About these ads
jump to navigation

Si Denoq . . . . Test Ride jarak jauh dan Konsumsi BBM Maret 4, 2009

Posted by Taufik in Riding Stories, Tentang Motor.
Tags: , , , , , , ,
trackback

test_judul

Senin Pagi saya putuskan untuk memilih Si Denoq Astrea Grand 91 untuk menemani perjalanan menuju kantor Depok. Jalur yang digunakan melewati rute Kampung sawah-parung serab-juanda depok, tanpa melewati margonda. Perjalanan membutuhkan waktu lima belas menit lebih lama dibanding saat menggunakan Si Pinky. Mungkin karena kecepatannya. Sebenarnya Sidenoq masih dapat digeber sampai 80 km/jam, hal ini sempat saya coba di underpass soleh iskandar Bogor saat kondisi jalan sepi hari minggunya. Akan Tetapi mengingat system pengereman yang masih mengandung double tromol, maka membiasakan diri alon-alon sepertinya merupakan keputusan yang bijak.

si denoq di parung-serab

si denoq di parung-serab

Dari Perjalanan inilah terdeteksi ada sedikit masalah pada kedua sok breaker belakang, pegasnya berbunyi dan sepertinya peredaman lendutan sudah berkurang, jadi deh agak mentul-mentul. Mesin? cukup lembut . . dua jempol buat mekanik AHASS Daya Adira Motor, Starter tok cer ( saat kondisi Aki full charge ) klakson lumayan . . . din din, pokoknya cukup worthed untuk jarak jauh. Satu yang masih menganjal adalah sistem rem ban depan. Rem Tromol membuat saya harus meningkatkan aware saya dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Kedepan mungkin akan ada up grade ke sistem rem cakram.

sidenoq_jljuanda sidenoq_srengsengsawah

:roll: si denoq di jl juanda depok dan srengseng sawah

maap gambar agak kabur :D

maap gambar agak kabur :D

Tak terasa sehari ini saya sudah mengajak si Denoq jalan-jalan sejauh 70,9 km pulang-pergi. Saat pagi saya membeli bensin Oktan 92 untuk membuat tangki 4 literan si denoq full. Sorenya sepulang kantor saya isi lagi full dengan bensin oktan 92. hmm cuma mengeluarkan koceq Rp 5.350 euy artinya . .  konsumsi bbm si denoq yang sudah berumur 17,5 tahun ini masih berkisar di 70 km/l ( satu liter bensin oktan 92 untuk 70 km ) . . . . inilah motor teririt yang saya punya :D

mileage_odo_awal mileage_odo_akhir

Taufik of BuitenZorg

baca juga :

About these ads

Komentar»

1. xxl123 - Maret 4, 2009

yang jelas ngak pake pertamakkk hehehehhe

Taufik:
Oktan 92 pake pertamax dong :D

2. RonKar - Maret 4, 2009

Pertamak untuk pertamak kalinya…

wuih..1:70..shogun 125 ku aja 1:48 (48;51;45)..bakal dipake rutin buat pulang pergi kerja nih bru taufik? :P

3. RonKar - Maret 4, 2009

aih..selisih beberapa detik

4. Razgriz01 - Maret 4, 2009

G prlu inreyen lg y mas?

5. hadiyanta - Maret 4, 2009

Saya yakin mas Taufik jadi menjadi lebih bersyukur punya Pingky dan ijo dengan merasakan “ketidaknyamanan” pake bebek dibanding pake Pingky atau Ijo. Kalau motorku wis bebek, dan cover bodynya gemeretak semua, rem depan belakang bunyi ngook ngook pula, mungkin tak namai SI GETAR saja untuk karismaku.

Taufik:

bagaimana Kalo dinamain . . . The Vibrator :mrgreen:

* inget pilem The terminator . . .

6. Awakku - Maret 4, 2009

1 : 70
Top Markotop
Dulu pernah punya motor kaya’ begini. Sama plek sampai ke stripnya
Grand generasi pertama setelah Astrea Prima kan.

GL Proku kemaren habis turun mesin (oversize, deelel) malah tambah boros. Gaplek tenan

7. Kornet - Maret 4, 2009

Wuih yoi irit amat ya…
Iya tuh ganti cakram aja tuk rem depan ya sekelas brembo lah… Dijamin mantabzz…:-D

Btw koq pake pertamak mas? Mang kompresinya brapa ya?
Klo motor kompresi 9 itu seharusnya or sewajibnya pertamak or premium sih…

8. sabdho guparman - Maret 4, 2009

mau ngirit ya musti sabar, ya mas Taufik,
tapi ya salut lah 1:70 meski alon-alon mlakune .

javanese word says
” alon-alon asal kelakon, gremet-gremet sing penting selamet ”

keep brotherhood,

salam,

9. Awakku - Maret 4, 2009

Bener boss Sabdo
Dulu waktu rem depan gak pakem, mau gak mau kudu pelan n jaga jarak (tanpa dolly) sama motor di depan.
konsumsi irit bisa tembus 40 km untuk jalan Jakarta.
Sekarang rem depan pakem bawa motornya lebih dekat sama depan.

