About these ads
jump to navigation

Bila Yamaha Lengah . . . Honda Siyap membabat !! , Dan Sebaliknya Agustus 13, 2009

Posted by Taufik in Honda, yamaha.
Tags: , , , ,
trackback

Artikel ini kubuat sore-sore, tepat setelah Mas tri ngasih komentar di artikel analisa Traffic . . . bener juga kata rekan blogger saya ini. Konsentrasi Yamaha akhir-akhir ini adalah merebut tahta dan terus memperkuat segmen motor sport, sementara di segmen skutik hampir nggak ada perubahan signifikan setelah mindahin lampu senja ke tengah di mio sporty. Setelah itu . . . nggak ada perubahan babar blastt, sibuk gonta-ganti striping dan grafis . . . gak ada penambahan fitur  apalagi varian baru !!

Penerawangan gak penting saya, memperlihatkan ada dua kondisi berbeda antara dua ATPM ini. Yamaha Gemes banget pengen menguasai pangsa motor Sport secara absolut. Honda juga Gemes dari lama pengen menumbangkan superioritas Mio di segmen skutik. Saking gemesnya Yamaha di segmen sport, V-Ixion yang jelas-jelas udah merajai penjualan perbulan, mo diperkuat lagi sama Yamaha FZ 16 belum lagi rumor-rumor YZF R15 dan Fazer 250 weleh-weleh. Betul kata mas tri, Sedangkan Honda terlihat adem-ayem di segmen ini, atau meminjam istilah beliau ” melepas ’sementara’ segment sportz ini… !!! “. Saking gemesnya Honda 3 Motor Skutik digelontorkan untuk mengepung Sang Mio . .. mirip Densus 88 ngepung 1 orang di Temanggung he he he.

Saya Khawatir bila Yamaha terus-terusan asik sendiri mikirin motor sport, singgasananya sang Mio lambat laun akan di Coup de EtAT sama varian Skutik=skutik dari Honda. Semua Orang Tahu, khusus di negeri kita ini, main-main di segmen sport, fulusnya nggak banyak. Kalo Mau cepet cash flow . . . yaaa main di bebek atau skutik dah. Artinya bila nanti Yamaha bisa ‘nyomot’ angka penjualan di Motor sport tapi kuenya di segmen Skutik dicolong Honda dengan angka yang sangat signifikan . . . ya aaa rugi dong. So kalo Yamaha mau aman selain mikirin motor sport, yaa harus update si Mio ini atau memberikan penguatan-penguatan lain, yang caranya . . . . pikirin sendiri dong he he he he :D

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. xxl123 - Agustus 13, 2009

ikutan mikirin dech biar Yamaha semakin di depan hehehehheheeh

2. vyzex - Agustus 13, 2009

yg penting kan keren FZ nya…

3. fraziel - Agustus 13, 2009

Yah, emang strateginya begitu om
kalo mau memperkuat segmen skutik palingan yamaha ngeluarin Nouvo Elegance atau Fino
Embuh deh ah.. Nungguin FZ16 aja :D

4. deden - Agustus 13, 2009

setuju ma fraziel..
jd FZ 16 to R 15 keluar fino juga d CKD d marih jdnya sm2 bagus deh tuh penjualan d skutik sm d sport mas opik.ehehehe

5. apdri - Agustus 13, 2009

itu helm & kacamata seperti yang dipakai penerbang pesawat baling-baling… :)

6. Plat_R - Agustus 13, 2009

Dengan begitu justru konsumen jg diuntungkan mas. Di sektor skutik ada perbaikan dan di sport kita dpt produk baru. Walopun ga maksimal, sebenernya sih ngarepnya honda ma suzuki jg nelorin sport biar byk pilihan…dan perbandingan tentu

7. MR - Agustus 13, 2009

Laporan pandangan mata dari cilacap, sekarng banyak berkeliaran Honda Beat, dulu Mio
tanda2 orang dah mulai bosen ama Mio kali yah, butuh penyegaran
cukup ganti body aja cukup

8. anton_ks - Agustus 13, 2009

sepertinya fino cuman diangan2 …

9. kelana - Agustus 13, 2009

jangan2 ymki dah punya telor baru disektor skutik, cuman masih disembunyikan dan akan dikeluarkan kalo waktunya dah tepat….sementara ini, mumpung skutiknya masih berjaya, digarap dulu pasar motor sport, ujung2nya nanti posisi skutik bertahan, sport terkuasai :D

10. choirang - Agustus 13, 2009

sepertinya perusahaan sekelas yamaha/honda punya strategi plan A,B,C,… dst. kita tunggu akrobat2 mreka… (sambil nongkrongin warung ini, sayang UG adanya di warung sebelah)

11. rei 34 - Agustus 13, 2009

@^
saia rasa jg bgtu…tinggal tunggu waktu yg tpat buat brojolin new model, toh matic msih dikuasai mio series….

12. a'lilin - Agustus 13, 2009

yamaha gak diem2 aja kok, memang ditahun ini kemungkinan besar Yamaha tidak mengeluarkan model baru. tapi ditahun depan kemungkinan akan keluar 2 model skaligus, dan matik ini sama sekali berbeda dengan mio yang ada sekarang. ini bukan sekedar rumor, karena udah ada model projectnya.
untuk FZ kayaknya sih keluarnya bubar lebaran, itu juga paling cepet. soalnya ternyata proses untuk menelurkan sebuah prodak itu membutuhkan waktu yang panjang, untuk test dijalanan aja dibutuhkan sampe datas 30.000 km. sedangkan testnya aja dijalanan umum bukan disirkuit, dengan mengugnakan tester dari bebagai kalangan, termasuk karyawan Yamaha sendiri (biasanya sih diambil dari karyawan yang tempat tinggalnya paling jauh dari lokasi pabrik). bisa kawan2 kalkulasikan berapa lama untuk mencapai KM 30.000 itu.

13. jeng kelin - Agustus 13, 2009

hihi judulnya lucu.. ada kata “dan sebaliknya” jadi point nya apa ya? honda, ymh, kawak, dll smua jangan lengah!!! :D

14. kilaubiru - Agustus 13, 2009

hore… hore…. :D
makin seru ‘bertempur’, konsumen makin banyak pilihan :mrgreen:

15. erte - Agustus 13, 2009

kalo emang honda konsen di skutik peluang yamaha membabat sport dan bebek.Honda sepertinya sudah bertelor habis2an di segmen bebek lewat supraxpgmfi,blade dan abs revonya. Perlu penyegaran jupiter Z biar pas di 3 segmen,low:vega Zr,middle:JupiterZr,premium:Jupiter MX

16. erte - Agustus 13, 2009

Kira2 dengan menambah cakram belakang,magnetic key,parking lock, di semua produk middle sampai premium class yamaha bisa menggasak hondakah?

17. marcus - Agustus 13, 2009

AWAS……SUZUKI LG BEBENAH….
GW RAMAL …DIA NYODOK DITENGAH KEGALAUAN YMH&HND YG LG SIBUK+BINGUNG DGN STRATEGI TEMPURNYA MASING2

1.THNDER125 JADI 150CC MONOSOK SPEK TURING HARIAN.
2.SATRI150 TETEP (pny market tersendiri)
3….NAH INI ….VARIAN FULL SPORT 200 or 250 NONGOL
4.MATIC…SPIN DIELIMINIR
5.BEBEK 110CC ILANG, 125 JD MONOSOK

PAS ORG2 LG RAME2 BAHAS YMH+HNDA…..UD GITU BARANGNYA BELON KELIATAN…..TIBA2 SUZUKI…….
DAN DUIT BUAT BELI FZ16 or FAZER or HONDA CBR Indo…DLL AKHIRNYA DIPAKE BUATBELI SUZUKI ……

18. anton_ks - Agustus 13, 2009

@marcus
dulu dr blog’e mastri pernah ada yg bilang katanya malah mo ngeluarin bebek 100cc (new crystal kl gak salah) lha kok malah jadi 125 cc? padahal 100cc kosong loh apa gak pilih 100cc aja?
nggak semudah itu bro … kok spertinya semua bisa instan, yamaha aja bisa mendekati honda setelah 4 tahun (2003-2007) itu pun startnya dr market share 15% lha skr suzuki di posisi 7-8%

19. ledoy - Agustus 13, 2009

apapun atpmnya pasti memikirkan yang namanya UNTUNG, jadi apapun istilahnya, apapun strategi marketing yang digunakan tujuannya adalah keuntungan yang sebesar-besarnya…hehehe…

ingat !!!!!!

prinsip atpm adalah dgn modal yng sedikit-dikitnya untuk Untung yang sebesar-besarnya……

nah .. kita kontranya donk… dengan budget yang seadanya untuk mendapatkan produk atpm yang paling baik kualitasnya….hehehe

jadi… timbang2 dulu lah sebelum meminang motor baru… worth ga dengan uang yang kita keluarkan…??

20. dwi - Agustus 13, 2009

Mas Taufik @ harusnya mas g perlu bikin artikel mengenai skutik …biarin tuh skutik pada jalan sendiri gimana nantinya mau yamaha kalah atau honda menang atau apa kek….nanti malah tuh petinggi2 seperti yamaha baca nih artikel nggak jadi nelorin tuh motor sport / touring atau motor laki atau apapun itu karena mereka pikir mungkin benar nih strategi mereka salah dan harus perkuat pasar skutiknya.
kalo boleh usul komporin tuh ATPM buat byk nelorin motor laki yg keren2 dgn harga yg terjangkau atau apapun itu.
toh kita semua nanti yg untung dan nggak di kasih ama bebek dan bebek lagi,skutik dan skutik lagi …bosan euy.
kapan negara ini kayak negara lain yg selalu punya product keren2…buat basis produksi aja kalah ama thailand..oalah gimana ini.
sorry mas Taufik …sekedar oposisi nih…hehehe
all is for Indonesian Biker
piss ah

21. Dosly - Agustus 13, 2009

Hari ini, saya sempat servis motor kantor di salah satu Ahass yg berada di Jl. Raya Ciledug. Tepatnya sebelum Universitas Budi Luhur. Sembari menunggu servis, saya sempat melihat gambar spanduk yg terikat di dinding bengkel tersebut. Gambar spanduk tersebut adalah gambar Honda Vario Techno. Apakah Honda sudah mengeluarkan produk baru atau hanya varian dari Honda Vario yg sebelumnya? Kira2 mas Taufik mengetahui kabar tersebut? Terima Kasih.

22. rasheed - Agustus 13, 2009

@ ^
Kynya Suzuki emg berbenah di 2009 ini, agak hati2 malah..
kynya Suzuki mau ngambil momentum di thn 2010 bwt memulai perang lg coz 2009 emg kurang kondusif sepertinya. Jd bwt penggemar Suzuki..yah ntn dulu aja pertarungan sang 2 jagoan 2009 ini..

23. xb12 - Agustus 13, 2009

@dwi
klo mau, kita demo dgn cara ga usah bli bebek aja biar penjualannya mati suri..
pasti taun depan keluar motor 250-400cc.. tapi tetep dalam bentuk bebek juga xixixi..

24. Alon2 Asal Kelakon - Agustus 13, 2009

Paling seru kalau ngomongin AHM n YMKI :)

@ 23..
Podo wae bebek2 lg..

25. teguhriandi - Agustus 13, 2009

yamaha masih punya senjata matic andalan, mungkin setelah FZ16 dilaunch abis lebaran ini, tahun depannya langsung di bombardier sama matic Yamaha Vino dan yamaha Nuovo elegance…..Yamaha Vino dan Nuovo Elegance punya design yang sangat berbeda dari motor2 matic lain yg udah ada di indonesia. Vino lebih kegaya retro, dan Nuovo Elegance ke futuristik….semakin asik nih perangnya…kan konsumen yg diuntungkan, semakin banyak pilihan untuk kita……

26. free yor soul - Agustus 13, 2009

Kata Mbak Sheilla, di warung sebelah, setelah FZ16/Byson nongol (pada 090909-kah), akhir tahun akan nongol Jupiter Z yang lebih fresh. Dipastikan untuk jadi Numero Uno tahun ini YMH akan menggempur di tiga bulan terakhir dengan Sport cc kecil n Bebek.Apalagi Juli-Agustus ini lini produksi mereka sanggup gerek produk ke angka 250 ribuan. Tahun 2010, saat Honda sibuk buat tandingan Vixion-Byson, YMH pukul balik matic mereka dengan New-Mio/Soul dan Sport Premium.

27. KenalanYuk.com - Agustus 13, 2009

Bersaing tuh…
___________________________________________________________
http://WWW.KENALANYUK.COM <== facebook buatan INDONESIA ASLIII!!! AYOOO GABUNGGG!!!

28. dwi - Agustus 13, 2009

XB12@ mending bebek goreng hehehe

29. ra_ga - Agustus 13, 2009

sukanya ma produk luar…produk dalam negeri mana?

30. jaller - Agustus 13, 2009

mungkin para petinggi pabrikan punya strategi rahasia lain.

31. fans_ayanami - Agustus 14, 2009

Hem, Yamaha “sengaja” melepas segment skutik… mempelajari dulu kelebihan Lawannya.. lalu nanti memukul balik dengan varian2 baru…

Wah.. kayanya kalo kondisinya seperti ini terus. Bisa2 Indonesia seperti di Jepang Era 80an. Persaingan 2 Perusahaan besar sekaligus “MUSUH ABADI dan ALAMI” ..

Hehehehe, bikinn Jakarta makin sumpek aja deh.

Suzuki, memang harus berbenah diri…. jangan mau tinggal diam…

32. yudiasik - Agustus 14, 2009

Mungkin Yamaha sedang menyiapkan produk baru, yang cocok dengan selera pasar ,biar bagaimanpun YAHAMA SEMAKIN DI DEPAN kan ada ROSSI…

33. adiet - Agustus 15, 2009

mungkin bener kata sapa deh gue lupa,,,
“semakin kesini strategi yamaha semakin ke honda hondaan,,,n strategi honda makin ke yamaha yamahaan”
toh terbukti,,,yamaha yang dulu dikenal suka nelorin produk fresh,,futuristik,,malah adem ayem ajah 6 taun trakhir ini,,produk yg dikluarin kebanyakan facelift g radikal,,,
gue yamaha user,,,pengen yamaha yang duluuuuu,,,,,,,,,,

34. nick69 - Agustus 15, 2009

Kayakna bener nih ymki lg ngeles ahm..
Sberapa kuat trio matikna mampu memukul mio..
Kalo mio ampir kalah mungkin langsung brojolin new mio..imo.
(Yamaha biasana diam2)
Hebad dagh..
Skor total, yamaha jd juara diparuh musim..
Bulan juli kembali menjungkalkan ahm
Ada apa dgnmu ahm?
Pdahal line up produk jg uda banyak n fresh loh..hi-tech lgi…
wake up wake up..

Yamaha smakin didepan lagi noh
ha ha ha ha

35. adiet - Agustus 16, 2009

eh tapi hbat ya,,penjualan semester ni yang lead yamaha euy,,refresh model honda tnyata g bgtu ngaruh ya,,
tapi tetep bosen,,palagi motorsportnya,,g ganti2 model,,,pengen model yg fresh,,pa lagi pabrik2 sebelah pada nelorin yg bru2,,,
ayooo yamaha,,ditunggu

36. free ys - Agustus 16, 2009

sampai lap ke-7, Rossi unggul 1,4 detik di depan Pedrosa. Maksudnya selisih YMH dan Honda sampai bulan ke-7 sekitar 1.400-an unit. Sementara YMH di depan Honda! Kalau Honda gak bisa ngatrol penjualan matic-nya, dipastikan sampai akhir tahun, Yamaha tetap Numero Uno!!!!

37. im - September 25, 2009

koment 2 Nick69 : rasanya ndak jiga yamaha melakukan hal itu. review kebelakang saat beat meluncur, waktu itu market share matic yamaha jauh lebih besar dari market share yamaha bulan ini. begitu beat muncul, ndak lama kemudian muncul new mio.. ia tho..
menurut saya konyol kalau sampai yamaha melakukan seperti analis mr nick69, mereka pasti masih ingat zaman tahun 70-awal 80an, kalo terlena dan akhirnya tertinggal pasti butuh belasan hingga puluhan tahun untuk bangkit mengejar.

38. im - September 25, 2009

kalo yamaha memunculkan YZf r15 dan fz16, maka yang benar2 baru cuma satu (FZ 16) karena YZF r15 mesin & sasis sama persis dengan vixion……

kabar terbaru bulan agustus yamaha kalah oleh honda dengan selisih sekitar 20rb unit (dari total penjualan nasional 600rban unit)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.647 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: