03Hmm . . . RnD Honda Jepang ternyata telah mempersiapkan sebuah mesin baru untuk motor ber-cc kecil yang sangat laku di negara-negara berkembang. Namanya teknologi mesin ini adalah CV MATIC. Honda menyasar sebuah tipe baru dari Motor..mereka bilang “Cub Tipe Automatic Scooter” . . .hmmm maknanya kira-kira . . Skutik yang penampakannya mirip bebek (cub) kali yah? cmiiw. Sepertinya beberapa bulan yang lalu saya denger denger rumor kawasaki yang rencananya akan merilis tipe motor ini cmiiw. Saya pribadi lebih melihat ini adalah sebuah mesin Hibrida antara tipe bebek (cub) dan tipe skutik. Mesin ini rencananya akan Dirilis Tahun 2010 dengan Fokus penjualan di . . . ASEAN !! termasuk Indonesia Doong 😀

01#2Mesin ini memiliki Keunggulan di desain yang kompak dan sistem pendinginan belt yang prima sehingga belt akan memiliki ‘life cycle‘ dan durabilitas yang lebih baik dibanding belt-belt yang nemplok di Motor-motor CVT sekarang ini. Jarak antara kedua Pulley pun so pasti dipangkas habis menjadi sangat dekat sehingga Belt CVT yang dibutuhkanpun nggak panjang-panjang amat. Prediksi saya . . . memperpendek CVT akan juga memperkecil persentasi Power loss sehingga efesiensi Power terjaga, karena patut diketahui . . . Motor ini menurut saya juga tetep menggunakan rantai sebagai koneksi gerak antara mesin dan Roda . . . jangan sampai Power habis sebelum disalurkan melalui Rantai.

04#2

12#1

17

02

06

18

15#2After All . . . bila Tahun 2010 Motor jenis ini akan di rilis . . Motor inilah yang seharusnya di daulat dengan penyematan Nama “SPESIES BARU” karena model mesinnya sama sekali fresh . . . Jika sebelum istilah skutik banyak digunakan, kita pernah mendengar istilah SKUBEK, maka menurut saya Inilah The real SkuBek . . . bener-bener Skuter rasa bebek. Semoga berguna

Update : Honda Jepang Menerapkan 14 Paten pada teknologi ini

Taufik of BuitenZorg

data dan Foto : world.honda.com

🙄 perbedaan CV Matic dengan Matic ‘biasa’

NB : tunggu dulu..coba baca Kompas Otomotif :

. . . . . transmisi ini di Indonesia akan dipasang pada skutik Honda, yaitu Vario, Vario CBS Techno dan Beat. Kalau bebek, harus menggunakan mesin baru karena desain mesinnya sangat berbeda dibandingkan bila dipasangkan dengan CVT

08Koq saya agak nggak sepaham ya dengan Kompas Otomotif . . . kalau menurut saya mesin ini bukan untuk di temploki ke Motor Skutik . . . akan tetapi ke Motor varian baru yaitu Motor bebek yang bertransmisi otomatis . .  . dengan tetap menggunakan  rantai sebagai interkoneksi penggerak roda belakang  dan menggunakan desain penempatan mesin di tengah seperti bebek (cub) pada umumnya saja . . . cmiiw. . bener nggak yah?. . mudah-mudahan saya yang salah he he he 😀

116 COMMENTS

  1. pertamax??

    kalo dilihat..sepertinya jadi bebek matic,,o ya kalo pake rantei ,apa ndak ilang ta powernya??pas di tengah2 tar ilang…maksudnya pas udah muter di bag. rantai..

    Guest
  2. Mm m m saya membayangkan naik supra tapi tidak perlu oper gigi tp ada netralnya (kayak Corsa).tebeng sampe bawah.ada dek kecil buat footstep.rem di tangan semua

    Guest
  3. […] Honda Siap Rilis Mesin Hibrida Bebek-SkuTik . . . Teknologi CV Matic !! Hmm . . . RnD Honda Jepang ternyata telah mempersiapkan sebuah mesin baru untuk motor ber-cc kecil yang sangat laku di negara-negara berkembang. Namanya teknologi mesin ini adalah CV MATIC. Honda menyasar sebuah tipe baru dari Motor..mereka bilang “Cub Tipe Automatic Scooter” . . .hmmm maknanya kira-kira . . Skutik yang penampakannya mirip bebek (cub) […] […]

    Guest
  4. Saia ga begitu demen ma skutik (trgantung selera sih)…tetep setia tunggu mongtor sport

    *Mas, kok link di marih byk yg ilang yah?

    Guest
  5. wah iya ya, kalo ngeliat maket nya ada gear dan cvt . ga ada ulasan tentang sistim kerja nya mas ? dalam hal gimana gear dan CVT nya beroperasi ? ataukah beroperasi secara bersamaan ?

    Guest
  6. @MR
    ya seperti itu bayangan sementaranya..pake supra tapu akselerasi/deselerasi matic

    @IchadRyu
    yang pasti ngerawat dua bagian…ngerawat belt sama ngerawat Rantai

    @*HM
    di portal Honda jepang belum ada ulasannya . .. tapi secara sederhana..begini
    Pembakaran di mesin menghasilkan gerakan rotasi lalu gerakan ini diteruskan ke piranti Transmisi Matik (CVT) . .lalu
    dari sini di transmisikan lagi melalui belt ke pulley ke dua
    nah putaran Puley ke dua ini yang memutar gir depan untuk selanjutnya menggerakan rantai . . . dari sini cara kerja setrusnya sama kayak bebek kali yee…
    cmiiw

    Administrator
  7. berarti beroperasi bersamaan kira2 ya mas ? La kalo dari CVT masi ditransmisikan lagi ke pulley lalu ke gear bukannya malah jadi mubazir mas ? Mending cvt aja atau gear aja kalo saya pikir. Tp gpp mas, namanya juga blm ada ulasan resminya.

    Guest
  8. bebek matic.lucu jg namanya,klu skrg beda lg ada matic tapi manual,tugh motornya ktm yg mirip vario…………
    Heheheeeee……….

    Guest
  9. Secara sederhana gigi persneling bebek ganti cvt, lainnya (mesin dan rantai) sama, apa begitu? Soal power loss, gigi manual juga punya. Asyik nih, kopling kering bisa pakai oli super licin utk mesin.

    Guest
  10. @Joko
    you’ve got the point bro

    @*HM
    weks buka lapak neh he he he he he he he :mrgreen:

    @beng-beng
    Bebek Matic ? hmmm kayaknya istilah ini yang paling mendekati ya 😀

    Administrator
  11. Mas Taufik,

    Gambar ke 4 yang ada tulisan CVT ?? itu reduksi pertama (menaikkan torsi) reduksi keduanya rantai seperti bebek (cub) biasa.
    CVT yang ada beltnya, Continuous Variable Transmission.

    Asik…

    Kalau jadi masuk mau ambil silinder headnya buat modifikasi, secara sudah 4 klep.

    salam,
    bengkelsepedamotor

    Guest
  12. lah……. dulu bocorannya katanya Kawazaki, kok yang nongol Honda ??
    klo liat gambar ke-15 di world honda, motornya bukan bentuk scooter lagi ya ?? tapi kaya blade … (atau MX…hehehe)

    Guest
  13. @23 Mas Joko

    Belum tentu bia pakai oli super licin buat mesin, karena kalau menurut terawang saya kopling sentrifugalnya jadi satu dengan gigi reduksi pertama yang ada olinya, kecuali oli transmisi terpisah dengan oli mesin.
    Tetapi biar kompak dan low maitenance, biasanya digabung, apalagi letaknya berdekatan gitu.

    salam,
    bengkelsepedamotor

    Guest
  14. @ dian
    s7 gw ma u..
    Honda teknologi ny semakin di depan klo yamaha ke laut aza biz ban blkng ny msh pke tromol c jdi bloonk dhe rem ny..
    Mantaf nich klo jdi d psr’in ke INA. Bebek rs matic top markotop..
    Btw mesin ny bs fight ma mio serier ga yha,??

