Saya posting komentar Bro Mocer  untuk mengapresiasi komentarnya pada artikel YMKI Ragu YMKI Rugi. Patut di perhatikan tulisan ini adalah pendapat Prbadinya bro moncer, bukan generalisasi . . . Silah kan disimak, Thks bro moncer

yamaha_fz16_headlightIni motor (Yamaha Byson) menjual desain. karena menyasar segmen sport low entry, mau gak mau Byson dibandrol dengan harga miring dengan konsekuensi mesin dan fitur lainnya ga terlalu advance. Lantas apa yg dijual? Desainnya! Untuk ukuran sport lokal, desain Byson ini mempunyai keunggulan komparatif. Kalo yang lain pointnya 7, Bison ini layak dapat poin 8 atau 8.5 lah. Bisakah konsumen menerima Byson yg minim fitur mesin n teknologi? (jawabnya) Bisa, kenapa? dimata Produsen/ATPM, mayoritas konsumen kita didominasi type konsumen Dumb yg menekankan fungsi dan harga sehingga harus disiasati dengan desain yg cantik. Ibaratnya ga peduli gadis ato janda, yg penting cantik n sexy hehe..

Buktinya? Angka penjualan Megapro, Thunder n Mio bisa jadi contoh. Belum lagi Minerva 150 dan KLX 150 yg lumayan fenomenal. Dah gitu Megapro dan Mio meraih ICSA di kelasnya. Padahal secara mesin dan teknologi gak ada yg bisa “dibanggakan” dibandingkan pesaingnya (Meggy vs Vixi, Mio vs Vario-Beat). Gitu juga Thunder (125), Minerva dan KLX 150, Fiturnya biasa aja tapi bisa laris khan? Di rentang harga yg sama cuma ada Pulsar yg dari segi mesin dan fitur sedikit lebih unggul, tapi kan gak disupport oleh jaringan 3S plus brand image.

Bisakah Bison memangsa Vixion? Bisa terjadi jika pricingnya gak pas. Disparitas harga yang tegas (yg diimbangi peningkatan Value Vixi) bisa menciptakan segmen masing-masing sehingga tidak saling memakan. Bukankah Vega dan Jupiter Z penjualannya sama-sama bagus dan punya segmen masing-masing meskipun basic motornya sama? Apakah Yamaha bakal diolok-olok jika Bison keluar? Biasa terjadi , itu mah  bisa dialami siapa saja. Toh Yamaha udah biasa diolok-olok (dan juga mengolok-olok hehe..). Sebelum meluncur, Vega ZR juga sering diolok-olok kerap dibandingkan ama Blade yg begitu dipuja-puji (saat itu kehadiran abs revo luput dr perhatian sehingga gak masuk perbandingan) tapi nyatanya nasibnya berbanding terbalik kan? ZR ternyata bisa sukses meski harus dibayar dengan strategi marketing yg sangat menguras tenaga. Sementara Blade nasibnya lebih ngenes. Contoh lain, meski Nokia memproduksi hp murah yg cuma bisa nlp-SMS tidak lantas membuat jatuh pamor Nokia yg identik dg Hp kaya inovasi kan?

IMHO, dengan desain yang cantik Byson punya starting poin yg lebih baik ketimbang ZR yg berpenampilan (maaf) seadanya. Dengan demikian, nanti YMKI ga harus terlalu menguras energi seperti saat menjual ZR. Akhirnya, dengan faktor-faktor d atas menurut saya Byson berpotensi jadi motor sejuta umat kayak Thunder ato Meggy. Jangan anggap remeh segmen Low Entry karena di sanalah pasar sesungguhnya berada.

122 COMMENTS

  1. Setuju kang Taufik. Konsumen Indonesia mayoritas masih mengutamakan desain, harga dan brand image. Desain dan merk, Byson dah dapet, tinggal penerapan pricing nya yg tepat. Ngomong2 dah libur blm kang Taufik? Kalo aku sih udah. Sorry OOT…

    Taufik:
    Aku udah dari kemaren..makanya lebih bisa fokus ibadah + Ngeblog 😀

    Guest
  2. aku sangat setuju kalimat terakhir mas taufik …..
    ———
    Jangan anggap remeh segmen Low Entry karena di sanalah pasar sesungguhnya berada.
    ———

    dan di segmen ini kelebihan fitur nggak bisa dijadikan senjata utama.

