jump to navigation

Ngaji Di Blog . . . Kenapa Tabayyun itu penting? June 19, 2009

Posted by Taufik TMCBlog in : Uncategorized , trackback

Brother sekalian, Mas Tri sepertinya belum pulih benar Oleh karena itu mari kita sama-sama mendoakan agar beliau segera Sehat seperti sedia kala. Saya berinisiatif mengisi kekosongan ini dengan sedikit pengetahuan yang saya punya. Bukannya saya berusaha sok jadi Ustad atau berupaya untuk menggantikan artikel Pekanan ‘ Yooo Ngaaaji” nya beliau. Mohon di maklumi. Mari kita mulai  . . . .

Tabayyun apaan siy . . . Tabayyun adalah sebuah sikap cek-Ricek terhadap sebuah berita/kondisi/informasi yang kita terima. Tabayyun sangat penting untuk menghilangkan akibat negatif yang dapat menzhalimi orang lain seperti menuduh seseorang melakukan perbuatan buruk, padahal ia tidak melakukannya. Nah disuatu milis ada kisah seorang pengantin baru yang berkaitan dengan upaya Tabayyun ini . . .monggo disimak :

Ketika Jogja tertimpa bencana gempa, saya dan suami
berangkat ke Jogja dari Lombok, tanah kelahiran saya. Di Jogja saya
ikut sebagai relawan sebagai tim medis mobile clinic.

Sembari menunggu mobil yang akan membawa saya dan tim medis lainnya
ke lokasi-lokasi bencana, saya mengambil handphone dan mengetik SMS.
Seorang Muslimah yang belum saya kenal rupanya secara tidak sengaja atau
sengaja ? Melihat barisan kata yang tengah saya ketik dihandphone saya,

“Sayang, lagi ngapain…? Adek kangen…”

Terkirim kepada “Lelaki Surga“, nama yang saya berikan untuk suami didalam kontak handphone saya.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi bencana, Muslimah tersebut
acuh tak acuh terhadap saya, tak ada keramahan yang ia tunjukkan.
Ketika tiba di lokasi dan kami mulai bekerja, disela-sela istirahat,
teman dari Muslimah tersebut bertanya pada saya,

“Mbak dari mana…?”

“Saya dari lombok…”

“Lho, jauh sekali…terus disini (Jogja) tinggal sama siapa?”

“Nginap di rumah Budenya suami…”

Si Muslimah yang sempat melirik SMS mesra saya tadi, mendengar
perbincangan antara saya dengan temannya. Serta merta ia terperangah
dan berkata,

“Ooooh mbak udah nikah, yaa…? Duhh…saya jadi maluu…”

Barulah sikapnya berubah ramah terhadap saya.
Tidak tabayun (Konfirmasi) , Su’udzon (berburuk sangka) deh jadinya…

*Gambar : Flick Galih Satria

Comments»

1. elsabarto - June 19, 2009

hadir Bang Taufik,
amin … semoga mas Tri cepat sembuh
& terima kasih diingatkan untuk selalu bertabayyun :)

2. apdri - June 19, 2009

kalo kata phil collins, mungkin tabayyun itu … we always need to hear both side of story…
jadi inget syair lagu lama nih.

3. az147r - June 19, 2009

yup,pembawaan artikelx ringan dan mudh dpahami mas taufik.
kbr trbaru mas tri ad ng? mksudx beliau sakit apa?

4. ielhamp - June 19, 2009

Terima kasih sudah diingatkan kembali bang Taufik di Jum’at pagi ini…

5. Taufik - June 19, 2009

@All
mas Tri seperti yang telah ia beritakan terkena penyakit DBD
masih di Rumah sakit Bintaro Ruang 269, barusan aku call.
Beliau sampai hari ini masih harus beristirahat . . .
buat brader yang luang waktunya dipersilahkan menjenguk . . .
keadaannya sih sudah berangsur membaik :D

6. mig 29 - June 19, 2009

ada siraman roahani lagi dihari jum’at.
makasih mas taufik..
NB. moga mas tri cepat sembuh jadi tiap jumat bisa ngaji dua tempat :)
oya mas, FB saya yang lama kena blokir, mas taufik saya add ulang ya..

