jump to navigation

Sharing Pengalaman . . . . Cek Fisik Bantuan di Samsat August 27, 2009

Posted by Taufik TMCBlog in : Tentang Motor , trackback

cek_fisik_bantuan_3Honda CB 100 K2 Gelatik ’74 saya jatuh tempo pajak pada tanggal 20-an bulan Agustus ini. Motor ini adalah Motor Berpelat NoPol  K Grobogan, jawa tengah. Sebenarnya bisa Saja saya hanya Minta Tolong bayarkan Pajaknya saja pada Rekan saya di semarang, Tapi alih-alih nggak mau merepotkan beliau, dan mungkin dah kadung seneng sama motornya, Saya pilih untuk memutasikan Motor ini ke Kota Bogor. Saya minta tolong terakhir kali saja untuk mengurus pencabutan Berkas di Samsat Sana, untuk dilanjutkan pengurusannya nanti di Samsat Kota Bogor.

cek_fisik_bantuan_1Hal Yang pertama kali saya lakukan adalah melakukan Cek Fisik kendaraan. Ternyata sekarang Cek Fisik bisa dilakukan di Kantor samsat di luar daerah asal kendaraan dengan nama Cek Fisik Bantuan. Kita Tinggal Bilang Ke petugas Cek Fisik bahwa Motor ini minta di Cek Fisik untuk pengurusan Mutasi ke daerah tempat dilakukan cek Fisik. Keuntungan lain adalah setelah pencabutan berkas nanti dari daerah Asal kendaraan, Kendaraan tidak perlu lagi cek fisik di samsat ini untuk yang kedua kalinya.

cek_fisik_bantuan_2 Selain menghadirkan kendaraan yang akan dicek fisik, rekan sekalian haruslah membawa STNK dan BPKB asli dari kendaraan untuk nanti dilakukan pencatatan data oleh petugas Samsat. Coba deh Brader cek hasil jepretan saya pada berkas . . disana jelas tertera Cap Stempel “KHUSUS BANTUAN” ada pula note warning kecil bertuliskan “Cek Fisik bantuan POLRESTA BOGOR Agar Cros Cek dengan data awal/File tidak sesuai jangan diproses” dan stempel keterangan bahwa “Kendaraan Hadir Untuk Diperiksa” Untuk cek fisik pihak samsat tidak memungut biaya sepeserpun . . . setelah itu? Kirim deh Berkas Hasil Cek Fisik Bantuan ini beserta BPKB, STNK Asli serta Foto Copy KTP calon pemilik berikutnya, untuk dilakukan pencabutan berkas di kota asal . . .jadi nggak perlu bawa-bawa motornya kesana :) semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

* maap dengan alasan privasi hasil gesekan no rangka dan mesin saya buat Blur

Comments»

1. fraziel - August 27, 2009

Jadi kesimpulannya mutasi gak ribet ya om
Waktu saya mutasi kendaraan juga prosesnya lumayan cepet koq
:D

2. adiet - August 27, 2009

wah gue mau mutasi ni,,,klo di total mpe selese biayanya berapa ya om om skalian?perlu ktp pemilik pertama g?

3. Win - August 27, 2009

Ternyata bro tofik penyayang motor ya :d

4. hadiyanta - August 27, 2009

itu pakai acara gosok no rangka + no mesin kan mas. biasanya bayar.

5. indra - August 27, 2009

Mulai tahun ini emg kykny ada reformasi d samsat deh..
Yg saya rasain sih jd lbh gmpng n simpel wkt ngurus surat2 n pajak motorku..
Salut bwt samsat.. Lanjutkan..

Ha,ha,ha.. Uyeee..!!

6. adpost - August 27, 2009

purwodadi?

7. Taufik - August 27, 2009

^mas Hadi
bayarnya nanti mas sekalian ngurus mutasinya setelah berkas dari kota asal selesai dicabut . .. mungkin masing2 kota kebijakan adm ini beda2 kali ya?