    Guest
  3. akhirnya……
    setelah bertahun2… (halah)
    bisa rebut juga podium… pertama lagi. untung pake ninja, hehehe…
    “motor sejuta umat”?, bener juga Mas. kalo dipikir2 bila hanya menjual desain (body, velg+ban lebar, lamps , knalpot & monoshock) dan technology (speedo digital) kayaknya gak akan mengangkat harga dengan pertimbangan mesin yang tidak lebih baik dari vixion. Tapi kembali lagi bila kita melihat sisi yang saling berkebalikan dengan vixi (desain kalah dengan byson tapi mesin canggih), apakah tidak sebaiknya YMKI memasang harga yang sama? kecuali bila vixi mengalami face lift pada saat peluncuran byson (misal: vixion X dengan body R15, double disk brake + velg & ban lebar, dan knalpot yg lebih baik lagi), akan lebih masuk akal si-vixi gak akan termakan oleh calon adik kandungnya sendiri. mudah2an harapan saya terkabul. aminnn… (habis dari dulu saya pernah berharap pnya vixi–krn mesinnya–tapi gak ksampaian T.T)

    Guest
  4. ^ Yoi Nick . ..
    bayangin aja nulis komentar ampe segitu panjang . . . mudah-mudahan nggak berlebihan bila saya bilang patut di apresiasikan . . .mudah2han bisa melecut bro moncer agar bisa membangun ruang opini pribadi kedepan…
    * alias ngomporin bikin blog motor 😛

    Administrator
  5. good analysis…
    berarti untuk memungkinkan byson dapat laris manis pricing strategy_nya gak boleh dianggap remeh…jangan sampe malah jadi boomerang nantinya….
    memang benar target market nya di low entry yang notabene lebih mengedepankan fungsi dan harga, pada segmen ini teknology mungkin kurang dipehatikan namun melihat tampilan dari FZ itu sendiri bakal menjadi senjata jitu untuk merebut pasar seandainya bener2 diperuntukkan market low entry yang pastinya dengan harga yang gak neko2 paling tidak kalo dulu vixy di buka pada kisaran 17-18, adiknya ini mungkin pantas di buka mulai harga kisaran 16-17, yakin bakalan laku dan membabat habis pasar motor sport low entry..
    mudah2n jadi brojol biar vixy ada temennya di garasi kasihan gak pake baju kedinginan sendirian..

    Guest
  6. Waduh ane jadi malu kang Opik. Terima kasih atas kehormatan yang diberikan Kang Opik. Sebenarnya itu cuma analisa umum, ga ada yg spesial.
    Kalo bikin blog sendiri pengen mah pengen cuma susah cari inspirasi, dah gt saya ga punya akses ke sumber berita kayak kang Opik, mas 3 ato om Giri (om Giri ane comot istilah Dumb-nya).
    Sakali deui haturnuhun

    Guest
  7. hidup bro moncer. kali ini bro moncer lah bintangnya. sekalian dah bro moncer / bro taufik sampaikan dah uneg2x dihati. kalau si byson jadi launchingnya tolong dah diganti nama. illfill dah gua. kayak ngak ada nama lain aza.

    Guest
  8. Menurut saya kehadiran Bison bukannya akan membunuh kakaknya sendiri yaitu Vixion. Kalau di dunia marketing ini adalah strategi jepit (sandwich strategy), di mana Honda MegaPro akan dijepit oleh Bison dilevel bawah dan dijepit oleh Vixion di level atas. Strategi ini sama seperti yang dilakukan YMKI ketika menjepit Supra X dengan Jupiter Z di level bawah dan Jupiter MX di level atas.

    Saya sangat salut dengan sandwich strategy yang dilakukan oleh YMKI, sebab Megapro adalah icon kebanggaan Honda yang sudah menjadi raja bertahun-tahun di masa lampau dan di masa sekarang strategi YMKI ini hanya tinggal nunggu waktu untuk semakin meruntuhkan dominasi MegaPro di tanah air.

    Guest
  9. @jeng kelin
    halo jeng …
    Dumb artinya :
    Membeli yang sangat dibutuhkan dan begitu price-oriented
    tapi bukan berarti yg Snob dan Smart tidak bisa memiliki loh…

    ok..kah…?

    peace

    Guest
  10. @Togar
    hi hi hi sebenarnya sama kayak saya . . . tapi mo gimana lagi hi hi hi

    ***
    @Kang Yahon
    tadi nya mo saya jawab . . . tapi sampeyan ternyata jawabannya lebih pas bahasanya he he he he

    Administrator
  11. setuju!
    kalau saya sih yang penting motor batangan, irit, cakep. hehe…
    pengalaman tiger kemarin soalnya. bensinnya, ehem….

    o iya mas taufik, bison yang rencananya mo di launch itu ada kick stater nya nggak? soale si fz kan nggak ada. mending kick stater tok daripapada elektrik stater tok