7. Taufik - June 19, 2009

@Apdri

You got the point . . .absolutely right !!

8. Taufik - June 19, 2009

@Mig . . .
waduh kenpa diblokir . . .

ok nanti saya aproove :D

9. Taufik - June 19, 2009

siapa yang bisa tebak . . .

gambar diatas itu gambar gunung apa? di mana? he he he he

10. sabdho guparman - June 19, 2009

hadir mas,

pangkal segala huru hara di dunia ini adalah tidak adanya tabayun,
tengoklah negeri 1001 malam yang hancur lebur karena fitnah dari paman sam yang hingga sekarang tidak terbukti. nasib serupa juga terjadi di negeri kita kerusuhan sambas,ambon yang pada awalnya hanya karena isu dan tidak dilakukan tabayun sehingga kedua belah pihak tersulut dan membawa korban yang tidak sedikit.

kalau tayangan gosip di tivi gimana kita harus menyikapinya mas?
sementara KPI seakan tutup mata akan hal ini.

keep brotherhood,

salam,

11. Taufik - June 19, 2009

@SG
untuk TV . .. bila maslaahnya adalah konten . .. kita bisa koq adukan ke KPI dulu .. .
lalu untuk pemberitaannya . . . semisal masalah heboh “Moge Arogan”

ya usahakan dulu agar kita tidak membuat hati kita terkunci dan langsung menuduh bahwa yang salah itu A atau B . . . tunggu dulu hasil penyelidikan yg berwajib . . .gitu kali yeee ,cmiiw

12. atlet - June 19, 2009

@ Mas taufik
Jawaban: Anak gunung krakatau!
(Sudah siap-siap, duduk manis, kalau jawabanya benar, pulang duluan deh)
Ingat waktu SD :)

13. Taufik - June 19, 2009

@Atlet

salahhh he he he he he
ayo coba lagi ;)

14. rian - June 19, 2009

wah sepertinya pagi ini beda seperti biasanya nich bro….artilkel nya simple dan mudah di mengerti maksud dan tujuannya bro…..LANJUTKAN….

15. IAn - June 19, 2009

bromo bukan om…

16. Taufik - June 19, 2009

@Rian
makasih mas untuk dorongan semangatnya :D

@Ian
bukan juga bro :D

17. sabdho guparman - June 19, 2009

gunung lawu kali mas. . .

sholat jumat dulu ah. .. .

keep brotherhood,

salam

18. Taufik - June 19, 2009

^SG
masih salah mas ;)

19. Lao2x - June 19, 2009

Gunung merapi. Background ceritanya kan tentang gempa di jogja…

20. tongsam - June 19, 2009

itu gunung di daerah magelang mas,…. gunung sindoro… sama gunung jaran…

21. Taufik - June 19, 2009

@Lao dan TS
masih salah . . . .
bukan gunung merapi, sindoro, maupun jaran

22. tongsam - June 19, 2009

gugung gede dan pangrango mas….

23. Astrida Mariem - June 19, 2009

wahh dasar akhwatnya,,ngintip2 segala..ckckck

gunung rinjani pak?

24. Arya - June 19, 2009

Itu gunung salak kang.
Kan abiz muterin tuh gunung.
Gosip mode: on
Laaah…malah tebak2an

25. Yusup - June 19, 2009

Itu gunung kembar kang…heu heu heu….bisa aj si akang tatarucungan….

26. Taufik - June 19, 2009

YAP Tong Sam benar . . .

yang paling dekat dengan kita itu puncak Gunung Gede . . .
di seberangnya adalah puncak Gunung Pangrango . ..

sedangkan nun jauh di sana…(ujungnya doang & Kecil) adalah puncak Gunung Salak

@Astrid
masih salah

27. arie slight - June 19, 2009

lho kok jadi gunung2ngan gini???
Mas Taufik, katanya orang bijak (bukan saya berarti…) kalo pun kita tahu kejelekan orang lain, itu bukan untuk disebarluaskan…
tapi di sisi lain, kalo kejelekan orang itu bakal merugikan orang lain (klepto misalnya), bukannya secara moral kita harus memperingatkan orang lain supaya tidak jadi korban kejelekan si orang itu?
Mohon penjelasan Pak Guru…hihihi….
Gute Besserung buat Mas Tri… Jumatan didoaken….

