hondawingAkhirnya teka-teki itu terjawab sudah . . . Honda Jepang akan menjadi pemasok Tunggal Mesin untuk  semua kuda besi Moto2 yang sejatinya akan memulai balap pada tahun 2010 nanti. Pengumuman ini dikabarkan FIM dan Dorna pada gelaran kualifikasi GP Jerez sabtu kemarin.

Pada Tahun 2010 nanti akan dilakukan pola pencampuran antara motor 250 cc 2 tak dan 600 cc 4 tak mirip seperti pola penetrasi mesin Moto GP 990 cc yang menggantikan GP 500 2 tak pada tahun 2002. Mesin 600 cc 4 silinder 4 tak nanti menurut rencana akan di produksi oleh tuner Superbike Honda, Ten kate. Dan diharapkan dapat menghasilkan mesin yang mampu menyemburkan tenaga lebh dari 150 dk

35 COMMENTS

  1. gak enak dong, mesinnya cuma 1 pabrikan .
    belum paham aku tujuan moto2 ini. .. .

    apa jadi OMR NEH . . .. . ?

    ada yang ngerti . . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
    • Kan untuk memotong biaya produksi… kasian ntar abis balapan melarat semua… he25x

      keepsmile n be Differents

      Guest
    • ya sbrnya sama aja kan…..skrng aja gp 250 isinya aprilia semua kan??…paling honda nyempil dikit….gilera n derbi klo dr bentuk mtr hampir gda beda sama aprilia,klo dr blpan ya keliatan sama aja….ktku mending gini dah….. jadi mesin sama semua tp mtrnya (min dr tampilan) beda2 tiap tim tergantung sp yg ngembangin…..ntar bs aja di moto2 aprilia/derbi/dsb msh eksis bikin sasis n bodi walaupun mesinnya honda…. 😀

      Guest
    • menekan harga bwt balap jg bro…
      kan lg krisis nih..
      250cc dah membengkak dana bwt risetnya..

      Guest
  2. yang bisa menjamin mesin sama semua sapa ya…
    apa mau honda kasih mesin terbaik buat pabrikan lain..

    Guest
  3. pasti byk komen miringx entar klo honda mesinx,klo yamaha mesinx pasti byk pujianx hehe…mau liat ntar ahhh….

    Guest
    • setuju aku mas, ya jelas kemungkinan besar yang menang yang punya mesinlah. dia yang bikin pasti dia juga kenal luar dalem tu mesin. masak sih mas tofik cuma 150 dk, cbr600 punya Andrew Pitt aja 140dk(baca di blog sebelah dulu..) berarti cuman beda tipis dong. jangan2 mesin moto2 ni basic dasarnya si cbr600 ya??

      Guest
  4. NGGA SETUJU 🙁

    NAMANYA BALAP MOTOR PROTOTIPE WAJIB DIIKUTI PABRIKAN LAIN

    INI MAH BUKAN PROTOTIPE TAPI OMR………………………………

    Guest
  5. Iya aq jg gak setuju, menekan biaya khan gak harus mengorbankan semangat kompetisi, aq lebih setuju kalo mesinnya diseragamkan, jmlh silinder, dimensi piston dan stroke, dll

    Guest
  6. gak ngarti gw… mesinnya pke honda.. 🙁 pasti ntar team honda dapet paart khusus biar menang.. tahu sendiri kebiasaan honda.. licik dan maenannya anak emas2an..

    Guest
  7. Sewaktu Dorna bilang hanya Honda dan Yamaha yang memasukkan proposal untuk mesin Moto2 sudah banyak yang memprediksikan Honda bakalan menang “tender” suplly mesin Moto2. Selain Honda memang mampu untuk produksi unit cukup banyak (sesuai peserta Moto2 nantinya) juga karna ada dukungan dari Ten Kate tuner asal negri kompeni untuk memproduksi mesin tersebut.

    Yang menarik juga, mesin tersebut tidak dikembangkan/produksi oleh HRC, tapi oleh Honda R&D. Makanya mesin nya bakalan mesin modifikasi berat dari CBR600RR, mesin motor produksi dari Honda, dan yang terbukti bisa dengan baik men tune mesin ini memang Ten Kate. Terbukti dengan jawaranya CBR600RR di balap WSS oleh team Ten Kate.

    Yang ditunggu juga adalah response dari Flamini bersaudara yang memegang hak balap motor produksi (WSBK/WSS). Jauh-jauh hari si Flamini ini udah wanti-wanti kalo motor/mesin balap Moto2 jangan mengambil dari motor produksi. Hak ini sudah dimiliki oleh Flamini dan mereka siap untuk membawa Dorna ke pengadilan kalau mereka merasa balap Moto2 menggunakan basis motor produksi. Kita tunggu saja dalam waktu dekat response dari Flamini.

    Mengenai balap Moto2 menjadi OMR karna semua mesin Honda, yah Dorna bisa bilang silahkan saja memasukkan proposal mesin ngga dilarang kok. Namun mungkin karna krismon produsen mesin lain seperti Kawasaki ato Suzuki jadi tidak berminat. Tapi memang untuk dapat menekan biaya team balap Dorna memutuskan untuk menggunakan satu suplier mesin dulu untuk tahun ini.

