leg_signal1

Melihat Valentino dan beberapa rider MotoGP mengangkat boot nyadari footpeg seperti gambar di atas mengingatkan saya pada kode touring/group riding yang artinya kurang lebih : “Ada handycap/hazard di sebelak kanan motor” . .  . kira-kira apa ya maksud Valentino menurunkan kaki kanannya di depan Pedrosa? share your comment bro

road_hazrd

Selain valentino, Rekan satu timnya pun sempat memberikan kode seperti pada gambar di bawah . . . maksut nya apa ya? he he he he intermezo dikit ahhh

llorenzo_hand

left-change

Taufik of BuitenZorg

gambar : www.motogp.com , www.star422.com

61 COMMENTS

    • Klo lg touring, kode gt biasanya dipake sweeper bwt minta jalan/masuk ke barisan rombongan krn ada mobil/bus di depan, jd semacam minta izin kepada motor yg disusulnya. Pasti akan di ksh space klo uda ngasi kode gt. Ini fungsi lain diluar nunjukin hazard/halangan di jalan..
      Dalam kasus Rossi, dia ngasi kode bwt ngasi tau “jangan susul gw” kali yah..

      Guest
    • kayaknya bukan
      rossi lagi mbetulin celananya yang berlipat dibagian pantat
      😀

      Guest
  1. huahahahaaha
    eh kakinya Rossi di turunin itu kan dia pake mulai jaman dia pake Yamaha kan, inget waktu duel Honda Blue Bike vs Yamaha Blue Bike (Telefonica Moviestar onda vs Gauloises Yamaha) alias Gibernau vs Rossi
    katanya biar enak nikungnya (semacam pemeberat kai ya)
    tapi lihat sekarang, kayaknya hampir semua rider pake gaya itu kalo nikung, termasuh rider 250 cc

    Guest
  2. kemarin kelamaan mampir dijakarta, liat orang naik motor mau belok kasih tanda pake kaki bukan sein..xixixi ( ngawur mode ON)
    tpi mungkin sebagai counter balance saja…

    Guest
  3. kalo menurut w sih itu buat pemecah konsentrasi lawannya yang ada dibelakang bro, coz dengan dia menurunkan kaki`y jadi rider yang dibelakang`y otomatis akan melihat ke arah kaki`y rossi dan bisa menghilangkan konsentrasi lawan sepersekian detik, dan itu juga bisa buat menstabilkan keseimbangan motor valo bro!!

    Guest
  4. Waks, dari jaman doeloe dah di bahas di M+ sktar taon 2004-2005, pas rame2nya duel ama mbah Sete.,
    katanya sih buat penyeimbang aja, kayak di supermoto.,

    Guest
  5. itu mgkn krn di motogp tdk ada lampu riting jd dia ngasih tau kalo mo belok pake kakinya bro… hehehe

    Guest
  6. semua koment bener…..????

    Tapi yang paling bener itu… bang Vale itu takut jatoh kayak JLo.. jadi nurunin kakinya buat jaga-jaga supaya ada tumpuan kalo motornya mau jatoh.. nahan gitu…

    bhueeeee..heehehhehe..
    sorry ngawur….

    Guest
  7. penyeimbang liarnya motor ketika late breaking dan sebagai penghambat laju angin juga agar si Vale lebih mudah dalam menikung !!!!!!
    kalo kondisi normal, mungkin motor akan goyang dan bisa juntai tuh Si vale, soalnya vale melakukan itu gak setiap saat, dilakukan jika dalam keadaan motor kenceng mo overtake lawan dan late breaking.

    mo lebih jelas,,,kayae mendingan tanya rossinya ajah
    bisa juga tuh lewat komeng tanyanya, kan sohibnya tuh bocah !!!!
    hehehehe,,,,becanda Mode : On

    Guest
  8. itu kayaknya ban belakang rada stopie, biar stabil n siapsiap buat powerslide (nge-drift)

    keepsmile n be differents

    Guest
  9. Klo gak salah buat menambah bobot ke arah tikungan.. Jadi motor lebih “mau” diajak belok… CMIIW…

    Guest
  10. ahhh ngaco smua, tp lucu juga, hehehe…

    kayaknya di speed sgitu kalo kaki keluar jadi efeknya mirip2 flap pesawat menahan angin (kalo anak kecil dibonceng kan suka tuh ngeluarin tangannya) jadi lebih membantu mendorong motor sedikit ke arah beloknya motor (mungkiiin loh wkwkwk) jadi sedikit menipu traction control juga gtu, tapi lucu juga lihat yg belakang jd mau latah ikut2 nurunin kaki (tp gk jd karena efek yg didapat malah gk enak jdnya) hehehe…

    Guest
  11. mungkin ada oli tercecer..

    kali…

    kalo gak si rossi mau kentut, gara-gara bajunya rapet jadi ketahan deh anginnya…

    walhasil ngangkat kaki biar bisa keluar dengan nikmatnya

    huhahahaha 😀

    Guest
    • sebenarrnya rossi itu dulu pengendara vespa, lah di vespa yang lama blum ada lampu sign…. jadi pake kaki sebagai ganti lampu sign.

      Guest
    • Lorenzo mengibaratkan motornya itu kuda…biar tambah kenceng…yo di pecuti. Kira2 begitu bung….

      Guest
    • mas rossi celananya terlalu rapet tuh. perhatiin aja kalo masih nunggu start dbawah umbrella, pasti sering narik2 celananya biar gak masuk pantat. lucu tuh orang….
      mungkin mas lorenzo habis kena macet disirkuit, jadi pegel tangan yang habis pegang kopling….

      Guest
  12. Dia mau nunjukin kalo dia hebat, ngebut dgn tangan satu, tapi waktu di jerez malah angkat tangan dua duanya lho! (menyerah) hehe

    Guest
  13. salah semua, waktu tu keteknya lorenjo basah trus diangkat satu supaya dapet angin (ngaco Mode)

    Guest
  14. Klo Rossi mungkin karena kemaren di indo ikutan balapan Road Race jadinya klo belok kakinya diturunin..bwehehehe..

    Guest
  15. ah paling Lorenzo bilang
    “Sial.. gw kalah lagi ma pak Dokter..”
    (itu ambil fotonya sebelum tangannya mengayun turun..)

    Guest
  16. nah kebetulan ane ada baca di majalah fast bikes dari inggris, penjelasannya gini.

    rider motogp melakukan hal tersebut ketika akan memasuki tikungan tajam yang mengharuskan kecepatan diturunkan, dengan kakinya diangkat dari foot peg ngebantu untuk mentransfer berat badan ke bagian depan dari motor dan ngebantu untuk belok lebih tajam, tapi kata penulisnya hal ini juga gak pasti soalnya gak di setiap tikungan dilakukan.

    kata penulisnya kemungkinan sih gara2 waktu mereka ngerem ekstrem kakinya jadi kebuang gitu karena “braking forces” yang terjadi..

    maapin kalo ada salah, cuma baca dari majalah.
    kalo yang dimaksud hal yang beda juga maapin yak.:)

    Guest
    • @Denny

      makasih bro sharenya . . tapi yang menjadi pertanyaan lanjutan niy . . . sama dengan comment no #25 . . . kan kataya ngerem ekstreeemm…tapi koq tuas rem belakang yang notabenenya di kaki kanan malah dilepas 😀

      Administrator
    • bukannya udah ada ABS mas?rem depan mungkin udah dipasang abs juga biar blakang ngerem pula walau rem kaki gak diinjek?

      Guest
  17. rossi itu kan mantan crosser jd tekniknya itu dipraktekin di motogp skarang, apalagi rider2 motogp dituntut utk late braking. Nah menurut saya teknik itu adalah teknik memindahkan titik berat sehingga bs lbh memungkinkan lbh menikung kala late braking.CMIIW

    Guest
  18. Naah kalo Mas Rossi itu mungkin lagi ngecek aspalnya apakah ada pasir/oli ato ndak baru habis itu mau nikung,

    Kalo Mas Lorenzo itu pas liat supporternya tu ada yang acungin tangan mau jotos makanya sama Mas Lorenzo di balas juga

    Guest
  19. rossi angkat kakinya soalnya mau masukkin hape ke kantong celananya yang lumayan sempit…..

    kalo lorenzo angkat tangan soalnya..
    keteknya basah kan lumayan tuh kena angin jadi lumayan adem deh …..

    Guest
  20. #44 Bro Taufik,

    Ngerem ekstrim di track tidak pernah menggunakan rem belakang. Sama sekali rem belakang tidak pernah digunakan. Coba perhatikan beberapa rekaman foto atau video saat late braking, ban belakangnya pada naik nyundul2 karena semua beban ada pada ban depan. Rem belakang baru digunakan saat akan ngedrift, berbelok dengan menggeser ban belakang sementara rpm tetap dijaga konstan. Begitu rem belakang dilepas, motor langsung kencang ke arah yang dituju oleh ban depan. Istilah sononya rear-wheel-steering. Artinya disini rem belakang tidak dimaksudkan untuk mengurangi kecepatan.

    Di penggunaan motor sehari-hari, rem belakang dipakai saat di perjalanan kecepatan rendah atau pada saat akan berhenti / stop. Makanya footstep kanan gede coaknya agar kaki masuk ke dalam dengan bertumpu pada bantalan hak sepatu belakang. Artinya pula, sepatu sportbiker kudu ada coak / celah antara bagian depan dengan tumitnya. Jika rata, itu bukan sepatu untuk naik motor sport.

    So, Bro Taufik, jangan pernah ngerem dengan roda belakang saat touring dengan kecepatan di atas 60km/jam. Bahaya, Bro. Tapi jika mau belajar ngedrift, di beberapa tikungan Cikidang yang agak landai (tidak blind corner) bisa diterapkan penggunaan rem belakang untuk membantu menikung. Yang penting, posisi duduk menempel di tangki jadi ban belakang relatif agak bebas bobotnya, posisi badan agak rebah menghadap tikungan agar bobot badan pindah semua ke ban depan, lakukan pengereman belakang secara lembut pada saat akan masuk sudut tikungan sementara gas / rpm jangan dikendorkan atau bahkan naikkan gas agar ban belakang ngesot, nah lihat hasilnya. Kalau gak sampai ngegubrak …. artnya lulus. He3x.

    Kunci pokok keselamatan di sini adalah saat ngerem dan mengangkat rem belakangnya. Kita kudu sensitif. Jika ngeremnya kebanyakan, kita pasti melintir jatuh. Tapi jika kebanyakan, cukup angkat rem belakangnya saja, motor kembali normal. Allah bisa karena biasa, lancar kaji karena diulang. So, keep practice to be excelent.

    Saran lain, ambil KLX 150 dan latihan rear-wheel-steering yang memang habitnya dia. Dijamin ketagihan, Bro Taufik. Belum punya juga kan seri dirtbike begitu?? Yaaa…. bakan nemenin si Marun, Hejo, Waria eh… Vario, CB Gelatik. Wah lama-lama koleksinya makin lengkap euy!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here