Tapi waktu tak tes tutup kran bensin pake bensin di karbu doang, jarak yang ditempuh sebelum overhoul lebih jauh 20 meteran

10. jeffry - Maret 4, 2009

Mas Taufik, biarkan si denoq pake rem tromol supaya keorisinalitasnya tetep terjaga :) pokoknya ori is the best lah :)

11. Puwi - Maret 4, 2009

Tinggal test pake Premium mas, ntar hasilnya gimana… Katanya Pertamax baru ngaruh kalo mesinnya punya kompresi tinggi, CMIIW. Nah kompresi si Denoq ini berapa ya? Apa sama aja dengan kompresi motor2 Supra 100 dan Revo 100 jaman sekarang?
Dulu kan terbukti, si Marun juga berbeda hasil BBMnya antara Pertamax dan Premium.

12. Taufik - Maret 4, 2009

@jefri dan awaku

gimana caranya ya . . . pake tromol tapi tetep pakem ?

@puwi

kayaknya rendah di angka 9:1 cmiiw . . . harusnya masiy bisa pake bensin oktan 88. . . . aye aje yang kadung sayang . . . jadi disuapin bensin yang lebih mahal . . . padahal kalo diliat dari kompresi mah . . . kagak guna ya? cmiiw

13. Masked Rider Robo - Maret 4, 2009

ya wajar irit
Astrea kan memang irit, apalagi yang DD (double drum brake)
kan jalannya pelan mulu

14. Awakku - Maret 4, 2009

@Boss Topik
Coba kampas remnya dikasih alur pakai gergaji.

GL Proku standar dah pake disk brake.
Tapi kapan hari jebol tak biarin aja kira2 setahun. Lha pas rem depan jebol malah aman . Soalnya gak pernah ngebut lagi. n jaga jarak tadi

15. albanjari - Maret 4, 2009

bro opick,

klo beli ninin 250R 4 tak itu nunggu plat dan STNK nya 2 bulan ya?

lama bgt ya, apa emang segitu ya buat CBU ?

jadi motor nganggur 2 bulan tuh di rumah, bisa jadi belumut tuh

Taufik:

he he he..2 kali nanya niy… iya 2 bulan..memang begitu karakter Faktur barang otomotif yang bener2 CBU…lama keluarnya
2 bulan masiy mending..aye inden 5 bulan + stnk 2 bulan = total 7 bulan (aritmatika mode )

16. Taufik - Maret 4, 2009

All….

minta pendapat niy…bagai mana kalau..depan ganti disk brake..pake misalnya punya supra..tapi ganti jari2 + ban tubeles dengan model yang dikasih ama mr momod :roll:

kayaknya asik juga tuh

17. kilaubiru - Maret 4, 2009

bisa kang taufik, cakram depan komplit pake punya supra langsung bolt-on, cuman butuh penyesuaian posisi selang aja. trus grand emang lebih klasik pake jari2, kan emang bukan motorsport, jadi lebih eye catching lagi kalo dikrom tuh jari2…..
aye dukung deh kang… :D :D :D

18. Taufik - Maret 4, 2009

…ha ha ha ha…

manteb …manteb..jadi itu pelg palang bisa di lungsurin ke Honda win..horeeee

update hari ini si denoq :

sok belakang dah ganti..showa original ( HGP)
mika lampu utama dah diganti..ngelepasnya susah euuyy :(.. setelah selesai..ternyata lebih terang :D

nabung ahh buat beli…

tabung sok supra, cakram, kaliper, master rem ori supra, pelg jari2 yang bisa tubeles

19. Nick 69 - Maret 4, 2009

7. Kornet – Maret 4, 2009

Iya tuh ganti cakram aja tuk rem depan ya sekelas brembo lah… Dijamin mantabzz…:-D

++++++++++++++++++++++++++++++
Wkwkwkwkwk
Harganya net,apa mau dibayarin? :D

20. Razgriz01 - Maret 4, 2009

Pk pelek jari2 ky mobil antik j mas, jari2ny banyak & warna emas. Mantabf x y..hehehe..

21. rider biasa - Maret 4, 2009

pake gigadisk mas.. biar perpaduan antara restoclassic dan racing….

pasti makin eye catching deh…

22. Cupumaster - Maret 5, 2009

Asal jangan pake klakson bis wae. . .Sebel aq karo yg bginian. . . :(

misalnya mtornya di cat warna ijo ninja asyik juga. . . Terus jgn lupa dtmpelin stiker blognya ninja250r.wordpress.com :mrgreen:

Taufik:

setiker blog? maksute kayak beginih : http://ninja250r.files.wordpress.com/2009/03/e230_denoq.jpg

23. Razgriz01 - Maret 5, 2009

Met pagi….Ad program ap hr ni tuk denoq mas?

