cek_fisik_bantuan_3Honda CB 100 K2 Gelatik ’74 saya jatuh tempo pajak pada tanggal 20-an bulan Agustus ini. Motor ini adalah Motor Berpelat NoPol  K Grobogan, jawa tengah. Sebenarnya bisa Saja saya hanya Minta Tolong bayarkan Pajaknya saja pada Rekan saya di semarang, Tapi alih-alih nggak mau merepotkan beliau, dan mungkin dah kadung seneng sama motornya, Saya pilih untuk memutasikan Motor ini ke Kota Bogor. Saya minta tolong terakhir kali saja untuk mengurus pencabutan Berkas di Samsat Sana, untuk dilanjutkan pengurusannya nanti di Samsat Kota Bogor.

cek_fisik_bantuan_1Hal Yang pertama kali saya lakukan adalah melakukan Cek Fisik kendaraan. Ternyata sekarang Cek Fisik bisa dilakukan di Kantor samsat di luar daerah asal kendaraan dengan nama Cek Fisik Bantuan. Kita Tinggal Bilang Ke petugas Cek Fisik bahwa Motor ini minta di Cek Fisik untuk pengurusan Mutasi ke daerah tempat dilakukan cek Fisik. Keuntungan lain adalah setelah pencabutan berkas nanti dari daerah Asal kendaraan, Kendaraan tidak perlu lagi cek fisik di samsat ini untuk yang kedua kalinya.

cek_fisik_bantuan_2 Selain menghadirkan kendaraan yang akan dicek fisik, rekan sekalian haruslah membawa STNK dan BPKB asli dari kendaraan untuk nanti dilakukan pencatatan data oleh petugas Samsat. Coba deh Brader cek hasil jepretan saya pada berkas . . disana jelas tertera Cap Stempel “KHUSUS BANTUAN” ada pula note warning kecil bertuliskan “Cek Fisik bantuan POLRESTA BOGOR Agar Cros Cek dengan data awal/File tidak sesuai jangan diproses” dan stempel keterangan bahwa “Kendaraan Hadir Untuk Diperiksa” Untuk cek fisik pihak samsat tidak memungut biaya sepeserpun . . . setelah itu? Kirim deh Berkas Hasil Cek Fisik Bantuan ini beserta BPKB, STNK Asli serta Foto Copy KTP calon pemilik berikutnya, untuk dilakukan pencabutan berkas di kota asal . . .jadi nggak perlu bawa-bawa motornya kesana 🙂 semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

* maap dengan alasan privasi hasil gesekan no rangka dan mesin saya buat Blur

61 COMMENTS

  1. Mulai tahun ini emg kykny ada reformasi d samsat deh..
    Yg saya rasain sih jd lbh gmpng n simpel wkt ngurus surat2 n pajak motorku..
    Salut bwt samsat.. Lanjutkan..

    Ha,ha,ha.. Uyeee..!!

  2. ^mas Hadi
    bayarnya nanti mas sekalian ngurus mutasinya setelah berkas dari kota asal selesai dicabut . .. mungkin masing2 kota kebijakan adm ini beda2 kali ya?

  3. wah berarti kebijakan baru nih…
    soale pernah mutasi dan mesti ambil cuti buat ngurus cek fisik tsb…
    cek fisiknya sih sebentar… perjalanannya yang lama 🙂

  4. Hebat…. maju terus Indonesia.

    Nah kalau ngurusnya gampang kan bayar pajaknya jadi tambah semangat… 😀

    Terimakasih Bro Taufik…
    (sambil melirik ada yang mau dimutasi nih… 🙂 )

  5. mas taufik…biaya buat cabut berkas untuk mutasi berapa ya? aku juga mau mutasi nih…. ada aturan resmi nya kah dari samsat? berapa biayanya?

  6. @Nick69
    bisa jadi mas..pokoke kata pemiliknya ini motor nggak pernah nyium aspal kota sebelum dibawa ke bogor . . . mainnya ke sawah-rumah-pasar pp he he he he . . .

    atau minimal saudara sampeyan kayaknya 😉

    @PlatR
    cek fisiknya untuk keperluan mutasi ke samsat tempat sampeyan lakukan gesek?

    @Mas Imam
    Wah ketauan mao ngangkat motor luar kota niy 😉

  7. @a’lilin
    Utara pasar kota
    hehe lha sampean ngendi?

    @yonas
    Tergantung jnis motorna bro please cmiiw
    Kalo punya tmen gw dulu king plat dk pindah h 1,5jt thn 2004
    Gak tau ya skrg
    Mungkin jg msh sgituan cmiiw anymore
    :d

    @mas taufik
    Plat k pati,kudus,jepara..
    n grobogan dulu ikut semarang plat h..
    Tp skarang grobogan ikut k..
    Banyak bgt ya kota yg pake plat k,
    Apa penduduknya dikit yagh :d
    Mungkin iya x yagh coz msh banyak sawah..
    *Trus apa hubungannya
    (Gubrak)

  8. @nick69
    kalo aku wirosari keutara, tepatnya desa sumber agung.
    tapi mbahku orang dongnjago, gak jauh kan dari kota purwodadi?
    lebaran ini kayaknya mudik bermotor ria, he..he.. sebenarnya sih setiap lebaran. sekarang ini aku dicikarang-bekasi, mas-nya dimana?

  9. kalo masalah cek fisik ane udah tahu karena nanya ke petugas samsat waktu bayar pkb. motorku kan plat jakarta tapi trayeknya di bengkulu, hehe kayak angkot aja pake trayek

  10. Jadi inget pas ngurus perpanjangan plat nomer di samsat.. Emang sih udah gak dipungut biaya., tapi pelayanannya gak memuaskan.. Gak ada ramah tamahnya..

  11. @alilin
    Wow
    Wagh itu daerah pelosok yagh..
    Dulu aku sering ke wirosari jualan kelambu
    Kadang kuwu,sulur,doplang
    Yagh bwt experience aja
    Skrg aku ada di bali n stelah kutelusuri perjalanan hidup ini dr dulu mpe skarang begitu warna warni..
    hehe 😀
    Oiya,aku jualan masih SMU lho..
    Cari uang bwt biaya skolah..
    ;D

  12. syukurlah kalau sekarang dipermudah . . .

    kemarin aku juga perpanjang stnk juga ndak kena biaya macem , sesuai dengan yang tertera di stnk.

    yang perlu dibenahi menurut saya adalah pak pulisi yang suka iseng di jalan menilang semaunya . . . ( pengalaman pribadi )

    keep brotherhood,

    salam,

  13. mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  14. Mas Taufik, Saia dulu untuk perpanjang stnk ke samsat mbanyumas, biar motor ga di bawa ksana saia minta cek bantuan.

  15. Info dari temen yg abis mutasi (tiger thn. 2005) dr B cikarang ke Yogya ( bantul ), biaya total 1jt. Cabut berkas di cikarang 300 rb, nah di bantul abis 700 rb. Ya, plus minus 1 jt lah. Detailnya kurang paham . . .
    Ya mungkin kisarannya segitu

  16. Mas Taufik, nampaknya memang sekarang Polisi sudah lebih transparan soal proses administrasi dan biaya-biaya. Perpanjang sim, bikin sim baru, lapor kehilangan tabungan semua tanpa biaya siluman dan proses cepat. Semoga pencabutan berkas dan mutasi juga lebih baik proses dan transparansi biayanya.

  17. Mas Taufik mohon ijin untuk sharing. Hari Sabtu tgl. 29 Agustus 2009 kemarin saya memperpanjang STNK motor anak saya si RR150 di samsat Bogor. Jam 8 pagi dengan yakinnya saya masuk ke bagian “Penyerahan” dan disambut dengan ramah oleh Bapak “M” (berkumis), beliau langsung mengatakan “ntar jam setengah 9 ya”. Setelah membayar biaya yang disebutkan beliau, saya langsung cabut dulu ke pasar Bogor. Pas pulang ternyata belum selesai. Iseng-iseng saya tanya sambil duduk ke seorang Bapak asal Purwokerto, ybs bilang kalau saya keliru masukin tempat bayar pajak. Bapak “M” itu -maaf- nampaknya perantara internal yang bertugas menguruskan pembayaran pajak buat orang yang pengen cepet atau orang yang tidak tahu kayak saya. Harusnya begitu masuk pintu, langsung kekiri ujung tempat pendaftaran. Saya tanya apa disana sudah resmi? Bapak yg disamping saya itu bilang, nggak juga pak, tetep aja ditawari mau cepet atau sesuai prosedur? Kalau sesuai prosedur yah relatif agak lama, padahal ada info didinding yang diumpetin kalau bayar pajak kurang lebih 45 menit. Si Bapak itu bilang pasti biaya saya dilebihkan sekitar Rp.30 ribu. Penasaran saya hubungi Bapak “M” tadi karena sudah nunggu 1 jam, dan benar ternyata biaya yang tertera di pajak adalah Rp.300.500 sedangkan Bapak “M” meminta Rp.330.000. Hanya bisa ngelus dada……

  18. ^Hampura

    makasih pak sharingnya . . .
    memang saya sendiri waktu pertama kali datang ke kantor samsat sempet bingung juga harus kemana dulu . . . 5 menit pertama cuma saya habiskan untuk ber orientasi dengan tempat tersebut dan ternyata benar harus dimulai dari ujung kiri . . . sebenarnya bila dilakukan sendiri, mudah sekali pak . . . yang menurut saya harus ditambahkan adaah Diagram Alur proses administrasinya . .. ini harusnya dipampang besar2 di pintu masuk sehingga wajib pajak bisa mempelajarinya dahulu
    atau mungkin saudah ada ya . . . saya aja kali yang nggak liat he he hehe

    pendek kata . . .kita ini udah sukarela mau Nyetor duit kok ke Negara . . Kenapa harus dipersulit . . . kalo mau nyetor aja dipersulit bisa dibayangkan prosedur untuk memperoleh kucuran dana . . .hmmmm pantes banyak ‘sunatan’

