Brader bisa baca deh Majalah Flona 79/VI sept 2009 ada artikel Kolektor 50 jenis jambu air, brader yang demen berkebun bisa sambangi pula blog saya yang ini . . . biar nggak OOT, di sana disebutkan juga lho :

“Saat ini tak kurang dari 50 varietas Jambu Air dikoleksi Pria yang juga demen berkendara motor ”

jambu

πŸ™„ silahkan klik untuk memperbesar

61 COMMENTS

  1. Weeee…
    Dab…
    aku juga punya jambu air yg sudah sangat langka…
    Namanya Jambu Kraton ato Klampok….
    buahnya paling besar seukuran bola pingpong…
    kalau mateng warnanya kuning gading….
    manis-nya puole ranjamak…..
    yg ndak nguati semut hitamnya itu loh banyak bgnt…

    Yah slain tanaman aye juga pelihara Ikan Gurame dan Nila Merah….kolam beton 2X3 dan 1.5 X 6m.
    semua untuk pembesaran n konsumsi sendiri….
    pokoke seger..seger..seger…

    sipp…

    Guest
  2. @yahonsuwakaja
    kalo dikampungku jambu klampok masih banyak, biasanya sih tumbuhnya di pinggir2 kali, ada juga yang buahnya berwarna merah, manis sih emang kl udah mateng, tapi yaitu semutnya buanyak banget.

    Guest
  3. mas opik boleh gak aku dapet anakannya/cankokannya atau beli dimana btw tempatku perumahan baru panas bgt msh jarang penghijauan walaupun jg sm di bogor, aku di cilebut mas

    Guest
  4. @Dab Yahon
    KAlo Nila, enakkan nyang Hitam dab, lebih gurih.
    tapi gak bisa buat hiasan… lha ireng..hehe
    Ane dulu pelihara dua-duanya… (rumah di kampung..)

    Guest
  5. @a’lilin…
    wah baru tahu yg warna merah euy….
    aku dl dapetnya di Bantul-Jogja….kampung A’lilin dimana ya ?…

    @Awakku…
    betul dab…enak yg item…dagingnya lebih padet…mirip2 gurame…
    yg merah ini baru angkatan kedua…nyobain ktnya pertumbuhannya lebih cepat…ternyata podo wae….paling seneng dikasih lukut/lumut…

    @mas Taufik..
    itu 50 pohon , tabulapot semua kah ?…

    Guest
  6. whaaaa…salluuuttttt..ommmm…..
    2 hobby yang sama2 positif…. yang satu pelestari lingkungan, yang satu mbakar2 bensin..hahahha…becanda ommm…

    Guest
  7. Nila?
    Gak ah alergi
    Ikan yg paling gw benci ikan mujahir..
    Semenjak skali makan nge-pas dpt yg dagingnya bau tanah terus kapok dagh..
    Bandeng jg,terkadang bau tanah..hweek..
    Yg paling gw suka ikan betok/bethik(yg gak bau tanah lho) digoreng garing
    Mmm renyah,gurih,nikmat..
    πŸ˜€

    Btw biar gak oot,
    Bagi jambunya duuunkz wkwk

    Guest
  8. wah ternyata kt bnyk kesamaan nih kang.. bedanya ane dr kecil hobby bgt beternak(emg bokap jg ngajarin),mulai ikan cupang, ayam pelung & sgala unggas/burung kicau. Klo nyokap tanaman hias. Jd klo kang taufik mau main ke rmh ane di GRT, mungkin bs betah ber jam2 ha3..
    Skr lg mliahara(smbl ngembangin) kambing (susu) etawa & domba garut. he2 siapa tau minat jg kang mau invest??
    oya bibit jambu airnya dijual jg kang? kira2 bs cocok ga tuh di daerah dingin??

    Guest
  9. @kang Yahon
    emang ada nila merah mas . . .saya juga pelihara beberapa dirumah

    @Nick
    Mujahir bukannya enak mas

    @Rasheed
    jauh dari leles kang?

    @frans
    haduh . . .iya yah . . .

    Administrator
  10. 50 varietas kalau disilangkan satu sama lain (misal okulasi) bisa dapat berapa ratus/ribu varietas baru kayaknya … πŸ™‚

    Guest
  11. @agung
    namanya hoby . . . apa aja yang baek baek he he he he

    @Mas hady
    dibagiin ke tetangga paling dan makan sendiri

    @Apdri
    Okulasi bukan cara untuk menyilangkan . . . melainkan cara perbanyakan bro . . .
    cara mennyilangkan tidak ada cara lain selain bener2 mencampurkan benang sari dari bunga jambu A ke kepala putik bunga jambu B . . . setelah itu tunggu sampai berbuah . . .nah bijinya itu ditanam dan akan menjadi Varietas silangan baru

    teorinya sih gitu . . .prakteknya belom dikerjain he he he he πŸ˜†

    @Sof
    kagak ditongolin . . . ikannya lagi ngumpett πŸ˜›

    @Fraziel
    sy dari jam 10 tadi lapernya πŸ˜€

    Administrator
  12. @mas Taufik…
    loh Nila Merah ini sy justru tahu pertamakali pembenihannya ada di Bogor…di Subang jg mulai banyak…
    sy coba krn ndak sabar sm ikan Gurame yg lama besarnya..dari ukuran 3 jari hrg Rp.4000 sampai berat 8 ons..perlu wktu 6 bulan…
    dl Nila merahnya dl beli ukuran 2 jari hrg Rp.2000 sdh 3 bln..kira2 , 5 ons…lumayan buat lauk makan…..mak nyuss…
    Oh ya..sy jg nanam sente dan talas buat pakan gurame……

    wah selingan artikel ky gini asyik jg ya…

    Guest
  13. @mas Yahon

    kalo mo mampir saya akan tunjukan Koleksi Gurame saya, nila dan mujahir . . . dan tidak lupa Si Jambrong . . . Ikan lele dumbo yang nggak sengaja dipelihara karena lepas ke kolam saat hendak diberi ke lohan sebagai pakan

    eee..ada lagi ikan hias . . . macem2 Koi lokal, ikan mas koki, aro irian dan 3 ekor kura2 πŸ˜†

    Administrator
  14. Mas Taufik…dan calon penggemar…
    ini alamat Ikan Nila Merah..
    IKAN BOGOR MANDIRI
    Kampung Sinar Jaya,Kel.Pasarean,Kec.Peminjahan,Bogor.
    Telp.0251-6890587

    smoga bermanfaat….

    Guest
  15. @mas Yahon

    makasih mas . . . ayo siapa yang mo mulai agrobisnis ikan Nila Merah? . . . sambil ngelirik mas Elsa Barto yang udah siyap Kolam pemeliharaan πŸ˜€

    Administrator
  16. dI Jakarta bisa ngak yach……agro bisnis Nila Merah, untuk pemijahan kayaknya kagak bisa dech, paling2 buat penangkaran ajah

    @yahon ..noted bro

    Guest
  17. @32 sof…
    aye dah tulis di komen no. 29 ..die pakarnya…
    sedikit dr aye..pada dasarnya dgn kolam beton/tembok bisa jg budidaya…asal ada sirkulasi air dan sinar matahari yg cukup…punya aye , kolam Nila Merah ada diatas permukaan tanah…gurame dibawah permukaan tanah
    aye juga pakai pompa sirkulasi dan saringan dari busa,batu hijau,pecahan batubata…dan yg penting seminggu sekali saringan dicuci…
    pompa sirkulasi min. yg hrg Rp.350,000.
    pada kolam beton yg baru sebelum digunakan dilumuri terlebih dahulu dgn jus mentimun dan biarkan mengering , basuh dgn air , kuras, baru deh isi kolam dgn air bersih …

    Guest
  18. Wah jd pengen
    Tp konon katanya melihara ikan kalo hoki banyak rejekinya
    Bener gaksih?
    πŸ˜€

    Mastaufik
    Gak tau knapa ya smenjak bautanah trus jera..
    Pdhl kata org2 sih enak
    πŸ˜€

    @yahon
    Bagi2 donk iwake πŸ˜€

    Guest
  19. Gempa jg terasa di bali pukul 15.00 wita..
    πŸ™
    Gw pas tidur spontan lgsg njumbul turun keluar.
    Coz gw ada dilantai atas..

    Guest
  20. Jdi inget kenangan 20tahunan yg lalu waktu kelas2 2-3 SD sering ikut temen2 menggembala kambing sambil mengendong radio trus di persawahan dideket rawa punya ayah ada pohon jambu merah sering kita memetik trus dimakan bersama2 kdang2 kita bawa pancing memancing dirawa kalau dpt langsung di bakar menjelang magrib kata pulang dgn kambing2 yg sudah kenyang hehehe kayak si bolang

    Guest
  21. jadi inget ama kampung nih…
    di sini udah ga ada tempat buat nanem buah buahan, yang ada cuman 1 pohon mangga ama 1 pohon jambu…

    Guest
  22. @nick….
    kowe harus mulai menyenangi ikan….
    bau tanah biasanya ikan yg dipelihara di kolam di sawah, empang, atau pinggir laut ,…bukan ikan kolam beton….
    Dulu..Ibu dl slalu beli ikan yg masih hidup lalu diberok dgn cara biarkan hidup di air pam/sumur dlm ember buat ngilangin bau tanah….setidaknya 2 jam-an…waktu masak kasih bawang puting putih & jeruk nipis….hhehehehehe
    waduhh….jadi pengen cepet pulang…..

    Guest
  23. @yahon
    Oh bgtu ya
    Ada tips nya jg..
    Btw kasi bawang puting?
    Wkwkwkw

    Iya nih,dingin2 makan lalapan kekna maknyuz

    @^
    Ditempatku cm ada pohon pepaya
    Itupun gak ada buahnya.
    Ada jg pohon jambu isi,
    itupun milik tetangga
    πŸ™

    Guest
  24. @nick…
    Astaghfirullah….waduh nick…thanks ngingetin ….
    koreksi..bawang puting–>bawang putih……

    @mas Taufik…
    maaf khilaf……

    Guest
  25. @ kang taufik
    Rumah ane di GRT kota,di Jln Sudirman, biasa dibilang daerah suci. Deket bgt sm polwil priangan. yah klo dr leles kira2 20 menit lah. Emg istri lelesnya dimana? dkt alun2 leles kah?
    rmh istri ga knp2 kang krn gempa kmrn? coz rmh ane retak2 kecil gr2 gempa..

    Guest
  26. pangumbahan berarti aga jauh yah,klo ga salah masuk ke dalam lg dr alun2/ jln raya leles.. yah gpp,msh dkt ko.. ga akan lebih dr 40 menit ke GRT kota.

    Guest
  27. Mas taufik.. sama seperti pertanyaan bro moonwalkerraker. Gimana ya cara ngatasi ulat-ulat pada jambu air ??

    Dulu ane punya 2 jenis jambu air. satu jambu cingcalo n satu lagi jambu air biasa (gak tau jenisnya). Sekarang tinggal yang si cingcalo, itu juga kalo dah berbuah sering ada ulatnya.

    Guest
  28. Ehh iya bahas juga dong mas, kiat-kiat bertanam teknik tabulampot dan buah apa saja yang bisa ditanam dengan teknik tersebut.

    Thanks ya mas.

    Guest
  29. mas jambu airnya udah injeksi belum?…..
    ternyat gak kalah seru ngomongin jambu air ma, mongtor…aku juga suka bertanam mas didepan rumah ada mangga arumanis, mana lagi, mangga apel, mangga gedong ama mangga cengkir, rambutan, sawo, juga lengkeng… persis hutan tapi adem banget maklum rumahku dikampung jadi halaman masih luas….
    mas bagi beni jambu airnya dong, kebetulan gak punyasatupun jenisjambu air…

    Guest
  30. Pak dhe Taufik, ni aku punya pohon jambu cingcalo , tanem dari cangkok , udah 3 tahun belum buah. Apa ni resep biar cepet buah , pak dhe ? . Mohon info cem macem species jambu airnya ? I love farming gitu. Matur nuhun sebelumnya.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.