kawak_emblemBila pada Artikel sebelumnya saya sempat menuliskan berita pindahnya pusat manufaktur motor-motor kelas menengah Honda dari jepang ke Thailand, maka Yang dilakukan Kawaski akan lebih heboh lagi. Pabrik Kawasaki akan melakukan bedhol desa ke Thailand. Mereka akan memindahkan pusat produksi motor kelas medium dan besar ke Thailand Mulai 2010. Sehingga sejak saat nya nati semua Motor Kawasaki akan bertuliskan Made in Thailand !!

Alasan Utama bedhol desa ini sama seperti yang dilakukan oleh Honda belakangan . . . yakni karena biaya buruh Thailand yang murah !! Ya Thailand dan China merupakan dua negara yang sangat terkenal akan murahnya biaya buruh. Sehingga banyak Industri manufaktur memindahkan proses produksinya ke negara-negara tersebut seperti contohnya Megelli dan Sachs yang sudah duluan melakukan. Bahkan Bukan sebuah rahasia bahwa jeroan motor-motor jepan yang dipasarkan di sini ada yang diproduksi di china.

Taufik of BuitenZorg

44 COMMENTS

  1. @up..

    iya juga sih,ketiga2nya bisa jd yang berpengaruh,(OOT)coba kalo indonesia jadi negara aman2 gitu..kemudahan dlm inves..ini memungkinkan ATPM untuk mendirikan pusat produksi jadi ada..

    Ninja 250R jadi pangkas harga deh..kalo begini ceritanya.. ^^

    Guest
  2. hmm,,,,mgkin pertimbangannya pajak dan kebijakan pemerintah thailand yg sangat mendukung investor,,,dengan pajak kecil banget,tng krja yg cukup murah dan udah terlatih,birokrasi ga berbelit belit,dan pemerintah thailand yg brani nyediain lahan,,emang efeknya pemasukan pemerintah dr investor jadi kcil,,tapi pemerntah thailand brpkrnya bkn kesitu,
    tapi perkembangan usaha mikro kerakyatan yang malah lebih mantap untuk memperkuat ekonomi thailand & faktor promosi scara tidak langsung,,
    pinterkan?ga kayak kita
    ada yg mau inves dibuat bingung ma birokrasi

    Guest
  3. @adiet
    hehehe itu sih udah lagu lama bro, udah jadi cerita klasik turun temurun. Pemerintah kita baca artikel inipun nggak akan tergugah sama sekali kok mas, sampe kapanpun mereka tetep aja bermental ga mau maju…

    Guest
  4. wah… selamat deh thailand…

    btw gimana tuh kabar yamaha mo mo jadiin pusat produksinya diindonesia? kok adem ayem aja?

    Guest
  5. Kita ini termasuk punya andil besar untuk keuntungan pabrikan Jepang dibanding Thai, ee., tapi lho kok kita sama sekali “gak di uwongke” sama mereka, pripun niki mas Taufik? Hancur hatiku,..hatiku hancur!!

    Guest
  6. indonesiaku sayang, indonesiaku malang…tapi apapun itu hidup indonesia.. tugas kita para generasi muda untuk tetap semangat, semangat untuk maju… selamat berpuasa untuk yang menjalankannya…

    Guest
  7. @wongpurba: tapi pabrikan ga untung kalo bedol desa kesini,,,wong di obyek sana sini,,
    pasti si bajaj dulu bayar milyaran cuma buat birokrasi kita yang super susah

    Guest
  8. 1 hal yang membuat pabrikan malas membuat indonesia menjadi pusat riset, produski dll adalah birokrasi, tau sendirilah birokrasi di indonesia seperti apa? untuk perizinan pabrikan seperti itu bisa memakan waktu bertahun-tahun kalo g salah? klo di thailand semuanya bisa selesai dalam waktu yg jauh leboh singkat.

    Kalo soal ekonomi,politik dll saya rasa indonesia justru lebih unggul buktinya adalah saat krsis global negara2 yg perekonomiannya tetap tumbuh salah satunya adalah indonesia,lalu soal politik setidaknya di indonesia ga terjadi kudeta kaya di thailand, apalagi klo soal sumbangsih penjualan kendaraan bermotor. indonesia masuk konsumen terbesar di asia tenggara.

    Jadi sebenernya indonesia juga dah mampu,malah jauh lebih mampu cuma byk syarat dan perizinan yg yg kadang membuat investor luar jadi malas duluan utnuk invest di indonesia. moga2 ke depan semuanya bisa diperbaiki

    Guest
  9. jangankan birokrasi pabrik,,,
    buat KTP, SIM, ama SKCK ajah susahnya nta ampyun,,,,lempar sana lempar sini,,,,
    kebiasaan pemerintah tampaknya bner2 ditiru,,heheeee

    Guest
  10. @Vixi Grey
    Kayaknya perlu dipupuk semangat Cinta produk sendiri ala India buat bangsa Indonesia, khususon para pemilik modal. Berapa lama lagi kita harus menunggu blok mesin motor atau mobil tertera ” Made in Indonesia”?!

