Selentingan kabar beredar di penggemar motor sport indonesia . . .sssttt yamaha katanya dah siapin motor sport baru . . .bener-bener baru. Awalnya mau di launching pertengahan tahun ini akan tetapi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Lho .. alasanya apa?. Ternyata Yamaha (YMKI) mengubah taktiknya menjadi model wait and see. Yamaha memilih melihat dan mengobservasi apa yang dilakukan oleh rivalnya . . .siapa lagi kalo bukan ATPM Honda (AHM). Menurut yamaha itu model sudah siap luncur koq, akan tetapi dijadikan semacam senjata rahasia untuk memukul balik lawan. Terlepas dari jenis apa varian yang sedang dikekep sama YMKI . .mau itu YZF R15, YZF R125,  Fazer 250, FZ 16, ataupun YBR 125 . . saya melihat ini sebuah mind war strategy yang menarik . . .lho kok?

Analisa strategi pertama : Dengan memposisikan diri sebagai observer AHM . . . Yamaha mencoba memposisikan diri sebagai orang yang di atas angin . . . atau minimal membuat opini publik bahwa dirinya lebih superior dibanding sang rival. Tentu hal ini dilakukan karena YMKI sudah PeDe banget bahwa Varian yang siap diluncurkan ini akan lebih heboh dari apapun varian yang akan diluncurkan AHM . . . apalagi bila di runut kebiasaan AHM beberapa tahun belakangan  yang mengeluarkan motor sport dengan mesin yang ‘itu-itu saja‘. Ke PeDe an YMKI ini diperkuat oleh superioritas market V-Ixion dibanding varian motor sport AHM lainnya.

Analisa strategi kedua : Penghembusan opini publik akan superioritas di ranah motor sport, seakan menjadi tirai penutup kisah “kesuksesan” Blade dan Abs revo mendominasi pansa bebek < 125 cc dengan rival Vega ZR. Sepertinya Agak ketetran juga Vega ZR melawan Dynamic Duo nya AHM ini, walaupun sudah dimodalin kubikasi mesin yang 5 cc lebih besar. Vega ZR sulit bergerak, maju kena-mundur kejedot. Mau dibilang Motor Modern . . . tampilannya kalah sporty dibanding Blade. Mau dibilang Motor entry level dihadang Abs Revo. Untung Yamaha masih bisa menegakkan kepala di pangsa pasar Skutik . . . Mio benar-benar untouchable.

Lalu kenapa sih Yamaha begitu berhati-hati menelurkan bintang motor sport barunya ini? Di Pasar roda dua tanah air Motor Sport dan Motor cub/bebek/skutik  punya dua fungsi berbeda. Motor bebek dan skutik berfungsi sebagai Ladang profit  ATPM kerena pasarnya luas dan besar. Nha Motor sport itu adalah menara mercusuar ATPM . . . ceruk pasarnya sih nggak besar . .. tapi efek psikologisnya besar terhadap pemasaran motor jenis bebek dan skutik. Coba deh tanya . . . banyak brader yang beli Jupie MX karena pengen terlihat mirip seperti Valentino atau minimal serasa jadi valentino . . .apalagi kalo Jupie MXnya warna biru.  . . . Atau PeDe nya Kawasaki bila disandingkan dengan Honda dan Yamaha seraya berkata . . . ” Lu boleh menang jualan cub dan skutik tapi kalo orang nanya Motor Sport kenceng nan ganteng, di marih (sini-Red) Tempatnya”  walah tambah ngawur . . . begitu deh analisa saya . . kalo ngawur . . tolong dimaklumi . . . namanya juga newbie.

Taufik of BuitenZorg

*foto..dari macem2 termasuk blog mind genesis dan photobucketnya mas tri

68 COMMENTS

  1. fik, ini ada kabar baik dari Kompas.com
    http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/06/15/0934090/yamaha.luncurkan.motor.250.cc.tahun.depan

    Semoga aja bener-bener akan kejadian ya.

    Yamaha Fazer
    PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YKMI) juga punya senjata anyar di kelas 250 cc. Kalau di India dikenal dengan Yamaha Fazer 250. Kata Vice President PT YKMI Dyonisius Beti, Yamaha ada rencana launching motor tersebut tahun ini. Tepatnya, Juli nanti. Tapi dengan berbagai pertimbangan, peluncuran ditunda hingga tahun depan.

    Melihat situasi ekonomi yang makin membaik, awal tahun depan dirasa lebih pas. “Saat ini, market share kami semakin naik setiap bulannya. Angka kenaikan sekitar 3-4 persen,” jelas Dyon, sapaan akrab pria ramah itu. (Niko/Eka)

    Guest
  2. saling tunggu antar dua rival. . . .
    keburu konsumen beli yang laen. . .

    mending ninja 250 aja lah. . . . udah pasti keren dan mahal. . . .

    ninja 250 . . .
    motor impian. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  3. info dari bro mobek (motor bebek) yamaha tahun ini ngeluarin vixy fairing & tahun depan fazer tapi gak tahu juga kalo ymki berubah pikiran, di media juga dibilang tahun depan ymki ngeluarin motor baru. denger2 lagi, yamaha back to basic (gak jual iklan irit) yah maklumlah seirit-irit yamaha tetep irit honda. ane punya HSX 125 & MX & pernah punya jupi Z, konsumsi hsx 125 lebih irit dari pada jupi z meskipun cc lebih besar.

    Guest
  4. kalo fazer pake fairing kayaknya ok aja tuh, palagi kalo harganya bisa dijaga tetep kisaran 30jt, soalnya dilihat dari margin harga motor dengan CC dibawahnya, segitu udah pas…

    Guest
  5. @supraxx
    Positifnya …bagus ada kemajuan dan slamat tinggal jadul…
    Negatifnya…kasihan yg sudah terlanjur beli dari IU…..

    @All
    Ayo AHM keluarin dunk Twister-nya….biar ada pilihan…hrganya jgn mahal-2 ya…
    YMKI…buruan kluarin Fazer-nya …..

    Guest
  6. Kalo kata temen ane yg kebetulan temennya kerja di Yamaha,Fazer 250 udah diproduksi mas,malah udah siap di kirim ke dealer-dealer yang siap menjualnya,tapi kalo dari bentuk ane blm di ksh tau,tp ad ada dua kemungkinan pertama pake body fazer 250 yang dulu,yang sama ky di brazil mirip-mirip sama Scorpio tapi tangkinya muat 19liter BBm wow! nah yang kedua bodynya pake FZ16 india persis kaya gambar di atas.tapi sayngnya dua2nya masih pake rem tromol buat di brem blkg

    Tapi lebih baik kita tunggu aja kan, moga2 dipercepat keluarnya soalnya ga ada ATPM lain yang mau ngeluarin motor sport 250cc lagi skrg, AHM udah bilang bahwa menurut riset mereka motor 200cc adalah yg paling efektif dan efisien jadi kecil kemungkinan mereka mau ngeluarin motor 250cc.

    Guest
  7. Itukan katanya ya….mending akang bahas yang sabtu ini
    mo d launching di PRJ Skutik baru Minerva GTR150 (kloningan CPI Taiwan) …kayaknya boleh juga tuh… 🙂

    Guest
  8. FZ16 india kayanya macho juga tuh…
    apapun motornya, tidak disarankan pakai baju bagus pas naik Jupiter, nanti sobek2 seperti gambar di atas… 🙂

    Guest
  9. Tanggal 15 kmaren liat iklan di koran jawa pos..iklan undian berhadiah tentang semen merek M*..yang anehnya pada foto hadiahnya,honda revo110 beserta foto(bener potonya),honda tiger beserta foto nahh ni yang anehnya,foto yang di pajang sama persis dgn poto honda twister yang 250…kesalahan ato gmn ya,masa yang bikin iklan salah ngambil poto??

    Guest
  10. FZ15 atau YZFR125 / 250 sekalian.. kalo YZFR15 adduuuhhh.. enggak deh, kenceng ga dapet.. tampang aneh.. nanggung semua dah.

    Guest
  11. minta YMKI keluarin Fazer 250 dgn body FZ 16 yg kaya di india. kalo keluarin Fazer 250 mentah-mentah, jangan harap penjualan fantastis macam Vixion.

    Fazer 250 secara spek sama persis seperti Scorpio cuman body sedikit beda + cc naik 50. memang kalo ditawarkan scorpio & fazer 250, pembeli pasti milih fazer, yah cuman itu penjualan jg akan mirip2 scorpio sekarang ini. mungkin untuk beberapa saat setelah launching akan ada peningkatan yg diakibatkan pasar yg jenuh dengan body scorpio sekian tahun ini. namun setelah itu, sy kira penjualan fazer akan kembali kepada level penjualan scorpio sekarang ini.

    satu sumber pendapatan baru yg dapat ditempuh oleh atpm adalah penjualan aksesori motor. contoh untuk box motor, dipasaran praktis hanya melenggang merk givi/kappa, selain itu tidak ada merk lain yg menyamai kualitas produksi nya. atpm kan punya pabrik cetak body plastik, seharusnya tidak kesulitan untuk membuat box. melihat cs-1 yg body nya di desain dalam negeri, kreativitas desainer dapat juga dialihkan pada pembuatan aksesori berbahan dasar plastik.

    Fakta bahwa bisnis ini feasible adalah menjamurnya komunitas2 motor. komunitas adalah bukanlah hal primer seperti transportasi. komunitas menghabiskan waktu, uang (bensin, modifikasi), dan tenaga. namun toh banyak orang senang bergabung dalam komunitas. ini menunjukkan bahwa motor tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tapi jg menjadi alat rekreasi.

    semoga atpm dapat membaca animo pasar ini, supaya kita2 sebagai biker punya lebih banyak variasi mainan yg lebih berkualitas.

    Salam

    Guest
  12. semua karena Kawasaki Ninja 250….bikin efek domino…
    tapi klo dilihat sekilas….tetep aja gagahan ninja 250 kemana-mana…:)
    mungkin Yamaha Fazer jg dimaksudkan utk mnghadang Minerva 250…he.he

    Guest
  13. capek nunggunya brur, seinget gw dari taun 2007 udah bolak-balik beredar berita kalo YMKI bakal ngeluarin motor sport 250 toh nyatanya ngak terealisasi juga, mendingan beli yang ada dulu aja ntr klo emang dah keluar model baru tinggal deh ganti….nggak repot kan 😀

    Guest
  14. Hmm..sayah sangat-sangat berharap kalo kabar inih memang benar adanyah, bukan hanya gosip belaka yang terjadi beberapa tahun belakangan..Jadi untuk para konsumen (termasuk sayah he..he..) yang ingin “naek kelas ke 250cc” bisa ada banyak pilihan mulai dari Harga, Model dan Merk…

    Mengingat MINERVA “baru sajah” mengeluarkan varian 200cc dan 3model 250cc, maka bukan tidak mungkin YMKI menghembuskan gosip fazer 250cc agar konsumen menunda pembelian MINERVA…apalagih baru di luncurkan tahun depan????

    So’ kalo memang sudah siap, kenapa tidak sekarang saja, langsung “head to head” dengan KAWASAKI dan MINERVA..he..he..

    Salam.

    Guest
  15. Kawasaki ER6
    Kawasaki menampilkan moge ER6. Gosipnya, motor 600 cc ini bakal dipasarkan di Tanah Air. “Kita sedang pelajari pasarnya. Kalau melihat akses di Ninja 250, rasanya motor 600 cc bisa diserap pasar,” yakin Freddyanto Basuki, Manager Promosi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

    Di PRJ ini, KMI ingin mempertegas moto mereka “Kawasaki menjadi bagian hidup semua orang” benar-benar mudah tercapai. Makanya, paket menarik pun disodorkan untuk mendapatkan semua produknya.

    Selain uang muka yang ditetapkan sebesar Rp 1,5 juta, KMI menyiapkan lima jasa kredit untuk membiayai pembelian. “Tapi, penawaran ini tidak untuk produk premium seperti Ninja 250 dan KLX250,” ungkap Agus Santoso, Manajer Penjualan dan Promosi Nasional dan Jakarta PT KMI.

    http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/06/17/10391518/atpm.motor.kasih.diskon.khusus.di.prj

    Guest
  16. Ymki cuma kasih Angin surga aja, dikasih janji2 cuma buat strategi marketing. Gimn nih perasaan knsumen d prmainkn. Piss v^^

    Guest
  17. maaf……………………….hanya RX KING yang layak sebagai motor laki………………..yang lain silahkan………………….
    RX KING>>>>>>>>>>>>

    Guest
  18. Hahahaha… dari dulu YMKI & Honda suka main tunggu2an…
    Buka relung mio, ternyata honda udah nyiapin vario…
    Dan ternyata YMKI udah nyiapin mio soul…
    Eh honda ngluarin beat…
    eh ternyata YMKI kluarin mio sporty…

    Jangan sampe setelah vega r kluar, trus revo kluar, malah keluar lagi vega r sporty. hahaha…

    mending di demo aja tuh ATPM2 daripada nungguin melulu. kalo YMKI nunggu AHM ngluarin produk, lalu AHM jg nunggu YMKI ngluarin produk…Trus kapan keluar2nya? gak masuk akal nih…

    Guest
  19. Sok ku sim kuring di antos lah….. dugikakeun se’ep yeuh kasabaran sim kuring…. tapi tos tereh se’ep yeuh kasabaran teh… bhuahahahahaha…

    Dua jempol ngacung ka langit lah, lamun bener Yen YMKI teh ngaborojolkeun FZ 16… komo lamun mesinna di gentos ku mesin Fazer mah… Bhuahahahaha…

    Ngartos Pamiarsa…?????

    Guest
  20. @ledoy
    Skali-kali dikasih tau akang terjemahannya biar urang yang dari jawa bisa ngarti skaligus belajar. nanti kalau bisa main2 ke sana biar tambah gaul….xixixi 😀

    Guest
  21. Hem, menanti motor Yamaha ber fairing. dan rem cakram belakang. aja deh..itu aja sudah cukup, bagi karyawan macem saya..:p

    hehehehe…

    Guest
  22. gue puyeng dengerin omongan lu semua,,,bisanya kasih komentar tapi ngga beli,,mendingan kaya gue,,biar motor gue ngga mahal2 banget,yang penting masih bisa jalan,,selama motor gue masih bisa dipake,,gue sih asik2 aja coyy,,,,,wachaaaaaaaaaaaa…

    Guest
  23. ^
    Misal artikelna ferrari,
    hrs dibeli dulu baru komen gitu?
    wachaaaa hyaaat
    Aya aya wae

    Sblm di sotomie,
    Kabuuur…

    Guest
  24. @ ryan
    aku kok gak denger ya? emang komennya bisa didengerin? apa speaker ku rusak nih. motorku juga masih bisa jalan, tapi gak buat boncengin kamu entar….ada yang nyu*d*l2 ihhhh….kaburrrrr..nick..nick tungguin…nick

    ^sory bro becanda, emang gara2 ryan jombang tuh cemarin nama ryan2 yang baik.

    Guest
  25. kayak koment2 lain
    kalo mo kluarin Fazer 250, jangan pake body yang Fazer 250 YBR 250 dari brazil, itu kan orang awam (yang nggak baca blog) bilang…”ooooo Scorpio di bore up ama ganti body yah”
    mending pake Body FZS atau yang kayak FZ1 aja

    Guest
  26. Bro Taufik, titip info ya 🙂

    Bagi para blogger otomotif roda dua utamanya yg domisili Surabaya dan sekitarnya ada event menarik nih dari Yamaha Jatim. Buruan daftarkan diri sekarang sebelum terlambat!

    Sukses buat blog taufik&motorcycle!

    Cheers

    Guest
  27. YMKI masih sibuk ngitungin duit jualan VIXION, jadi fazer tar tar aja dulu. FAZER secara fisik mirip scorpio kog. tetep aja naked sport motor terus.

    Guest
  28. Motor Sport??

    kayanya kita harus meluruskan “definisi” motor sport di Indonesia….. persepsi kebanyakan orang di Indonesia tentang “definisi” dari motor sport sangat berbeda dengan persepsi dari “definisi” yg dipakai oleh masyarakat di belahan dunia laen…

    Yang banyak kelihatannya motor2an dan motor yang pura2 sport…… Taon depan yg bakal keluar kayanya…wah…. cape neh….jadul lagi…jadul lagi… ampun ya Gusti.

    Guest
  29. DOA BUAT DUNIA MOTOR DI INDONESIA:
    ” Ya Tuhan berilah rejeki bagi kami, pengendara dan pencinta motor di Indonesia agar bisa beli motor yg kualitasnya (baik performa maupun tampilan) jauh lebih baik dari bebek, skubek dan yg jadul2 itu….Sehingga ATPM-ATPM berani memproduksi motor yang bener2 motor…. bukan motor2an atau motor yg pura2 sport…..AMIN”.

    Guest
  30. YAMAHA mudah saja kok, Mesin mereka adalah salah satu dari mesin2 terbaik untuk motor2 mass product bersama Suzuki & Kawasaki (dibanding Honda..no offense)

    Dengan kondisi spt itu YAMAHA sangat sah untuk main startegi FACELIFT..toh mesinnya bagus

    Guest
  31. @Bro marcus…
    line-up motor sport Honda Ahm juga sudah pantas kok di Facelift,dan saya yakin respon pasar akan bagus ( lha yg sekarang saja masih laku dan mesin terbukti )..
    coba Tirev pakai Oil Cooller dan Monoshock saja , harga tetap…
    hihihihihihi…
    (ngarep mode on)

    Guest
  32. yamaha 250cc yang masuk akal masuk ke indonesia sih kayaknya ybr250 versi eropa.blok mesin mirip ato sama dengan scorpio,tapi baju hampir sama dengan tiger.coba di cek di mcn pak taufik..

    Guest
  33. Wah mantap nih!!
    Rencananya bilan depan mo beli Yamaha Vixion..liat yamaha 250cc mo keluar jadi kepengen..
    tapi kok lama banget yah kalo tahun depan..keburu uangnya habis..
    kira2 Vixion bgs gak ya?!!

    Guest
  34. @mas taufik
    aye deger dr temen aye yg anak YMKI katanya yg keluar vixi berfairing tp make karbu kgk make injeksion bgtu..
    tolong d anyain dah mah pejabat aslinya mas..cmiw

    Guest
  35. Bro Taufik dan bro-bro yang lain,
    salam kenal 🙂

    Daripada sibuk ngributin yang belum pasti mending baca informasi valid bagi para blogger dan netter khususnya penyuka dunia motor yang tertarik untuk mengikuti grand launching blog ofisial Yamaha & friendS ditunggu konfirmasinya sampai tanggal 24 Juni. Join ya!

    Thanks

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here