kesengsem_judul

Hhh . . . whats wrong with me ? koq bisa-bisanya kesengsem malah sama mongtor yang sudah aki-aki . . . yaaaa tepatnya CB 100 alias CB CePek, terutama lansiran 73-74 warna kombinasi Putih-merah atau putih-biru yang lebih dikenal oleh orang kita sebagai Cb Gelatik. Old Bike never die . . . warna putih tentu saja menambah aura ke-retroan motor ini.Β  Saya cukup kagum pada ketahanan varian CB 100 ini, dengan umur yang lebih tua dari saya sendiri, masih banyak yang berseliweran di jalan umum.

cb100-01Saya nggak ngerti banyak pada motor klasik bin retro kayak begini oleh sebab itu saya ketik ulang artikel MotoRiders Edisi Agustus 2004 tentang cb 100 ini. – Menurut sejarahnya kehadiran CB 100 tidak lepas dari sukses Honda S90 dan CL 90 yang menggunakan mesin andal OHC 90 cc. Pada Tahun 1970, Honda MotorΒ  menalsir mesin anyar 100 cc hasil pengambangan mesin 90 cc. Mesin ini terbukti andal, mumpuni dan mudah perawatan. Lalu mesin ini dilekatkan pada sasis yang mengadopsi keluarga CB jadilah CB 100 pada tahun 1970 dan bertahan dengan berbagai penyempurnaan hingg 1975. Sedangkan Varian turunannya masih diproduksi sampai 1980-an. Terlebih lagi Pajaknya masiy murah (banget) lho . . . bagi yang pajaknya masti sampai 10-20 tahun . . denger-denger dibogor lagi ada pemutihan…pajak mati berapa puluh tahun pun akan dikenakan 5 tahun saja…asyiiikk

Taufik of BuitenZorg

Honda CB 100

  • Engine and transmission
  • Displacement : 99.00 ccm (6.04 cubic inches)
  • Engine type : Single cylinder
  • Stroke : 4
  • Power : 11.50 HP (8.4 kW)) @ 10500 RPM
  • Compression : 9.5:1
  • Bore x stroke : 50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
  • Valves per cylinder : 2
  • Fuel control : OHC
  • Cooling system : Air
  • Gearbox : 5-speed
  • final drive : Chain
  • Weight incl. oil, gas, etc : 92.0 kg (202.8 pounds)
  • Front tyre dimensions : 2.50-18
  • Rear tyre dimensions : 2.75-18
  • Front brakes : Expanding brake
  • Rear brakes : Expanding brake
  • Top speed: 110.0 km/h (68.4 mph)
  • Fuel capacity: 10.00 litres (2.64 gallons)

23323a cb100-3 cb100k2

πŸ™„ silahkan klik untuk memperbesar gambar

cb100_1




69 COMMENTS

  1. Wah yg seliweran di jakarta dah dibore up semuanya…pakai mesin tiger….kecuali yg masih standar baru dah suara knalpotnya halus…..

    Guest
  2. cb kyk gtu d jepun sono msh ada kagak ya… ?

    Taufik:

    Masih ada..jadi pajangan di musium honda twin rig montegi

    kalo pengen ngerasaain motor cb baru…ya cb 223 2008 . . . manstaff tuh

    Guest
  3. kalau mempertahankan mesin aslinya, pengapian masih memakai platina 6 volt dari aki (DC), lebih baik diupgrade ke gl 100 cdi/gl pro cdi (AC). supaya ga repot kalo aki tekor/platina bergeser…

    Taufik:

    Waks 6V . . . .
    kasus si kurus terulang lagi niy πŸ˜€

    Guest
  4. hahaha… mas Taufik keracunan virus klasik… Langsung ambil CB 200 twin aja mas… Hahahha…

    Taufik:

    Hmmm . . . cb 200, cb 250 . . . OHC , Twin, Karbunya susah dicari . . . mabok dah ngurusinnya ha ha ha ha ha

    btw . . . cb 250 OHC powernya 30Hp lho…sama kaya ninja 250R πŸ˜€

    Guest
  5. Mas taufik ketularan arie slight… Lg demen ma motor klasik… Kt nya mau beli SW?? πŸ˜‰

    *racun mode: on

    Taufik:

    * celingak celingung nyariin slight πŸ™„

    Guest
  6. kyknya produk honda yang dijual di indonesia di specdown semua ya . . .? gak sesuai dengan yang ada di jepun sono. . .

    honda gak ada produk internasional kali ya , dalam arti beda negara beda spec dan power motor tersebut.

    cobalah kita tengok kawasaki dengan ninja 250 r nya diseluruh dunia spek dan powernya sama .

    padahal di indonesia AHM adalah penguasa pasar sepeda motor .

    secara pribadi aku merasa Honda kurang fair di sini .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  7. Kalo saya paling seneng yang K5
    cb 100 yang warnanya hitam, stripe merah, tangkinya udah hampir segede GL.
    jalan datarnya enak, dulu sering buat balapan sama Astrea Prima

    Guest
  8. Motor klasik sih jangan dipake buat harian apalagi kebut2an… Sayang… Buat motor mejeng Sabtu minggu aja… Ato touring jauh sekali-sekali… Hehehehe…
    Motor klasik emang ada aura tersendiri… Kalo dinaekin kayak ada wibawanya… Mantep dah… apalagi klo motornya masih bening, kinclong, cling2… Hahahaha…

    Guest
  9. ^^ honda c70 dijepun masih ada, cuma dah injeksi kalau yamaha v 50 dua tak juga masih ada.
    yang cb klau dak salah yang 125 cc bukan yang 100cc masih dipasarkan dijepun

    btw kalau mau masuk kategori klasik ori mending tetap pake 6 volt platina, tpi agak repot juga apalagi dah pada aus komponen avdancer pengapianya susah nyetelnya.

    kalau mau enak ya modif cdi
    hehehe
    selamat berburu mas taufik..

    Guest
  10. Saya pingin beli CB 100 nih..
    1.tapi yang ga orsi (ngejer murahnya hehe..)
    2. terus jeroannya ganti tiger (biar rada ngacir)
    3.pake velg palang (kok mulai nyasar gini…)
    4. pake kondom tanki (perasaan mulai ga enak nih..)
    5. pake fairing SP (jadi kaya odong2..)

    Manakah pernyataan yang benar:
    a. 1 dan 2
    b. 3,4, dan 5
    c. hanya 1
    d. salah semua

    Guest
  11. Kalau mau mongtor tuir yang gak pasaran, sekalian aja Kang Taufik ngelirik European Classic Motorcycle.

    Ini forum lokalan mongtor tuir :
    http://classic-motorcycle.org

    Guest
  12. tetangga ane ada yg punya cb100 thn 73 masih tampak antik…walau sudah banyak yg dirombak……meski dipake ngojek skali2….tp udah ada yg nawar 3jt tuch….soale masih mencrang euy!!

    Guest
  13. salam kenal Bikers old,
    biker ane punya Cb thn 1971 pul origional ama honda s-90 thn 1969 awal. yang mesin selahnya krelek (kaya honda win), gue setuju ama Opsimu,… honda s-90 emang bandel tenaga walaupun dah tua,. di dalam dunia Otomotif. …. Ada yg Bilang NGK PUNYA CB ????? APA KATA DUNIA … heeee. Bnyk yg di rubah dalaman mesinnya tuch. Harganya motor CB ama S-90 makin tinggi aja nich……

    Thanks Bikers , SPOG Kuninigan

    Guest
    • hae broo..met kenal,ane teguh pegemar cb mania ane jga punya cb tp yg ca bagong apa bedanya bro..ane kurang paham???

      Guest
  14. salam kenal…

    ane kepincut ma cb gelatik. ada ga yang masih mau jual..??
    hub : bandite02@gmail.com

    Guest
  15. ae punya cb glatik 73 dan s 90 taun 66 …….tapi ga di jual, buat cucu ae nanti….kang tufik salam kenal ae di bogor juga nih ……….

    Guest
  16. halo smuanya….ada yang nyari cb gelatik thn 73 ga…saya mau menjual klo ada yg minat..msk za ke email saya kumonal11@gmail.com..

    Guest
  17. Hallo saya mau jual honda 90 tahun 69 warna merah surat 2 lengkap. Aye minta 4 juta aje. no hp aye 02193348593 trims…

    Guest
  18. salam kenal semua, saya mau nanya nih, cb gelatik yg garis warna merah/biru hitamnya itu sebenernya stiker atau cat sih?

    Guest
  19. saya baru beli gl 100 mas. tapi mau ta buat cb. kira2 mas bisa kirim gambar cb model retro klasik ga ke email saya? ini alamat email saya aris.mardhani@yahoo.co.id terimakasih

    Guest
  20. salam kenal semuanya terutama kang taufik
    saya punya cb gelatik th73 susah bgt cari emblem yg di dop itu
    kalo ada yg ori berapa kira” harganya
    Theuncivilkids_goingrock@yahoo.com

    Guest
  21. CB q glatik warna biru plat N Batu tahun 1971,,surat lengkap,,
    Mesin jalan n keadaan lumayan………
    Harga 3,5 juta (Nego)
    Lok ada yang berminat hub di 085645005206
    Alamat di Perum Wilis Indah Kediri Jatim,,thanks buat bloger nya……..
    Cheer’s……….^_^

    Guest
  22. mas taufik….
    mas taufik bener yakin tangki gelatik itu yang asli adalah cat?
    boleh tahu ngak mas referensi mengenai catnya?

    thanks b4

    Guest
  23. om..ane blum bgt paham sma cb..tp ane gi nyari cb200..ane minta tolong ma temn2 smua kasih tau klebhn n kkurangan cb200 n cb twin..
    trimksh bnyk om..klo bz krim lwt email.
    linkz_wae@yahoo.co.id

    Guest
  24. yth bpk/ibu/mas/mbak….

    tolong saya dikirimi foto honda cb 100 tahun 1980 & 1982 warna merah.

    terima kasih
    Jamari Surabaya

    Guest
  25. permisi kawan dan kwin….wkwkwkw
    ane mo nanya ni….arti ato kepanjangannya CB tu apa ya?
    Coz nyari2 dan tanya2 blm dapet jawabannya…he…he..

    Makasih ya kawan kawin…..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here