lubangjalan-1Sekarang aparatΒ  dan unsur yang berkewajiban memelihara jalan nggak bakalan bisa main-main lagi karena DPR telah mengesahkan UU Lalu Lintas yang baru yang terdiri 22 bab dan 326 pasal. Dalam UU yang baru ini, penyelenggara jalan yang tidak memperbaiki jalan yang rusak dan mengakibatkan kecelakaan, didenda hingga Rp120 juta dan penjara hingga lima tahun. Hal ini merupakan langkah perlindungan Negara bagi para pemakai jalan yang telah setia membayar pajak nya setiap tahun.

Lebih Lengkap Bunyi isi Pasal 273 ayat 1 s.d 4 adalah

Setiap penyelenggara jalan yang tidak dengan segera memperbaiki jalan yang rusak mengakibatkan kecelakaan :

  1. Luka Ringan, Penjara 6 Bulan Denda 12 Juta
  2. Luka Berat, Penjara 1 tahun Denda 24 Juta
  3. Meninggal, Penjara 5 Tahun Denda 120 Juta

1468331851_020def1711_oUndang-undang ini telah disahkan mulai 26 Mei 2009, berarti mulai hari tersebut harusnya peraturan ini mulai ditegakkan, tidak pandang bulu . . . Menurut saya hal ini memang seharusnya dilakukan, negara lain saja ada satu nyawa warga negara terancam, kekuatan militer yang berbicara . . .moso’ di negeri ini nyawa biker dihargai murah? yang harus juga di sosialisasikan kepada Publik adalah bagaimana Langkah-langkah teknis tuntutan hukum ini di salurkan?

44 COMMENTS

  1. Oh iya mas Taufik,

    infonya dari mana toh…
    kok publik sampe blom tau yah…
    trus jg mas, minta tulung di lengkapi prosedur tuntutan hukum yang harus dilakukan pabila ada masalah…

    Guest
  2. SETUJU SAJA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Guest
  3. kalau ini benar2 ditegakkan, bisa dibayangkan 5-10 tahun ke depan seluruh jalanan di Indonesia halus mulus seperti di luar negeri (kayak pernah ke luar negeri aja :p)
    dan yang tinggal diperbaiki cuma…moral pengguna jalan dan aparatnya.

    Guest
  4. kok semua menjerat pengguna jalan ya… ada gak UU yang menyatakan :
    ” jika terjadi pungutan liar di jalan raya… dihukum 9 th penjara…?”

    Guest
  5. @tongsam
    mungkin ada pasalnya . . . aye belom baca semua hi hi hi baru yang di sampaikan via seputar indonesia doang neh πŸ˜€
    @plat R
    silahkan aja kang
    @stoner27
    kalo nggak ada tertera dalam uu . . ya masih dihukum kan paslnya bukan pasal yang bergantung situasi/kondisi . . .pokoke kalo berlubang , . . .trus pemda lalai . . . jatoh . . . pemda masuk bui . . . πŸ™‚ tentu setalah diselidiki kasusnya . . .melalui proses hukum
    @Aku
    waduh . . . coba deh klik mbah google . . .pake hint “UU lalulintas”

    Administrator
  6. 10 ^

    selain bus jd, mungkin karena saluran drainess nyah dikita neh ancur bgt…alias parah…masa jalan bagus2, saat hujan noh air mo lari kemana…saluran air nyah pada mampet..got nyah kecil2…jd dech aqua plant…yg ngerusak lagi..trus bekas2 penggalian…coba bro2 liat dech di sekitar…jalan dah bagus2, eh ada galian aer dan listrik…capee dweeh….di gali lagi…euh ditambalnya…ngasal bgt..klo gak nonjol malah ndelem….

    Guest
  7. baguslah, gara2 lubang, pelek ban mobil pernah bengkok, malah suspensinya kudu musti ganti..ban kayak bisulan…mudah2an cepet dilaksanakan…asal pajak penghasilan kagak naik lagi aj

    Guest
  8. lha yang di penjara itu sapa mas..? kepala pemda apa siapa..? apa kepala polisi..?

    makasih pencerahannya

    Guest
  9. – Kalau ada yang celaka, trus cara mengajukan klaimnya gimana/ke mana?
    – Yang dihukum siapa? Apakah walikota/bupati setempat or ketua dinas PU or … ?

    Guest
  10. bagus… tapi pelaksanaannya susyah kali ya.. yg kudu di denda sapa dung? pemda? pemda kan ada banyak pegawenya.. yg mana… apa kepala pemdanya? hihi.. sial bgt yak… misal yg nglobangin jalan operator seluler, apa petugas PLN yg lg mo pasang kabel bawah tanah tapi memperbaikin aspalnya jelek/ ada beda tinggi krn tutup beton galian trus krn itu jd kecelakaan.. sapa dung yg di tuntut.. hehe.. smoga jalan2 di jakarta segera diperbaikin lah.. biar ga kyk medan offroad πŸ˜€

    Guest
  11. Wah.,kalau di daerahku masih banyak jalan yg aspalnya ancur =D

    tp mending.,sbagian lge diperbaiki B)

    btw.,kok UU nya lucu ya.,
    harus nunggu ada yg kecelakaan.,baru penyelenggara jalannya dituntut..
    Ya,mudah2an dgn demikian penyelenggara jalannya jd sadar & bisa cpat brtindak πŸ˜€
    xixixh..

    Guest
  12. terus yang dapet duwit dendanya sapa?
    pemda/pemerintah????
    sama aja ya kalo gitu?
    piss

    kalo yang kecelakaan yang dapet denda itu baru adil
    πŸ™‚

    Guest
  13. yang dibui dan yang didendanya PEMDA yang mana? Semua pegawai pemda yang ngurus jalan didenda & dibui?

    Guest
  14. Selain lubang seperti yang di foto itu, yang beberapa kali bikin hampir celaka adalah jalan berpasir atau berlumpur coklat… apalagi pas di tikungan/belokan…
    Semoga yang berwenang tidak hanya mengaspal dan menambal, tapi juga rajin membersihkan… seperti kalo di LN pas musim dingin, jalan dibersihkan dari salju…

    Guest
  15. Ga usah muluk2 deh.. kalo ada yang celaka gara-gara lobang, korban beserta segenap anggota keluarga, rekan kantor/kuliah dan segenap anggota klubnya berhak menjitak sepuasnya kepalanya petinggi2 Dep.Pekerjaan Umum setempat

    Guest
  16. Tuh foto ambil sendiri ya Mas Taufik? Gila bgt tuh lobang apa kuburan di tengah jalan. ga bakalan selamat nyemplung lobang segede tampah gitu, mana yang satu lagi asli segede kuburan..kaco bgt.. kalo anaknya pejabat yang nyemplung situ baru pada serius deh

    Guest
  17. @bro Fik, lah kalo kasus aye, gimana bro fik? jalanan kagak rata, sampe motor aye melintir 360 derajat aye terpelanting, celana sobek, lutut, dan siku sobek, footstep pengok, gear pengok, plug fairing pada patah, aye pincang semingguan, apa bisa dapet reimburst-an dari aparat, lumayan kan 12jt πŸ˜› :), tapi apa tuch duit dari aparat untuk aparat juga?….lah yang jadi korban dapet apa dunk?….:P

    Guest
  18. alhamdulillah..mudah2an bukan hanya teori aja yaaa….

    semoga Indonesia makin maju…caiyo….!!!!!

    Guest
  19. Undang2 harus diterapkan jangan cuma sebatas tulisan saja
    Semoga dengan UU ini jalan di sekitar rumah saya jadi bagus

    Guest
  20. Mudah-mudahan bermanfaat & bisa dilaksanakan, kaki2 motor ane rusak gara2 jalan rusak. kasian kan si Jum (nama mx ane) yang tadinya masih ting-ting jadi tong-tong akibat kondisi jalan.

    Guest
  21. @ sof
    dimana-mana setahu ane denda itu masuk kas negara (kebetulan ane PNS), & korban dapat santunan dari jasa raharja jika meninggal. kalo kecelakaan di jalan umum gak ada asuransinya kecuali punya asuransi sendiri.

    Guest
  22. bagus bagus. ntar gw nyetir kaga takut ancur lagi ban-nya. hehehe…

    tapi, apakah yakin UU ini dijalankan dengan baik? kan ada pepatah ‘peraturan ada untuk dilanggar’. berlakukah pepatah itu untuk UU ini?

    gimana nih bung?

    Guest
  23. @All
    Heran juga nih…
    Lihat tuh pantura..tiap 6 bulan ada sj proyek perbaikan..
    Berjuta insinyur masak ndak ada yg bisa bikin jalan yg awet…
    apa kontraktor pelaksananya yg ngambil untung kegedean….
    ato anggaranya disunat para pejabat , DPR, preman , dll…
    emboogh lah…

    Guest
  24. @ yahon
    meskipun dibangun dengan benar tetap perlu proyek perawatan & perbaikan sebab setiap benda meskipun gak dipake tetap bisa rusak pa lagi kalo sering dipake. nah kalo kasusnya seperti yang ente sebut emang lebih kompleks, selain pembanguan jalan yang mungkin di bawah spek yang seharusnya juga ditambah pemakai jalan yang tidak sesuai contoh tonase yang melebihi kemampuan jalan & pelanggarnya buanyak. coba deh ke Sumatera, jalannya lebih parah wuih kalo off road mungkin gak kalah hehe

    Guest
  25. @Lord..
    Padahal sisytemnya sudah baik ya..ada filternya sprti “Jembatan Timbang”
    Nakalan semua tu..pengusaha angkutan dan oknum DLLAJR , polisi…
    byuh..byuh..byuh..kapan sadarnya ya…

    Guest
  26. fuck lah…. peraturan yang menguntungkan rakyat memang harus ditegakkan sedari dulu bung!!!!! kamana wae atuh…….

    Guest
  27. bagus deh !!
    apalagi sepanjang jalan cinere-limo rusak parahhh!!
    padahal ribuan bahkan puluhan ribu bikers atau pengguna jalan lewat situ..ckkck..
    padahal pengguna jalan bayar pajak !!
    smoga bukan sekedar UU .

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here