Kemarin dan hari ini satu dari banyak artikel di blog ini bak Kurusetra, banyak komentar berseliweran yang notabenenya bukan ngomongi subyek artikel, akan tetapi menjadi ajang curhat, saling kritik dan sejenisnya. Saya sendiri sempat dibuat bengong plus bingung mo ngapain lagi, secara baru kali ini terjadi perang opini yang super panas di blog ini. Saya sendiri hampir tak percaya, Artikel semula yang ditujukan untuk menanggapi artikel di portal detik Oto ternyata secara tidak sengaja berhubungan dengan artikel mas Triatmono . . . Jadi deh sepertinya artikel ini dipaksa di ‘hubung-hubung’ kan sehingga akhirnya saya merasa nggak enak sendiri secara pribadi kepada mas Tri. Karena seakan-akan artikel saya dibentur-benturkan dengan artikel beliau . . . pun saya sendiri sudah memohon untuk tidak dibenturkan seperti yang dapat brader baca di komentar No#42

Ramadhan adalah Syahrul sobr . . . bulan nya sabar, adalah sungguh lebih bijak bila semua kita menahan diri. Bila memiliki semacam uneq unek pribadi dengan seseorang, hendaknya langsung disampaikan secara pribadi kepada orang yang bersangkutan baik dengan sms, email, atau media yang lainnya, karena bila ditebar di ruang Publik tanggapannya bisa macam-macam. Dan Tak jarang pula bisa menjurus ke arah tersebarnya aib dan fitnah. Adalah benar, bahwa Memberikan Komentar adalah hak brader sekalian sebagai pengunjung Blog,  akan tetapi bila semuanya dijalani dengan adem-ayem-tentrem . . . sungguh informasinya bisa akan menjadi lebih bermanfaat bagi kita semua . . .Mohon maaf lahir batin

Taufik of BuitenZorg

foto : http://www.tembi.org , http://www.pohuwatoforum.net/

98 COMMENTS

  1. @MasEdy
    Ga pa pa mas, galau sedikit aja . . . di artikel itu bagaikan opera va Java
    disana gunung disini gunung
    ditengah2 pulau jawa
    komentatornya bingung…yang punya blog lebih bingung
    ingat bro..bulan puasa

    * pantun maksa 😆

    @Fraziel
    hi hi hi..kayak forum aja di ban 🙂

    Administrator
  2. waduh saia jg kok ikut merasa bersalah yagh,padahal baru 2 hari ini sering main di blognya mas taufik……………….
    🙁

    Guest
  3. Untung ga ikut-ikutan hehehe….
    Jujur aja akhir-akhir ini saya sempat bertanya2 dalam hati “kenapa ya beberapa another link di blog ini jadi ga nonggol?”
    Bukan bermaksud membanding-bandingkan tapi menurut kacamata saya rasa materi yang diulas Mas Taufik saling melengkapi kok.

    Guest
  4. Lumayan 10 besar

    udh lahh mas taufik jgn trlalu di masukin ke dlm hati
    perbedaan itu kn wajar justru krn ada ny perbedaan hdp jdi lbh brwarna & indah..
    Betul,??

    Btw itu photo mas taufik ma mas tri yha,??
    Romantis bngz dha ky laki-bini.. Ha.Ha.Ha

    Guest
  5. @Mas Taufik
    Kutambahi mas…komentatornya bingung…yang punya blog lebih bingung…gara2 datang gerombolan BTN gemblung…hehehe…
    Btw,siap2 repot aja…besok bisa2 gerombolan BTN dtg lagi.xixixi….

    Guest
  6. resiko blog rame, mas taufik..
    pengunjung makin heterogen..
    mas taufik pasti punya batas toleransi sendiri..
    apapun itu, saia ikut dukung warung ijo ini..