    Guest
  15. @26 : bro, masuk akal juga, karena saya berusaha menemukan clutch housing(mangkok kopling) malah terletak di sisi dalam menempel dng gir reduksi, sementara pada driven pulley(yg ada PER CVT-nya) gak menemukan clutch housing seperti lazimnya skuter matik,
    sebenarnya saya lebih mengharapkan kopling kering,
    mudah2an yg jadi basis produksi mesin 100-125cc dng CV-Matic ini tidak lagi thailand, walopun kecil kemungkinan,
    APHONDA akan mengeluarkan skuter retro 100cc PGM-FI(Scoopy-i dan skuter bongsor 125cc PGM-FI(CPX-125i)
    cmiiw

    Guest
  16. Mbaca artikel ini kok sy jd teringat bahwa YIMM pun sedang merintis teknologi ini sejak beberapa bulan lalu. Masalahnya di tanjakan mesin ini msh kurang bertenaga. Tinggal tunggu aja siapa yg jd first mover.

    Guest
  17. @yahon
    Yamaha T-Max bukannya masih type scooter…. cwimm.. sedangkan kalau CV Matic ini kalau melihat penjelasan di atas bisa jadi akan berbentuk bebek (mesin ditengah) yg dihubungkan dg rantai untuk pengerak roda belakan (masih terawang juga sih)

    Kalau yamaha enduro, gak tau deh kalau benar sdh menerapkan CV-Matik (gbungan matic dg penggerak rantai ke roda belakang) berarti Yamaha sebenarnya sdh lebih dulu mematenkan sistem ini… Trus CV-Matic Hoda yang akan dikeluarkan ini apanya yang dipatenkan ya? (sampai 14 teknologi yang dipatentkan)… mohon pencerahan

    Guest
  18. semakin lama segala sesuatu dibuat untuk memberikan kenyamanan buat manusia..acungan jempol untuk honda..tapiii, seandainya kita terlalu tergantung dengan mesin, apa jadinya tubuh kita???

    Guest
  19. Honda bisaan euy, aplikasi teknologi kayak gini buat bebek…first mover, bener tuh yg diatas yamaha t-max ama cross nya yamaha udah pake teknologi semacam, bahkan bisa dilihat di aprilia mana 850…cvt pake rantai juga tuh 🙂 yang jelas kalo selama ini pake merek selain h…a (trmasuk gw) patut ditunggu nih yang kayak gini. Ayo y…..a, s…..ki, dll bikin juga mesin kek gini buat kelas sport >150 cc kan jadi sport touring yang nyaman tuh (lagian udah nyampe orang bengkel mah, yg kyk gini abis juga di modif hehehe)

    Guest
  20. @Mas Imam#26
    oo githu tho *manut2 ae 😀
    makanya saya kasih tanda tanya he he he eh maklum newbie sama bongkar mesin 😀

    @Kang Yahon#31
    matur tengkiu penguatan dan penjelasnnya:)

    Administrator
  21. mas taufik kalo di INA,gosipnya yamaha mau brojolin.
    tapi masih ada problem di tes enduronya,
    matic tapi pake rantai,kalo gak salah di yamaha philipine sdh mas pro duluan.

    Guest
  22. @Yahon
    Dab? singkatan apa siyy?? (bloon mode on)
    Yes..yamaha enduro dg cvt…..IC.

    Hmmm…jalur itu ya…itu jalur mudik pake spd motor saia tiap tahun dr Jakarta – cikampek – subang – jalan cagak – sumedang – situraja- (gak nyampe ke wado).
    Klo jalur jl. cagak ke sumedang skrng sdh cukup bagus walaupun sempit… sumedang – situraja leucir aspalna. situraja – wado….(waduh dah 5 tahun gak lewat ke sana euy)…
    btw: mang bro pernah lwt jalur tersebut ya? Mo ke Garut?
    1-5 tahun ke depan bakal rame bro jalur ke wado dg adanya pembangunan waduk Jatigede, sekarang aja dah mulai rame

