motomapGPS yang beredar sekarang sudah cukup untuk mengawal biker untuk dapat merambah sendirian menancapkan jejak putaran bannya di jalan-jalan yang belum pernah meraka lalui sekalipun. Bahkan saya sendiri menggunakan GPS yang sebanarnya bukan spesifik untuk penggunaan diatas motor, beberapa brader seperti bro bona bahkan berikhtiar mengoptimalisasi ponselnya agar bisa mencatat jejak navigasinya dengan menjalankan GPS  dari pihak ke tiga. GPS untuk motor seperti yang digunakan kang JJ polnaja merambah asia selatan dan  barat yang bergejolak merupakan seri zumo dari garmin. Boleh dibilang Garmin Zumo saat ini merupakan GPS yang paling spesifik penggunaannya untuk motor. Garmin zumo bila dilihat merupakan pengembangan GPS yang biasa digunakan di mobil dengan pengembangan dan penambahan fitur yang sesuai dengan motor semisal sambungan nirkabel via bluetooth dan fitur water dan weather proof dan  umumnya dilekatkan pada setang. Nah ini dirasa masih kurang !! Kayak gimana sih bentuk GPS yang lebih Biker friendly itu?

motomap3Adalah Stephen Dettman yang mengembangkan sebuah konsep GPS yang mungkin di ilhami dari kebiasaan biker menaruh petanya diatas tank bag. Stephen membuat konsep GPS yang diletakkan di atas Tangki motor (sport), namanya MOTOMAP . Kunci dari konsep ini adalah penggunaan panel surya yang fleksibel dan layar fleksibel yang dinamakan E-Ink. Penggunaan kedua material ini mengandung banyak manfaat. Solar system dapat menghemat pemakaian sumber energi dan jangan lupa panel surya ini juga dapat men ‘charge’ baterai saat siang. So saat riding malam hari, dapat menggunakan energi cadangan yang terdapat dalam beterai plus penggunaan E-ink tidak menyedot banyak power koq. Pendesainnya mengklaim penggunaak layar E-ink meminimalisasi efek glare yang banyak ditimbulkan oleh display LCD. Konsep GPS ini pun sudah menggunakan tombol-tombol yang lebih friendly bila diaplikasikan dengan jemari yang dibalut sarung tangan/ glove. Semoga produsen produsen GPS seperti Garmin, Tom-tom atau Magellan melihat hal ini dan dapat mewujudkannya untuk para biker dimasa depan. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber :http://www.yankodesign.com/2009/05/12/guiding-my-bike/

motomap22

motomap4

motomap5

motomap6

12 COMMENTS

  1. bweh bweh bweh.. ini baru GPS untuk biker..
    tapi untuk seukuran konsep sih, boleh lah..

    Tetep aja, harga dan fitur jadi pengaruh utama.. bentuk belakangan..
    Soalnya GPS weatherproof + bracket bikinan sendiri adalah solusi (konsep GPS) termurah saat ini.. hehehe..

  2. kira2 da ga GPS yg bwt mendeteksi keberadaan mtr kita seandai’a mtr kita ntu d curi/d rampok??? jd klo ilang tnggl d lht lwt alat yg 1 nya lg ntah ntu PDA ato apalah??? biar d bawa (dcuri) kmnpun kta bs tw dmn mtr kita yg dh d rampok ??? Kira2 da ga ya yg kek gtu???

    apa GPS yg d atas dh trdukung apa yg gw jelasin td?? maklum gaptek,,,

  3. sangat konseptual!
    tapi gw lebih milih garmin zumo series
    soalnya gw ngerasa penggunaan solar cell diatas kendaraan bermotor sangat gak efisien karena dengan keadaan kondisi mesin nyala aja, mesin udah bisa ngehasilin listrik yang jauh lebih berlimpah daripada solarcell berukuran 30X20cm yang paling cuma 1 watt.
    itu dari segi teknis, dari segi desain sih oke dan cukup komunikatif, tapi secara ergonomis gak baik posisi gps di atas tanki karena harus ngelirik ke bawah ketika mau liat jalur, sebaiknya posisinya semirip mungkin dengan ngelirik speedometer.

    score 9/10 buat gps ini dan 99/10 buat garmin zumo series

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here