    Guest
  7. mungkin para blogger jangan terlalu sering mengulas hal yang mirip-mirip pada saat yang bersamaan…
    seperti dua awan yang berdekatan di langit, yang satu muatan listriknya dah penuh, sementara awan yang lain masih kosong, akhirnya petir menyambar deh…
    hehehe gak nyambung yak…
    Lanjut Kang… 🙂

    Guest
  8. Ane ikut minta maaf om Opik kalo ikut menciptakan ketidaknyamanan, tapi khusus ane pribadi ga ada niat bikin rusuh, kubu-kubuan, ato jadi fan boy produk tertentu. Kekisruhan sebenarnya berawal dr sumber berita yg sama (detik), cuma om opik pas dapat data pembanding dr sumber lain smentara om tri cm dari detik aja. Dari sanalah timbul kesan yg bertentangan antara artikel dari ke 2 blog. Bener seperti om opik bilang kmaren smestinya detikcom merecheck k tmpat laen biar info yg disajikan akurat n tidak menyesatkan pembaca (trmasuk blogger yg jadiin referensi bg artikelnya)
    Ane baru menyadari pangkal kekisruhan tuh belakangan. Sekali lagi maaf

    Guest
  9. setelah saya amati, BERTAMU DAN BERPENDAPAT ITU MESTI ADA ADABNYA (statement warung sebelah mode : on) huehehehehe..

    Adab? Akhlak yang baik kali ye maksudnye.. 😛

    Guest
  10. Wah 1hr gak mampir, tau2 dah ada yg rame yak..gapapa kali mas,beda itu perlu.kalo gak gt,jd sepi2 aja.gak ada yg diskusi atau berpendapat..jgn emosi aja kalo beda pendapat..piss..

    Guest
  11. lho?!? emang ada kisruh ya mas? di artikel apa yah?
    apa di salah satu artikel mas Taufik?

    tapi menurut pendapat pribadi aku, semua artikel mas taufik disni sifatnya membangun dan selalu bermanfaat karena banyak hal yang belum kita ketahui. kalo soal rame2 gitu bukannya malah lebih bagus Mas? toh slama ini mas taufik slalu jadi moderator yang baik, yang bisa membawa para pembaca blog dan pemberi komentar untuk saling menghormati. kao soal berantem opini, amalan tiap individu udah ada catetan masing2 Mas, jadi jangan ragu tuk terus berkembang. toh image mas taufik sampai detik ini tetap good bagi kita2…

    apa karena dihubung2kan dengan artikel2 blognya mas Tri? (untuk mas Tri, saya mohon maaf kalo gak sempet berkunjung ksana sama sekali) saya cuma buka blog yang bisa dibuka dari kantor saya saja. Habis kebanyakan site diblok sama proxy kantorku (biar gak abis2in bandwith). jadi ya otomatis cuma bisa buka blognya mas taufik.

    chayo Mas!!!

    Guest
  12. @mas Taufik…
    Dab…siapin tali tambang…buat nyencang ( ngikat ) wong2 ucul ( lepas )….
    sekarang sudah dituakan sm brader2…jadi tempat curahan hati…dianggap bisa ngemong…bisa membimbing..
    meskipun bukan tugas yg ringan…tapi kalau dijalani dgn ikhlas pahala-nya tak terkira…

    peace all..

    Guest
  13. akhirnya ada klarifikasi dari perselisihan terdahulu.
    ehm…, tapi omong punya omong kadang kekisruhan itulah yang bikin rame, bahkan ada artikel yang tembus angka comment 5000 eh 500 gara gara ada kompor mbledug.
    jadi sejauh itu masih dalam batas yang wajar gak papalah beda dikit mas, atau paling tidak si empunya warung kan bisa memfilter comment-comment yang masuk.
    gambar diatas mengharukan mas, mau memperjelas nih kalo tidak akan ada perang antar bloger…
    hehehehe……

    Guest
  14. Setuju Mang,
    Inget Brader2: Ngomongin orang dibelakang yang bersangkutan, Jika itu menyangkut hal-hal baik tdan benar dari ybs tetap dikatakan sebagai ghibah, jika salah dan menyesatkan maka adalah Fitnah yang keji… So Brader kalau bisa komentar sbga kritik yg membangun dan sesuai tema, klo OOT pun sekedar refreshing ato guyonan yang segar untuk mencairkan suasana kaku…..