  19. he he info fm semarang ..wah masah minta tlng nya yg terakhir kali hik hik jadi sedih ntar ngga repeat order lagi neh he he
    lagi prospes mas tapi info dr samsat setempat musti pake ktp asli buat nyabutnya ngga tau neh kalau dulu bisa copy aja mungkin kebijakan baru supaya bisa bener2 diliat legalitasnya pemilik baru ….

    salam dr desa

  20. Saya juga sebel ama calo dan alur yag gak jelas pak..
    Saran saya sih mending kita kumpulin rame2 semua kasus trus di SMS langsung ke Mr. Presiden atau pampang di “Redaksi YTH.” media koran terbesar nasional!..saya yakin pasti dirontokkan deh tradisi ngemis-benalu di samsat..
    Kalo kita sbg korban cuma diam aja (sambil ngelus dada dan bergumam “ahh..sekali2 gpp..wong mutasi gak tiap kali…wong byr pajak gak tiap hari ‘mung setahun sekali”….)
    Ya wis bakal terus seumur2 kita hanyut dlm ritual pungli ini pak..hehe..

  21. bos saya mau tanya saya beli motor seken karisma tahun 2005 stnknya udah mati 3 tahun plat B cikarang saya mau balik nama ke bekasi kota kira-kira kena berapa biayanya semua.thanks

  22. saya punya motor jupiter mx tahun 2006. kebetulan bulan mei tanggal 12 harus bayar pajak. tapi saya dulu belinya second. pas mau minjem ktp ternyata orangnya udh pindah. kira2 klo mutasi dari depok ke kab bogor butuh dana brapa ya? and caranya gmn? thank’s before..

  23. saya mau bayar pajak stnk motor plat nomor banten, karena motornya ada di jepara bisa ga ya bayar nya di samsat jepara? kan katanya bayar pajak sudah online?

  24. sharing spt 35. hampura – Agustus 30, 2009

    Hmm.. ternyata sama Mr M^ (ciri berkumis) juga yang bener2 menipu aku tadi siang, saya bingung masuk ke loket mana dan kemudian ditanya sama mr. M tsb. kemudian dia hitung2 biaya pajak yg harus saya keluarkan. dari total keterlambatan pajak selama 6 tahun dia menyodorkan kalkulator dengan angka 5.589… alias sekitar 5,7juta. saya tanya berapa pajak yg harus dikeluarkan, dia malah tidak mengatakan apapun dan cenderung angkuh. padahal saya mo ngrs sendiri, kemudian dia bilang tanpa cap (berhubung a.n. PT) pasti ditolak. apa boleh buat akhirnya nego2 dapat lah 5,5jt. setelah menunggu +/-2jam, akhirnya si Mr. M bin berkumis tebal sumringah dan menghampiri saya menyerahkan berkas2 yang sudah beres. saya lihat total pajak yang dibayarkan sekitar 3,6juta …
    kemana uang sisanya 1,9juta???? jengkel aku!
    samapai kapanpun tak akan lupa dengan the corruptman itu…Hanya bisa ngelus dada……

  25. btw korupsi kok masij jaya…kemarin waktu cek bantuan kok biayanya sampai 50rb padahal cuma cek doang disamping itu samsat tdk transparan…saya tanya biaya malah di pingpong kesana kemari seperti orang bodo…hadeww…

  26. nuwun sewu mas, mau nanya. kalo kejadiannya gini gimana.
    plat motor saya dari kabupaten A di propinsi AA. mau dipindah nama ke kabupaten B di propinsi AA juga.

    tapi posisi kendaraan sekarang ada di propinsi BB. enaknya motornya digotong ke kabupaten B ato bisa cek fisik di Samsat di propinsi BB juga?

  27. KK
    aku mau tanya
    kalau mutasi kendaraan modif mega pro 2006,
    body udah full fairing

    dia platnya K alias motor kudus
    dan mau ku mutasi ke semarang

    kira-kira biaya mutasi nya berapa ya kisarannya?

  28. Mau konfirmasi…
    Cek fisik bantuan apa bener gratis?
    Kemarin aku cek fisik bantuan di samsat Jepara kena 50rb juga, dan nggak ada kuitansinya…., artinya……?
    Jadi gimana dong….?

  29. ada yg bisa sharing mengenai cabut berkas di grobogan tidak untuk mobil ya,,, gampang tidak dan berapa biayanya

  30. saya lagi mau check fisik juga ni bro..
    motor berplat H tapi ane di depok
    esek-esek sendiri dan minta bantuan sama biro jasa di semarang 😀

  31. hahahahahaha beruntunglah jika cek fisik nggak bayar tp di pati masih bayar kok mobil 60 ribu cek fisik bantu

  32. Mas kalo mutasi dari plat B ke plat K kira2 abis berapa y?..Scorpio z 2008 .soalny pajak juga mati..
    mohon infonya.

  33. aku balik nama sepeda motor di polres jepara kena biyaya 180rb tanpa kwitansi padahal di polres kudus 80rb mbayar di bank,cek fisik di samsat kudus gratis.

  34. Wak… Cek fisik harus sama dokumen bpkb stnk asli ya? Kalo udah keburu dikirim ke daerah asal motor, bisa ga ya pake foto Kopi nya aja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here