HFT1_1Lho bukannya sportbike bertransmisi CVT dah ada macam Piaggio DNA? Ternyata Motor ini (P. DNA) masih dikaregorikan sebagai scooter . . mungkin lebih tepat scooter sport kali yee. Nah kalau biasanya sistem transmisi otomatik pada scooter ditempatkan dekat roda belakang, Maka pada teknologi Transmisi otomatik Honda yang Dinamakan HFT ( Human Friendly Transmission ) Bagian Transmisi daya dari mesin ke roda berada di Tengah bagian Motor, dibawah mesin sama dengan motor-motor bertransmisi manual pada umumnya.Gimana cara kerjanya? Tidak seperti transmisi manual yang dioperasikan menggunakan pedal dan kopling  atau penggunaan sabuk pada tipe transmisi Otomatik CVT, pada Transmisi HFT ini Honda mendesain sebuah alat yang mereka namakan ‘swash plate‘ sebagai penghubung CVGR ( continous variable Gear Ratio) Perubahan Rasio Gear berlangsung otomatis bergantung pada sudut kemiringan ‘swashplate’. Motor yang telah mengaplikasikan jenis transmisi ini adalah Honda DN-1. Gambar Secara lengkap dapat brader lihat pada Gambar di bawah :

HFT4_1

* seluruh gambar diperoleh dari  http://world.honda.com/

tmcblog youtube channel
TMC ADS

19 COMMENTS

  1. honda indonesia berhasil membuat CS1 –a . gimana ? keren kan ? bentar lagi CS1 dikasih mesin vario biar mirip DN-01 ama knalpot lurusnya supra fit biar tambah mirip

    Guest
  2. DN 01 kek nya bisa manual bisa matic. tergantung kebutuhan. menurut gw Desain CS1 sangat terpengaruh motor ini. makane di claim cross over, begitupula dn01.

    Guest
  3. Prinsip kerjanya hampir sama dgn prinsip hydraulic motor/motor hidrolik pada alat2 berat. Pergerakannya sangat smooth dan slipnya sangat kecil dibanding matic yg menggunakan belt/pulley spt motor matic yg beredar saat ini.

    Bravo for Honda….

    Guest
  4. Hahaha….

    masih seabad lagi indonesia bisa ngerasain motorsport matic, ngeliat AHM yang masih suka mempermainkan konsumen….
    liat aja, beberapa bulan lagi pasti produknya tenggelam lagi karena produk sendiri yang lainnya….

    Guest
  5. DN 1 udah ada digelaran JMS kemaren, malahan orang indonesia udah punya satu warnanya ungu…..hebatkan..harganya setara dengan toyota alpardh….cmiiw

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here