    Guest
  12. ^
    Tiger juga irit kok . . .dulu pengalama saya . . .jarang nyentuh dibawah 1:30 mileagenya . . .tergantung gaya riding kali yee

    kalo yg dilihat di spyshot sih ada kik starternya…atau . . . dipaksain pake kik starter? he he he he

    kalo yg versi india sih nggak ada kik starter nya deh

    Administrator
  13. Gua sih masih ragu2 ni motor masuk kategori “low entry”… apalagi kl dibandingin sm Vixion…
    Bro Moncer dan bro Taufik jangan terlalu fokus dg “spec”… kalo sampeyan2 jeli… “desain cantik” as bro Moncer said, kalo kita perhatikan lg dg detail dan kmdn dirasionalisasikan, nalarnya gak ketemu bakal bisa dijual murah (dibanding Vixion)… karna biaya produksinya mahal…
    Contoh:
    – Lampu non-bulet
    – Muffler non-bulet atau non-oval
    – dan yg paling “fatal”… Pada tau gak kalo itu tangkinya 3 pieces?… 4 malahan… (CMIIW). Di FZ16 kl gak salah tangki utama “dikondomin” dg 3 pcs plastic cover…
    – dsb.
    Itulah yg bikin gua bingung… tp entahlah… berharap positif aja, smoga harganya gak terlalu mahal… Krn menurut gua sih brand motor yg satu ini adalah yg paling “cerdik” utk masalah mengolah tampilan… 🙂 {cth: swing arm MX & Vixion}

    Sniff… sniff…

    Guest
  14. @jeng Kellin
    untuk mengetahui lebih jelas pembagian karakter konsumen, monggo dilihat blognya Mas Girifumi/prado2.com, kebetulan comment sy terinspirasi dari artikel tersebut. Betul seperti yg dibilang mas Yahon.
    Karena Memang sebagian besar masyarakat kita membeli dengan mengedepankan pertimbangan fungsi dan harga, jadi dia membeli yg benar-benar dibutuhkan, yg penting kebutuhan dasar terpenuhi. Gak cuma motor, tapi produk yg lain juga. Co mobil: yg laris Xeniavanza yg harganya terjangkau, meski minim fitur tapi bisa memenuhi kebutuhan dasar transportasi

    Guest
  15. blum ada kepastian harga kan? inget kan dulu 2007 vixion digadang2 dgn harga 15-16? bongkar2 deh arsip kafemotor dan seraya motor.. ternyata keluarnya 17,5..
    saia setuju dgn guspur utk masalah ini.. fz16 semuanya baru.. ga ada (sedikit) part yg dipake bareng dgn vixion dan scorpio.. tapi ya kita liat aja nanti sama2 klo udah launch..
    laris? saia yakin laris krn segmen mtr laki yg lebih penting desain..

    @mas taufik
    ditetapkan aja tiap minggu ada cotw.. kasi hadiah ya biar pada semangat hehe..

    @15 situ norak..

    Guest
  16. @om Gus
    salah satu yg sy khawatirkan sbg calon peminat kalo ternyata lebih mahal, apalagi Otomotif memberi sinyal serupa om Gus.
    @xb
    YMKI berani masang Vixi seharga gt karena tingginya animo publik. Saat itu YMKI cukup cerdik “mengelola” rasa penasaran publik. Apalagi saat itu gak ada produk kompetitor yg price to value-nya setara. meggy yg disasar Vixi jg udah seharga 17 (cmiiw)

    Guest
  17. RASANYA TIDAK MUNGKIN BYSON INI DIHARGAI DIBAWAH VIXION

    Vixion-nya pasti nonggeng..
    Percayalah ini pasti dijual lebih mahal..

    Guest
  18. atau mungkin bisa seharga vixion sekarang dan vixion naik harga dengan beberapa tambahan fitur (misalnya…speedo digital + rem belakang cakram atau apalah….)

    Guest
  19. Oh ya om Gus, keyakinan sy bahwa FZ masuk level low entry juga tak lepas dari statemen Dion Betty taun lalu d media bahwa mereka nyiapin sport murah buat gantiin RX King, selain itu jauh hari sebelum gönjang-ganjing FZ sumber lain menyatakan bahwa Vixi bakal di set buat menghadapi Tiger smentara Meggy dhadapi type baru

    Guest
  20. @moncer
    yak sama dgn keadaan skrg, animo konsumen tinggi terhadap byson..
    saia sih tetep memandang byson dibawah vixion.. tapi ndak yakin di range 16-17..
    imo, rangenya 18-19..
    ymki ndak ada alesan kuatir tho? toh megapro ada di angka 20..

