kawi_prjBeter Late Than Never . . . – saya nggak sempet ke arena PRJ Kemarin Juga IIMS makanya nggak ada laporan mengenai dua acara pameran besar di ibukota tersebut – . Berikut saya Postingkan Report yang di buat Oleh Pak Suhartono. Silahkan Brader simak : Bagi rekan-rekan yang sudah pernah datang ke Pekan Raya Jakarta pasti ada menemukan sedikit yang aneh dengan stand motor yang ada. Jika di tahun-tahun sebelumnya stand motor Yamaha, Suzuki dan Honda unjuk gigi produknya dengan stand yang luas, maka Kawasaki agak malu-malu kucing. Standnya kecil, produknya tidak banyak, serta tampilannya pun biasa-biasa saja.  Tapi eit ….. sabar dulu, tahun 2009 ini Kawasaki menggebrak PRJ dengan pola yang lain dari biasanya. Coba saja sobat lihat gambar di bawah ini.

er6_biru2Standnya paling luas sendiri. Yang menarik, stand yang luas tersebut bukan untuk gagah-gagahan, tapi karena produk yang dipamerkan banyak ragamnya dan mungkin paling luas variasinya dibandingkan dengan merk lainnya. Coba saja dibayangkan, dari jenis bebek, trail, supermoto, sport standar, sport 250 cc, dan motor cc besar yang akan segera masuk ke pasar Indonesia: ER6! Stand Honda dan Yamaha yang dulunya besar sekarang malah kalah saat ini dibandingkan dengan stand Kawasaki. Bukan hanya itu, yang lebih menarik lagi Kawasaki juga menyediakan satu pojok yang diisi dengan live music. Dari segi desain, stan Kawasaki hanya kalah dari stand Minerva. Lho?!

er6_orange2Stand Kawasaki cukup ramai dikunjungi masyarakat. Saya pikir bukan karena luasnya saja, tapi yang lebih menarik adalah karena yang ditawarkan di sana adalah produk yang memang bisa dibeli masyarakat Indonesia. Coba lihat dengan stand Yamaha. Relatif tidak ada produk baru ditawarkan di sana. Animo orang dibentuk melalui pajangan motor M1 Rossi dan Lorenzo seri 2008. Selebihnya produk biasa yang bisa ditemukan di dealer Yamaha mana saja. Honda lebih mengedepankan CS1 dan Bebek Revo yang dimodifikasi. Ada satu moge cc besar dengan penggerak matic. Siapa yang mau dan bisa beli? Hanya segelintir saja, dan modelnya pun tanggung. Suzuki cukup sibuk dengan Skydrive-nya sehingga moge yang ditampilkan cukup GSXR-600. Minerva cukup menonjol standnya, tapi ini akan saya bahas di lain cerita. Nah Kawasaki menawarkan produk dengan range yang luas dan moge ER6 yang sangat populer di Eropa (di Amerika belum masuk) yang sudah dapat dipesan di Indonesia dengan estimasi harga antara Rp 100 – 150 juta.

250r_limeNinja 250 bulan September ini masuk dengan 5 warna baru; merah, hijau, hitam, hitam dof, dan biru. Semua karakternya sama dengan versi tahun lawasnya. Perubahan yang mencolok adalah pada silencernya yang tadinya vernekel, kini jadi warna hitam dengan lis vernekel di ujung-ujungnya. Tidak ada perubahan untuk warna merah dan hitam. Tapi khusus warna hijau ada perubahan. Yang semula sekujur tubuhnya hijau kini sedikit berubah gaya; depannya hijau tapi bagian pantatnya hitam, namun joknya ….. hijau, Bro. Gaya ini memang pernah diterapkan di ZX6R di Amerika dan laku keras karena style racy-nya itu.

Untuk warna hitam dof, kata pihak Kawasaki ini adalah versi Limited Edition. Sekujur bodynya hitam dof. Kesannya galak, tapi sekilas warnanya mati karena sama dengan hampir semua part plastik lainnya. Belum lagi dengan cara ngrusnya. Si pemilik kudu apik dan resik. Kalau tidak, ‘cemong’ bisa ada di mana-mana karena pegangan tangan, sentuhan keringat, dll.

250r_blueSatu lagi warna yang ditawarkan adalah biru langit. Warna ini pernah populer saat dikenakan di ZX-9R lawas. Warnanya sejuk dan lain dari yang lain. Silahkan lihat beberapa foto yang saya ambil. Warna ini juga populer di Amerika maupun di Malaysia (sekedar info, di Malaysia belum masuk warna hijau).Moge yang saya ceritakan adalah ER6.  Moge ini memang fenomenal saat dimunculkan di Eropa. Model yang ditawarkan oleh Kawasaki ini mengalahkan motor sejenis dari kompetitor lain. Tipenya adalah untuk pemula, namun mereka dapatkan kendaraan yang sangat mumpuni di akselerasi dan power mesin. Akan ada dua jenis yang ditawarkan, versi naked dan dengan fairing. Saya akan bahas tentang motor ini dalam tulisan lain sebagai kandidat pilihan kendaraan di 2010. Untuk saat ini cukup nikmati foto-fotonya dulu ya. Yang orange adalah versi nakednya. Cukup OK, tampang depannya agak robotic mengingatkan kita pada film Transporter, …. eh Transformer. Yang biru adalah versi fairingnya.

Sementara itu dulu oleh-oleh dari PRJ lalu. Nanti akan saya sambung dengan oleh-oleh lainnya. Salam.

Hartono

24 COMMENTS

  1. kereenn kawasaki manteb..
    dari ninja L, Ninja R sekarang pake Ninja RR memang gak ada matinya nie motor he3..

    tobb.. 🙂

    Guest
  2. selamat berbuka puasa untuk mas taufik dan temen2 lainnya

    Paradigma sekarang sudah berubah ya, sekarang bahkan ATPM sudah memasukkan secara langsung motor2 CBU yang dlu sangat susah untuk didapat, mesti lewat IU, belum lagi after sales service-nya..
    untuk kisaran harga memang masih “sangat mahal” untuk ukuran mass product, tapi mungkin nanti disaat sudah semakin banyak pesaing, dan respon masyarakat bagus, harga bisa mengikuti pasar..toh sekarang produk motor bukan monopoli, bener2 free trade market…

    bravo untuk Kawasaki…maju terus

    Guest
  3. Telat tapi gak papa lah,, berbobot isinya
    Emang di PRJ kemaren gede juga standnya kawasaki
    Hebat lah, macem2 pula produknya

    Waaaks,, ninja 250 biruu,, mauuuuu…
    Tapi tak terjangkau,, kapan ya bisa ketiban motor ini dari langit
    🙁

    Guest
  4. Taon ini agaknya jadi taon kebangkitan kawasaki. Didaerah gw ada 2 dealer Suzuki yg sekarang jadi dealer Kawasaki. Dgn produk2 yg fresh emang bikin ngiler nih kawasaki.

    Guest
  5. @fraz
    ktiban motor segede itu apa masih bisa hidup?
    :d

    Wah jogna bwarna ijo mas?
    Bikerna pake kolor ijo matching tuh
    wkwkw

    Guest
  6. emang mantabb yamaha ninja,..palagi yang yzf er6 nya itu bikin orang pingsan kalo udah lepas di jalanan..

    Guest
  7. Iya jga yha
    stand kawasaki d PRJ 2009 plng megah di antara atpm2 laen..

    klo gw c ngiler ma D-tracker tp syng no money.. He.He.He

    Oya Striping Athlete yg baru baguz jga model lidah api gtu, apa lg warna biru list silver, mantaf,!!

    Guest
  8. mudah2an aftersalesnya juga tambah mantaps.. seragaman/standarisasi yg mluas, bikin macam Honda dengan smua jaringannya..
    Jangan kyak dealer kawasaki di Mataram, NTB.. taunya ngejar jualaannnn mluluk!, giliran servicenya, malah mekaniknya mlonggo, ngaku ngak bs ngerjain, ditambah ngak ada alat yg proper.
    Masak service kedua Ninja 250 ane, motor gak diapa2an, dah geto minta d ganti oli, dikasih oli top 1, yg speknya gak sesuai lagi sama saran/buku manual dr pabrikan!

    Sori masbro Taufik, jd curhat sm OOT gnih..

    Guest
  9. @13
    wew, honda b-king ma suzuki cbr600 juga ada. Trus bajaj apache sama tvs pulsar juga ada.

    Kemaren pulang dari pamulang lewat jalan kampung. Pas di pertigaan dari arah berlawanan ada motor batangan warna biru. Diliat dari jauh headlampnya kaya pulsar 220. Apalagi birunya kayak biru bajaj pulsar, plus gak ada plat nomornya(makin meyakinkan). Eh pas udah siap-siap mau moto, ternyata ada lambang yamaha nya. Gak jadi deh motonya. Dikirain pulsar 220 lagi test ride di kampung, supaya menghindari sorotan publik apalagi blogger

    Guest
  10. waw keren banget kalo bisa punyain 1 aja.. btw kemaren Mas deddy cobuzier dan the master lainnya pada naik Moge Ya

    Guest
  11. AAAAAAARRRRGGGGGGHHHH……
    TIDAAAAAAAAAAAAKKKKKKK……

    MAS TAUFIK NYEBAR RACUN LAGI…. JADI PINGIN LAGI…. (er-6)

    TIDAAAAAAAAAAAAKKKKKKK……

    Guest
  12. hahaha…ini yg kusuka dari artikel kang taufik..
    ngeracunin pembacanya buat beli mongtor baryuuu… hik hik
    kyknya planning merah bs berubah jd biru nih,..hehehe
    eit..ijo jg okeh…:P

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here