Bro semua,

Barang baru memang hangat untuk jadi omongan. Tapi terlepas dari perbedaan pendapat yang ada, saya pikir sah-sah saja lho kalau ada yang suka dan ada yang tidak suka. Yang penting tidak perlu diutarakan secara fanatik, atau berlebihan, kadang bahkan kasar. Kurang elok rasanya. Yah …. itu pikiran generasi tuir seperti saya. sesama motoris saya pikir spirit kita mesti sama, saling respek entah di jalan maupun di kolom tulisan. Bagi yang berkelimpahan rezeki, silahkan pilih yang katanya ‘ori’ dan mahal, Sebaliknya yang pas-pasan, dapat yang model begini juga sudah senang.

Banyak yang bilang si Ninin hebat. Mungkin mereka lupa, bahwa ketika baru masuk Ninin dicemooh dan selalu dibandingkan dengan Yamaha dan Honda. Ada yang bilang kegedean badan lah, gak ada larinya lah, mesinnya gak OK lah, dll. Nyatanya, setahun ini fakta membuktikan lain, Tapi apa karena itu berarti bahwa ada produk baru, si Mimin, lalu juga kita kecam?! Biar saja waktu yang membuktikan apakah produk tsb bagus atau tidak. Kalau tidak, dengan sendirinya akan mati sendiri. Iya, kan?

Soal mirip2, yang namanya motor sport ya begitu arsitekturnya. Jadi sekilas serupa. Di moge saja banyak kejadian meniru. Ducati dengan model undertail dan single arm menjadi legenda, tapi banyak orang lupa bahwa inspirasinya datang dari Nonda NR! Suzuki Hayabusha …. siapa yang tidak kenal! Soal performansi gak ada matinya, tapi soal model, pendapat umum terbagi dua. Ada yang bilang cool, tapi sebagian bilang jelek. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu bahwa sketsa model itu dicuri dari arsipnya Kawasaki. Nah lho?!

Semula Kawasaki akan membangun model itu setelah pengujian secara aerodinamis dinyatakan sangat bagus (ingat bahwa saat itu hanya Kawasaki yang memiliki sarana uji coba terowongan angin sebagai bagian dari fasilitas pabrik pesawat mereka). Tapi setelah diperhatikan lebih jauh modelnya dianggap jelek sehingga kemudian diarsipkan saja. Arsip ini yang kemudian bocor dan petinggi Kawasaki sempat berang ketika Suzuki meluncurkannya dengan hanya 10% modifikasi. Salah sendiri karena tidak sempat dipatenkan modelnya. Makanya kemudian Kawasaki segera melempar tandingannya dengan ZX14 yang dianggap berpotongan lebih moderat..

Kembali ke soal Ninin dan Mimin, saya pikir tidak ada yang perlu dipermasalahkan. Kalau mau diuji, ya kita uji secara aple to apple aja. Saya rasa itu akan jadi jauh lebih obyektif. Soal harga sangat sensitif dan kita tidak perlu sombong hanya karena itu, Di atas gunung ada awan, di atas awan ada langit, di atas langit …….? Tahu ah …… silahkan isi sendiri. Yang punya langit aja gak sombong kok!!!!

Saya me re-post koment Pak Tono karena memiliki pandangan yang relatif sama tentang fenomena Minerva 250 😉 – Taufik of BuitenZorg

84 COMMENTS

    • se-7 kita lihat saja, pasar & waktu yang akan mengujinya, btw bang taufik masih bisa dibilang muda kak mengklaim diri generasi tuwir, he3… 😀

      Guest
    • ‘SAYA’ di tulisan di atas sebagai kata pengganti orang pertama bagi sang penulis artikel mas yaitu Pak Hartono 😀

      Administrator
    • sisi positifnya adalah model gak mirip sama model yang dah beredar di mari (kemajuan lahh)……

      Engine ?? bro topik dimohon untuk beli dulu, terus diulas di mari, kalo oye, entar nyusul deh

      gimana ??

      Guest
    • pantes koq kayanya pernah baca ini artikel.. eh ternyata REPOST, untungnya yg nge-repost itu yg punya bloq (alias pak admin) jadi ga masalah..

      btw, kayanya emang cocok ini artikel untuk semua motor baru.. (dan semua merek…)

      Guest
  1. ya it mslhx,komen sipemakai motor A kdg trlalu nyerang pemakai motor B,klo si B panas dgn saling lempar komen ya slh si A jg manasin org dgn mengagungkan motorx dan menjelakn produk lain. pdhl klo motor A jln ke kota D si motor B jg sama,kan sama2 sampai th.biar lbh lmbt atau lbh cpt.

    Guest
  2. Setuju , yang punya langit gak sombong , ni baru punya sepeda bikinan manusia gayanya kayak yang punya langit di jalanan,,,,,,,

    Sekedar mengingatkan , jangan sakit hati ( buat yang merasa ),,,,,

    Guest
  3. Setuju , yang punya langit gak sombong , ni baru punya sepeda Pake motor bikinan manusia gayanya kayak yang punya langit di jalanan,,,,,,,,

    Sekedar mengingatkan , jangan sakit hati ( buat yang merasa ),,,,,

    Kurang sedikit ,,,,

    Guest
  4. Yang punya langit itu Al-Mutakabbir lho.. sekedar mengingatkan saja.. 😀
    monggo dicari artinya.. hehe

    Guest
  5. hooooii.. men-temen kudu dukung dooonk keberadaan Minerva, soale kann.. ini produk lokal kebanggaan bangsa, walo tekno mesinnya jerman!!
    kann malu lho, indonesia yg katanya sbg bangsa yg gede tp gak punya merek mtr dewek yg subur di negaranya sendiri.
    Apa kata dunia?????!!!!

    Guest
  6. baru tau saya. jadi bener neh hayabusha desainnya dari arsip kawasaki to, waduh piye iki suzuki.?

    Guest
  7. kekek.. mang topik mang topik..

    nyebarin tren istilah baru, mimin, hehe.
    tapi ya sebenarnya semua rider motor ga perlu
    caci-caci soal tampilan dari deretan minerva tahun ini.

    kan enak kalo bisa merasakan bermacam2 motor
    pinjem2an sama yg punya merk beda

    suka teringat sama komen2 yang saling caci di beberapa blog
    kalo udah fanatik sama satu merk/type atau karena punya
    yang ‘ori & mahal’ tea, fyuhh..

    cape dah.

    Guest
  8. kuatnya beli apa . . .. ?

    gitu aja kok repot. . . .

    yang punya langit aja gak sombong. . . .

    setuju banget . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  9. yang jelas bikers ga punya batasan apa2 bos… kemaren aja di otobursa smua bikers gabung jadi satu ga ada ekslusifitas atau apa lah… semua jadi satu…
    dari yang skubek,bebek,sportbike,supermoto,cruiser.ninin,mimin,chopper,semuanya kumpul dan ga ada tuh yang namanya gontok2an….

    dan biasanya yang ngasih comment2 pedas di internet tuh bukan bikers sejati..(internet rider)
    karena bikers sejati cinta damai dan ga suka permusuhan…

    jadi intinya adalah..

    all bikers are brothers…

    Guest
  10. hooh, mending ga usah mencibir dulu, lewat forum2 beginian gw bisa belajar untuk hati2 dalam berpendapat, jangan asal ngomong coz bisa jadi dan sering kali malah omongan kita menyakiti hati orang lain….jujur aja gw dulu jg suka mencibir, pokoke apa aja yg ada di hati keluar semua, n sampai suatu ketika gw ada di posisi yg tersakiti hatinya:)…..sekarang lebih ati2….mending ngomong yg positif2 aja…coz omongan kita jg seringkali cerminan dari realitas kita, melalui komentar2 orang kita bisa menilai pribadi orang dari yang rendah hati mpe yg omdo, dari yg suka ngliat orla susah (yg susah ngliat orla seneng) mpe yg suka memberi pujian……….bener kata pepatah mulutmu harimaumu, kalo suka komen yg negatif justru banyak hal2 tidak menyenangkan yg nantinya di dapet……bener juga pepatah yg bilang semakin banyak menabur makin banyak menuai, kalo lu nabur komen2 negatif lu juga bakal dpt tanggapan negatif dari org2 entah itu langsung ato tidak, sebaliknya kalo lu nabur komen2 positif bakal banyak orang yg seneng n perhatian ama elu………..sorry mas taufik OOT:p

    Guest
    • harganyanya juga lewat jauuuuuuh hehehe CBR 150 aja 37 jt, ninja 45 jt…CBR250? bisa nembus 75 jt

      Guest
    • dikampungnya sana aja cbr 250 dah ga diproduksi dari kapan tau…
      ini malah bilang mau rilis…

      yang baru tu cbr 150rr.

      Guest
    • cbr 150 bukanya buatan thailand ? honda di jepang cuma ngeluarin cbr 400 keatas……

      Guest
  11. Apapun Motornya, tetap aja Buatan / Ciptaan (made in) Manusia.
    Yang bisa Menciptakan Manusia aja gak sombong kok.

    So,
    Kembali ke masing2 aja lagi.

    Salam
    Core81

    Guest
  12. Hayabusa: Jadi, sebenarnya aku anak siapa?

    Kawasaki: Akulah bapakmu!

    Suzuki: Tapi kau lahir dari rahim ibumu nak.. kau anakku…

    Minerva: Sudah, jangan pusing2… lebih baik kau menatap masa depan.. bagaimana kalau tak bikinin ade baru yang 250 cc dan tampangnya sama kaya kamu…

    Guest
  13. ati boleh panas tp kepala tetep dingin bro…
    jadiin indomotoblog buat pembelajaran kita buat lebih dewasa dalam berpikir untuk bertindak…

    KEEP BROTHERHOOD…!!!

    Guest
  14. ‘kurang elok”

    orang malaysia tah??hahaha…gue suka tuh bahasa..absen dulu lah..bener tuh, jangan suka komen2 negatif…gak bagus untuk pendidikan masyarakat…dan tentunya gak bagus untuk mental bangsa ini…emang mau orang indo jadi tukang kompor komentar skeptis n negatif??gak mau kan…kalo gak suka ya biarin aja..gak usah mencibir..kalo mau mengutarakan kekurangan silahken…blak2an aja, tapi jangan pake emosi, dan bahasanya yang sopan..

    peace all

    Guest
  15. mas maksud ya “sketsa model itu dicuri dari arsipnya Kawasaki”,
    sketsa yg mana mas? undertai dan singel arm? atau sketsa ya megeli 250?

    Guest
  16. Klo gue sih,asyik2 aja makainya.
    andai gue punya uang lebih. gue beli semua merk. skrg aja di rumah ada:
    honda =HSX125, Vario, megapro.
    yamaha = vegaR.
    Suzuki = skywave.
    walau yg make dw2.
    lg nunggu R15.

    Guest
  17. Setuju bangeeeeeet!
    Terlalu antipati sama sesuatu itu nggak bagus.
    Terlalu fanatik sama satu hal juga jadi bego sendiri ntar…

    Mereka yang mampu beli yang mahal dan ‘ori’, alhamdulillah, nggak berarti jadi sombong…
    Kita yang baru bisa beli yang murah dan ‘non-ori’ juga alhamdulillah, dan jangan juga sirik…

    Udah sukur bisa punya motor bagus hari gini…

    Ditunggu review Minerva 250R, penasaran!

    Guest
  18. “Bagi yang berkelimpahan rezeki, silahkan pilih yang katanya ‘ori’ dan mahal, Sebaliknya yang pas-pasan, dapat yang model begini juga sudah senang.”
    ===========================================
    pak tua bilang pilih yang katanya ori dan mahal berarti menganggap produk ini gak asli dunk…
    kalo boleh tanya ke bro taufik kenapa halaman blog ini di kasih proteksi COPYSCAPE ???? apa yang bro taufik lakukan bila setiap merilis artikel tiba tiba 2 jam kemudian sudah di perbanyak orang lain dengan mengklaim itu tulisannya sendiri????
    initinya bukan menjudge barang ini jelek atau tidak bro…

    Guest
    • . . . .silahkan pilih yang katanya ‘ori’ dan . . . .

      Maksut dari paktono tentang Ori mungkin bukan pak tono yang bilang “Ori” akan tetapi “Ori” menurut orang lain . . . beliau hanya menyampaikan . . . coba kembali telaah arti kata dari “KATANYA

      . . . artinya bukan kata beliau kan? he he he

      Administrator
  19. biar copy cat tetep keren…palagi indonesia konsumennya banyak yg murah oreinted..pan motor2 sport aja bnyak yg di custom ulang biar keren…harga pun membengkak..abis dah tabungan demi re-design ulang motor..pdhal klo kita telaah lagi…durability dan aerodinamis serta safety nyah masih dipertanyaakan…inget dlu temen modif motor body sich keren bgt…tanpa sengaja kesenggol mobil..braak hancur…so jd bth dana lagi bwt repair tuch body….jd dengan hadirnya minerva…oasis ditengah gurun yg mengharap kan motor sport murah oriented..dan didukung pabrikan jd ndak pusing bwt part nyah bukan…so hargai lah…liat dri segi postifive nyah aja..ya ndak brooow

    Guest
  20. Nah salah kawasakinya kenapa gak dibikin motor konsep. Jadi hak paten ada & nanti orang bisa nilai ndiri. Buat minerva salut deh. Tapi saran gua hapus dulu line up motor duplikatnya. Biar punya imej bagus dimata orang

    Guest
  21. minerva sempat menjadi pusat perhatian….

    ternyata minerva keluarin motor yg bagus sekali dari segi penampilan,moge bangat…sempat kaget maren waktu di kasih tau motor yg nongkrong bareng itu minerva…

    minerva di pasang stiker2 ninja,,waduh asli keren abis..seperti motor 200jt++ gt…

    trus menjadi pusat perhatiin bangat,,padahal gw orang uda pake ninja 250 yg lumayan keren gt..

    lampu nya mirip hayabusa gt deh…

    kalo minerva sering2 keluarin motor2 gede,,tapi sport abis dengan harga yg hmmmm lumayan terjangkau,,,sepertinya kawasaki or yg lain harus bisa jg….seperti nurunin harga or pajak zx 10 r nya gt..hehe…

    maap kalo ada kata2 yg salah,…

    Guest
  22. org sini kan sukanya tampilan keren harga terjangkau. ngliat yg bgtuan rame jg yg beli tuh. yg pntng gaya. 🙂 lam knal semua..

    Guest
  23. weleh.. barusan aja coba minerva temen..
    design dan bahan 100% keren..

    lgsg deh gw cb naikin, brum.. wuih…. mantabsss..

    meluncur.. gigi1 ke2 ke3 empat, 3 lagi… (gaya lagu kuburan :P)

    hahahahhha.. jgn harap bisa bareng ma mio standart gw larinya..
    Sucks..
    thats fact…
    no offense.. ya..

    Guest
  24. setuju tuch w yang punya yamaha R1,hayabusa,minerva R150,Vixion,ninja ZXR400,CBR 150,w ja ga belagu br punya ninja250 ja dh sombong mknya jangan sombong br punya ninja250 lawan tuch motor-motor w punya ga u.jadi tetep maju motor-motor yang selama ini dijelekin ma orang w tetep dukung tuch motor……..goodluck minerva……………………………

    Guest
  25. yang kasian masyarakat yang selalu tertipu oleh penampilan..pemerintah juga kurang tega untuk memberikan standar kwalitas..buktinya motor kaya minerpa dan mocin2 lain yang sudah jelas kurang berkwalitas masi bisa di pasarkan..

    Guest
  26. Motor tuh yg paling enak adalah motor yg udah lunas hehehe… dan dibeli dgn duit sendiri. Punya ninin250 atau moge tpi klo masih kredit mah bawanya juga was-was. Jadi nikmatilah motor kita yg udah didapet dgn duit sendiri dan udah lunas nas nas…. nyaman di pakai sehari2x, tiap bulan selalu tersenyum karena gak harus bayar kredit hehehe…piss bro…

    Guest
  27. ” Sirik tanda tak mampu ”

    mau ninin kek…honhon kek..susu kek…tekek..kek..

    Berbagai motor di ciptakan sesuai dengan masing-masing kebutuhan.

    Klo untuk Mimin gue ajungin jempol…ngeluarin motor sport menengah yang gak kalah kerennya seperti motor di eropa.

    Produsen bisa membaca pasar lokal yg selama ini monoton dengan model yang begitu-begitu aja.

    * Klo untuk speed mungkin kalah sama si Ninin…tapi klo untuk model gue lebih unggulin si Mimin. because si Ninin gue rasa gak aerodinamis n gak mencerminkan motor sport besar ( bodinya doang yang besar ) *

    * Semua dibalikin lagi kepada sang ridernya..klo nyalinya tempe Ninin juga lewat kok sama si Mimin ( bisa di buktikan loh ). *

    Over all..untuk kedepannya…terus perbaiki kwalitas aja ya Min..
    gue yakin suatu saat loe berjaya di negeri ini…( untuk menuju sukses memang banyak rintangannya ).

    Guest
  28. Kebanyakan yang punya Ninja 250 cc hasil kredit atwa hasil merengek2 sama ortu. Mending bekjul gue sering dipake bonceng artis.
    Yang koment ngasal en gak genah, coba lu buat motor begituan, bisa kagak? jadi menidng buat koment yang bijak.
    Salut buat Minerva….
    Walau boleh dibilang bukan saingan Ninja 250 cc, tapi tetap performa yang oke dilihat dan mesin yang oke juga.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here