    Guest
  23. Wah ini menarik sekali.
    Saya mau komen ya Bros (kalo salah mohon koreksi):
    Saya pemilik Honda Jazz lama (loh apa hubungannya?). Mobil ini memiliki sistem transmisi yang sama dengan skuter. Yaitu CVT matic.
    Tapi kenapa CVT skuter tidak bisa sehemat bebek? Bros pasti sudah tau semua bahwa di skuter banyak tenaga yang hilang percuma saat skuter mulai berjalan dari kondisi diam. Ini karena sistem CVT menggunakan roller2 centrifugal yang bekerja berdasarkan prinsip fisika gaya sentrifugal massa benda yang berputar. Jadi perubahan rasio transmisi skuter hanya berubah berdasarkan putaran mesin. Makin tinggi makin membuat roller makin terlempar. Jika beban bertambah, maka akan tercipta kesetimbangan antara putaran mesin dengan beban (skuter tidak akan berakselerasi lagi, artinya kecepatannya tidak bertambah, misalnya saat tanjakan atau kecepatan topspeed tercapai).
    Mengenai transmisi Jazz yang sama2 CVT, perubahan rasio transmisinya diatur oleh komputer. Jadi disesuaikan dengan kondisi beban mobil.
    Ini yang membuat semua tenaga mesin tersalurkan dan terpakai sempurna tanpa terbuang percuma. Berbeda dengan sistem roda gigi pada persneling mobil/motor.Misalnya kita jalan pada gigi tertentu, putaran mesin akan naik linear terhadap kecepatan kendaraan. Padahal sebenarnya tidak memerlukan putaran segitu pada kecepatan tertentu.
    Pada CVT Jazz putaran mesin diatur secukupnya yang dibutuhkan. Ambil contoh saja pada jazz saya (bandingkan dengan sistem roda gigi yang Bro tau..): Pada kecepatan 40kpj mesin masih mampu pada putaran 1100RPM, 60KPJ=1400RPM, 80KPJ=1900RPM. Ini kuncinya penghematan yang bisa didapatkan dengan prinsip CVT. Mesin hanya berputar pada putaran yang dibutuhkan oleh beban/kecepatan kendaraan. Ini tidak akan bisa didapatkan di sistem roda gigi karena kenaikan putaran vs kecepatan bersifat linear.

    Nah kembali ke bahasan utama: jika Honda menambahkan alat kontrol elektronik pada motornya ini, maka menurut saya dengan cara berkendara yang normal, maka motor ini bisa menjadi motor paling irit di kelasnya.
    Itu saja Bros, mohon maaf sekali ya kalau kepanjangan.
    Jika ada yang salah mohon maaf & koreksinya.

    Guest
  24. @ edy dargo

    mirip mobil, kalo honda dinamakan CVT dan toyota VVTI

    +++++++++++++++++++++++++++++++

    mungkin maksud anda…kalo di honda VTEC..kalo di toyota VVTi

    Guest
  25. Yamaha konon sedang mengembangkan “proyek sangat rahasia”, yakni mengembangkan bebek spesies baru. Jangan-jangan juga BETIK (Bebek matic). Bisa nongol bareng nich!

    Oh ya, yang mau data AISI lap ke-8, nih aye kasih! Honda Juara Lagi, tuh. Tapi Yamaha semntara tetap Nomer 1 (sampai lap-8). Lengkapnya ane kutipkan:
    “Dari data AISI, bulan lalu Honda mampu menjual sebanyak 292.268 unit. Dikuntit ketat rival abadinya Yamaha dengan perolehan 280.454 unit, Suzuki 48.437 unit, dan Kawasaki 6.611 unit.

    Dengan perolehan penjualan di atas, artinya persaingan antara dua merek teratas akan makin seru. Merek berlambang sayap mengepak mampu kembali memimpin penjualan bulanan pada Agustus 2009.

    Tapi, sepanjang delapan bulan pertama tahun ini merek garputala masih bercokol di puncak dengan penjualan sebanyak 1.704.978 unit atau berada di atas Honda yang hanya 1.700.225 unit. Sebelumnya, Yamaha mampu memimpin penjualan pada periode April, Mei, Juni, dan Juli 2009.”