    Guest
  11. ^
    jangankan buat KTP,
    ngurus surat kematian yang dah jelas2 yg ditinggalin masih susah,
    gak dibantu malah dimintai uang lebih biar suratnya cepet keluar
    aneh …

    Guest
  12. mudah-mudahan harga motor kawasaki bisa lebih murah…
    ongkos buruh & angkut kapal dari Thailand mestinya lebih murah daripada Jepang…

    Guest
  13. mungkin secara birokrasi Thailand lebih simpel dan tidak ada pungli seperti di mari. . . .
    kalau upah buruh mungkin lebih murah di mari .

    keep brotherhood,
    salam,

    Guest
  14. Baca dulu detil artikelnya , disitu disebut MOTOR KELAS MEDIUM DAN BESAR…..
    Utk BEBEK, SPORT KECIL,……yach biasa aja tuch dibagi2 Indonesia , Malaysia, Thailand

    KAWASAKI sendiri kan lagi PUNYA MASALAH KEUANGAN ….
    makanya dia pindahin tu manufacture ke negara yang STANDAR NYA at least upah murah, stabil, birokrasi gak ribet2 amat, punglinya kagak GANAS2 AMAT…yg bisa hemat cost cukup signifikan….dibanding KAWAK maksain diri teteup manufaktur tu mongtor kelas medium to big di jepang.

    Guest
  15. Yang paling utama iklim investasi di Indonesia tidak kondusif. Sudah banyak pungli, diperparah lagi dengan regulasi yang tidak bisa diprediksi. Contoh yang paling kongkrit regulasi di bidang perpajakan.
    Investor akan lebih melirik negara yang berkomitmen kuat dan beriklim kondusif dalam menanam investasi.

    Gimana dengan pemerintahan kita? You know lah…..

    Guest
  16. asyik….

    dulu ninja 250 bisa “terjangkau” karena made in thailand makanya disini 45 jt harganya. Gak sabar ER-6 nongol 😀 😀 😀 kalo < 100 jt pasti asoy jualannya

    Guest
  17. @Wong purba..
    kabar burung… emboh burungnya sapa…
    Kanzen lagi kolaps…
    harga part2 import pada naik, nahan harga dua juta dibawah motor jepang susah………
    ini katanya lho… lagian dijalan2 udah luama bgt gak liat kanzen dengan pelat nomor 2009.

    Gimana kabar benarnya bro Topik ??

    Guest
  18. kanzen itu bwatan indoneisa ya??
    koq namanya ‘KANZEN’ ga ada indonesa2nya ya,..malah kyk nama dr cina atw taiwan,…
    hrusnya nama indonesiai asli dong kyak ‘Suparno’ Motor kek,.
    ato Tukimin 125 cc,..Krakatau 150R,..ato ‘Tangkuban Peraku’ 250 R…
    kwakakaa…

    Guest
  19. Kalo Upah burunya lebih murah, apakah harga motor-motornya akan turun? Trus moge-mogenya punya kemungkinan masuk ke sini dong

    Guest
  20. Dan knapa Indonesia ga terhitung yak?apa krna tnaga buruh indo pak terampil tapi minta dibayar mahal?
    Sedih juga..dari dulu cuman kirim TKI utk jadi pmbantu..

    Guest
  21. kemarin sempet wawancara pegawai kawasaki indonesia..
    kata dia skill las rangka motor kawak yang paling bagus tuh indonesia..
    cuman gara2 krisis aja kawak gk jadi buat pabrik di indonesia ( yang gede)..
    thailand menang murah gajinya aja..
    tp kita gk kalah dengan kualitasnya..
    ayo donk maju kan bangsa kita..

    Guest
  22. @agungde
    stuju.. kyknya indonesia gag kalah bagus dari montir sampe produksi.. cma masalah keuangan aja yg rada menyiksa.. masi kalah ma Thailand kalo uang”an..

    @ronkar
    kemungkinan besar (maav) orang Indonesia pengen kaya dalam waktu relatif singkat.. jadi pabrik” moge rada ilpil ma Indo.. intinya pabrik moge pngen efisiensi gaji saja.. hoho peace bro

    Guest
  23. Pindah ke Thailand gara2 buruh Thailand murah….apa ya? Dibanding Jepang emang ya…Tapi kalau dibanding Indonesia, Thailand mah gaji buruhnya mahal.
    Disana lulusan Universitas masuk kerja tahun pertama udah sanggup nyicil mobil Jazz. Di Indonesia…..dapat APV aja nunggu dulu dapat warisan…baru mampu.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here