    Guest
  21. @xb
    untuk range 16-17 emang gak mungkin, udah gak realistis. Harga segitu udah masuk sarangnya bebek premium, YMKI tentu ogah ngasih segitu. Apalagi kompetitor seperti TVS n Bajaj maupun Meggy dah di atas 18

    Guest
  22. @moncer
    Sayangnya kl saya gak pernah percaya statement petinggi pabrikan di media… hehehehehehe…
    Cth: Vega ZR >> lampu sein orange, behel & boncenger step pipa, remove gear pos. indicator >> murah >> low entry
    Byson >> tangki 4 pieces, knalpot kotak, lampu persegi, ban lebar >> bikinnya mahal >> harganya bingung :mrgreen:

    Sniff… sniff…

    Taufik:
    bukannya tangki 6 pack :mrgreen:

    Guest
  23. @om gus
    yah sebagai konsumen biasa mah ane cuma bisa berharap tetep segitu, kalo gak ya Pulsar aja lah (ngancam mode hehe..).
    Tapi gmana jika liat pengalaman MX ato Vixi om Gus? Mereka kan berani ngasih harga setara kompetitor tapi dengan kelebihan d sektor mesin. Ane sih berharap YMKI menerapkan hal yg sama

    Guest
  24. @MOncer
    MX sama Vixi pas… Kalo mau merhatiin detail spt yg gua bilang td… brand Y ini paling cerdik dlm hal tampilan… salah satunya gimana caranya part2 yg murah tampak mahal, dan yg mahal terkespos mahal… demikian jg dg pengoptimalan common parts…
    Nha yg FZ16/Byson ini gua msih belom “tinemu nalar”… 😀

    Sniff… sniff…

    Guest
  25. @Guspur , moncer ,xb , stoner

    mari lihat apa yg tidak dipunyai Byson di Vixion…
    1. Rangka dgn Delta Box
    2. Liquid Coolled
    3. 4 Valve
    4. Injection
    yg lainnya ( ban lebar , arm , lampu , knalpot , panel ) bukan dominan atau sisi lebih , jadi bagian ini masih bisa dibilang relatif….
    ditambah dgn asumsi berapa nanti penerimaan konsumen , maka harga satuan per item part bisa ditekan ( lot besar harga murah , lot kecil muahall )
    imho…pendapat saya ini low entry sport YMKI
    Buat Vixion untuk up-grade tampilan juga lebih mudah dgn comot kaki2 + lampu. ingat pertama kali prototype V-Ixion di PRJ , Yamaha-VIPER

    peace

    Guest
  26. @ guspur no 24

    ane malah gak demen swing arms mx & vixy dan setahu saya banyak yang mengeluhkan swingarms mx coz setelan rante agak susah dan gampang berubah untuk perjalanan jauh.

    Guest
  27. @yahon
    ho oh mas.. saia generally stuju dgn mas moncer hanya dibagian fz16 itu low level yg kurang stuju.. menurut saia ini middle krn low itu ada thunder dan xcd.. klo fz16 dibilang low, brarti harga disekitar thunder yah katakanlah 16-17..
    imo, fz16 termasuk middle (brantemnya sama megapro, apache, p180 dan vixion) dan harga ga jauh dibwh vixion yg middle juga.. knapa ga jauh, krn sebagian besar part baru..
    tapi klo low nya hanya dari sisi ymki ya he eh..

    Guest
  28. @lordubay
    Waduh gak tau kl utk kondisi pemakaiannya ya? cm kl scr tampilan doi cerdik… swing arm dr pipa kotak digepengin, tp sisi flat-nya di luar… jd kl dr samping tampak kokoh… trus apa bedanya sama swing arm Supra?… kl Supra flatnya di dalem…
    Trus kenapa motor2 laen gak ada yg bikin kyk punya Y aja? swing arm gepeng di dalem? kl gak salah denger itu sudah dipatenkan oleh Yamaha… hehehehe… cerdik kan? 🙂

    @all
    Yowis lah, kita liat saja nanti… drpd menalar gak nemu2… mending mikirin nuker duit receh buat ponakan2 ntar lebaran… 😀

    Sniff… sniff…

    Guest
  29. @lord..
    masalahnya bukan di setelannya..tapi dari kualitas rantainya…
    biasanya temen2 ngganti rante dengan kepunyaan Megapro , Satria 120R atau RX-King , pokokknya yg 428H.

    peace

    Guest
  30. masi pada inget ga bro pertamakali vixi dikeluarin, itu di jual rugi sama ymki. Bukan tdk mungkin bison juga akan begitu pada permulaannya, hingga sekarang sudah berapa kali vixi naik harga ? Dari permulaan keluar dibandrol cuma 17 jt an. Perkiraan saya harga vixi akan mengalami kenaikan lg setelah bison ini dikeluarkan. Karna antara bison dan vixi ini harus ada ruang diferensiasi harga yg “signifikan” kalo tdk mau terjadi saling kanibal penjualan. Kemudian juga, rasa2nya hampir tdk mungkin dgn 2 naked sportbike harus dijual dgn segmen yg sama. Atau vixi tukeran segmen menjadi low end sport bike ? Lbh tdk mungkin kalo menurut saya. La wong full injection dgn karburator masa mau disamakan ? Sedangkan kita tau semua, saat ini mtr atpm di indonesia yg plng hitech ya yg menggunakan fitur full injeksi ( computerized) . Menyimpulkan opini saya, YMKI bakal kasi bandrol buat bison dgn trik yg sama dgn vixi dahulu. Setelah itu dalam kurun 1 tahun paling lama setelah launching pasti bakal ada kenaikan harga. Trik inilah yg menghipnotis konsumen seolah2 ini motor dgn harga yg murah. Memang murah pada awalnya, tp kemudian naik. Di siasati lagi dgn parts yg awet, jadi konsumen merasanya, “ini sudah pantas”, dan puas.

    Guest
  31. kualitas rantai std yamaha masih lumayan bagus kog. Gearnya termasuk bahan metal yg lumayan keras juga walaupun dgn sistim pembuatan di cor. Untuk pemakaian sampe 15rb KM, belum lancip kog. Karna setau saya gear yg keras biasanya dari hasil baja yg ditempa + reaksi kimia. Kebetulan juga mx dan vixi pake rante DID, jadi seharusnya minim penyetelan. Kalaupun memang harus disetel, biasanya karna kondisi tertentu, misalkan beban rante terlalu berat, ban sering kurang angin, dan pelumasan dgn oli bekas. Akibatnya rante mulur. vixi saya , rante dan gear ganti dgn merek SHINOBB ( maaf bukan promo ), sdh 3 bulan pemakaian kurang lbh 10rb Km, setelan indikator masih 1,5 dari angka pol abisnya 7. Buatan lokal, buatan cibubur tp kualitas lumayan bagus kalo menurut saya. Getaran rante dan suara gesekan rante hampir ga kedengaran. Cuwa wus,wus, suara angin yg menabrak body mtr, bukan suara kretek, kretek !

    Guest
  32. setuju sama mbah guspur kalo swing arm vixi cuma pipa kotak yg digepengin. Tambah lg gus, itu rangka delta box, keliatan keren memang, tapi sebetulnya sasisnya berbasis pipa dgn rongga didalamnya dan berbahan metal yg ringan. Makanya kalo bawa vixi ini handling biker berperan, soalnya kalo kena angin dijalanan seringkali turbulansi alias mlintir, goyang dombret.

    Guest
  33. @CHM..
    coba perhatikan dgn seksama …setelan rantai di MX ato Vixie…
    posisinya bagaimana ….bandingkan dengan motor lain yg model arm penyet…
    total ketebalannya memang hampir sama…tapi ada bedanya …

    hayo apa..?

    Guest
  34. @ *HM=CHM

    asumsiku, yamaha ngasih harga murah coz belum teruji bener barangnya. contohnya ya mx & vixy, produksi awal harga memang murah tapi bermasalah. mx di mono shock & vixy di fuel pump. kalo aku mending liat2 dulu minimal 1 tahun, ada masalah gak. dah gitu kalo mesti kridit macam vixy kemaren ngak deh coz jadi maenan orang diler.

    hm… pantesan pernah nyoba vixy koq kaya make bebek ya, enteng (melayang)

    Guest
  35. @ chm

    ha ha ha..
    motor bisa goyang dombret….

    lha motor saya yang super jadul…nyalib bis aja anteng…
    tapi memang….berat sekali bobotnya…ha ha ha
    tambat berat badan saya..udah deh…jadi 200 kilo lebih…

    Guest
  36. sebenarnya akan lebih bijak bagi yamaha untuk mennggunakan frame fz 16 untuk menghidupkan kembali scorpio! gunakan mesin scorpio lalu tempel pada frame fz 16 pasti bisa memangkas biaya produksi. selain itu soal pricing strategy yamaha tidak akan bingung sebab harganya bisa head-to-head dengan tiger soale dari segi kapasitas dan teknologi keduanya nyaris sama. namun apabila yamaha tetap ngotot dengan mesin 160 cc sepertinya mereka telah melakukan hal sia-sia sebab sekarang yamaha telah berhasil mendominasi pasar motor sport di bawah 200cc sementara untuk pasar motor sport 200 cc yamaha baru bisa menguasai, lebih baik yamaha fokus ke motor sport 200cc untuk menewaskan tiger supaya tiada rival. tapi apa boleh buat nasi sudah jadi bubur

    Guest
  37. Setuju buat guspur..Selain itu yamaha lebih mementingkan fungsi daripada detil2 pd partnya,misal cakram flat tanpa dicat,desain bodi yg minim lekuk2an aneh,sein kuning(bahkan di r1 skalipun!),spion yg simpel dll….