    Guest
  15. @24 Curahan Hati tetang Orang di forum Publik harusnya dihindari (bisa Ghibah atau fitnah)..klo curhat mengenai dunia R2 sih wajar2 saja : IMHO lho yah…

    Guest
  16. maklum lah mas Taufik,
    bulan puasa jadi lebih sensi , beda pendapat kan rahmah .
    mari saling hormati sesama pengunjung warung ini.

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  17. Gw pribadi menanggapi permasalahan kemaren, mungkin pangkal nya berada di tata letak bahasa aja. Beragam orang bisa menanggapi berbeda atas pernyataan blah..blah…blah…terus ada yang nyulut api..makin jadi deh, saling serang-menyerang
    Dikarenakan segmen R2 paling banyak digunakan oleh publik sebagai alat transportasi, banyak pihak yang merasa saling memiliki dan “menjagokan” produk masing2..

    Mohon maaf kalo kemaren dirasa ada kata2 yang salah buat Mas Taufik, Mas Tri, dan temen2 semua, sebenarnya hanya ingin membangun produk yang ada…maju Indonesiaku

    Guest
  18. Gua seneng banget statement bro Taufik yg ini…
    ============================
    Bila memiliki semacam uneq unek pribadi dengan seseorang, hendaknya langsung disampaikan secara pribadi kepada orang yang bersangkutan baik dengan sms, email, atau media yang lainnya, karena bila ditebar di ruang Publik tanggapannya bisa macam-macam. Dan Tak jarang pula bisa menjurus ke arah tersebarnya aib dan fitnah.
    ============================
    That’s the point…
    Same as i thought… only with much much much better words… 🙂

    Sniff… sniff…

    Guest
  19. @cuxx
    setuju dengan anda, soale Kendaraan menurut saya adalah properti pribadi seperti halnya pakaian, jadi merupakan isu sensitif. Kalo misalnya ada yg bilang baju merek X adalah murahan ato yg beli baju merek X itu orang2 katrok, ga tau selera dll wajar kalo yg make baju merek tsb merasa gerah. Jadi wajar juga kalo misal ada opini2 kurang mengenakkan ttg suatu merek kndaraan (entah dari si penulis ato pengunjung) bakal disambut dengan pro n kontra, apalagi kalo dibumbui fanatisme buta wahh tambah heboh dehh..
    Tapi bukan berarti karena sensitif lantas kita jadi ga boleh kritik ttg suatu produk, kritik diperlukan karena toh akhirnya yg menikmati hasilnya adalah konsumen. Kalo dipuji2 mlulu ntar produsen GR n ga mau berinovasi

    Guest
  20. jadi gak enak mudah2an comment diatas tidak jadi kompor.
    buat mas taufik ama mas3. tetep berkarya ada suguhkan yang terbaik…
    yakin kami semua yang comment di blog anda bukan ingin menjatuhkan atau menjudge anda2 semua. mungkin lebih karena rasa memiliki jadi gak mau dong milik kita pro atau condong kesalah satu ATPM (meski pada dasarnya si empunya artikel/blog gak bertujuan kearah sana), namun kembali lagi kemasalah menahan diri (kan jihad paling berat adalah menawan hawa nafsu) melihat pemilik blog menuliskan sesuatu yang seakan2 (seakan2 bukan bertujuan) condong kesalahsatu ATPM yang berbeda dengan ATPM pilihan kita otomatis kita merasa di tinggalkan.
    mungkin kurang lebih seperti itu asal muasal comment yang berbau sara teh…
    maap sok tau…

    Guest
  21. Untung dari kemarin Teuteup Nahan Nafsu , jadi cuma lihat pada perang baratayudha opini-opini,,,,,,,

    sabar-sabar orang sabar pikirannya jembar ( lebar/lapang )

    Guest
  22. Mas Taufik baru kali ini saya komen di blog anda, biasanya di blog mas Tri ama Bro Ahmed (Indobiker). Ada hikmah yg bisa diambil ga dari pengalaman di medan kurusetra ini :D, kalo menurut saya hikmah yg bisa diambil adl. ” sebaiknya ber-hati2 dalam menulis artikel jgn sampai sebagian yg baca (pembela salah satu ATPM) merasa gerah dan tersinggung”. Saya merasakan sendiri mas, komen info ttg keunggulan salah satu sportbike, malah diserang pembela ATPM yg lain, padahal ga sedikitpun nyinggung ATPM lain. Fanatisme di blog motor bener2 ngeri.

    Guest
  23. setelah saya amati, kurustetra ape ye? Ampe kelupaan gw mw tny tuh kata ma yg pny warung.. Untung @lordubay ngingetin..

    Btw jg arti oot, imho, cmiiw ape ye? Telmi gw, Hehehehe..

    Guest
  24. Hmmmm…..hmmmmm padahal baru bicara motor ya ….gmn kalau sudah bicara keyakinan…..hmmm nggak kaget banyak darah tertumpah atas nama keyakinan…..

    Guest
  25. @bjubah hitam
    Wakakakak
    lupa ya..
    Katanya kalo sakit tenggorokan jd ojo dumeh..
    Lha skr jd ojo dumeh kok iso ngomong
    :d

    Guest
  26. @nick
    Lah jarene nyambut gawe om..
    Wess rampung tha..??
    Xixixi
    😀

    @bejubah item a.k.a ojo dumeh
    Wkwkwk,, si nick ini emang ahli dalam menerawang bro..
    Makanya jangan macem2,, xixixi
    :mrgreen:

    Guest
  27. @fraziel
    Jbhuahaha
    Msh ktawa ma beng2..
    Kangen ama hmmmmm hmmmmm nya ojodumeh,gak taunya eee bjubah haha

    Bosnya lg take rest ziel capek dr st.barth..
    Doi blg c u 2morrow gw lgsg jingkrak2 sambil melet ngece dr blakang..
    ..yes..online lg..
    😀

    Guest
  28. ^^nick
    Jiakakakakak..
    Yoo mari kita online..

    Eh, setuju sama om opik..
    Kalo ada keberatan atau apapun itu lebih baik jika diungkapkan langsung ke orangnya
    Biar ga ada kesalahpahaman tho
    (Biar nyambung)

    *takut di-ban sama om opik

    Guest
  29. Ealahhhhhhhhh… baru “ngeh” aku…. hehehehe

    @Bro Topik
    Blog motor udah, blog taneman udah… tinggal nambah blog curhat..
    gmn ?? hehehehe piss

    Guest
  30. nick
    asem,,,,,,,,,,,,,
    Kirain mbah ojo dumeh sendirian,tapi ternyata punya 2 jenis kelamin……..
    (cuma becanda mbah hmmmm……)
    🙂

    Btw,tadi lihat motor viar 1mobil pick up yg mirip hsx125,setelah saia teliti wah ternyata mirip banget………………………
    :p

    Guest
  31. #38 pemngamat..kurusetra itu adalah..lihat deh link di artikel . . .
    kalo nggak salah medan perang antara Pandawa dan Kurawa pada perang bharatayudha..cmiiw

    Administrator
  32. tapi memang kasar kok mas taufik warung sebelah cara mengungkapkan ne kasar ,,, aku sempat kaget edisi nurdin m top ..

    Guest
  33. #30 guspur

    serius ni gus , same as like mas taufik thought ? hehehehehhe….

    itu dithread sebelah sampai bro WANI NGEBUT, esmosi lo gara2 gus ga jelas komen buat siapa …… thats kind a lipstick i guess. Gus bilang juga sebetulnya itu komen buat saya , tapi maaaanaahhh…?

    Guest
  34. dari pertama saya tau blognya mas taufik, saya bisa memberikan penilaian, sejauh ini mas taufik kelihatan masih konsisten untuk tidak pro blok utara atau selatan dari suatu ATPM tertentu. GOOD JOB BUAT MAS TAUFIK, BIKIN SAYA MAKIN BERSIMPATI.

    Guest
  35. dah lama ga mampir ke blog-nya Mas Taufik.. koq ada bakar-2an di artikel kmaren-2.. hehehe.. (padahal masih belum nyambung sama apa yg dibakar)..

    eniwei, untung aja yg punya blog-nya sabar..

    btw (lagi).. @38. Pengamat:
    oot = Out Of Topic (keluar dari bahasan)
    imho = In My Humble Opinion (menurut pendapat saya)
    cmiiw = Correct Me If I’m Wrong (koreksi saya jika saya salah)
    mau tau yg lain? di-Googling aja bisa dapet buaaaaanyyaaaaaakkkkkk.. (sampe puyeng ngapalin singkatan itu semua..)

    Guest
  36. Re-post ttg tips nongkrong di warung maya (blog):

    *Saran dr bro XB12
    @buat yg susah komen/komennya sering ga masuk
    klo pake hp, saia mau sharing aja..
    seblmnya pake opera mini, komen 10 yg masuk hanya 5..
    skrg pake ucweb6.3.. 10 komen, 9 masuk.. kadang yg sekali harus diulang.. tinggal tekan back trus re-submit..
    ucweb lebih bagus!

    *Link dr pakLik Fraziel:

    http://wap.ucweb.com/ucpack/dlmobile/control/index.php?pc=300

    Monggo disedoot..
    Mumpung gratiiss

    Sniff… sniff…

    Guest
  37. @ nofun

    waktu ane kuliah dulu ngetren istilah IMAHO = ikatan mahasiswa homo coz isinya lanang galo hehe makanya ku pikir imho sejenis imaho. btw thx infonya

    biar nyambung nyo kite sabar

    Guest
  38. @50. anjas
    emang benar mas3 punya gaya bahasan yang lebih keras dalam meng ulas artikel2nya. saya juga pernah berkomentar sedikit tentang gaya bahasa ini, oleh yang empunya juga udah di jawab …
    ==========================================
    Gaya bahasa nya… seperti biasa … gaya bahasa anak balap … !!! Kalau ditafsirkan beda… aaagh itu perasaan nak mas … saza … !!! (ndalang mode on)
    ==========================================
    jd setelah saya pikir memang setiap blogger mempunyai gaya bahasan yang berbeda untuk mempertajan ulasannya. tinggal bagaimana kita meng interpretasikannya.

    bener juga pepatah yang mengatahan lidah bak pedang ber mata ganda, satu sisi gaya bahasan tadi bisa mempertegas arah cerita dan mempertajam ulasan, namun disisi lain bisa jadi gaya bahasa yang seperti itu bisa menyentil sedikit orang yang mungkin sensitif dengan bahasan tersebut.
    jadi kembali ke diri kita masing2 mumpung masih dalam suasana romadlon sing sabaar aja. lagian kan jihad paling berat adalah jihad melawan hawa nafsu… diantaranya nafsu untuk mencak2.. diblog orang…. tar malah didelete lagi……

    Guest
  39. setelah saya amati, saya dan me ingin want. Ngomong2 btw apa y? @all Thx makasih, yang penting qta selalu always.. Hehehe

    pengamat (added by Mobile using Mippin)

    Guest
  40. setelah saya amati, saya dan me ingin want. Ngomong2 btw apa y? @all Thx makasih, yang penting qta selalu always.. Hehehe

    pengamat (added by Mobile using Mippin)

    Guest
  41. Setelah saya amati, gw dan me ingin want.. Ngomong2 btw apa y?

    @all

    Yg penting tuh important agar qta selalu always.. Huehehe (added by Mobile using Mippin)

    Guest
  42. @lord ubay..
    emang tempat situ kuliah banyak homonya ?? wakakakakak..
    kalo ditempatku dulu, 50 % mahasiswa cowoknya homo…

    50 % sisanya… adalha pasangannya…wekekekekek

    Guest
  43. @lord ubay
    Tuuuhhh… makanyaaaa… sekali-kali bawa lah si Awakku ke tempet kerja lu… minat bgt tuh kykna dia… hahahahahhahhahahaaaa… :mrgreen:

    Sniff… sniff…

    Guest
  44. @Biawak n Bunali
    Weeiii….org pernah waras lagi ngumpul ya?hahaha…….

    Saranku……
    Jangan pernah mempercayai seseorang(teman) yg suka menjelek2an /ngrasani (red:bhs jawa) orang lain.Karena tdk ada jaminan bahwa suatu saat dia akan menjelek2an diri kita pd orang lain.
    Menceritakan keburukan seseorang sama dengan memperlihatkan keburukan diri sendiri.

    Guest
  45. @mas Eddy Similikiti
    Sssssssssstttt… wiiiisss wiiiiiisssssssss… Jangan diperpanjang Mas… jarno ae lah…. Awakdewe sing nate waras ngalah lah…
    Gimana? gara2 semalem trus jam segini baru bangun ya??… dasar Gendruwo!!… hahahahahahaaaa… :))

    Sniff… sniff…

    Guest
  46. @Lord ubay
    Yo delok’en dewe.
    mulai rame2ne kasus iki sopo wae sing curhat.
    kalo aku biarpun nggak sreg nggak akan kuungkapkan diwarung bersangkutan,apalagi di warung lain.
    nek sampeyan kan gerombolan ndagel juga karo bunali.hehehe….

    Guest
  47. @Bunali
    Iyo gus,Jadwal turu wis kacau bertahun2.
    Mabengi ndolek wangsit,tapi sing ketemu cuma pangsit..hahaha….

    @Mas Yahon….
    Berdasarkan pengalaman hidupku aja kok Mas.

    lanjoott….

    Guest
  48. @ eddy

    podo wae karo aku, yen bengi ra iso turu tapi duduk bentar di masjid denger ceramah dah manggut2 nahan ngantuk. sori blom mahir bahasa jawa maklum oplosan betawi :mrgreen:

    Guest
  49. @lordubay
    Wakakaka
    Hii ngeri jg ya..
    Udah pnah disentil blm bro
    takut xixixix
    Wis wis jaman edan tnan

    Lho bhs jawanya udah lancar to?
    😀

    @pakeddy
    Betul bgt pak
    Tp kalo orang curhat gmna tuch..gak kaan..
    Hehee..

    Guest
  50. Oalah..
    Masih reunian disini tho..
    Biasanya warung ini adem ayem tapi sekarang jadi semrawut..
    Wwkwkwkwk
    😀

    *haduh kotaku puuanasee puuooolll..

    Guest
  51. @guspur
    Toz…mbah… ( nyenengke nick 69 🙂 )
    Gw komennya di sini saja biar nggak oot kalo di artikel lainnya.

    Nah lho…kenapa bingung bedain gw dengan CHM? Apa karena sama-sama fans Yamaha yak? 😛
    Gak liat apa kelasnya beda banget?
    Walau sama-sama fans Yamaha, Bro CHM lebih hebat Bro…
    Dari komen-komennya gw yakin doi orang intelek. Kosa katanya saja lebih berkelas.
    Gw taunya cuman….. YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN…hahahahaha…

    Btw… perasaan komen gua yang nomor 100-102 di artikel sebelah refer ke Mas3 deh…. kok elo yg nyolot???…
    Lu apanya Mas3? temen kantor? klonengan? atau apa?… ah, buat apa jg gua tau…
    Jangan dimasukin ati ya?… masukin ke sempak ae… 🙂

    Ojo lali Mbah,
    Biar bagaimanapun…
    Yamaha Semakin Di Depan!!! 🙂

    Guest
  52. @*HM=CHM
    (Gw komennya di sini saja biar nggak oot kalo di artikel lainnya)
    Tengkyu Bro…emang cuman elo yang ngerti gw…jadi terharu…hahahahahaha…

    Ngomong2…analisa loe serem banget Bro…
    Siaya yang dimaksud “mereka” dan “orang ini”?
    Tapi melihat pengalaman dan sepak terjang “mereka” dan “orang ini” yang loe critain, emang bikin geleng-geleng kepala. Benar-benar urusan “tingkat tinggi”.
    Tapi itu emang nyata atau analisa loe doang?

    Gw salut dg semangat juang loe waktu diserang habis-habisan di artikel recall vixion itu.
    Di ujung-ujung artikel gw komen buat loe supaya legowo ae mending damai.
    Gw bilang loe ama kubu seberang cuman beda sudut pandang makanya gak ketemu. Elo mandangnya bukan recall, kubu seberang udah menjudge itu recall.
    Gw bilang gak mau komen soal itu karena belum tahu batasan recall itu seperti apa. Kalau memang gawat dan jumlahnya signifikan sebaiknya YMKI umumkan secara resmi.
    Gitu kan lebih baik daripada men-judge tapi belum tau seberapa besar unit yang bermasalah, batasannya apa untuk melakukan recall.
    (Sing bener iku carane Mas Taufik. Cari info klarifikasi dari pihak YMKI baru nulis artikelnya. Ada check & balance. Jadi nggak bias kemana-mana.).
    Tapi gitu deh, komen gw cuman tayang beberapa menit. Gak lama di recall deh…. 😉
    Ingat lho beda mental, pending sama recall… Recall jelas di delete…
    Uppsss…sori balik maneh ke topic itu. Padahal gw udah janji ama diri sendiri buat gak ngungkit2 lagi… 🙂

    Guest
  53. @fraziel
    Gak lah… udah males… capek… Ada hikmahnya jg… setelah baca2 gua jadi tau bedanya fitnah, ghibah, dan buhtan… Ilustrasinya ngeri bro… bagaikan makan bangkai saudaranya sendiri… Sebejat-bejatnya gua males jg kali kl mau makan bangkai… saudara sendiri pulak… :-s
    Da tahu gejrot ge raos keneh ieu… hehehehehehe… 😀

    Sniff… sniff…

    Guest
  54. @Awakku
    He he he… lucu koen!! keples sisan koen ngko!!… hahahahahahahaaa… Grammar Suroboyo gak onok sing anyar neh ta? 😛

    Sniff… sniff…

    Guest
  55. sampe saiki aku jik durung nyambung karo sing dadi masalah neng kene.. hehe..
    biasa, jik tas tangi turu..

    ** arep turu eneh..

    Guest
  56. ^awakku
    Jiakakakaka
    Ghibah kui nak nang panggonku nendang bokong karo sikil..

    Contoh :
    Ooo..tak ghibah sisan menceling we ngko..
    😀

    Guest
  57. senenge yan kabeh fansboy akur…
    nek perlu buka bareng ae lah….
    hidup fansboy gak ada lo gak rame….
    @ guspur
    ngeri juga paparan tentang fitnah, bhutan, ghibah yo mbah….
    kang.. coba ulas lah sedikit diartikel berikutnya di ngaji yuk seru buat tambah2 informasi…. biar isi comment antar fansboy gak lagi gontok2an….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here