absbrakesUmumnya Motor di Indonesia baru mengaplikasikan sistem rem cakram Konvensional. Dengan menekan/menginjak Tuas Rem, maka Fluida (minyak rem) akan mengalir memalalui kabel rem untuk kemudian menekan Piston pada kaliper sehingga ‘meghimpit’ piringan cakram. Seberapa besar deselerasi pengereman sangat bergantung pada besarnya Gaya yang dilakukan pada saat penekanan Tuas. Nah Pada Sistem ABS ada penambahan alat yang dinamakan Pressure Control Valve – PCV ( katup Pengendali Penekanan). Jadi Dari Tuas rem, Minyak rem akan mengalir melalui katub ini dulu baru sampai ke kaliper.

abs_diagra

116779573-MNah sistem ABS sendiri terdiri dari Tiga bagian : Sensor kecepatan, Pengendali Katub Tekanan, dan Unit pengendali Elektronik (ECU). Bagian terpenting yang merupakan Otak dari sistem ini adalah sang ECU. ECU dengan parameter kecepatan yang diperolehnya dari Sensor kecepatan akan mengetahui bilamana akan terjadi sebuah kejadian Deselerasi yang Ekstrim (kecepatan turun secara ekstrim dan tiba-tiba) yang dapat menyebabkan Rem Cakram Nge-Lock . Sebelum hal ini terjadi (Nge-Lock) ECU secara Otomatis akan menutup katup tekanan pada PCV yang membuat Minyak rem yang menuju Kaliper akan terhambat dan Tekanan Piston Kaliper berkurang sehingga gejala Nge-Lock dapat dihindari. Setelah ECU mendeteksi kecepatan telah berkurang dan aman dari gejala Deselerasi ekstrim, perlahan-lahan katub kembali akan dibuka untuk dapat membuat tekanan kembali pada kaliper sehingga Motor dapat dihentikan. Canggih ya, Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Next : C-ABS

gambar  : bmwmoa.org

32 COMMENTS

  1. Huaduh …. standar kelas motor BMW ya Kang Taufik… muantab … semoga seperti mobil, yang makin lama teknologinya makin murah dan digunakan oleh banyak produsen sampai ketipe-tipe biasanya ….

    Guest
  2. […] Sistem ABS Pada Motor . . . Kayak Gimana Siy? Umumnya Motor di Indonesia baru mengaplikasikan sistem rem cakram Konvensional. Dengan menekan/menginjak Tuas Rem, maka Fluida (minyak rem) akan mengalir memalalui kabel rem untuk kemudian menekan Piston pada kaliper sehingga ‘meghimpit’ piringan cakram. Seberapa besar deselerasi pengereman sangat bergantung pada besarnya Gaya yang dilakukan pada saat penekanan Tuas. Nah Pada Sistem ABS ada penambahan alat […] AKPC_IDS += "9870,";Popularity: unranked [?] […]

    Guest
  3. Kapan atpm indo mau pakai teknologi ini?
    —————–

    lho kan ATPM mobil udah ada yang aplikasi disini…. kalo ATPM motor ? …. hahahaha … dulu banyak yang minta teknologi canggih, eh keluar motor injeksi ternyata lebih laku yang karbu… dikasih ninja yang bagus katanya masih kemahalan …. dikasih vega yang murah… katanya jadul…

    hhehhh …………………

    Guest
  4. khusus untuk motor matic yang aslinya gak ada engine brake…
    ane sih berharap ada perangkat yang bisa mengerem ban belakang lebih pakem daripada ban depan pas turunan curam…

    soale matic itu distribusi bobot gak rata (terlalu banyak di ban belakang), apalagi kalo ada boncenger, meskipun rem depan pakem, di turunan curam ban belakang lebih gampang ngesot ketimbang bebek/sport… apalagi jalan basah/ada pasir…

    Guest
  5. bro taufik aku punya masukan ,, seumpama pada kolom komentar di kasih kotak foto yg besar mas jadi kita bisa naruh foto ,, yg jelas kita tau teman teman se biker bro taufik … iya sih ini udah ada kolom fotonya tapi kok kecil ,,, kaya facebook itu lho bro ,,,,,,pasti tambah seru n ramai sekali bung taufik ……

    Guest
  6. ^
    Wah mas . .. pengennya sih gitu . .. tapi blog wordpress masih belum bisa nampilin foto di kolom komentar . . .tetapi nampilin video malah bisa . . kolom foto di kanan atas itu hanyalah Gravatar

    Administrator
  7. bedanya bumi dan langit ya ama yang konvensional, kalo di mobil ABS intinya kan mencegah terkuncinya ban saat pengereman ya, dengan pengaturan titik pengereman, meski kita tekan rem notok, cmiiw

    Guest
  8. pastinya buat motor2 masa depan (bisa jadi buat motor2 mahal..)

    mobil2 baru jaman sekarang aja masih ada yg gk pake abs,
    (mengingat harga jualnya yg pasti bakal lbh mahal) apalagi motor..

    Guest
  9. Kira-kira untuk motor kecil di Indonesia butuh gak ya? soalnya pernah tuh saya ngerem pake rem depan sampai jungkir balik

    Guest
  10. wah makin merakyat nih 😀
    nice gan.
    nanti lama2 di pasang di salah satu motor bebek atpm indonesia.
    terus klaim nya motor bebek pertama di indonesia atau dunia memakai abs.
    wakakakakak..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here