28. Taufik - June 19, 2009

@Mas arie

waduh dah ditanya hal yang berat aku :(
betul mas . .. aib seseorang harus kita jaga

ok saya jawab sebisa saya ya mas . . .menurut saya
hal ini sama halnya misalnya membicarakan suatu produk makanan yang laporkan mengandung bahan haram/bahn berbahaya. Bila kita tidak memberitahukan kepada saudara2/teman/tetangga kita .. . maka kita akan merasa bersalah bukan

mugkin solusinya adalah . . . tabayyun dulu apakah kejelekan itu memang benar. Bila memang benar lebih baik lakukan ‘nahi mungkar’ dengan cara mencegah kejelekan itu langsung ke sumbernya. Bila diluar jangkauan kita, maka minta tolong kepada orang yang dipercaya baik untuk membantu. Mudah-mudahan kejelakan ini akan berhenti

bila susah untuk dihentikan . . .ya kita berusaha beritahu orang lain akan kemungkinan tabiat buruk saudara kita itu. Tentu dengan penjelasan bijak, serta dibuktikan dengan bukti-bukti yang kuat, sehingga hal yang kita infokan terjauh dari hal-hal fitnah

segitu deh . . .cetek banget yah . .. mudah-2an ngak puas sehingga bisa mencari solusi yg lebih baik

* istighfar…mudah-mudahan saya nulis ini nggak disertai hal2 negatif

29. arie slight - June 19, 2009

emang pertanyaannya bikin bingung kok Mas Taufik…makanya saya mo berbagi kebingungan hihihi…
kadang orang yang saya anggap Imam disini kalo dah ditanyain yang model gini juga suruh saya tanya ke yang lebih tinggi lagi, dan dia selalu bilang berdasarkan pendapat pribadi..
kalo besuk salam ke Mas Tri ya…
Terimakasih

30. petromaxx - June 19, 2009

Wahh kaget oms…
Tadi baca nya tayub an
Maaf :hammer:

31. mig 29 - June 19, 2009

mas arie,..
mungkin aib orang lain yang harus dijaga yang sifatnya tidak membawa kerugian bagi orang dan khalayak umum. misal cacat fisik.
tpi bila aib itu dah merugikan orang lainya harus diingatkan atau malah dihukum sesaui dengan uu.ini pendapat pribadi lho..
saya juga masih cetek..perlu belajar banyak

32. arie slight - June 19, 2009

thx mig…..emang bingung kalo dah mentok begini… dunia semakin kompleks

@Petromaxx: awalnya ijk pikir juga tayub yang di cirebon wakaka…

33. Taufik - June 19, 2009

makasih mas Wid/Mig :D udah dibantuin njawab

@mas Arie
mas triatmono sudah pulang kerumah tadi jam 3 an mas

34. arie slight - June 19, 2009

Alhamdulillah Mas…
biasanya masih butuh istirahat seminggu di rumah…
tapi mudah2an sudah ada artikel baru hari senen ini ya hehehe….

35. cemen - June 19, 2009

Absen aja Om Taufik , biasa ngaji di sebelah , Kalo Om Taufik buka kolom Pengajian ane ikut juga ,,,,

36. Nick 69 - June 20, 2009

Smoga mas tri cpt sembuh
Amin

@mas taufik
Aye angkat tangan,
Gunung apa seh bro,aye pnasaran?
;D

37. Taufik - June 20, 2009

^ udah dijawab . . .liat komentar #26

38. Nick 69 - June 20, 2009

Hehehe maap
Lgsung scrool

Tp tetep aja gak ngerti :(



%d bloggers like this: