vixi-FZ16Ruame banget berita tentang FZ 16, dari blogger pemula macam saya sampai blogger senior macam mas Tri telah ngulas motor ini. FZ 16 bila jadi brojol/ dirilis oleh YMKI memiliki pasar yang cukup kompetitif. Hadangan bukan saja datang dari kompetitor, sebutlah Megapro, Pulsar 180, dan TVS RTR 160. Akan tetapi datang pula dari ‘saudara kandung’ FZ 16 sendiri . . . Yamaha V-Ixion yang menjadi Jawara Motor Sport at least untuk saat ini. Ramalan Eksodus dengan angka lumayan signifikan dapat saja jadi kenyataan terjadi bila YMKI merilis motor ini dengan harga yang ‘Tepat’ . Tapi apakah eksodus ini akan menimpa juga pengguna Vixion lama?

variousKedua varian FZ ini (FZ 16 dan FZ 150i) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing . . . saya hampir tidak melihat himpunan irisan kelebihan dan kekurangan pada keduanya maksutnya sedikit sekali keduanya memiliki kelebihan ataupun kekurangan yang seragam . . . menandakan keduanya punya kekuatan masing-masing. Bak layaknya Valentino Rossi dan Jorge LorenZo di lintasan MotoGP keduanya memiliki karakter yang berbeda, berjuang masing-masing dalam satu panji pabrikan. FZ 16  . . . Terus terang memiliki desain yang out of the box untuk motor-motor dibawah 250 cc. Sangat jarang sekali sekarang ini sebuah pabrikan membuat ‘miniatur’ moge mutakhirnya untuk segmen motor-motor pemula. FZ 16 bak layaknya seperti miniatur FZ1. Ban dengan Profil Lebar dan radial, desain headlamp street fighter, Mid-ship Muffler, rear hand grip model baru, dan Konsol meter full Digital adalah nilai Plus yang menjadi Kartu truf kehadiran motor ini.

Trus gimana V-Ixion ? . . . Jujur bagi saya diluar desain secara umum, Yamaha V-Ixion (Yamaha FZ 150i) memiliki beberapa Fitur yang juga menjadi Kartu truf bagi motor ini untuk tidak dipandang sebelah mata. Sistem Injeksi, sampai sekarang FZ 150i adalah satu-satunya motor (sport) < 250 cc lokal ATPM yang menganut sistem canggih ini, gak usah saya ulas yah kecanggihan sistem Injeksi. Pendingin Cairan . . . hmm dibanding pendingin udara Konfensional dengan sirip, tentu lebih ciamik ini lha. Forged Piston, Yamaha lattest advance material technology yang di jejalkan dimotor kelas capung kayak Vixion. Belum lagi Sasis deltabox yang dijamin lebih rigid dari pada sasis diamond biasa.

yamaha-fz16-22Di negara asalnya, FZ 16 di persiapkan memang untuk kegiatan berkomuter. Setang baplang semi fatbar, Midship muffler, dan desain yang lebih ‘pendek’ dari R15 aatau FZ 150i membuat pengendalian setang lebih mudah ditekuk dalam keramaian lalulintas diperkotaan. Begitupula dengan torsinya yang 13.6 Nm (didapat pada 6000 RPM) lebih dikonsentrasikan pada RPM rendah  sampai menengah membuatnya lebih irit karena nggak butuh rpm tinggi  untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Penasaran pengen tau berapa kecepatan Maksimal FZ 16 ? menurut test ride beberapa blogger India, motor ini memiliki kecepatan maksimal 111 km/jam dengan  gambaran akselerasi dimana 0-60 km/jam dapat di geber dalam 5,5 detik saja !!  Plus para pengoplek motor akan tersenyum karena sistem karburator pastinya lebih mudah di kilik.

So kembali lagi, Bagi para vixioners, apakah kehadiran FZ16 akan mengalihkan pujaan hatinya. Menurut saya akan lebih bijak bila pilihan di dasarkan pada kebutuhan/kesesuaian riding style dan keadaan jalan yang dilalui brader.

Taufik of BuitenZorg

88 COMMENTS

  1. @om opik
    “Sistem Injeksi, sampai sekarang FZ 150i adalah satu-satunya motor > 250 cc lokal ATPM yang menganut sistem canggih ini, gak usah saya ulas yah kecanggihan sistem Injeksi.”
    ——————————————————————————————-
    Tandanya kebalik om, < 250 cc kali ya yang bener
    Trus Pulsar 160 emang ada disini tah?
    😀

    jiahahaha..sindrom ngetik subuh2 😛
    thks udah koreksiin sob

    Keberanian YMKI untuk mengeluarkan (kalo jadi) motor ini pattu diapresiasi lah
    Kali aja ntar kalo sukses gelontoran produk gres mampir disini

    Guest
  2. Kalo vixion dulu dikeluarin 2 versi, karbu & injeksi, pasti bakal lebih laris yg karbu. Nah sekarang FZ16 pake karbu pasti vixion kemakan kuenya…

    Guest
  3. dari segi mesin dan kecanggihan jelas vixion, tapi dari tampang ya jelas pilih fz16, berhubung dah punya vixion, berarti kalau fz16 ini keluar tiggal beli semua bagian yang bisa ditempel ke vixy …. selain mesin tentunya 😉

    Guest
  4. saya setuju pada paragraf terakhir mas.tergantung ama kebutuhan saja..

    owh ya.diatas tadi disebutkan kalau vixi itu menggunakan forged piston,apa yang FZ16 ini ga pake teknologi forged piston?

    Guest
  5. wah, berarti dapet “wahyu”nya setelah sholat subuh mas..hihihi
    [indah kelain hati???ini mah tergantung hal2 sebagai berikut :
    1. punya duit kagak, soalnya vixy kalo dijual pasti uda kena depresiasi..
    2. mudah2aaan nih, ada sesuatu juga yang dipersiapkan bagi pemilik vixy sekarang

    btw, sayang banget ya FZ-16 memang keren diluar, tapi kalo mau jujur, segala sesuatu berkaitan dengan sektor “jeroan” biasa banget…

    Guest
  6. Kita sbagai konsumen sangat dimanjakan kalau setiap pabrikan mau mengeluarkan banyak produk yg berkualitas jangan kita menjadi pesimis dgn hadirnya produk2 yg akan datang

    Guest
  7. Mas Taufik, kemaren saya br ketemu mekanik yamaha. dia bilang emang beneran mau keluar

    kalo siap2 inden ga jadi mudik dunk

    Guest
  8. msa taufik :

    ………….Sistem Injeksi, sampai sekarang FZ 150i adalah satu-satunya motor < 250 cc lokal ATPM yang menganut sistem canggih ini, ………
    ===================================

    satu2 nya motor lokal ATPM…???? enggak juga mas… kan ada shogun…kan ada supra…

    koreksi lho ya…

    Guest
  9. setelah saya amati, lebih kenceng shogun 97 abang gw yg dpt topspeed 115kpj-120kpj dunks.. Scouzie pake body FZ16 bisa gk y?

    Guest
  10. ohhh … untuk soto sprot tho…

    ya betul kalu gitu….

    @pengamat :

    biasanya spido di tempat kita kurang akurat mas….. dari beberapa test.. ada motor india yang kecepatannya mendekati akurat…..

    kalau shogun dapet 120 km/jam di spido,,,.. bisa jadi di sejajarkan pada kecepatan segitu, di spido pulsar cuma 100 Km/jam…

    Guest
  11. kayaknya pecinta advanture ride bakalan ada teman baru nich… FZ160… ban tapak lebar, dengan jarak sumbu roda relatif panjang, dan torsi mak di rpm rendah…

    lumayan lah…

    Guest
  12. ^ dpouwel

    yang perlu dipikirkan,,,, adakah pengguna dan pecinta Scorpio pindah ke FZ160…

    akan semakin bimbang jika YMKI menghembuskan angin YBR250 keluar…

    Harusnya konsentrasi di FZ dulu….. biar pecinta Scorpio tertarik.

