Udah kang ga usah ralat or minta maaf mungkin dia brojol di israel

    @nick
    Jyakakaka
    Malah ngatain aye sendiri…

    Ralat2 maksud aye komen tuk ‘bt’ πŸ˜€

    Ra kemana2 pakde bis my ngatini lum ada platnya…
    Jd sabar menanti…

    Ayo pada tau ngak Bulan febuari ada brapa hari?

    Guest
  26. Krisis di Gaza DK PBB pada kemana ya? klo duli irak invasi kuwait DK PBB dengan sigap lagsung btindak, ini kok sekarang adem ayem.. mana fungsinya PBB? kok impotent dihadapan Israel?
    Salut buat Erdogan..patut dicontoh buat pemimpin Indonesia, jangan cuman bisa “mbeleo” doang. cuman bisa ngutuk2, tapi ga ada tindakan sama sekali.. kalo sekedar ngutuk mah, anak SD juga bisa… πŸ˜€

    Guest
  27. 1x lagi bung fik ..israel ga akan kalah,,,sampai kapan pun , seharusnya bung tau latar belakang sejarah bangsa israel bung fik….israel itu bangsa pilihan Tuhan bung…
    sejarah sudah membuktikan kan israel ga akan damai sama palestine …jd buat apa diributin toh ini rencana Tuhan kita manusia tau apa siy bung ok.,…garis takdir 2 bangsa bung , saya berani bertaruh mau berkoar2 sampai manapun seluruh dunia Isarel ga akan bergeming kita liat aja nanti hehehe..ok bung
    kalau skarang terjadi perang2 yang bung kan tau,,,ini sudah masanya bung…akhir zaman bung,,,,

    Guest
  28. mengapa anda memuja bangsa yg tidak menghargai satu bahkan ribuan nyawa, bukankah kita sama2 manusia, pd binatang sj kita harus berbelas kasihan, lihatlah hasil karya bangsa yg dikutuk tuhan sampai akhir jaman, bahkan pohonpun tidak mau jadi tempat persembunyiannya di akhir jaman nanti.
    portail.islamboutique.fr/gaza2008/

    Guest
  29. saya sedih klo lihat anak2 korban kekejaman israel, kenapa anak2 yang lahir dan besar disana tidak bisa menjalani kehidupan yg damai, bebas bermain dan hidup bahagia seperti anak2 lain dibelahan dunia lain, saya ngeri klo hal yg menimpa anak2 palestina terjadi pada anak2 kita, semoga Allah selalu membahagiakan anak2 tidak berdosa palestina korban kebiadaban dan kearoganan Israel di surganya. Amiiin….!!!

    Guest
  30. tak ada yg namanya bangsa pilihan tuhan… itu hanya istilah karangan zionis yahudi aja… hanya individu2 yg b’iman dan b’takwa sajalah yg bkl menjadi individu pilihan tuhan…
    kasian tuh si bt…
    kemakan dusta2 zionis…

    Guest
  31. selama qta punya iman, akal sehat, dan hati nurani,
    pastilah qta menjadi murka melihat perbuatan orang2 (apapun sukubangsa, ras dan agamanya) yg berlaku zalim kpd org2 yg LEBIH LEMAH, TAK BERDAYA dan TAK BERDOSA.
    sungguh suatu perbuatan PENGECUT!!!
    kyk gitu koq dibela!!!

    Guest
  32. ini emang artikel yg sangat sensitif. sangat b’potensi timbul konfrontasi p’debatan yg b’sifat SARA dr provokator yg bs mengotori blog ini.
    jd saya sarankan pd bro2 skalian jgn smp t’pancing.
    biarkan ato lebih baik qta ingatkan saja sudah cukup…

    Guest
  33. Ha..ha..ha…
    Bt mirip israel deh.
    Kl israel dimusuhi seluruh dunia, bt dimusuhi seluruh pengunjung blognya mas taufik.
    Sukses buat bt.

    Guest
  34. Akhirna kiamat udah dekat..
    ini kan termasuk dajjal..
    (Salah —> jadi benar n sbalikna)
    Jngan terpancing emosi/terhasut oleh setan yg hinggap di blog ini..
    Tetep cerah,jernih dlm berfikir manusiawi..kalo bisa dibiarin aja gag usah ditanggapin..
    godaan setan emank SANGAT2 terkutuk ya..
    toh udah ada tempatna diakherat kelak

    Wallahualam bishowab

    Guest
  35. abaikan aja koment yang gak seharusnya tidak perlu di tanggepin, sebagai muslim yang nalar dan moralnya lebih tinggi dari mahluk yang lainnya kita harus sabar dan iklas untuk mendapatkan kemenangan dan ridho dri Allah SWT .. biar in aja bt punya hak tuk menulis selagi masih wajar dan tidak menghasut semoga comentnya gak di delete mas taufik….

    Guest
  36. alhamdulilah kita hidup di ranah indonesia yah…semoga tidak ada perdebatan berbau sara yang akhirnya meluas keluar dunia maya….(amin)

    Guest
  37. @bt..
    pertanyaan saya mirip dengan yang dilontarkan mel gybson: “Are you jews ?”
    klo iya saya maklum dah.. karena dari kecil didoktrin seperti itu. klo ga, saya juga ga heran.. fitnahnya zionis udah kemana mana dan ga diragukan orang ini udah terdoktrin juga..

    Guest
  38. Kebiadaban Yahudi alias Israel tuh dah dari zaman nenek moyang, jadi menurut saya ya fair2 aja kalau ini bukan sekedar masalah kemanusiaan. Silahkan baca deh sejarah masing-masing. Yang perlu menjadi perhatian, sekarang itu adalah gerakan Zionisnya.. Karena ini gerakan yang sebenarnya… Yang mau memimpin dunia dengan menjajah perlahan-lahan dunia lain.. NEW WORLD ORDER !!! NOVUS ORDO SECLORUM … !!!! DAJJAL T’LAH TIBA

    Guest
  39. bro “bt” … ada setan di hati anda ?
    Atau anda setan modern yg bisa internetan…hihihihihi

    really-really funny membaca comment and…selayaknya udah jadi manusia yg tau sejarah dan hari akhir…

    Ingat bro “bt” , ilmu di dunia ini kalau dikumpulkan hanya setetes air di samudra dibandingkan ilmu Allah SWT…

    So…? monggo dipahami dan saling berintrospeksi…

    Guest
  40. Klo ada seorang pun yg pernah bc salah satu ayat di kitab suci (buatan) Yahudi, gw ykn lu semua yg akan jd “bt”.
    Semua orang non yahudi/jews dianggap binatang, hrs dibohongin dan di tipu daya.. Gw penentang berat agama dan orang2 yahudi.

    Ini bukan omg kosong !!

    Guest
  41. @ bt
    hati hati anda bicara…………………..
    setelah saya baca tulisan ini.
    dalam tempo 2x 12 jam anda tidak minta maaf kepada semua.TIDAK TERKECUALI.
    anda akan dapat bingkisan dari saya.
    ”hanya dengan minta maaf,anda akan sembuh……………….”
    maaf kalau kiriman saya ini akan membuat anda menderita.

    Guest
  42. mohon maaf koment terakhirnya kang..sorry terbawa emosi euy! untung da di sensor!! ckp kang taufik yg tau..
    sbg pendukung revolusi islam iran skaligus salut dgn sekulerisme turki sbg jembatan islam dgn dunia barat, ane jd ky pny 2 kepribadian he2.. mudah2an dgn kritik keras erdogan, ga makin menyulitkan turki bergabung dgn uni eropa..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here