_judul2

Seperti yang sudah saya sempat post di pertengahan Januari Lalu, bahwa akan ada acara factory Visit bagi para blogger disebuah Pabrikan Motor, akhirnya pada pekan ke 2 Februari ini rencana itu terlaksana. Adalah Bro Stephen Langitan yang memanage para Blogger untuk dapat menghadiri acara ekslusif bertajuk AHM Open House . . . Get Insight with Blogger. Pagi Pagi saya sudah janjian dengan Bro Giri pengasuh Blog Prado2.com yang kebetulan tinggal hanya 3 km dari kediaman saya. Kami bertemu di Pom Bensin untuk melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bogor. Kami berdua menggunakan jasa KRL Jabotabek yang super padat karena tiba-tiba hanya 4 gerbong yang dijalankan (biasanya 8 gerbong) ke Stasiun Cawang.

Mas Tri
At Starbucks, foto : Mas Tri

Selanjutnya Kami sedikit Olahraga dengan berjalan kaki sekitar 500 meter dari Stasiun Cawang Ke Starbuck coffee Tebet. Disana kami bercengkerama dengan para blogger yang sudah sampai lebih dahulu dari kami seperti Mas Tri, bro Stephen Langitan, Mas Adi (alon rider), Pak Khoent, Mas Arantan, Mas Ardi, Pak didi, Mas Arifin, mas Dono, Mbak Risna, dan Beberapa officer AHM. Sampai disana Saya tidak Lupa ntuk membagi-bagikan stiker Blog ke semua blogger, setiap blogger dapat segepok 😀

at_busSetelah memesan hazelnut Latte dan Roti isi Tuna , Kami semua kembali bercengkerama dalam suasana kekeluargaan yang sangat kental ala blogger. Saya bersyukur banget karena dapat KOPDAR langsung dengan banyak blogger ‘se-aliran’ hari itu. Jam 8.30 Bus 3/4 yang disediakan khusus oleh AHM bergerak menuju plat 3 AHM yang dikenal sebagai Pabrik perakitan Motor Honda Terbaik diseluruh Dunia. Sebenarnya semenjang bro Stephen menuliskan Email Agenda Acara, saya sudah Pede Menebak banwa Pabrik AHM lah yang akan dituju, Clue nya adalah adanya Acara Safety Riding Course. Setahu saya AHM punya Lembaga yang di training langsung di Honda Jepang dalam hal ini. Di dalam bus kecerian tidak berhenti . . . foto-foto, obrolan ringan, sampai obrolan serius terus mengalir diantara kami. Setelah Sampai di Loby gedung Utama kami langsung disamut Oleh jajaran petinggi (top level management) AHM  yang juga tampil casual . . . mantap. Ada pula Blogger dari bandung lang langsung datang ke cikarang. Masuk Ruang VIP Conference, sambutan bla-bla bla oleh fihak AHM (bpk Kristianto) dan Dari Blogger (mas Triatmono).

factory_visitSetelah itu ada acara dilanjutkan dengan Presentasi company profile, penjelasan Alur kerja produksi yang dilanjutkan dengan Acara Factory Visit mengunjungi 4 Bagian Gedung Utama di Plant 3 AHM Cikarang. Setelah acara tour, barulah acara diskusi terbuka dilakukan. Pihak management AHM mempersilahkan Para Blogger untuk bertanya semaunya, Ada Buannyak pertanyan yang diajukan Kami (Artikel menyusul). Semua Pertanyaannya Nothing to loose dan nggak ada kata yang disensor pokoke blak-blakan lah . . . contoh paling ekstreem adalah pertanyaan : “KOK Helm Honda JELEK?” . . . ha ha ha begitulah blogger, beda dengan jurnalis lain . . . citizen Jurnalizm penuh dengan keterbukaan. Banyak sekali pertanyaan sampai tak terasa perut keroncongan dihajar juga alhasil kita baru makan siang ala prasmanan di VIP Lounge gedung jam 13.15.

Selesai ISHOMA,Kami mendapat sedikit pelajaran Safety riding dari Instruktur Safety riding AHM, setelah itu  kami bergerak ke sebuah track kecil. test_rideTrack ini peruntukannya adalah sebagai arena pengujian line up motor Honda yang telah diproduksi. Ada 5 motor disana, Honda Tiger New Eyes, Honda CS1, Honda Beat, Honda Blade dan Honda Absolute revo 110. Saya mencoba semua motor tersebut (artikelnya menyusul). Acara Test Ride rampung sekitar pukul 16 sore. Acara dilanjutkan dengan penutupan dan Pendeklarasaian KOmunitas Blogger Otomotif Indonesia (KOBOI) secara dadakan. Setelah Acara penutupan kami pun kembali ke Jakarta dengan Bus carteran. Saya, Mas Giri, dan Mas Adi turun di UKI Cawang da meneruskan perjalanan ke Bogor (mas Adi ke Cibinong) Via Bus. Sesampai di Terminal Busa Baranang siang, Saya dan Mas Giri melanjutkan Via Angkot 03 ke Stasiun Untuk mengambil Si pingki dan Smash (mas giri) yang dititipkan di Stasiun. Pukul 19 saya sudah dirumah. THKS a Tons AHM untuk Acara yang sangat menarik ini. Saya Salut dengan AHM yang sudah mulai membuka mata hati nya akan kehadiran Blogger sebagai citizen Journalis sebagai stake holder Marketing yang TIDAK BOLEH dipandang sebelah mata . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

*pict 2 dari Blognya Mas Tri

40 COMMENTS

  1. mas taufik,
    tetep objektive ya nulisnya,
    dah itu aja pesen pembaca.

    keep brotherhood,

    salam,

    Taufik:

    Insya Allah Mas . . . pokoke TaM Blog
    akan selalu Independent 😀

    Guest
  2. Mas taufik, CBR gak di test ya ? Brarti, CBR blum bisa hadir di Indo ya ?

    Taufik:

    Plant 3 khusus produksi bebek dan skutik mas, mungkin bila di plat lain yang mengerjakan motor sport, mungkin ada 😉 . . . . (mungkin tidak juga)

    Guest
  3. Keren tuh komunitasnya, ikut donk ? he25x. . .

    emang di plant mana mas yang ngerjain motor sport ?

    keepsmilen be Differents. . .

    Taufik:

    kalu nggak salah yang di cakung cmiiw

    Guest
  4. Mas yg penting tetep seeeobjektive mungkin y beritanya, walau sudah dijamu oleh pihak AHM sementara yg lain “Belum”. Kalo ada kelebihan ya ditulis kalo ada kekurangan yaa ditulis juga.
    🙂

    Taufik:

    siyaaap kumendan 😀

    Guest
  5. ada yang nanya : “KAPAN MASUKIN MOTOR SPORT FAIRING” gak..?? kalo gak ya percumah dateng kesono…
    buang2 enerji…

    salam

    panglima laskar Front Pembela Motor Keren Bersatu

    Taufik:

    Banyak maszzz 😀

    Guest
  6. @Taufik
    Bro Gue jadi Iri nich…..Gue gak tahu kalau ada tiket kesana…
    He he he….

    Ya…may be Next Time lah…!!!
    Sementara ini Gue nikmatin laporan dar Bro Taufik dulu.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

    Taufik:

    Pantesan ta’ cari bro komeng tidak ada..padahal aye, mas tri, dan bro stephen dah bikin artikelnya tuh
    kelewat kali ya bro komeng

    Guest
  7. weh…dari stasiun cawang ke starbuch tebet kan jauh tuh…pasti sarapannya nambah tiga kali ya mas… di kasih suvenir ama angpow yo..? dulu pernah ke honda prospek motor lumayan di kasih t-shirt ama jaket, topi, gantungan kunci..

    Taufik:
    lumayan ada juga 😉

    kapasitas per hari berapa unit di plant cikarang tuh mas…

    4000 unit/ per hari (2 shift) yang bisa ditingkatkan mejadi 6000 unit perhari bila 3 shift

    bikin dari awal sampai jadi motor utuh, butuh waktu berapa jam mas…

    nggak tau mas. . . . kelupaan nanya..tapi tebakan aye..nggak lebih dari 6 jam

    Guest
  8. Ternyata AHM…Lebih cepat menanggapi konsumennya…. Yang lain pasti contek deh ide2 kreatifnya Honda…
    Ini bukti bahwa AHM lebih konsen dalam menggarap keinginan konsumennya… SUKSES untuk HONDA…

    Guest
  9. @ Oom Genesis (12)

    Lho.. koq gak ikutan Oom ?
    wah kalo ikutan pasti seru tuh Oom, Bro Tri, Bro Taufik dan Bro Genesis sama2 memberondong pertanyaan2 yg tajam

    abis itu bikin ulasannya dari sudut pandang masing2.
    kan enak gw tinggal menikmati hasil analisanya.
    Siapa lagi yg ikutan ya ?

    Taufik:

    ada di artikel atas mas…

    salam ojek!

    Guest
  10. pernah mengulas pabrikan motor lokal di semarang yang merek motornya DIABLO belum mas? Mesinnya pake dari KOREA kalua gak salah. Kemarin baru bikin seperti KLX.

    Taufik:
    belum mas..ini adalah factory visit aye yg pertama 😀

    Guest
  11. Saluuut buat Bro Taufik dan temen2 blogger lain yg udah mau nyempetin dateng trus sharing dengan kita2 yg belom kesampean ngeliat langsung ke pabrik motor-nya, kira2 konsumen umum atau non blogger boleh dateng ke sana gak ya??? trus kira2 gimana prosedurnya?

    Taufik:

    kalu nggak salah acara ini inisiatif murni AHM yang ngebet pengen openhouse dengan blogger
    begitu yang aye tangkep dari penyataannya bro stephen

    ditunggu ulasan cerita bersambungnya Bro Taufik, dan aku percaya banget kalo Bro taufik masih objektif, lha wong motornya aja pake Ninja kok….

    Guest
  12. hehehe…
    wah berarti selama ini pihak AHM sering baca2 artikel dari blog yah..
    hati-hati kalo mau ngolokin AHM ntar karyawan AHM yang bagian mbaca sakit hati loh…

    om Taufik aku dulu pernah mbaca ditabloid m+ katanya AHM kl merakit satu motor membutuhkan waktu tidak lebih dari 4 jam/motor

    kapan ya ada undangan ke pabrik kawak

    Guest
  13. mas tri punya alamat blog2 teman2 blogger yang berkumpul di acara tersebut gak…kalo boleh sih minta dicantumkan. biar saling mengetahui bloger yang membahas motor.

    Guest
  14. Sekedar berbagi, koreksi bila salah,
    Dalam manufaktur ada 2 pedoman mengenai waktu produksi,
    1. Total Lead Time atau Total work Content yakni waktu dari awal input masuk sampai menjadi output butuh waktu berapa lama (diambil dari proses terpanjang).
    2. Cycle time atau ada yg menyebut Takt time yakni waktu tiap berapa lama keluar satu output (1 siklus output)

    Kalo perkiraan saya Total Lead Timenya ahm sekitar 6- 8 jam, kalo Cycle Timenya sekitar 25 sampe 30 detik tiap line assembllingnya, jadi kalo punya misalnya 6 line maka tiap 5 detik akan keluar satu motor,
    berarti kalo di Cikarang sehari 4000 unit berarti kalo jalan 2 shift maka dia ada sekitar 2 line assembling…..
    may be

    Guest
  15. Om Taufik,

    bahas tentang New honda CBR 250RR gak……?????? dgr2 ada berita tuk saingannya ninja 250r…..thx yeee….ada pringgo yeee ikutan disitu…..

    Guest
  16. Hi all bloggers.

    Wah, comment2 dsini ud berat smua omongannya..
    Btw kpn y cbr250 dijual d jkt?
    Lagian harganya brp?
    Larinya ama ninja 250 msh menang siapa?

    Salam kenal.

    “YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN”

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here