    Guest
  13. kalau harga FZ nantinya 17-18 jt, mungkin pabrikan berusaha menahan laju penjualan motor India yang lain dulu… sedang untuk menahan Tiger/Mega Pro, sementara masih mengandalkan Vixion sampai Honda mengeluarkan yang baru… (nebak aja sih).

    Guest
  14. @tongsam
    Setelah saya amati, jika 120kpj dishogun sa=100kpj dipulsar, brarti atpm di indonesia gk bs bikin speedometer dg akurat dunks?
    Gw pernah lht so2k lgsg FZ16 dibekasi. Body’a kekar banget! Gw deketin smbl gw perhatiin. Tuh FZ16 rem blkg tromol, silincer’a hitam, radiator gk ada, power… Yaaah mending gw setia ma scouzie gw. Tinggal modif body doang. Performa scouzie jauh ninggalin FZ16 yang 160CC itu.

    Guest
  15. setelah saya amati, tetep setia pake scouzie. Tinggal modif body kyk FZ16.. Waktu FZ16 lg ngayab dibekasi, dgn mudahnya scouzie gw nempel FZ16. Bicara CC? ya lbh bsr scouzie lah yg 223cc. Tp gw prnh baca di detikoto bhw husqvana yg 125 cc, house powernya diatas ninja 250R.

    Guest
  16. Setelah pake Vixi hampir 1 th, kedepannya kl saya mau ganti motor pertimbangan selanjutnya adalah motor yg pny power gede. Kalo masih 150 cc kyknya saya masih setia ama Vixi deh… Tampang Vixi jg msh oke.

    Guest
  17. @vyzex

    Setelah saya amati, Masa di shogun 120 di fu 90? Shogun n fu pan sama2 suzuki. Brarti suzuki pilih kasih dunks? Ato speedo suzuki gk ada yg akurat y? Hahaha.. Upz.

    Guest
  18. bcoran dkit mas,, kta mntan cw di Yamaha… ni mtor bkal launch tgl 9 bulan 9 taon 2009 ! kita liat aj yah….

    Guest
  19. apa ada yg pernah buat penelitian ga knp market share motor sport di Indonesia cm di bwh 10%..?
    herman gw, pdhl klo di blog2 ngebahas ttg mtr sport slalu rame.. Apa krn pembeli mtr sport emg sebelumnya pengguna sport jg yg pindah ke lain hati ato memang bnyk yg beralih dr bebek? klo emg beralih dr bebek/skuter brp persentasenya?
    Di India aja pengguna mtr sport bs lbh dr 60%. Jd sebesar2nya penjualan mtr sport (125-250cc) di Indonesia, tetep aja bkn makanan yg bkn kenyang bg pabrikan (jepang)..

    Guest
  20. waduh ga sabar nunggu keluarnya kapan..

    eniwe buat referensi aja
    perbandingan fz 16 vs Hunk vs Gsx 150 di indihe :

    Guest
  21. Panel instrumen dr fz 16 yg bikin hati kepincut.,body ala street fighter.,blm lg ekorny yg lancip bak moto gp..
    Karburator + pendingin udara no problemo,supaya kalau motor ngadat gak usah bingung bwt benerinnya..
    byak bengkel2 kecil yg bisa nanganinnya bila dibanding yg injeksi..

    Guest
  22. @45 alon.
    Aq stuju bos. .
    ta’ gantie vixiq bt inden nih motor.
    Tp jatuh ga’ ya harga vixi klo fz16 kluar?

    Guest
  23. Soale si vixy susah dmodif klistrikane, n aq suka pake banyak lampu LED maklum buat KARNAVAL agustusan he3x.

    Guest
  24. Tetep setia ke V-snake 150i….ya nanti tinggal yang kurang bagus tinggal tempelin aja ke vixy..misal knalpot thu bs di adopsi ke my vixky,sepatbor belakang, velg racingnya jg okey.

