sumber : YVC Cilegon Blog
sumber : YVC Cilegon Blog

Baca dari portal otomotif net[dot]com,Β  Pak Sigit kumala (GM Marketing AHM) ber ujar bahwa AHM siyap mengaplikasikan sistem karburasi elektronik alias injeksi pada semua varian motornya untuk mengantisipasi diberlakukannya Euro3 di Indonesia. Kalo saya berfikir sih . . . lumrah saja . . . Kan perawatan mesin Injeksi relatif lebih mudah dari pada mesin berkarburasi manual, low maintenance kata orang Ingris. Brader bisa cek deh kalo bengkel-bengkel ATPM sedang tune up V-Ixion, Susi Injeksi, ataupun SHogun Injeksi . . . pekerjaannya relatif mudah dan menghemat waktu service.

sumber : traju.wordpress.com
sumber : traju.wordpress.com

Kemudahan service ini juga akan dapat melanggengkan pengaplikasian mesin-mesin multi silinder yang di produksi ATPM lokal kedepan, saya lihat sendiri beapa lamanya mekanik ATPM nyetel 2 karbu Ninja 250R biar bisa seimbang . . . kalo pake injeksi ibarat kata tinggal pencet tombol setingan karburasi dapat ditentukan dengan cara yang lebih mudah. Ada satu kekhawatiran biker . . . sedikit parno akan hal-hal yang canggih, takut mogok dijalan . . . nggak semua bengkel pinggir jalan bisa nanganin . . . lha kalo semua motor dah pake injeksi, pasti bengkel pingir jalan mau-nggak mau akan juga keseret untuk bertransformasi agar bisa mengeset sistem injeksi juga, kalo nggak bisa nanganin, bisa gulung tiker mereka . . . kayak fenomena Mobil aja, sekarang hampir semua mobil pakai Injeksi.

Sistem Injeksi kan mahal? Motor merupakan produk otomotif yang jumlahnya jauh lebih banyak dibanding mobil, seperti hukum ekonomi . . . bila sesuatu diproduksi massal, niscaya harga mahalnya akan terkoreksi turun . . . so kalo semua motor dah pake injeksi, ongkos pembuatan throttle body pasti tidak mahal lagi.Β  Ayo bro . . . siap nggak ?

Taufik of BuitenZorg

61 COMMENTS

  1. semoga 3 thn itu beneran bro…

    ATPM itu singkatan apa ? sorry gak tau… he25x

    keepsmile n be Differrent

    Guest
  2. Saya siap,,

    Soalnya lagi nunggu Scorpio Injeksi ( Fazer yang gak keluar2, cuma rumornya aja ),,,

    ^ ATPM : Agen Tunggal Pemegang Merk

    Guest
  3. 2012 ya mas,
    trus nasib motor2 yang karbu ( produksi sebelum 2012 ) gimana mas?
    gimana kelangsungan part karbunya?
    ya. . . ini cuma pikiranku saja , soalnya montorku pakenya karbu mas. . . ?

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  4. AHM 2012 yah?…

    hmmm.. mimin 150R injeksi..
    hmmm.. kapan yah? (~_^)?

    OOT,
    (~_~) sayang Megeli 250 (versi mesin Minerva-Sachs) pake kompressi 10,2:1..
    klo aja ikut kaya Megelli (versi mesin Megelli = 9,5:1).. kan.. bisa lebih murah tuh klo kehausan..
    dan Watercooled-nya kenapa ga dipake ama Minerva-Sachs yah?.. hmm.. sayang banget..

    Guest
  5. Dloe gw kpengen bget vixi tp stlah tbungan ckup udah ga minat ma vixi lg, skrg hari2 ttep setia temenin impresa gw?