    Guest
  26. @Bluenote
    wah penjelasan yang cukup Komprehensip !! makasih bro

    @Deen
    1,7 juta x 2 = 3,4 Juta motor…pantesan jalur Bogor -Depok makin hari makin penuh aja hi hi hi 😀

    Administrator
  27. @55 Adesum…
    hehehehehe….
    Dab=Mas=Aa=Kang…orang Jogja & sekitarnya manggilnya Dab…

    Ini jalur faforit-ku waktu mudik dulu …
    semenjak ada tol Cipularang jadi ndak pernah lewat lg….tapi tahu sumedang tetep kebagian di Cileunyi…
    pengen lewat sana lg…

    Guest
  28. Mas Topik
    kalo ditikik-tilik sepertinya mesin injeksi..benar kah???

    Keren nih..layak ditunggu..
    kalo betik yamaha sama kawasaki injeksi??ada yang tau infonya ???

    Guest
  29. hahahahaha..mantab dah,,klo bisa masukin juga dnk model shiftronic/triptonic ke indonesia, jadi kayak honda DN-O1,,matik bisa,,manual juga bisa….!!!btw ne produk mw di patenin ya???lah..misalnya di patenin berarti klo ada pabrikan lain yg mengembangkan CVmatik gak boleh dnk….

    Guest
  30. 56. bluenote

    penjelasan yang lebih oke bro ! thanks !

    Kog ga terpikirkan sama saya ya , kalo bisa dianalogikan dengan prinsip kerja CVT di honda jazz ? ( soale saya ga punya honda jazz kali ya ? )

    KOMPUTER = ECU ?

    Guest
  31. asal tangki bensin didepan aja dan bodi dbikin modern sporty stylish gt gabungan antara vario techno sama cs-1 mungkin keren juga. biar power gak ketekan sama bobot tangki bensin yang berada dibagian belakang bodi. bgtu sampe ban, power loss sangat minim. apalagi kalo dibikin dua varian, monoshock / dualshock, sehingga lebih banyak peminatnya. untuk mesin, honda emang gak ada matinya. asal jangan seperti tigi yang slalu dianak tirikan sama honda sendiri. cuma dibeliin baju doank, peforma tetep gda perkembangan.

    Guest
  32. @Adesum
    DAB = MAS
    asalnya dari huruf jawa hanacaraka datasawala padajayanya magabathanga di rubah padajayanya magabathanga hanacaraka datasawala.
    jadi Ma –> Da, Sa –> Ba…
    bingung ???

    Guest
  33. @bengkelsepedamotor
    Makasih penjelasannya bro, padahal sudah ngimpi kopling kering di bebek.
    Ada yang pernah pegang pelek belakang matic yang habis ngebut atau bawa beban berat? Jadi nggak pede bawa matic ngebut.

    Guest
  34. @64 Adiet…
    diet…kalau ndes=gondes
    ndes nama pendeknya saja …
    contoh = hei ndes…arep neng ngendi ?
    bhs indonesia = hei ndes…mau kemana ?
    ndes hanya bahasa panggilan gaul yg digunakan antar cowok terutama abg.
    @76 mig29
    hahahahaha mig..mig…sekali-kali cobain…pasti ketagihan…
    kalau aq bw matic…cepet ngantuk….

    peace all..

    Guest
  35. @Adiet64
    wakakakakak……..
    ya ndak sama, ndes (gondes) buat temen akrab (jatim style). Kalo baru kenal terus disapa gondes, iso bacok’an…
    kalo Dab, yogya style, daerah’e den mas Yahon…
    Malang style = Sam

    ngeten tho dab yahon

    Guest
  36. Hmmmm…matic lagi ya…
    Sama dengan Mig29, nggak suka matic….

    Tapi gw sepakat, teknologi CVT seperti ini sudah jamak di roda 4.
    Mungkin yang dipatenkan Honda dan Yamaha itu bukan teknologi CVT-nya tapi teknologi pendukungnya/controlnya yang memungkinkannya menjadi efektif diterapkan di sepeda motor. CMIIW.