    Guest
  38. honda denger denger mau ngeluarin honda unicorn ,,, dengan fitur yg ok.. mono sok lagi tolong bung taufik .. kupas tuntas honda unicorn nya ,,,, pokoke sangt sangat cimiw,,, penggantinya mega pro gitu loh

    Guest
  39. @anjas
    Megapronya ntar mau dikmanain,kan baru beli 😀

    Oot
    Nukar uang 2rb yg baru dibank ksiangan..n gagal..katanya hrs pagi2.. 🙁
    Iling kponakan bnyk bgt kyknya nanti seneng..
    Besok sore mudik,tp ni mlh sakit gigi gmna nih 🙁

    Guest
  40. Vixy generasi awal jual rugi..??
    Pantesan fuel pump bermasalah..
    Hahaha
    :mrgreen:

    Si bison ini..
    Gimana kalo ternyata harganya tembus 20juta..??
    Katakanlah antara 20juta-21juta..
    😀

    Guest
  41. 36 guspur, knalpot kotak, ntu pan cuma main di covernya aja (lihat baut-baut kecil disekitarnya) paling rada susah di proses trimming, tp tinggal dibuffing dah beres.
    kl muffler berbentuk 1/3 lingkaran sih pernah lihat mesin buatan jepun yg punya proses bending & tig welding dalam 1 mesin, hebad idenya..

    Guest
  42. @nick
    Wah, duit 2rebuan emang laku om
    Tapi kalo beruntung diluar bank2 malah banyak loh orang yang nyediain 2ribuan buat dituker
    Tadi di depan toko baju liat ada bapak2 pegang 2 gepok duit 2rebuan
    :mrgreen:
    Mau mudik koq sakit gigi om, kepiye jeh

    Guest
  43. Fraz
    Iya nich gak tau bysone skit gi2 kcentok makan sotopedas mgkn
    🙁
    Mastaufik,
    Mgkn dapet se-garasi rumah smpean 😀
    Btw warna uangnya wah lho sbnernya..
    Kyk uang gedhe kesannya..

    Oiya,bntar lg fraziel inden byson
    Ditunggu pestanee wkwkw

    Guest
  44. belum nick….
    Ini baru 69
    Wkakakkkkkkkaaaa….
    🙂

    Tadi siang,saia jg cari uang 2ribuan dapat 400rb…..terasa orang paling kaya aja pegang uang 2rb sgitu….
    🙂

    Guest
  45. 43. lordubay
    ane malah gak demen swing arms mx & vixy dan setahu saya banyak yang mengeluhkan swingarms mx coz setelan rante agak susah dan gampang berubah untuk perjalanan jauh.

    47. guspur
    trus apa bedanya sama swing arm Supra?… kl Supra flatnya di dalem…
    Trus kenapa motor2 laen gak ada yg bikin kyk punya Y aja? swing arm gepeng di dalem? kl gak salah denger itu sudah dipatenkan oleh Yamaha… hehehehe… cerdik kan? 🙂
    ——————————

    lho bukannya rear fork vega dan beberapa merk lain sekarang sudah mengikuti jejak rearforknya supra ?… sudah teruji dan yang jelas enggak ribet gara-gara paten…

    Guest
  46. @ 52. *HM=CHM
    iya bener banget, apalagi kalo dibawa keluar kota terus mau nyalip truk ato bus dalam kecepatan > 100kpj, goyangnya kuat banget (aerodinamika-nya kurang). btw, SHINNOB bagus banget yah??

    Nice comment to Moncer, itu beneran comment panjang segitu mas taufik (maklum, sejak pulkam ke surabaya, jarang buka internet)

    Guest
  47. Nih ane kutipkan tanggapan terbaru langsung Boss YMKI dari Kompas Otomotif:
    “Isu soal keinginan Yamaha melepas produk barunya, Byson, ke pasar akhirnya terkuak. General Manager Marketing and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi membocorkannya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Selasa (15/9). “Sekarang kami masih uji coba Byson. Jadi, kalaupun dilepas ke pasar, mungkin baru tahun depan,” ungkap Bambang.

    Guest
  48. @nick
    Udah mudik yah om..??
    Hush,, jangan ribut2 dulu..
    Malu saia,, wkwkwk
    😛

    @beng2
    Lhaa,, maluu, orang beneran nick yang dapet 69 jee
    Xixixi
    :mrgreen:

    Guest
  49. Fraz
    Iya nanti jam 5.
    To all,doain gw slmt mpe 7an yax.
    Thx

    @beng2
    Sory ya beng,tuh beneran kursi gw
    Wakakakakkkaaaaaaa
    😛

    Guest
  50. @nick69
    sendirian apa bw oleh-oleh ya…?
    oleh2 calon menantu kamsutnya…hehehehe….
    jgn lupa bwa cadangan ban dalam ye…
    klo ngantuk jgn dilawan…brenti..cucimuka…minum air putih…lalu tidur secukupnya ….ndak usah pakai ngebut..jgn smp terprovokasi kebut2-an…ingat keluarga menanti dirumah…yg penting lancar slamet..ye…amin

    Guest
  51. fraziel and nick

    Dugh…….mas taufik slalu rubah2 no komennya,padahal semalam saia lihat masih 69……….

    :p

    Hati2 mudiknya ya nick.
    Smoga slamat sampai tujuan….

    Guest
  52. bung yahon… Iya emang, kalo diliat model setelan rante vixi ini, emang aura racingnya kuat. Kedua lbh praktis dan aman daripada model mur-baut. Karna model mur-baut ini potensi alur bautnya selek sangat besar. Ngaku aja yg masi pake mur-baut ini rantenya kadang copot dan njepit disamping gear ? Iya kan ? Soal “goyang dombret” jangan salahkan vixinya, karna oleh YMKI emang sengaja didesain supaya ringan. Maksudnya agar memudahkan dalam manuver dijalanan macet, bukan untuk jalan jauh kayak pulang kampung. Makanya banyak yg ngejek mtr ini kerempeng, kaki2nya kurus ! Bagi yg ga tau ya anggapannya pasti seperti saya bilang tadi. Bagi yg tau, ini mtr sengaja dibuat lincah, ringan, irit dan cepat yaitu dgn ban dan pelek kurusnya itu. La itu yg pada doyan ngetrack liat ban mtrnya, dibikin diet super kurus, mirip ban sepeda ontel.

    Guest
  53. “Berita ini dari sumber terpercaya yang tidak perlu diragukan lagi. YMKI akan segera mengeluar dua senjata terbarunya pada awal Bulan Desember 2009 yakni Jupiter Z dengan kapasitas mesin 115cc dan Yamaha Byson.” (sumber : Sheila “Dunia Otomotif)
    Menurut mbak Sheila, akhir November atau awal Desember akan ada pertemuan Dealer Yamaha seluruh Indonesia di JCC. Saat itulah salah satu atau kedua motor ini akan diluncurkan. Motor baru dikirim ke dealer-dealer pada pertengahan Desember. Lebih awal dari statemen pak Asmarabudi yang katanya lounch pada 2010. Yang pesen saat lounch baru dapat motor dua minggu kemudian….

    Guest
  54. Hmmm apakah mungkin YMKI nggak enak ati dibilangin “Ragu” hi hi hi hi

    wew..pengumuman di umumkan pas lagi pada mudik
    coba kalo 1-2 hari sebelum ini…oom nick & mas hady pasti langsung cabut ke deler ..siyap2 inden 😛

    Administrator
  55. @fik, Gimana bro kalo dah launching, apa mo ber alih dari V-Ixionke Byson juga?, tampilannya keren beut utk motor touring, lebih kekar dari Tiger, kagak usah modif tampilannya lagi, tinggal tromolnya aja kalo mo di ganti ke cakram

    Guest
  56. Kemungkinan kedua peluru YMKI ini (Byson dan Jupiter ZZ) akan brojol bareng, awal Desember 2009. V-ixion diupgrade gak lama setelah Byson dilounching, biar ada sphare harga yang cukup dengan Byson. Mungkin harga New V-ixion di kisaran harga Tiger (24-25 jutaan). Harga segitu wajar untuk nambah fairing, cakram belakang dan sedikit ubahan pada deltabox.

    Guest
  57. sama2 produc berlambang garpu tala,monoshock,tromol belakang,tp klo gw di suruh pilih antara keduanya,gw lebih milih byson. Soalnya bro desainnya itu lho gres buanget ndk ada bandingannya laen kan dgn vixy tampangnya mirip Nr di gemukin,biar orang kata tecnologinya jadul tp penampilannya,ngapain nunggu2 cc gede toh kalo udah jalan paling rata2 100 kpj ke bawah di tambah lagi jalanan yg macet.oke deh ymki cpet2 dong di keluarin tu bison udah ku bikinin kandang nih…

    Guest
  58. Membaca koment sumber YMKI yang dikutip Tabloid Otomotif terbaru… kayaknya kita semua bakal kena tipu sama YMKI. Si Byson yang bakal brojol Desember itu bukan Byson 153cc. Tapi Byson 225 cc. Tepatnya Scorpio Berbaju FZ16. Karenanya ia diposisikan antara Vixion dan Scorpio. Mungkin sekitar 22-23 jutaan. Langsung head to head ama Tiger (yang seumur-umur gak bisa dikalahin sama Scorpio). Bukankah Sport 150cc udah jadi raja. Tambahan jualan Vixie lagi bagus-bagusnya. Tinggal kudeta Tiger untuk jadi Raja Sport Premium! YMKI berharap Scorpio berbaju FZ16 inilah yang bakal menumbangkan Tiger dari singgasananya.
    (Kata YMKI : “Rasain. Kena tipu loe pade semua!!!”)

    Guest
  59. @deen 93. yg bnr nih bro. pasti gk nih infonya. ane sgaja nunggu 2010 cm bwt indent tuh byson 150. kalo hrgny 22jt fulus ane kurang.

    Guest
  60. wakakaka..!!! kayanya adek – kaka bakal bunuh2an nih he..he.. secara, tuh vixi nd fz 16 kan selevel ..ya toh ..?!
    kbetulan g punya vixi taon 2007, hehehe dah tua tuh motor g kan..
    mungkin kalo g ,kayanya harus terpakasa loakin tuh vixie g…
    tapi bro smua,udah pada indent blm sih ??
    warnanya apa aja sih ?! mohon infonya ya..

    Guest
  61. 2 all : yang pastinya kapan nih byson meluncur? bro smua ad yg pnya info up 2 date gak dr ymki gitu? kalo indent biasanya kena biaya cas lagi gak sih? mohon pencerahan.

    Guest
  62. emang baju nya scorpio kalah ma tiger…yg penting…tiger mah gede doank…tnaga g da…..
    scorpio…bs babat hbs tuh tiger…..
    tp kalo….fz ntuh…dkasih mesin scorpio…..gw jamin…tiger mah…kyk macan ompong…..

    Guest
  63. dudukan plat nomor nya fales bgt…hahaha…
    jadi ilang keindahan nya..pas ngeliat dari depan..

    hayo2…yg kreatif…buat dudukan plat extension buat nih byson…

    Guest
  64. Sudah jelas bakal bunuh2an antara vixion sama byson, bener koment yg di atas ‘kedua motor ini selevel’ cuma beda penampilan. Kalo soal injection vs karburator kyknya gak gitu berpengaruh deh, malah lbh plus pakai karburator bagi yg doyan ngoprek speed.
    Menurut saya YMKI slh besar kalo sampai byson pake mesin 153cc aslinya, benar2 fatal akibatnya. Jangan samain dgn kelas bebek, apalagi yg bebek kelas low, karena konsumen di kelas ini cuma pentingin punya motor yg bisa dijadiin kaki buat pergi2. Kelas motor sport tidak se-simple itu, karena soal ‘identitas’ si biker turut terlibat di dalamnya. Kalo menimbang kebutuhannya YMKI juga tidak cocok kalo memakai mesin 153cc. Lebih baik YMKI me-refresh Scorpio Z-nya yg benar2 gak berkutik menghadapi Tiger Revo, dengan menanamkan mesin Scorpio 225cc ke body FZ16/Byson, atau lebih bagus lagi pakai mesin Fazer 250cc sekalian. Dengan begitu habislah si ‘macan’ dan semua keturunannya.

    Guest
  65. bagus aku suka banget modelnya,bisa jadi rujukan modifikasi v ixion,coba bayangin model sekeren byson dengan performa khas vixy n efisiensi injection merupakan kolaborasi yang perfect untuk modif level middle

    Guest
  66. yah….smg aj si bungsu bison harganya ga di atas harga vixion,coz dr tampang kyknya lbih garang bison(MODELNYA PKKNYA GW BANGET),tp performa mesinnya belum tau ya.GW TUNGGU KEHADIRANMU BISON

    Guest
  67. Bapak2 YMKI jangan pilih kasih & banyak janji2, Scorpio Z dikemanain? Saya penunggang PioZCW 2008, sparepart susah, beli lampu dpn ori, spartbord dpn ori, shock dpn, velg 1 set ori gak pernah dapat di Balikpapan, cz Pioku July 2009 nabrak angkot, smp skrng pun udah 1 thn lebih gak dapat sparepart asli, jadi semua yang menempel di Pioku sparepart variasi & dari Kakaknya Sang Legenda RK King, Pesan saya ya buat YMKI, jual aja Scorpio Z CW Evolution dengan mesin Pio Z tapi body rangka total + tek. injeksi vixi, biar bagi para pemilik pio selanjutnya kalau ada kerusakan bisa pakai part dari vixi

    Guest
  68. Scorpio Z diapain? diskontinyu kah? YMKI raja tega………semoga Bison cacat produksi

    Guest
  69. Tapi andaikata dijual dengan mesin scorpio z tapi body bison, wuihhh,,,,,,,,,,,mangsab, pasti habis riwayat tiger revo + anak anak macannya

    Guest
  70. Udah, Pak YMKI dari pada ntar salah pangsa pasar & Gatot (Gagal Total), bingung nentuin CCnya, daripada repot comot aja mesin SCORPIO Z tapi bore up aja jadi 250cc, biar bersaing ama fazer 250 trus bisa nyenggol2 dikit Ninja 250 R

    Guest
  71. YMKI bantah bison bermesin scorpio.
    Bison di launch Desember 2010
    Sedangkan New Scorpio pada quartal awal 2011.

    Sumber: http:// gilamotor.com/2010/05/yamaha- bantah-byson-250-cc/

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here