    Guest
    • aye nggak bilang begitu lho πŸ˜€

      kan kalo bengkel pinggir jalan dah bisa nanganin motor injeksi, motor karbu manual dah pasti lebih bisa lagi dong . . . jadi tetep bisa di servis motor2 berkarbu manual kayak ninja 250R aye πŸ˜›

      Administrator
    • maksudku gini bro…….
      bengkel pinggir jalan pasti terbentur perangkat,ya kan?
      nah karena perangkat belum terbeli, jadi mereka cuma bisa nanganin motor konvensional….
      jadinya kalo jadi “AHM Siap meng-Injeksikan semua varian Motornya” maka mereka nyerah alias kelaut aja hehe

      kecuali kalo AHM mau jadi induk,nyediain perangkat untuk nyetel injeksi, plus training penggunaannya
      tapi kayaknya gak mungkin, kan bengkel pinggir jalan nanganin semua merek dan semua jenis

      terus untuk orang desa, yang jauh dari bengkel resmi, mereka pasti kalo ada apa2 milih ke bengkel terdekat, juga biasanya karena orangnya kenal akrab
      selain itu, di desa (terpencil)biasanya kalo isi bensin pasti eceran, kita semua tahu track record bensin eceran tuh bagaimana….

      jadi liat artikel di atas, jawabanyya Biker (kota) siap, Biker desa belum, Bengkel non-resmi belum siap
      CMIIW

      Guest
    • mAs, memangnya kalo bengkel resmi gak dipinggir jalan juga.
      Terus, di tengah jalan dong

      hehe piss
      πŸ™‚

      Guest
    • ^
      wakakakakaka,…ntar klo service…sambil nunggu minum teh botol…campur deg2an yah…bis banyak yg ngebut….

      Guest
  6. mas tri, bahas donk tentang apa itu peraturan EURO agar kita2 tambah tau tntg peraturan it,dan apa aja syarat2x,pokokx lgkp tntg EURO. memohon mode : on πŸ˜‰

    Guest
  7. ahm perlu kerja keras dong. selama ini bikin motor dgn imej lebih canggih selalu gagal dipenjualan. supra pgmf1 dikit yg beli. cs1 & blade dgn model yg katanya modern jualannya memprihatinkan.

    Guest
    • di forum vixie katanya boleh ditebus tuh, bahkan ada yang sudah beli kalau gak salah sekitar 500an rebu ( cmiiw).
      aki baa diforum th 2008, lupa linknya πŸ™‚

      Guest
  8. tapi itu semua butuh waktu mas tri, apalagi negara kita yang masyarkatnya masih mayoritas belum mengedepankan teknologi, mungkin penjualan vixion meningkat hanya karena body yang keren tanpa mereka tahu teknologi mesinnya, sama hal nya dengan suzuki, menerapkan teknologi pada motor produksinya tapi tetep aja loyo di penjualan….

    oya mas tri, kasih pendapat dung, lebih baik mana scorpio atau satria FU untuk pake sehari-hari ma jalan touring….soalnya mau beli motor tapi masih bingung

    makasih atas jawabnnya mas tri….

    Guest
    • tapi aye jawab yang kedua pertanyaan . . . aye lebih milih scorpio lah . . . torsi dan ergonomi ridingnya lebih nyaman buat turing πŸ˜€ . . . soale tempat aye jarang macet . .

      Administrator
    • loh mungkin bukan sanggup kali mas…nunggu penetrasi yg tepat…kan banyak factor yg kudu2 bgt dipikirin…klo hare gene pake Fi semua…lah kalo cuma brother2 kaya kalian aja yg beli..klo kaya dikampung..kaya dikampung aye…yg masih mikir milih yg karbu aja..biar gak ribet…bisa gak laku dagangan AHM laaa…

      peace…

      Guest
    • iya,,pastinya adalah tanggal 21 Desember 2012…kan banyak ditunggu orang tuh …
      kekekekekek………

      Guest
    • wkwkwkkwkw. . .
      aku datang kalau bikin nasi kuning , ( ganti namanya mas Taufik. . . xixixixiixixi )

      keep brotherhood,

      salam,

      Guest
  9. Bagus dah kalo dah injeksi
    Biar irit terus nyervisnya cepet
    Soalnya kalo saya nunggu motor saya servis lamanya bisa setengah sampe satu jam

    Guest
  10. alasan ahm sih nunggu penyesuaian beberapa peraturan ktx yg saya dengar.
    mas taufik,ditunggu y artikel ttg EURO nya hehe… supaya ada sinkronisasi dgn topik artikel yg sebelummya,termasuk artikel ini πŸ˜‰

    Guest
  11. klo Ninja 250r dibikin injeksi.. hmmm, motor gede, tenaga gede, tapi irit.. hehehe..

    klo AHM rencana di 2012.. klo ATPM lain ada gosip ikutan juga ga?

    Soalnya klo cuma urusan standarisasi EURO, khan Kawasaki RR(yg jelas-2 masih 2tak) bahkan Minerva 150R dan Megelli 250R/M/S-pun juga udah jelas masuk standar EURO dalam brosurnya (cmiiw..) ?

    Guest
    • injeksi buat memenuhi euro 3 mas…baca tuh artikelnya…
      kalo mau yang lebih tinggi juga ada…
      tuh..jazz RS dah memenuhi euro 4.he he he

      Guest
  12. lha gimana nasib motor karbu ane ???? apa bisa migrasi ke injeksi ??? wehhh…. kayak atm aja migrasi ????

    Guest
  13. karbu atau injeksi??
    sebenarnya buat orang (malas) seperti saya, 2 hal itu tidak berpengaruh..
    karena saya nggak pernah bongkar-bongkar…
    tiap 2000 km servis..dah itu aja..sama ganti oli…
    semuanya diserahkan ke mekanik…
    itu aja motor ditinggal…besoknya baru diambil…males nunggu..buang waktu di bengkel…
    kalo ada sesuatu yang nggak enak…ya bawa ke bengkel…

    enak kan….nggak cape…nggak buang waktu…
    waktu yang tersedia bisa digunakan untuk main sama anak..

    soal injeksi mahal…
    ah itu mah pendapat salah kaprah…
    semua mobil di atas 100 juta sekarang dah pake injeksi…
    xenia,avanza, innova, dsb…

    karbu aja…asal nanganinnya nggak kasar…biar 20 tahun awet kok…
    cb teman saya karbunya masih asli…
    apalagi injektor…yang jarang diutak… atik…..

    cat: itu pendapat saya lho….

    Guest
    • stujs mas….

      saya jg males…motor aja klo bkn OB yg nyuciin…yah udah dekil2 deh…atau taroo di steam…klo gak enak dikit…ke bengkel aja….hehehehe…

      Guest
  14. kalo ninin250?kira2 ada kemungkinan dibuat karburetor injeksi yang bisa langsung diaplikasikan pada n250r sekarang gak?

    Guest
  15. Kalo injeksinya disetel agak boros bensin (supaya tenaga nambah), bisa jadi malah gak tercapai tujuan memenuhi standar Euro 3…

    Guest
    • mas…soal emisi gas buang bukan soal injeksi saja…tapi yg paling penting tu ada di catalytic converternya…

      soal diborosin bensinya nggak masalah sih..yang penting kan udara dan api pembakaran cukup..
      kalo bensin dibanyakin ya udaranya juga dibanyakin dong…

      Guest
  16. duh,mohon saran dong,ak ni ditawari tmn supra pgm fi 2005 hrg 10jt..tp ak bingung ambil or gak coz rumor2nya juli nanti vario injeksi muncul,tp bnr or gak..klo cm vario biasa gnti bj ya ak ga bkl beli..mohon saran..pliss.mn yg kupilih??ap bnr varo bln juli akan injksi???

    Guest
  17. cb ku udah tak kasih injeksi, lumayan juga n nggak rewel tuh…
    semua pada bilang emang bisa? tapi nyatanya masih oke sampai sekarang…..
    aku pakai injeksinya pistol air milik adekku, cb jalan kenceng sambil nembak-nembakin orang2 dijalan pake injeksi pistol air mainan

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here