    Guest
  25. @50
    aye setuju gan mending r-15 aja dgn harga g jauh bedama vixi,yah d atas 2-3jtaan deh.hehehe
    nah vixi d discontinu aj tu,drpd berateman ma r-15(kompor mode:on)

    Guest
  26. Waduh…ke kantor…lupa bawa modem HSDPA…posting subuh…sore bar dari kantor baru di jenguk lagih :D….
    sempruil…dijalanan tadi ketemu lagih si FZ16 masuk deler YMH wilayah cilodong ..kaga k sempet moto lagih…. 😀

    @Boedi#16
    iya itu salah satu irisannya… kan di artikel aye nulis ” sedikit sekali keduanya memiliki kelebihan ataupun kekurangan yang seragam”
    …salah satunya yaaa…rem drum ini he he he 🙂

    @PlatR#20
    Kalo aye udah yakin 80% soale udah seliweran 100 motor… udah niat banget tuh YMKI

    @Cuxx
    huss..bukan wahyu…cuma inspirasi saat sahur tadi pagi 😉

    @W5756
    Di India FZ 16 gak pake kick starter..tapi versi yang dites sama mekanik2 termasuk yg di spy shot ..ditambahi kick starter…

    @Tongsam#21
    maksut aye motor sport..udah diupdate..thka koreksinya 🙂

    @Nay
    baca di Test Ridenya bikeadvice.in

    Administrator
  27. @meonk
    salah alamat bro, warungnya mas tri masih disebelah, belok kiri trus mentok.
    Nah warungnya ada di sebelah kanan
    Xixixi
    😀

    Eniwei, di atas ada yang bilang katanya mau brojol pasca lebaran
    Kalo masuk ntb, wah, ndak tauu, berdoa saja biar cepet
    Tunggu aja laa..

    Guest
  28. @ 45. that’s me!!
    kayaknya nih ya…mungkin yang suka ngisi2 blog ato kasi comment e-paper itu anak2 muda yang doyan eksplor/browsing internet.,..ama yang punya duit untuk beli, ato memang ikut nimbrung membela bendera ATPM, kalo udah bekeluarga, timbang beli motor laki yang super repot kalo mo bawa barang, mending beli matic ato bebek, kalo mudik bisa extend di buritan buat naruh tas, n depan bisa buat taruh anak….yah, kayaknya sih…sapa tau aku salah..haha

    Guest
  29. Pertanyaan bro…sebenarnya dari sisi dapur pacu keduanya profilenya hampir sama atau tidak??sebutlah bore n stroke..dan implikasinya terhadap Torsi maupun PKnya…apa basis mesinnya sama??(vixi kan pake blok mesinnya Jupi MX kalo tidak salah)

    dan aye personally gak masalah dengan rem blakang drum…rem blakang menurut aye gak perlu pakem2…rem blakang Shogun 125 aye aja measih cukup oke kok..pakem2 tar malahan ngepot :P…yang penting untuk pakem tuh rem dpan…hehe

    Guest
  30. eh, btw maksud aku anak mudanya tergantung diri masing2 yak..ntar gw dijitak lagi ..it jst an opinion

    gw percaya, vixion tidak akan tergerus, dilihat dari mata telanjang aja (uuppss), masing2 emang punya +/-. Tergantung ke pilihan konsumen aja. Namanya ngeluarin produk kan ga asal mbrojol, dah ada riset marketing yang pake angka2 n grafik statistik super rumit (wong tempat aye kerja dulu aja pas ngeluarin Marlboro Filter aja meeting sosialisasi risetnya aja walla – tapi ga laku..haha).
    Yang menarik justru sisi lainnya
    1. V-ixion, blog ini membahas nantinya mau dikemanakan, nah…firasat eh firasat pasti ada upgrade value…jadi jangan kuatir
    2. Scorpio, dilihat dari penjualan yang kurang moncer, sapa tau emang Fazer untuk pengganti..kira2 apa tetep produksi, ato ada upgrade value juga (karena sekarang cuma mainan di pelek n knalpot)
    Be the first to make differance…