24. Jin Galon - Maret 5, 2009

Mao nyari yang klasik lagi mas?? Di forum sejuta umat ada yang jual cb200 twin tuh… Barang langka… Pengen siih… Tapi ndak ada duit… hehehe…

25. Taufik - Maret 5, 2009

@JG
wuiiiiihhh cb200?? menduetkan dua motor twin..kayaknya sik juga euuyy

tapi naroh dimana?

@Razgiz

lagi nabung buat beli cakram depan supra satu set
untuk sementara si denoq lagi dinikmati dengan cara dipakai ke kantor terusss…enak juga ternyata

26. Razgriz01 - Maret 5, 2009

Pasti rame nh smbutan tmn2 kantor….
Dtgu kisah slnjutny….he3

27. tongsam - Maret 5, 2009

share ke kita donk…

sudah habis berapa anggaran mas sampai dengan saat ini…?

28. Taufik - Maret 5, 2009

@tongsam

he he he rahasia ahhh :D

29. Blothong - Maret 5, 2009

Honda grand memang cocok buat harian. Harganya cukup terjangkau, perawatan minim, bensin irit, spare part gampang carinya :-D

30. az147r - Maret 5, 2009

mau bg pnglman jg nh.tigy 95 kmren dah aku barter ama si supra injeksi mas,2 hr yg lalu sy ngisi full premium buat susi km awal 479 km n hari ini saya ngisi lg tp ternyata cuma terisi 1,8 ltr dan km akhir 648,5. jd 648,5-479= 169,5 km. 169,5 km :1,8 ltr=94,1 km/ltr. jd 1 : 94,1 konsumsi bensinx dgn keceptan bervariasi dr 40 s/d 70 km/jam bb 50 kg tb 163 cm.mohon maaf dan dikoreksi apabila salah t2 cr ngitungnya.

31. Taufik - Maret 5, 2009

^-^

woow 1 : 94,1 …ngeri nggak !! :D

32. Lebih Bersyukur lewat si Denoq « www.hdytaufik.co.cc - Maret 5, 2009

[...] awal maret motor ini menyudahi proses Restorasi pertamanya. Sampai Hari ini sudah 3 kali saya gunakan motor ini untuk menemani perjalanan ke kantor. Satuhal yang membuat saya tersentuh . . . motor ini [...]

33. ashley - Maret 6, 2009

31 taufiq
mas lebih ngeri lagi klo mbocengin kuntilanak dah….xixixixixixixi
(mas taufiq seneng bgt berkata2 ngeri yah)

30. itu yg hsx injeksi tahun brp, dlu pernah punya hsx 05 carbu, bisa 1: 65, dah ganti ban front 90 rear 110…pas ganti mx 1:48km….

34. Maz Gatot - Maret 9, 2009

irit jg si denoq, walau sudah berumur..
motorku Kaze ZX130 ’07, masih bisa dapet 1:60 pake pertamax

dirawat terus ya motor2nya bro!

35. Razgriz01 - Maret 10, 2009

Kl nglepas mika karisma gmn y mas? Ssh bgt

36. Denoq pake Rem Cakram « Taufik & Motorcycle - Maret 14, 2009

[...] Si Denoq . . . . Test Ride jarak jauh dan Konsumsi BBM [...]

37. Si Denoq sudah Kembali ke Pemilik Awalnya « Taufik & Motorcycle - Juli 14, 2009

[...] Si Denoq . . . . Test Ride jarak jauh dan Konsumsi BBM [...]

38. zakii - Agustus 24, 2009

bozz cari cakrMNY cumplitt dmna tuh truz kna brp?? mao donk … :p

39. sugenk - September 26, 2009

enak juga pakai ini motor, diisi FULL bisa buat PP Surabaya – Bojonegoro, hehehe …

40. Totok st - Februari 25, 2010

Wah,Supra X 125 ’07 punyaku kalah,cuma dapat sekitar 58-65 km/ltr ne….

41. Reindra - April 11, 2010

Salam. Dari STNK saya diketahui: Astrea Star C 86 Cub. 80 cc. Tahun pembuatan/perakitan =1996.

Saya coba jalan Dangdeur (Rancaekek) – Dipati Ukur (Bandung). Kecepatan tidak lebih dari 60 km/jam. Berangkat dari Rancaekek isi full-tank di SPBU Al-Masoem. Trus balik lagi ke Rancaekek. Pas sampe di Rancaekek saya ngisi di SPBU yang sama seharga Rp 5.000 ternyata bleber tuh. Dangdeur – Dipati Ukur kurang lebih 35 km. Lumayan ekonomis lah, apalagi saya tidak mahir ngebut/manuver.

42. aji - April 22, 2010

top buat iritnya, soalnya ajuga punya, cuma dari keluar sampe sekarang belum ngrasain turun mesin, mesin memang bagus ok, sebentar lagi kyaknya pengen ngrasain turun mesin biar seger kembali mesinnya

mas mas, mau kasih saran ngeh, bagus ganti rem cakram supra, malah top,tp kyaknya gak nyambung kalo, mau pasang ban tubeles di pelek terali, lak yo bocor kabeh to yoyo (bocor semua to)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.607 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: