pasinivespa_h_globeWaduh, pengen irit kok pake GPS?  harus beli GPS dulu? kan GPSnya sendiri dah mahal 😀 . . . mungkin itu yang ada dibenak brader sekalian, tapi ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NuStats. Lembaga ini membagi Penelitian menjadi 3 grup : Grup A tanpa GPS, Grup B dengan GPS dan Grup C dengan GPS plus penunjuk keadaan Lalin.

So Pasti Statistik yang diperoleh oleh NuStats dilakukan pada riding dengan trayek/jalur yang belum pernah di lalui. Kalo dah pernah dilalui atau jalur sehari-heri sih kagak perlu GPS . . . wong jalurnya dah Hafal 😛 Hasil yang diperoleh bahwa biker dengan GPS condong untuk menghemat bbm sampai 12% yaitu dari 8,3 menjadi  7,3 liter bbm/100 km. Dalam setahun NuStat meneliti telah terjadi efesiensi sebesar US $ 541 per tahun. Dan Jarak tempuh yang lebih hemat sebanyak 1.553 mil. Tapi Iritnya BBM menurut saya adalah akses sekunder dari pemakaian GPS bukan tujuan primer. Tujuan Primernya adalah  bagaimana kita dapat menentukan jalur riding yang tepat. Nah dari ketepatan jalur riding inilah yang menyebabkan efesiensi bahan bakar.

Sumber :http://news.motorbiker.org

13 COMMENTS

  1. gps+penunjuk lalin yg gmn th mas? maklum dikampung mana tau sy alat gituan hehe…

    Taufik:

    ada GPS yang sudah memuat fitur info kemacetan lalu lintas bro . . . tapi di marih belom ada tuh 😉

    Guest
  2. Wah hp saia ad gps.a tp peta.a kaga lengkap. . .kmaren cb instal app garmin tp kaga bisa d pke. . . T.T liLyPud_msh.kcil

    Guest
  3. kadang jalan tikus yang maunya lebih pendek, malah bisa makan waktu lebih lama, karena jalannya jelek, sempit, lalul-intas juga padat, malah senewen.

    Guest
  4. Jhiahaha…
    Gambar gatotkaca mo terbang nongol lagi…
    Klo yg ini dijamin irit,macet tinggal terbang.

    Yoi . . .

    tapi sekarang dia bawa peta . . . biar nggak nyasar 😛

    Guest
  5. wkwk
    Ada2 saja..
    Ya jelas bro 😀
    Kalo gak pake gps otomatis mtr banyak jalan (linglung)n ngabisin bbm..
    Tp bodo amad kekna 😀

    Guest
  6. wuih hebat…(gambar tuh)
    karena pingin cepat setelah liat di gps bola dunia, akhirnya vespa aja lewat sirkuit. hehehe…

    Guest
  7. di jakarta gak ngaruh… gak ada informasi kemacetan di GPS nya, jadi walau tau jalur alternatif, tetep aja gak bisa bikin keputusan enaknya lewat yang mana…..

    Guest
  8. Bos Taufik,boleh dong rekomendasi GPS utk pemakaian sehari-hari yang harganya hemat, fiturnya melimpah… 😀
    Japri aja ya,tks.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here