    Guest
  31. @cuxx..
    jika terealisasi….seandainya seperti ini
    tinggal pilih….gimana ?
    FZ16–> Rp.18 jt-an
    Vixion–> Rp. 20 jt-an
    R15–> Rp. 22 jt-an
    FZ25–> Rp. 24 jt-an

    peace

    Guest
  32. bro taufik, emng untuk wilayah jakarta dan untuk di pkai harian. rekomendasi bro pilih vixi atau FZ 16 ya…???thks bro

    Guest
  33. prediksi gue fz16 buat gantiin vixion n menghadang new megapro…sdang vixion dinaekkan statusnya jdi r15 buat hadang kmungkinan klo honda kluarin cbr150…fazer250 buat nantang tiger/new tiger…..
    trus klas thunder125 kmungkinan jg akan dimasuki….

    Guest
  34. @all,
    Sy CURIGA
    alasannya FZ150 belom keluar, yamaha tuh sbenarnya sasisnya FZ150 mo diisi 225cc ScorpZ or bore up250cc dari si scorpio
    KAGAK BAKAL dia bunuh sodaranya(vixion) dgn. keluarin cc yg.sama
    YMH sptinya keluarin paket bodi sport u/ Vixi.

    MAAF ..lagi sok tau nih…he…he..he..

    Guest
  35. menurutku yamaha memang sedang konsen di segmen motor batangan,jadi dia bermaksud mengawal kesuksesan vixion dengan mengapit sang vixion di segmen bawah dengan fz16 dan dari segmen atas dengan R15 atau fazer 250,karena segmen motor laki atau sport (versi ATPM indonesia) cukup sempit makanya ymki mencoba menggaet sebagian konsumen bebek yang ingin tampil keren dengan FZ16 ini,jadi sangat wajar kalo dijual di kisaran 16 jutaan. Jadi jeruk ga makan jeruk tapi tiap motor ditujukan untuk 3 segemen berbeda, low (FZ16),middle(V-ixion) dan premium class (R15 atau fazer 250). Kemungkinan strategi ini ditempuh karena honda mulai konsen mengejar kekuatan yamaha di segmen skutik dengan meluncurkan tiga produk di 3 segmen,low class skutik (beat), middle class skutik (Vario), dan premium class skutik (vario Tekno). Sudah jamak diketahui kalo yamaha gak terlalu suka perang frontal dengan Honda. Strategi mencari celah ini sukses menggeser suzuki dan menempel honda dalam hal penjualan. Tapi kalo honda ikut panas dan ikutan luncurin motor sport baru,ini baru seru!!!

    Guest
  36. yayaya….brapa ya harga fz16 jika dilempar ke pasaran?….naksir juga ni kayaknya, padahal targetnya V-ixion

    Guest
  37. kalo gitu soal mesin fz16 kalah sama vixion, denger2 masih 2 valve ya? kalo vixion khan dah 4 valve lebih bisa nendang di rpm tinggi. vixion top speednya 125 kpj standar. fz16 memang menang di penampilan tapi kalo mau nyari performa ya vixion aja. lebih bagus lagi fz bermesin vixion itu baru mantab. gw lebih suka injeksi daripada karbu…lebih gampang nyettingnya, tinggal pencet tombol

    Guest
  38. @^
    saia rasa jg bgtu…nunggu waktu yg tpat aja buat ngluncurin new model, toh matic masih dikuasai mio,meski lambat laun di grogoti merk laen,

    Guest
  39. Besok imdia dah gak cuma ekspor motor, mobil juga loh terus kapal perang kaya sukhoi, wah hebat mereka, indonesia terus pakai

    Guest
  40. bodinya sih oke ! dari depan ganteng… dari samping kekar…cuma dilihat dari belakang….ha ha lucu banget , buritan lampu rem dan sign kembali mirip motor yamaha bebek 70 , tempoe doeloe ( lucu tapi jadul banget )

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here