judul5

Sepertinya tujuan Awal dorna memangkas kubikasi mesin MotoGP dari 990 cc ke 800 cc yaitu untuk menahan kecepatan motor hanya sukses selama dua Tahun Saja. pada Gelaran Kualifikasi GP Qatar di Losail kemarin, Dani Pedrosa melampaui rekor kecepatan yang dicatat Max Biaggi di sirkuit gurun ini dengan torehan top speed 338,6 km/jam. Rekor top speed yang di catat atas nama Biaggi sebelumnya ini adalah 334,4 km/jam. Rekor ini tidak dapat dilampaui baik pada era 990 cc maupun pada tahun pertama MotoGP 800 cc di tahun 2007.

Baru Pada tahun kedua era 800 cc, 2008, Marco Melandri sempat menyamai rekor top speed ini dengan membukukan 334,4 km/jam di atas Jok Ducati GP-8. Perkembangan performa kuda besi MotoGP 2008 sungguh merata, ini dibuktikan bukan hanya pedrosa yang melampaui top speed Biaggi ini. Tercatat Mika Kallio – Pramac Ducati dengan torehan 338.0km/jam, Casey Stoner – Marlboro Ducati menggeber GP-9 sampai kecepatan 337.2km/jam dan Jorge Lorenzo – Fiat Yamaha dengan 337.0 km/jam . . . so bagaimana ini . . apa mo diturunin lagi kubikasi MotoGP jadi 700 cc . . . soale bila sampai 600 cc bisa bentrok sama Moto-2 nanti 😀

Taufik of BuitenZorg

sumber data dan foto : crash.net

31 COMMENTS

  1. Trus power to weight ratio diperkecil, yaitu dgn aturan minimum weight yg diperbesar, pelarangan penggunaan material carbon fiber pd sasis. Kayaknya itu deh masukanku

    Guest
  2. nah,ini artinya pengembangan mesin dan piranti2 lainx. ini mah betul2 yg pas dbilangin ng jadul teknox hehe…ajak Rossi pake mx aja d moto gp,supaya top speed dblapan berkurang!!! pengen liat….katax kan udah hi-tech

    Guest
  3. yup..pengembangan motoGP 800cc emang terlalu sadis…dalam 2 musim udah bisa ngalahin motoGP 990cc..
    padahal disamping nurunin kapasitas mesin, berat motor juga ditambah, plus kapasitas tangki diturunin jadi 21 liter dari 22 liter sewaktu di 990cc..so, pabrikan dituntut bikin mesin yg handal dan irit..
    tapi nyatanya, dengan bobot yg lebih berat, speed di tikungan malah menjadi2..
    kayaknya pneumatic valve/desmodromic punya andil besar disini..RPM jadi semakin tinggi..speed puncak makin kuenceng…
    tapi kalo dipasangin RPM limiter, malah jadi gak seru dunk??balap motor prototype kok pake limiter??

    Guest
  4. namanya juga balap mas. . . .
    banter kok gak oleh. . .
    piye iki . . . ?

    nek ora banter yo ora balapan jenenge mas. . . .

    banter oleh sing penting safety ne sing apik. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
    • roaming mode:on

      namanya juga peraturan.. lama-2 juga banyak yg ngelanggar.. (asal ga ketahuan, hehehe..)

      >> “banter oleh sing penting safety ne sing apik. . . .”
      nah, klo ini gw setuju..

      Guest
  5. berarti sesuai tujuan.. teknologinya tambah maju.. dengan berbagai pembatasan sekarang, bisa lebih kenceng dari yang dulu.. kan itu tujuan balap prototype.. teknologi!!

    kaleee…

    Guest
  6. kalo ga boleh cepet,,ya MotoGP pake montor bebek wae.. pembalap” Indonesia jadi besar deh peluangnya menang! jagoan pasar senggol merajai MotoGP.. xixixi..
    (ngayal mode:on)

    Guest
  7. tapi kalo tetep 990cc, bisa2 sekarang udah nyampe 350km/jam tuh top speed. . . namanya juga perkembangan teknologi 😀

    Guest
  8. Kalo saran ane mas taufik…
    Para pembalabx dsuruh berenang…Jongkok….Tiarap….N trakhr sprint 100m ngjar mtor yg dparkir d start….
    Wkwk…Jd kek lomba olimpiade

    Guest
  9. bahh gpp lg bro.
    namanya jg semakin maju teknologi semakin efisien.
    dulu cc gede2 power gede tp gk efisien kan??
    pas 500cc boros abis..
    mending skrg 800cc.
    optimal bwt smuanya.
    coz teknologinya bisa bwt 600cc n 1000cc.
    soal carbon fiber itu masalah pilihan saja..
    biarkan mereka melakukan inovasi..

    Guest
  10. bli motor gp hbis brp y?
    minta bliin sby mw g y dy?
    kn gy mw jd presiden jd harus manjakan rakyat…btul?
    (wkwkwkw….NGAREP)

    Guest
  11. limiter RPM gak setuju gw.. tapi kalo nurunin CC ato nambah bobot motor or limit bahan bakar sih gw setuju…
    ntar makin lama bisa aja motoGP100 😀 cc cuma 100 tapi top speed bisa 400 km/h

    Guest
    • bisa bro . . .
      tembus 900 km/jam juga bisa,

      kalau mudik naikin pesawat aja , pasti tembus . . . . .

      keep brotherhood,

      salam,

      Guest
    • waaaahhhh (menganga…sambil membayangkan orang naik suprapit terbang ngalahin ducatinya stoner), dalam hati stoner berkata: “andai aku punya suprapit….”

      Guest
  12. yoh!!bagus lah.. tp harus kudu wajib di inget kalo moto GP juga bukan soal mesin tok..suspensi, desain rangka, fairing, meterial bahan juga mesti bener2 baru!!!
    kalo eug liat neh,, mereka kurang eksplor desain!!!jd ya mirip2 semua.padahal kalo mereka mau, bisa aja bikin motor yang lebih berasa aura masa depannye..

    Guest
  13. petani dulu dan petani sekarang dengan lahan yang sama luas, maka petani sekarang bisa menghasilkan padi kurang lebih lima kali lipat dari petani jaman dulu. Jadi untuk mongtor, kubikasinya mungkin diturunkan jadi 250 CC saja akan sama cepatnya dengan 1000 CC jaman dulu.

    Guest
  14. Weleh..
    Turunin aja jd 600cc,lalu suruh gabung ma donitata di wss skalian
    😀
    Gak pduli mau mtr masal apa proto yg ptg balapan cc sama:p

    Kok ya ada2 wae.
    Seiring perkembangan jaman yagh hrsna bs maklumin donk..
    Hehe 😀

    Guest
  15. Kerana make pneumatic valve n desmodromic ,rpm bisa berputar lebih tinggi…belum lg desain bodi mtr yg smkin aerodinamis membelah angin,makin kenceng dah…

    Guest
  16. Hey just wanted to give you a brief heads up and
    let you know a few of the images aren’t loading properly.
    I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two
    different web browsers and both show the same outcome.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here