r15cbu_judul

Seperti yang kita ketahui Yamaha  (YMKI) mengakui bahwa kapasitas produksi plant mereka masih setengah kapasitas produksi Honda (AHM). Kenyataan ini yang menjadi penyebab terkungkungnya peremajaan line up mereka dengan cepat. Bila Yamaha ingin melakukan manuver radikal, mereka harus berfikir lebih dari dua kali tentang kesanggupan mereka mensuplai pasokan Motor yang dipesan konsumen.

r15cbu1YZF R15 yang memiliki basis desain full fairing dipercaya akan menjadi ajang kehebohan Yamaha Tahap kedua di line up motor sport. Kehebohan pertama sudah tentu saat peluncuran Yamaha V-Ixion yang berani menawarkan sistem injeksi, monoshok,  dan deltabox pada desainnya. Konsumen saya pastikan akan menyambut dengan sangat positif kemunculan R15 ini, walaupun mungkin tastenya 11-12 sama V-Ixion. Saya kiranya nggak perlu lagi  panjang lebar menjabarkan fitur kelebihan R15 versi Yamaha India dibanding motor-motor kompetitor yang banding. Tapi belum apa-apa Yamaha sudah menunjukan ketidak berdayaan mereka dengan berujar : “Apalagi bila ada produk baru, bisa makin keteteran kita,” pada detikOto. Sungguh saya sedikit merasa kecewa akan sikap menyerah sebelum bertanding ini dari Yamaha.

r15cbu2Bila bajaj bisa men ckd-cbu kan varian pulsarnya, bila suzuki pernah berhasil men cbu-kan FXR, jika honda pernah mem cbu kan sonic nya, dan  jika Kawasaki dengan sukses berhasil mencbu kan Ninja 250R nya . . . kenapa YMKI nggak berani men-cbu kan YZF R15? mungkin hitung-hitungan bisnisnya belum ‘nutup’ menurut mereka atau  . . entahlah. Ibarat kata, mereka nggak perlu susah-susah nyetak fairing, semua ngambil dari pusat produksi R15. Saya Yakin walau di CBU kan R15 tidak akan dijual dengan harga yang sangat heboh. YMKI cukup piawai  menseting harga. Pun bila Harga CBU lebih mahal 1-2 juta dari harga R15 bila di produksi sendiri, saya yakin konsumen tetep banyak yang antri di Daftar Inden 😀 semoga berguna

Taufik of BuitenZorg yang gregetan ama YMKI 😀

35 COMMENTS

  1. emang basis produksi R 15 di mana mas? thailand apa di India … wah kalo di datengin dari bollywood lebih mahal dong…

    tukang las Asean Lebih bagus dari dari india lho… lihat pulsar tuh las las an frame di dempul….bebek bebek bikinan AHM ama YMKI rangka kayaknya gak main dempul dah rapi…

    Guest
  2. Ujung2x bisnis kan.jualan vixion msh untung kali.lagian kalo dimasukkan cbu sih hargax jg pasti mahal.ntar hargax sama dg cbr 150.padahal spek mesin ama tenaga masih menang cbr.
    Tp kan mungkin aja pernyataan itu akal2anx yamaha.biar honda tenang.nanti tiba2 mereka keluarkan.yah semoga aja gitu.

    Guest
  3. Ktny yamaha udh naikin kapasitasny tahun kmrn, koq msh blg cm setengah y???
    Kl memang mau ckd y hrs segera, kl g andai honda bnr2 kluarin CBR y ckd jd sangat terganggu

    Guest
  4. wah harunsnya YMKI ngadadin gathering blogger juga, jadi bisa tanya langsung
    gak ada kenalan orang YMKI apa?

    Guest
  5. Mengapa Yamaha selalu mengeluhkan “kalah kapasitas” dari Honda ?? Bukannya dah punya pabrik baru nan megah di kerawang ??
    Pernah plant tour ke Yamaha, si Dion Bety bilang kalau kapasitas Yamaha sudah akan naik per taun 2008. Lha sekarang mana buktinya Omm Bety ?

    Guest
  6. Kyaknya, yamaha braninya main di kelas motor ojek, blum bsa menghargai selera rakyat bnyak.

    moga aja Yamaha mau brubah, tanpa alasan keterbatasan produksi ato dana. Malu ama Yamaha Internasional.

    Guest
  7. waduh kalo saya mah gak kebeli dech, mending naek busway dlu 4-5tahun sekalian nabung …bwt beli lightsport atau mini moge macam ini….kan 4-5 tahun dah ada seken nyah…

    Guest
  8. R15 dengan ubahan double seater dan pantat lebih nungging pasti lebih siiip.. lbh mahal e
    3 jt dari vixy masih ok lah…. 🙂

    Guest
  9. sori oot, baca artikel ini gw jadi penasaran pabriknya R15 dimana. tapi abis googling malah dapet ini.

    http://www.autocarindia.com/new/autocar_forum/forum_posts.asp?TID=1827

    kutipannya kaya gini
    “Its official ….Yamaha are including an ECU remap and a booster as a package for approx 20 grand ….this package will increase the existing power of the r15 by 50% to an indicated 25bhp….this will be offered by Yamaha as a factory option very soon …..i was told by an Yamaha official and a insider…. expect a drop in mileage but a tremendous increase in acceleration and top speed”

    blom bisa gw confirm beneran apa ngga soalnya kan dari forum juga, tapi sedih juga ya disini kita masih nunggu2 disana orang2 malah ngomongin factory option yang bisa ningkatin power 50%

    Guest
  10. kalau mau di CBU-kan sebenarnya sangat bisa. Tapi mungkin saja YMKI mau main aman dengan CKD, motor CBU kesannya kurang terjamin part-nya.

    Tapi penjualan Pulsar dan Ninja 250R baik-baik saja tuh, tergantung produknya bro…

    Guest
  11. tetap smangat YMKI!!
    segera wujudkan motor sport bwt pecinta YAMAHA sejati..

    vixi ud oke,,apalagi klo pake fairing plus rear disk brake..

    ciayo YMKI!!!kmu pasti bs..

    Guest
  12. halah itukan cuman triknya YIMM aja,
    bentar lagi juga yimm bakalan banyak ngeluarin produk baru, banyak kok inisilal produk baru yang lagi di garap yimm. kalo gak percaya tanya aja sama temen/saudara yang kerja di vendor yimm, kalo kebagian pasti mereka lagi ngerjain part trial dari yimm.
    soal R15 gosipnya sih engine tetep ngambil dari india, masalah model nocoment. bisa tetap nyontek r15 atau di remodel.

    Guest
  13. Untuk CBU yamaha masih berfikir 100x,karna pngalaman yang sudah2 motor cbu kurang diminati…
    seperti dulu ada tiara,125z dan yamaha touch…
    Bagi penggemar yamaha yang masih nungguin motor baru dari yamaha harus sabar,karna mungkin telor baru dari yamaha masih akan keluar 5-6 bulan lg…

    Guest
  14. @ angkasa

    gw liat dulu tu pas jamannya TZT emang sepeda motor g se-booming sekarang. lagian sekarang konsumen udah pada ngerti mengenai sepeda motor.

    liat aja blade series dan vega zr, gitu laku kan.

    Ninja bahkan laku pula untuk ukuran motor dengan harga mendekati 50jt

    Guest
  15. Jadi produsen, laku lagi, kok yo masih susah ya, apalagi yang gak laku…
    Thank stikernya mas Taufik, tak tempel di helmku kiri kanan, paling orang2 yang gak tahu membatin, ini orang motornya karisma, ngaku-ngaku punya blog ninja250r.

    Guest
  16. 22. hadiyanta
    mas dpt stiker nyah darimana..ketemuan yah…aku kok minta dri jaman baheula…belom dikirimin jg yah…

    Guest
  17. mank kapan yaw motor ini bner bner d launching??
    kita2 mah cuma di buat memble doank ngbayangin gokilnya niy motor,tp faktanya yamaha juga kagak kluar2in niy motor..
    g ada duit buat ambilnya yah??ambil kredit ajah!

    Guest
  18. kata orang forum vixion sih, onderdil mesin r 15 tuh di indo, dan ada yang pernah dapet jeroannya, pas di pasang di vixi langsung ngepak, klo jeroaannya aja di sini, kenapa ga impr fairingnya aja yah?

    Guest
  19. kira2 bisa gak ya YMKI keluarin R15 coz udah mo ganti motor nih dari bebek ke R15 klo bisa di tahun 2010. klo gak muncul juga tuh R15 ya udah beli Pulsar 180 facelift aja dech ! percuma nunggu-nunggu motor YMKI gak jelas ! keluarnya kapan !.

    nb : Yamaha cuman fokus ke India aja ! …. (ya udah dech sorry good by !…yamaha )

    Guest
  20. Saat itu diindo sangat ditunggu2 kehadirannya, giliran udah diproduksi lokal penjualannya jauh dari harapan, andai saat itu langsung dikasih double cam pasti kebal dihajar CBR

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here