recall_judul

Tak ada Gading Yang Tak Retak – Kalimat ini sepertinya pas untuk menjadi pembuka artikel yang cukup sensitif ini. Segala yang di produksi oleh manusia tidak bisa terlepas dari ke gagalan dan keerorr-an, walaupun takarannya bisa diminimalisasi sehingga masuk tataran mikroskopis. Nah begitu pula dengan Motor. Motor apapun itu berbentuk motor cub seperti Honda Bek-Jul ataupun Hyperbike seperti Hayabusha terrangkai dari ribuan parts-parts kecil yang bisa saja salah satunya memiliki ke salahan.

Oleh sebab itu bila kita mengecek artikel-artikel luar negeri dengan tag Recall di Google, akan mendapat banyak sekali link varian kendaraan yang terkena kampanye recall salah satunya di sinih. Saya sendiri sempat membeli produk yang terkena kampanye Recall, yaitu si Pinky Vario 2006. 2 tahun Yang lalu seluruh Vario generasi Awal harus diperiksa bagian” anchor pin” karena berpotensi untuk failure.. Yang terpenting bagaimana kita menyikapinya. Yang pertama di benak saya adalah ATPM yang mengeluarkan Informasi recall, berarti staff risetnya terus bekerja untuk selalu mengevaluasi produk walaupun sudah masuk tahap produksi masal. Recall adalah bentuk bertanggung jawab ATPM akan keselamatan konsumennya, dan dapat diartikan pula bahwa ATPM itu sudah siap walaupun dengan kondisi/situasi terburuk sekalipun terhadap produknya. So jangan pula kita beranggapan terlalu dini bahwa Motor yang kena recall adalah “PRODUK GAGAL” Ayo switch qolbu kita agar terus berfikir positif, cmiiw, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

21 COMMENTS

  1. Sip mas, bnr th bkn cm sbgai rasa tanggung jawab tp jg sbgai tanda bahwa perusahaan tsb adlh perusahaan yg besar.
    Pabrikan mobil2 dunia pun melakukanny, seperti Toyota & Mercedes. Imeg pun akan smakin naik. Contoh pd Vario, jualanny mlh makin laris kan..

    Guest
  2. hehehe

    iya tuh salah masuk . . .

    gak popo lah

    safety first lah , secara pribadi aku setuju dengan sikap keterus terangan ATPM untuk mengakui bahwa ada part yang failure dan bisa membahayakan ridernya, asal cost nya jangan di bebankan ke customer.

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  3. jangan ky pabrik sebelah yg gak terang2Xan padahal jelas2x ada masalah huh… maunya untung doang konsumen jd kapok X ya klw gak terus terang ( iklan lampu ) ky gini

    Guest
  4. Recall=kiamat bagi vendor parts yg bersangkutan.Selain kena penalti dr atpm,seluruh biaya bongkar pasang,ongkos kerja,ongkos lembur karyawan dibebankan ke vendor.Atpm cuma nanggung beban moral(imej)…Ups maap kalo salah deh.

    Guest
  5. ^ 6
    wah kok jadi ke enam….kalah persekian detik deh..

    gak di ina di luar juga…sering ada recall, pdhala cmn gara2 kecelakan datu – dua orang…motor ditarik lagi…kadang masalah rem atau apalah…tpi salut buat ATPM yg berani recall dan mempertanggung jawabkan…gak perlu malu atau takut gak laris…bener kata mas taufik …

    Guest
  6. Opo jenenge ganti Tri Hidayat mas? ana-ana bae. Kapan bancakanne?

    Recall bisa jadi malah bisa menaikkan pamor, asal bisa dikomunikasikan dengan baik dan tepat, kesannya pabrikan bertanggung jabab banget.

    Guest
  7. Butuh kedewasaan dari konsumen untuk menerima recall dengan positif. Sebagian konsumen (malah sebagian ATPM) masih menganggap recall sebagai sesuatu yang tabu yang patut disembunyikan.
    Recall tetep oke asal bukan recall akibat penyalahgunaan anggaran uang negara buat jalan2 ke luar negeri………(hehehehe)

    Guest
  8. maaf bang Taufik, mau oot nih, mau beli kaliper ori Vario buat bikin double disk brake mx, mahal, ada yang tahu kaliper kiri after market gak & kisaran harga berapa ?

    Guest
  9. recall itu perlu, apalagi klau persentasenya besar dan menyangkut safety..
    kalau image tinggal bagian PR perusahaan bagaimana menyampaikan ke konsumen

    Guest
  10. Ninja 250r aja di luar negri kena recall gara2 sein lampu aja.
    n efeknya bener sih bisa menimbulkan kematian.
    tp lebay jg ya kawak nya.
    tp justru yg kyk gitu harus di contoh.
    ATPM yg baik adalah ATPM yg sangat2 serius terhadap detail2 kecil.
    kalo ada yg cacat ya di recall.

    Guest
  11. vega ZR di recall gak tuh ama YMKI. kayaknya kasusnya malah sengaja ditutup2in yah. berita mengenai servis gratis vega zr yg ngalamin kebocoran jg udah ilang tuh di otomotifnet.com. jgn2 ada sesuatu tuh dibelakang……

    Guest
  12. Kalo sekarang…
    recall Vixyon karena masalah fuel pump ya?
    hmmm…
    moga2 dapat penjelasan yg lebih jelas, n gak diem2

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here