    Namun yang pasti Moto2 bakalan kehilangan sang legenda 250cc, Aprilia. Konon Aprilia ini sakit hati dengan Dorna, kalo ngga ada Aprilia ngga bakalan heboh tuh kelas 250cc, tapi saat pindah ke 4 tak Aprilia merasa dicampakkan oleh Dorna.. habis manis sepah dibuang. Lihat saja “balas dendam” Aprilia, mereka turun habis-habisan di WSBK, dan AMA. Dan mulai meninggalkan Dorna pelan-pelan. Tapi ini sih cerita lain lagi.

    Walah..kok kepanjangan ini responsnya… 🙂

    Guest
  8. jadi gimana tuh… Doni Tata!!!!
    gak bisa ikutan donk!! kan dia dibawah lisensi Yamaha, kalo mo nekat ikutan GP Moto 2 , dan lepas kontak sama Yamaha siapa yang mau biayaain dia dan gajinya….!!!!

    Guest
  9. GAK SETUJU!!! (kayak poling aja :D)
    lebih seru kalo semua brand ikut, jadi keliatan kompetisinya, apalagi sampe suporter fanatiknya pada berantem
    btw regulasi ni cuma untuk 2010 atau permanen?

    Guest
  10. Serba salah memang. Tapi memang ini jalan terbaik yg bisa diambil. Gara-garanya lisensi u/ balap pabrikan 600cc sudah dipegang oleh WSS (yg diikuti dota). Sementara teknologi 2 tak mau tidak mau harus lengser keprabon. Lagian sekarang isinya juga mayoritas aprilia thok.

    Soal kenapa honda yg menang. Bagi yg sirik melihatnya ini pasti ada apa2 antara Dorna dan Honda. Tapi kalo’ melihatnya jernih yg paling siap ya mungkin memang honda. Dengan dukungan pabrikan paling besar, dan paling berprestasi di kelas 600cc.

    Guest
  11. @all
    Waduhhh….
    Kok selalu aja ada yag gak terima kalo ada yg berhasil???
    Setuju bro supersamin. Kalo ada seperti itu ya biasa aja
    kan gpp to. Ban-nya formula sudah sama, ban-nya motogp
    juga sudah sama. Lha kalo suatu saat mesin moto2 sama
    ya gak usah sewot dong. Yang mikir, yang mumet mereka
    kok sampean pada teriak2.
    Ini bisnis Bung!!!
    Kalo gak suka ya tinggal pindah channel, bikin balap sendiri
    ato apa gitu drpd hanya bisa nuntut saja.

    Coba pikir d!!!

    Guest
  12. Yah… engga seru lagi dong balapan tahun depan…
    Cuma ada satu mesin doang….
    MEndingan nonton Motogp aja deh….

    Sigh..!!!

    Guest
  13. 2 tak 250 cc beradu dengan 4 tak 600 cc..weleh -weleh .suara mesin bakalan rame ,ada suara 2 tak yang garing ada pula suara 4 tak yang ngebas,belum lagikalau bersamaan start pesertanya kan bisa banyak.bisa tabrakan saat start dong,gimana nih si dorna ,mau mengadu macan dengan harimau ,kira kira mana yang cepat yaaaa ???

    Guest
  14. Xixixxi… klo aku demen nonton Indoprix, makin seru dengan datangnya honda, jadi terbukti deh yg lain mulai pada sirik, klo dilihat dari kekutan sama, tinggal pandai2 pembalap aje, cara kerja mesin gitu2 ajekan, tinggal pandai2 aje koreknye, gw aneh mesin yg canggih yg gimana sih. yg bilangin mesin merek ini jadul, mesin yg merek ini canggih, lah buktinya mesin jadul aje bisa bersaing…, yg penting Indoprix semkin seru…. “Biarlah yang ini semakin di depan tapi yang lain makin keren dan mantap”

    Guest
  15. emang dunia dah ngakuin honda emang lebih unggul makanya moto2 milihnya honda. kalo diGP honda ngga juara bukan hondanya yg ga bisa lari tapi joki ymh nya yg bagus.

    Guest
  16. udah deh ngga usah ribut, kalo suka ya di tonton kalo ngga suka matiin aja ato pindah cenel aja,, gitu aja kok repot!!! kalo aq sih semua yg disebut balap semua suka! apalagi gp n moto2 ngga peduli yg menang siapa n motor apa! kalo di moto 2 yg menang honda ya pasti sebab semuanya honda. tapi toh mereka ngga bawa nama hondanya tapi nama teamnya>>!! tol kan ?????? yah salut aja buat honda. oc???

    Guest
  17. Ya kalo di liat2 dari performa mesin sih honda memang lebih baik dari yamaha…tapi klo soal pembalapx hebatan yamaha…itu sebabx yamaha bisa juara…tp seandaix dibuat drag race pasti honda yg menang jauh didepan…..yamaha semakin ketinggalan..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here