    Ngemeng-ngemeng, ada anak negeri yang cukup pakar soal CVT ini.
    Namanya Widya apa gitu, lulusan Teknik Mesin Undip. Sekarang jadi dosen di Universitas Negeri Semarang kalo nggak salah.
    Tugas akhirnya dulu membuat CVT yang dikombinasi dengan planetary gear.
    Ingat dulu pernah baca di surat kabar.

    Guest
  37. betul, “dab” bahasa dagadu (matamu)…! kalau “sam” arek “ngalam” yang punya, tapi kalo ndes hanya untuk temen akrab, ndes = gondes, bisa jadi dari gonderong ndeso.. hihihi

    Guest
  38. sayang ni motor cc nya cuma 110 katanya…
    padahal gw dah demen banget sama konsepnya yang tipe cub, tapi matic.. hmm, kenapa ya honda kayaknya banyak banget yang 110 nya ?? apa honda takut porudk baruny bakal ngurangi peminat supra x ??

    Guest
  39. @91
    Prinsip hemat BBM bro, kalo cc besar pasti boros BBM, ingat… minyak bumi mau habis…mungkin akan meroket lagi harganya, ok….?

    Guest
  40. klo bener ini motor bkl keluar puasti hebat…. tp sy g ngerti mesin…sy kira rante keteng di ubah jd belt… bener g?

    Guest
  41. Mudah2an Indonesia diprioritaskan untuk memunculkan bebek dengan mesin seperti ini, rasa-rasanya paling cocok untuk membelah kecematan ibu kota!

    Pada pertarungan Yamaha Vs Honda akhirnya yang menang konsumen! tul gak om?

    Guest
  42. Salut Buat Honda Astro Motor. Dalam 1 dasawarsa terakhir inovasi Honda meningkat drastis dan berhasil menelurkan motor-motor berbagai jenis dengan variasi teknologi yang beragam. Tidak hanya motor, demikian pula dengan mobil buatan Honda yang semakin meningkat teknologinya. Info untuk para bloger ttg we mobil bekas, bisa visit ke mobil bekasIndonesia

    Guest
  43. alah sama ajja lah, mau Vmatic mau ycat 22nya sami mawon cuma beda namanya aja,,,
    kalo mau buat teknologi yang bner bner gress di motor bebek kayak klep variabel kalo toyota namainnya vvt-i ato di honda i-vtec.
    trus transmisinya knapa gak pake tiptronic aja yang bisa manual ato otomatis,

    kan kalo Vmatic ato Ycat itu teknologi transmisi otomatis yang paling primitif,,,itu teknologo yang uddah kuno

    Guest
  44. kapan New CBR 150 RR diproduksi AHM indonesia???
    sudah lama tidak ada kabar lagi.
    mau beli motor Sport yang lain tapi sudah cinta mati dengan HONDA. yang CBR 150 lama sudah banyak tiruannya dari CHINA jadi ogah beli.
    Mohon secepat AHM indonesia memproduksi motor sport tersebut.
    jangan maau kalah dengan merk lain, Kawasaki ninja 250RR saja yang harganya selangit laris manis, kenapa tidak buat HONDA.

    Guest
  45. gue mau tanya nih, untuk tipe skubek ini, kalau jalan turun ada yang nahan nggak, kaya bebek-bebek honda lainnya bisa pake gigi 1 ?. kalau bisa, honda memang oke punya

    Guest
  46. @109
    yg gw tau klo naik matic pd saat turunan, gas jgn ditutup abis, sisain dikit. klo ditutup abis putaran mesin jd free/loss… cmiiw

    Guest
  47. wah ni teknologi kayaknya gak asing bwt aq??
    ni teknologi mesi yamaha yank type lexam coba cari gambarnya di internet!

    Guest
  48. wah…gw salutin bwt…honda….tar GW KEMBANGIN LAGI TEKNOLOGI TERSEBUT..MEMAKAI BAHAN BAKAR… AIR…DOAIN YAH

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here