8. nick69 - August 27, 2009

Hadugh
Purwodadi-Grobogan itu kota kelahiran gw mas
Jangan2 ntu dulu motor engkong gw lg
wkwkwkwkwkw

9. apdri - August 27, 2009

wah berarti kebijakan baru nih…
soale pernah mutasi dan mesti ambil cuti buat ngurus cek fisik tsb…
cek fisiknya sih sebentar… perjalanannya yang lama :)

10. bengkelsepedamotor - August 27, 2009

Hebat…. maju terus Indonesia.

Nah kalau ngurusnya gampang kan bayar pajaknya jadi tambah semangat… :D

Terimakasih Bro Taufik…
(sambil melirik ada yang mau dimutasi nih… :) )

11. a'lilin - August 27, 2009

@nick69
purwodadi-grobogannya dimananya mas? kebetulan saya juga berasal dari daerah situ.

12. Yonas - August 27, 2009

mas taufik…biaya buat cabut berkas untuk mutasi berapa ya? aku juga mau mutasi nih…. ada aturan resmi nya kah dari samsat? berapa biayanya?

13. Plat_R - August 27, 2009

Mas, sekitar 3 bulanan yang lalu saia cek fisik bantuan di samsat Jaktim (kebon nanas) kok bayar ya…..

14. Taufik - August 27, 2009

@Nick69
bisa jadi mas..pokoke kata pemiliknya ini motor nggak pernah nyium aspal kota sebelum dibawa ke bogor . . . mainnya ke sawah-rumah-pasar pp he he he he . . .

atau minimal saudara sampeyan kayaknya ;)

@PlatR
cek fisiknya untuk keperluan mutasi ke samsat tempat sampeyan lakukan gesek?

@Mas Imam
Wah ketauan mao ngangkat motor luar kota niy ;)

15. Yonas - August 27, 2009

duh punyaku gak dijawab mas taufik nih…berapa mas biaya cabut mutasi???

16. Taufik - August 27, 2009

@yonas
maap belum bisa jawab..belum ada konfirmasi nilainya dari temenku yang di smg

17. nick69 - August 27, 2009

@a’lilin
Utara pasar kota
hehe lha sampean ngendi?

@yonas
Tergantung jnis motorna bro please cmiiw
Kalo punya tmen gw dulu king plat dk pindah h 1,5jt thn 2004
Gak tau ya skrg
Mungkin jg msh sgituan cmiiw anymore
:d

@mas taufik
Plat k pati,kudus,jepara..
n grobogan dulu ikut semarang plat h..
Tp skarang grobogan ikut k..
Banyak bgt ya kota yg pake plat k,
Apa penduduknya dikit yagh :d
Mungkin iya x yagh coz msh banyak sawah..
*Trus apa hubungannya
(Gubrak)

18. Yonas - August 27, 2009

wah mahal be’eng….1,5 juta untuk King…lah untuk Thunder 250 berapa…dari plat BK ke plat H…..oh noooo….

19. bengkelsepedamotor - August 27, 2009

@14 Bro Taufik,

Nggak jauh koq cuma dari F ke B, atau pinjem KTP aja yah… secara Bnya juga Depok koq … ;)

20. a'lilin - August 27, 2009

@nick69
kalo aku wirosari keutara, tepatnya desa sumber agung.
tapi mbahku orang dongnjago, gak jauh kan dari kota purwodadi?
lebaran ini kayaknya mudik bermotor ria, he..he.. sebenarnya sih setiap lebaran. sekarang ini aku dicikarang-bekasi, mas-nya dimana?

21. Lord Ubay - August 27, 2009

kalo masalah cek fisik ane udah tahu karena nanya ke petugas samsat waktu bayar pkb. motorku kan plat jakarta tapi trayeknya di bengkulu, hehe kayak angkot aja pake trayek

22. Alon2 Asal Kelakon - August 27, 2009

Jadi inget pas ngurus perpanjangan plat nomer di samsat.. Emang sih udah gak dipungut biaya., tapi pelayanannya gak memuaskan.. Gak ada ramah tamahnya..

23. nick69 - August 27, 2009

@alilin
Wow
Wagh itu daerah pelosok yagh..
Dulu aku sering ke wirosari jualan kelambu
Kadang kuwu,sulur,doplang
Yagh bwt experience aja
Skrg aku ada di bali n stelah kutelusuri perjalanan hidup ini dr dulu mpe skarang begitu warna warni..
hehe :D
Oiya,aku jualan masih SMU lho..
Cari uang bwt biaya skolah..
;D

24. Taufik - August 27, 2009

^
Ealah Nick dan lilin . .. reunian di trit cek phisic kekekekekekekek :lol:

25. nick69 - August 27, 2009

^mas taufik
Jiakakakaka
Yg ptg kan nyangkut ma judul artikelna
(Sharing pengalaman)
LoL

26. sabdho guparman - August 27, 2009

syukurlah kalau sekarang dipermudah . . .

kemarin aku juga perpanjang stnk juga ndak kena biaya macem , sesuai dengan yang tertera di stnk.

yang perlu dibenahi menurut saya adalah pak pulisi yang suka iseng di jalan menilang semaunya . . . ( pengalaman pribadi )

keep brotherhood,

salam,

27. Galih - August 27, 2009

kalo mo ganti warna di STNK resminya berapa duit ya?

28. KangBoed - August 27, 2009

mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

29. Plat_R - August 27, 2009

Mas Taufik, Saia dulu untuk perpanjang stnk ke samsat mbanyumas, biar motor ga di bawa ksana saia minta cek bantuan.

30. d451r - August 27, 2009

Ngomong-ngomong habis berapa sih tuk mutasi gitu, pengin juga nih keknya lancar !

31. ary4_cool - August 28, 2009

Info dari temen yg abis mutasi (tiger thn. 2005) dr B cikarang ke Yogya ( bantul ), biaya total 1jt. Cabut berkas di cikarang 300 rb, nah di bantul abis 700 rb. Ya, plus minus 1 jt lah. Detailnya kurang paham . . .
Ya mungkin kisarannya segitu

32. ary4_cool - August 28, 2009

Double post . . .

33. Brotho - August 28, 2009

Wah,, aq jg cah wirosari, tepate sambirejo, wah, g nyangka cah grobogan pada suka coment neg sini jg,,

jd terharu,,

34. iksamenajang - August 29, 2009

Mas Taufik, nampaknya memang sekarang Polisi sudah lebih transparan soal proses administrasi dan biaya-biaya. Perpanjang sim, bikin sim baru, lapor kehilangan tabungan semua tanpa biaya siluman dan proses cepat. Semoga pencabutan berkas dan mutasi juga lebih baik proses dan transparansi biayanya.

35. hampura - August 30, 2009

Mas Taufik mohon ijin untuk sharing. Hari Sabtu tgl. 29 Agustus 2009 kemarin saya memperpanjang STNK motor anak saya si RR150 di samsat Bogor. Jam 8 pagi dengan yakinnya saya masuk ke bagian “Penyerahan” dan disambut dengan ramah oleh Bapak “M” (berkumis), beliau langsung mengatakan “ntar jam setengah 9 ya”. Setelah membayar biaya yang disebutkan beliau, saya langsung cabut dulu ke pasar Bogor. Pas pulang ternyata belum selesai. Iseng-iseng saya tanya sambil duduk ke seorang Bapak asal Purwokerto, ybs bilang kalau saya keliru masukin tempat bayar pajak. Bapak “M” itu -maaf- nampaknya perantara internal yang bertugas menguruskan pembayaran pajak buat orang yang pengen cepet atau orang yang tidak tahu kayak saya. Harusnya begitu masuk pintu, langsung kekiri ujung tempat pendaftaran. Saya tanya apa disana sudah resmi? Bapak yg disamping saya itu bilang, nggak juga pak, tetep aja ditawari mau cepet atau sesuai prosedur? Kalau sesuai prosedur yah relatif agak lama, padahal ada info didinding yang diumpetin kalau bayar pajak kurang lebih 45 menit. Si Bapak itu bilang pasti biaya saya dilebihkan sekitar Rp.30 ribu. Penasaran saya hubungi Bapak “M” tadi karena sudah nunggu 1 jam, dan benar ternyata biaya yang tertera di pajak adalah Rp.300.500 sedangkan Bapak “M” meminta Rp.330.000. Hanya bisa ngelus dada……

36. Taufik - August 30, 2009

^Hampura

makasih pak sharingnya . . .
memang saya sendiri waktu pertama kali datang ke kantor samsat sempet bingung juga harus kemana dulu . . . 5 menit pertama cuma saya habiskan untuk ber orientasi dengan tempat tersebut dan ternyata benar harus dimulai dari ujung kiri . . . sebenarnya bila dilakukan sendiri, mudah sekali pak . . . yang menurut saya harus ditambahkan adaah Diagram Alur proses administrasinya . .. ini harusnya dipampang besar2 di pintu masuk sehingga wajib pajak bisa mempelajarinya dahulu
atau mungkin saudah ada ya . . . saya aja kali yang nggak liat he he hehe

pendek kata . . .kita ini udah sukarela mau Nyetor duit kok ke Negara . . Kenapa harus dipersulit . . . kalo mau nyetor aja dipersulit bisa dibayangkan prosedur untuk memperoleh kucuran dana . . .hmmmm pantes banyak ‘sunatan’

37. Handy - September 2, 2009

he he info fm semarang ..wah masah minta tlng nya yg terakhir kali hik hik jadi sedih ntar ngga repeat order lagi neh he he
lagi prospes mas tapi info dr samsat setempat musti pake ktp asli buat nyabutnya ngga tau neh kalau dulu bisa copy aja mungkin kebijakan baru supaya bisa bener2 diliat legalitasnya pemilik baru ….

salam dr desa

38. bajingan - October 3, 2009

NEGARA GOBLOK MASI 1 NEGARA KOK MUTASI2 AN KAPAN MAJUNE MATI WAE

39. Brantas_siluman_DI_samsat - November 1, 2009

Saya juga sebel ama calo dan alur yag gak jelas pak..
Saran saya sih mending kita kumpulin rame2 semua kasus trus di SMS langsung ke Mr. Presiden atau pampang di “Redaksi YTH.” media koran terbesar nasional!..saya yakin pasti dirontokkan deh tradisi ngemis-benalu di samsat..
Kalo kita sbg korban cuma diam aja (sambil ngelus dada dan bergumam “ahh..sekali2 gpp..wong mutasi gak tiap kali…wong byr pajak gak tiap hari ‘mung setahun sekali”….)
Ya wis bakal terus seumur2 kita hanyut dlm ritual pungli ini pak..hehe..

40. alex sandro - December 11, 2009

bos saya mau tanya saya beli motor seken karisma tahun 2005 stnknya udah mati 3 tahun plat B cikarang saya mau balik nama ke bekasi kota kira-kira kena berapa biayanya semua.thanks

41. HUDA - March 15, 2010

GW JUGA BARU AJA NGELAKUIN CEK FISIK BANTUAN

TAPI DIMINTAIN DUIT 50 RIBU NIH…..

42. fakhrizal - April 26, 2010

saya punya motor jupiter mx tahun 2006. kebetulan bulan mei tanggal 12 harus bayar pajak. tapi saya dulu belinya second. pas mau minjem ktp ternyata orangnya udh pindah. kira2 klo mutasi dari depok ke kab bogor butuh dana brapa ya? and caranya gmn? thank’s before..

43. insan - August 16, 2010

saya mau bayar pajak stnk motor plat nomor banten, karena motornya ada di jepara bisa ga ya bayar nya di samsat jepara? kan katanya bayar pajak sudah online?

44. akangckp - March 9, 2011

sharing spt 35. hampura – Agustus 30, 2009

Hmm.. ternyata sama Mr M^ (ciri berkumis) juga yang bener2 menipu aku tadi siang, saya bingung masuk ke loket mana dan kemudian ditanya sama mr. M tsb. kemudian dia hitung2 biaya pajak yg harus saya keluarkan. dari total keterlambatan pajak selama 6 tahun dia menyodorkan kalkulator dengan angka 5.589… alias sekitar 5,7juta. saya tanya berapa pajak yg harus dikeluarkan, dia malah tidak mengatakan apapun dan cenderung angkuh. padahal saya mo ngrs sendiri, kemudian dia bilang tanpa cap (berhubung a.n. PT) pasti ditolak. apa boleh buat akhirnya nego2 dapat lah 5,5jt. setelah menunggu +/-2jam, akhirnya si Mr. M bin berkumis tebal sumringah dan menghampiri saya menyerahkan berkas2 yang sudah beres. saya lihat total pajak yang dibayarkan sekitar 3,6juta …
kemana uang sisanya 1,9juta???? jengkel aku!
samapai kapanpun tak akan lupa dengan the corruptman itu…Hanya bisa ngelus dada……

45. anuneikue - July 12, 2011

Mas… bisa dijelasin secara rinci tdk tahapan cek fisik bantuan ama biayanya..

Suwun… :D

46. herman - July 30, 2011

btw korupsi kok masij jaya…kemarin waktu cek bantuan kok biayanya sampai 50rb padahal cuma cek doang disamping itu samsat tdk transparan…saya tanya biaya malah di pingpong kesana kemari seperti orang bodo…hadeww…

47. Kebon jahe - October 3, 2011

nuwun sewu mas, mau nanya. kalo kejadiannya gini gimana.
plat motor saya dari kabupaten A di propinsi AA. mau dipindah nama ke kabupaten B di propinsi AA juga.

tapi posisi kendaraan sekarang ada di propinsi BB. enaknya motornya digotong ke kabupaten B ato bisa cek fisik di Samsat di propinsi BB juga?

48. Si-kurus dimutasi . . . BPKBnya ganti baru euuy « TMCBlog – Motorcycle News - December 1, 2011

[...] menjadi Pelat “F” . . . mengenai cara mutasinya . ..  persis banget dengan cara mutasi CB100 yang pernah tmcblog urus sendiri dari grobogan ke Bogor setahun yang lalu . ..  silahkan baca deh di artikelnya . ..  pokoke itu sikurus nggak harus di re-ekspor ke kota [...]

49. ay' - December 1, 2011

mas opik… cb 100 jik uapik… gelem aku…. :)

50. Guruh Akbar - February 20, 2012

KK
aku mau tanya
kalau mutasi kendaraan modif mega pro 2006,
body udah full fairing

dia platnya K alias motor kudus
dan mau ku mutasi ke semarang

kira-kira biaya mutasi nya berapa ya kisarannya?

51. Harry - April 19, 2012

Mau konfirmasi…
Cek fisik bantuan apa bener gratis?
Kemarin aku cek fisik bantuan di samsat Jepara kena 50rb juga, dan nggak ada kuitansinya…., artinya……?
Jadi gimana dong….?

52. mustofa - July 6, 2012

ada yg bisa sharing mengenai cabut berkas di grobogan tidak untuk mobil ya,,, gampang tidak dan berapa biayanya

53. dwi - February 10, 2013

saya lagi mau check fisik juga ni bro..
motor berplat H tapi ane di depok
esek-esek sendiri dan minta bantuan sama biro jasa di semarang :D

54. dhe sants - June 8, 2013

hahahahahaha beruntunglah jika cek fisik nggak bayar tp di pati masih bayar kok mobil 60 ribu cek fisik bantu

55. djoe joe - June 20, 2013

Mas kalo mutasi dari plat B ke plat K kira2 abis berapa y?..Scorpio z 2008 .soalny pajak juga mati..
mohon infonya.

56. aan kentung prakoso - November 1, 2013

kemarin aku cek fisik sepeda motor di samsat jepara kena biaya 100 tanpa kwitansi

57. aan kentung prakoso - November 1, 2013

aku balik nama sepeda motor di polres jepara kena biyaya 180rb tanpa kwitansi padahal di polres kudus 80rb mbayar di bank,cek fisik di samsat kudus gratis.

58. muhdir - May 19, 2014

dicilacap cek fisik 35 ribu wajib



%d bloggers like this: