30rbsendalspion1
sumber : digital_imbul.com

Selain Kepada penyelenggara Jalan, UU Lalu lintas juga menyorot pengendara sebagai pemakai jalan, salah satunya adalah yang tercatat pada pasal 285 yang berbunyi :

Setiap Orang Yang Mengendarai Sepeda Motor Tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti Spion, Klakson, Lampu Utama, Lampu Rem, Knalpot, Pidana 1 bulan dan denda 250 ribu

wew sadis ya . . . dibui satu bulan !! Spion ini memang sering menjadi barang yang disepelekan biker, 43242dengan anggapan kurang lincah selap-selip lah kalau dikemacetan atau alasan pembenaran semu lainnya yang di desain bisa-bisanya oknum biker.  . . . dan mudah mudahan juga pemakai lampu mika putih? silau banget bro.

sedangkan Pasal 294 Berbunyi :

Setiap Orang yang mengendarai Kendaraan Bermotor berbelok atau berbalik arah tanpa menggunakan lampu penunjuk atau isyarat tangan, pidana satu bulan atau denda 250ribu

hmmm . . . mari kita sama sama berbaik sangka pada pemerintah yang telah menggulirkan regulasi iniuntuk keselamatan kita bersama dengan sama-sama menaatinya . . .

Taufik of BuitenZorg

42 COMMENTS

  1. wih ! sadis . pasti akan mengurangi tingkat kecelakaan nih. untung motorku standart ! 😀 paling ga standarnya cuma shocknya ditinggiin nyesuain tinggi badanku.

    Guest
  2. iya untuk yang mika remnya putih, suka bikin silau pengendara motor dibelakangnya, tolong di balikin ke kondisi semula, berbahaya untukorang lain.

    Guest
  3. 1 –> dipaksa 😀
    2 –> terpaksa 🙂
    3 –> biasa 😉

    mudah2an biker Indonesia menjadi terbiasa ber-safety riding bagi dirinya dan orang lain. 8->

    Guest
  4. Tapi urusan knalpot rasanya kurang jelas aturannya disini.
    Apakah knalpot racing mengganggu keselamatan berkendara?

    Guest
  5. nalpot berisik , lampu stop yang silau tuh mas harus jadi prioritas,
    ngganggu banget tuh . . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  6. knalpot racing kalo yang bermerek dan masih dibatas kewajaran pendengaran gak masuk akal kalo dianggap pelanggaran. suara knalpot juga bisa dijadikan signal bahwa ada kendaraan lain disalah satu sudut jalan dari depan, belakang, kanan maupun kiri kita di jalan. jadi kalopun kita ditilang karena suara knalpot yang emang masih nyaman didengar walaupun suaranya jelas terdengar, itu berarti polisinya lagi laper…

    Guest
  7. pantesan kemaren di bandung banyak banget razia…

    kayanya om paul udah mulai manfaatin UU yg baru nih…

    Guest
  8. wah…wah bisa2X penjara penuh banget ya….tp harus hrs bener2x dilakukan dengan jujur + Tegas jgn cari2 alasan buat damai.

    Keep Brotherhood

    Guest
  9. Di daerah pelosok/pedalaman, ane lihat bukan hanya spion yang gak ada, tapi plat nomernya juga… 🙂
    kayaknya emang gak dipake ke kota tapi buat naik turun gunung, angkut barang hingga kampung terpencil yang jauh …

    Guest
  10. secara tertulis seh memang bagus, untuk menjaga keselamatan bersama.
    tp kenyataannya :
    – Tingkat Kesadaran Pengendara (Mobil, Motor) masih dirasa kurang.
    – Tingkat Kedisiplinan ?
    dan juga Polantas juga di rasa kurang TEGAS…

    mudah2an kedepannya lebih baik.

    Guest
  11. Wahai Pak Polisi…
    Kupasang Spionku
    Kupasang Helmku
    Kupasang Plat Nomorku…
    Namun kenapa…?
    Kau hentikan laju sepeda motorku
    Kau tanyakan spionku yang pecah sebelah
    Padahal baru saja jatuh karena jalan yang berlubang…
    Kau minta surat-suratku…
    Kau sita STNKku
    Kau berikan slip merah walaupun ku minta slip biru
    Tapi tidakkah Pak Polisi lihat?
    Di Jalan Sudirman…
    Teman-teman Bapak berseliweran dengan sepeda motor dijalur bebas sepeda motor…
    Di Jalan Sudirman…
    Teman-teman Bapak meminta fee dari bus-bus yang melewati jalur bebas bus kota…
    Tidakkah Pak Polisi malu?
    Pada Pak Sudirman yang masih kuat dan tegap hormati gedung-gedung
    Tentu saja “TIDAK”
    Karena tak ada yang berhak menilang Pak Polisi

    Guest
  12. Setuju sama ni peraturan, setuju lg kalo knalpot racing gledek plus mika bening di babat, kalo knalpot racing yg gak berisik boleh lah,
    Ini motor berkecepatan suara, suara dah kedengeran , semenit kemudian motor baru keliatan…
    Huh benci akyu

    Guest
  13. Emang yang paling malesin tuh kalo udah ngeliat motor bebek pake knalpot pipa yang bikin sendiri..
    Maunya sok sokan custom padahal ga ada dasar ilmunya,jadilah motor berkecepatan suara

    Guest
  14. Masalahnya …. sulit sekali percaya dengan pemerintah …. cuma manis di lidah doang … coba kalau dipikir .. penerapannya mo kayak gimana coba … la wong polisinya aja kelakuannya udah seenaknya dewe (meskipun tidak semua), mending peraturan juga diikuti dengan “pencucian” para petugasnya

    Nah kalo masalah meningkatkan kesadaran para bikers maupun pengendara bermotor lainnya .. saya setuju … kalo bisa dikasih tilang sebesarnya, biar pada sadar semuanya .. mulai dari polisi, sopir angkot and bus sampai ke biker harian seperti kita ini

    Mudah-mudahan uu lalu lintas ini bukan menjadi ajang kesempatan bagi para oknum penegak hukum untuk mengeruk keuntungan sepihak

    Guest
  15. sering liat motor2 pake kenalpot racing jd pengen dech…tpi suaranya gak demen…dri lahir seneng yg lembut2 deh..jd mo penampilan motor kaya apa…tetep knalpot standar hehehehehe…gw setuju yg pake mika bening tapi tetep pake lampu putih tuch norak abis deh…silau men…mending keren…

    Guest
  16. spion itu kan salah satu penunjang dalam safty ride, coba aja bayangin orang langsung belok tanpa tahu kondisi belakang dan sekitarnya bisa2 disambar / serempet kendaraan lain.

    Guest
  17. ane niat mo ganti pake lampu puttih cos lebih terang & menurutku lebih terang, emangnya melanggar ya pake lampu putih?

    Guest
  18. @ Lord Ubay
    kalo mau ganti lampu putih sebenarnya gak masalah, memang efeknya lebih terang bagi sang pengendara. namun kebanyakan kasus (khususnya bagi motor yang reflektor lampunya bukan proyektor) sehingga bias cahaya tidak fokus dan dari arah berlawanan bagi motor yang disebelah kanan atau kirinya masih berasa silau. namun bila menggunakan lampu berproyektor yang bisa fokus sehingga terangnya pada titik tertentu saja, masih bisa dimaklumi. cmiiw
    yang jelas, jalanan ini bukan hanya milik kita sendiri. okey?
    keep brotherhood.

    Guest
  19. Ada standar spionnya gak mas?? Klo pake spion tapi spionnya variasi yang kagak ada fungsinya ya sami mawon…

    Guest
  20. @jinGalon

    sejauh ini deliknya belum saya perdalam mas . . . spion yang kayak apa . . . tapi yang pasti kalo spionnya nggak bisa buat ngeliat kendaraan dibelakang termasuk dalam kategori “tidak laik jalan” menurut fungsinya cmiiw

    Administrator
  21. @LordUbay dan madix

    pake lampu putih boleh2 aja asal mika lampunya merah
    kalo mika lampunya bening maka pake bohlamnya yang dikasih lapisan film merah . . .soale dibenua manapun kalo setop itu warnanya merah

    kalo putih . . . artinya . . .apaya? . . . mundur kali yak hi hi hi cmiiw

    Administrator
  22. Paling aturan tersebut : Nguaaaaaap bak genangan air kena panas matahari !

    Undang2 tersebut terlalu naif untuk di implementasikan. Udah lah, …

    Guest
  23. wahhhh,,,ngeri juga yah,,duitnya lari kemana tuh??katanya kan juga setiap penangkapan polisinya dapet bagian juga,,duh2..

    http://goupgoup.wordpress.com/

    Guest
  24. Setujuuuuuuuuuuuuuuuuuu !, tinggal ketegasan aparatnya nih, ayo.. bapak bapak ibu ibu petugas lalulintas tolong aku tangkepin yg gak pake spion ma lampu gak standar…(pake irama lagu wali alaahh….).

    Kang Taufik numpang copy ya artikel buat kirim email ke tmn-tmn boleh kalo dah ada izin saya copy nih, tapi tetep ditampilkan link-nya

    Guest
  25. Betul semua harus mengikuti aturan demi keselamatan bersama, jangan menyepelekan hal-hal yang kelihatan tidak penting dari warna lampu, knalpot, helm sampai spion harus sesuai undang-undang. Motor tidak perlu ditambah-tambahi dengan apapun yang menjadikan motor membahayakan penguna jalan yang lain, intinya motor harus seperti keluar dari toko.

    Guest
  26. saya mendukung peraturan ini bro dengan,,,,,

    memakai spion

    menghormati pengendara lainnya

    dah itu aja

    Guest
  27. Wartawan Anti Pakai Kaca Spion. .Najis amat pake Spion. .Jelek jelekin motor aja. .

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here