Brader sekalian, berdasarkan berita yang di sampaikan oleh portal nikkei, Yamaha Motor Co. diperkirakan akan mengalami kerugian sebesar 182 Miliar Yen ditahun fiskal yang akan ditutup 31 Desember ini ( Januari-Juni rugi 74,71 Miliar Yen). Hal ini membuat CEO sekaliber Takashi Kajikawa akan lengser . . . dengan penuh kesadaran diri turun dari jabatan CEO dan hanya menjadi direktur biasa mulai 1 November ini. Koq Bisa begitu? simpel aja keuntungan yang diperoleh kurang dari dana oprasional yang dibutuhkan. Sebagaimana kita tahu Biaya produksi, Dana Riset Motor-motor macam YZF R1, R6, Tenere, YZ450R sangat lah besar, belum lagi dana Riset Motor Prototipe YZR M1 di kancah MotoGP dan Motor R1-R6 di kancah WSBK . . . itu belum termasuk gaji para pembalap dan tetek bengek lainnya lho

Yah . . .Apa lacur, Proyek Yang dikerjakan banyak dan membutuhkan biaya besar akan tetapi Kondisi keuangan Global masih tertatih-tatih karena Krisis. Alhasil Penjualan Motor di Eropa, Amerika Utara dan Amerika selatan Jebloq aliasTurun Tajam, nah menurut suara media berita ini membuat saham Yamaha di Bursa Nikkei Anjlok 9,25%  . . . Walaupun YMKI berhasil menjadi “penolong’ Induk semangnya . . . ternyata nilai 40% yang dibukukan penjualan motor Ber cc dibawah 225 Yamaha Di Indonesia nggak bisa menahan laju Kerugian yang di derita. Beritanya Yamaha Jepang akan melakukan hitung ulang rencana keuangan di tahun fiscal ke depan. Imbasnya akan ada restrukturi sasi pabrik-pabrik domestik dan efesiensi sdm seperti . . . . pengurangan tenaga kerja, menunda adanya perekrutan karyawan dan mempromosikan pembagian kerja !!

Mengenai imbas yang menyinggung sdm di atas sepertinya hanya berlaku untuk karyawan pabrik di Jepang . . di Plant YMKI sepertinya nggak akan terjadi restrukturisasi jumlah karyawan seperti itu, gimana cerita . . .wong lagi hot-hotnya berseteru sama kompetitor, lagi pula kata YMKI . . . “kan Yang rugi bukan Gue, kenapa gue juga harus dipotong ” he hehe he . . . . tapi nggak tau deh, secara YMKI kan saham mayoritasnya dipegang Yamaha Motor Co. cmiiw, Gimana Menurut Brader

Taufik of BuitenZorg

pics : motonews.ru, daylife.com, oto.detik.com

140 COMMENTS

  1. Wekekek..
    Kayaknya ga mungkin deh
    Disini kan “nyawa”nya Yamaha Motor
    Pasti bakal digeber terus produksinya
    😀

    Guest
  2. kayaknya yamaha harus lebih nggarap pasa potensialnya deh kayak indonesia yg dah nopang 40% penjualannya dgn motor yg lebih gres,fresh n gak jadul!!!! +fitur safety motor2nya itu loh musti ditambahin lagi buat bebek n matiknya!!

    Guest
  3. Ikutan koment ah…
    Salam kenal kang Opik:
    Kalo tanpa ada krisis global aja motor yg d jual disini minim inovasi, kira2 dg adanya tambahan beban “krisis global”, berpengaruh pada inovasi produk2 baru g yha??!
    Jangan2..produk mendatang cuma ngandelin minor change aja, biar minim bea produksi, tp keuntungan berlipat,
    (kan, bisa buat nutup kerugian taon ini) hehee.. 😮

    Guest
  4. motor yamaha cuma jupiter MX aja yg gw suka..
    selebihnya..,jueleekk..kemahalan…
    ga sebanding harga ma tampangnya..

    Guest
  5. kang opik mudah2an yah bener2 hanya untuk SDM jepang… kasihan indonesia udah terlalu banyak pengangguran (aku satu diantaranya 😆 ), makin banyak klo ditambah pemangkasan karyawan Yamaha….
    lagi pula, produksi di sini malah terlihat masih blm bisa mengikuti permintaan pasar (buktinya masih banyak indent). mudah2n krisis pabrikan sono tidak berpengaruh signifikan terhadap pabrikan di marih. meskipun tidak bisa dipungkir imbas dari merugi pasti akan dirasakan pula dampaknya di marih.
    go yamaha…. go green juga…

    Guest
  6. Hehehe nasibnya konsumen dimari penjualan terbesar didunia menjadi tembok pertahanan terahir tpi diberi produk lungsuran dri negeri laen sangat2 ironis

    Guest
  7. mending yamaha fokus jualan di sini, di jamin untung deh… wong motor jadul minim teknologi aja laku keraz… cukup riset striping aja pasti laku…

    Guest
  8. Setuju…

    R1-R6, M1 dijual disini…TANPA BEA PAJAK !!!…dijamin laku keraaas…ngarepin R6 dengan harga 60jt…hehehe

    Guest
  9. Lha kok gak nongol nyantol nangendi comentku
    ymki menjadi tumpuan yamaha di dunia dgn marketshart 40%lebih harusnya yamaha jepang gak memandang sebelah mata pasar di indonesia dgn menjadikan basis produksi kawasan asia.Hehehe comentnya pd mirip2 di warungnya bro tri lha wong menunya sama sih xixixi

    Guest
  10. @all
    Bro sekalian….
    Kabar yg ndak enak ini tidak serta merta lansung berpengaruh di Indonesia..mungkin hanya akan terjadi sedikit shock …mengingat ms 40% menjadi penopang penjualan global.
    Kejadian yg mirip tempat kerja aye…tapi ber-efek sangat baik.
    Penutupan beberapa pabrik di Jepang karena Labour cost yg tinggi memaksa perusahaan mengalihkan operasionalnya ke Indonesia , dan jika ini terjadi di Yamaha…mudah2-an Indonesialah yg akan dapat prioritas utama atas peralihan pabrikasi dan sukur2 R&D nya juga…sehingga dapay menyerap tenaga kerja baru.
    Sekedar info ..ditempat aye jumlah karyawan Desember 2008 , cuma 600 orang , dan karena terjadi krisis global yg memaksa perusahaan di Jepang ditutup maka tempat aye mendapatkan order baru dan akhirnya skrg jumlah karyawan sudah mencapai 1400 orang…

    peace all.

    Guest
  11. Ada 2 poin yang menarik untuk di cermati menurut saya
    1. Yang paling dirugikan justru konsumen indonesia,
    dengan kondisi honda udah mau kalah dengan yamaha aja, honda tenang-tenag aja hanya sedikit mengeluarkan inovasi line upnya, apalagi kalau udah ketahuan yamaha bangkrut malah honda gak bakalan nelorin produk baru. Tiger mungkin masih 15 tahun lagi baru di ganti, megapro akan langgeng di jalan, dstrsnya. Dengan demikian model dan tehnologi motor indonesia akan lambat berkembang, dan yang paling rugi adalah konsumen, karena tidak punya pilihan lain dalam membeli.
    2. Masih dari pendapat saya, meski YMKI memiliki 43% total penjualan di dunia, namun kalau diuangkan keuntungan mungkin kurang membantu finansial Yamaha CO secara umum, karena penjualan di indonesia di dominasi bebek yang harganya hanya 1/10 atau 1/20 mootorsport yang dijual di Amrik atau Eropa. Jadi perputaran uang dan keuntungan dari bebek relatif sedikit dan tidak banyak membantu secara Yamaha CO. global.

    Guest
  12. yg terjadi disono ga ngefek di indon….
    malahan bentar lagi bakalan ngeluarin 6 senjata baru dalam waktu dekat..
    oh ya walaupun market share disini 40% tpi total laba penjualan hanya 15%….. krn yg dijual disini motor2 yg tdk bisa mengambil laba besar!!!
    lha wong orang indonesia ga punya duit banyak bacot pingin motor keren…..
    hahahahaha emangnya pabriknya punya buapakmu!!

    peace all

    Guest
  13. coba pasar di indonesia lebih serius digarap . . . .
    masak pangsa pasar terbesar tapi dapetnya pruduk lungsuran dari india . . . .
    jangan jangan yamaha tahun depan ndak ikut GP kayak Kawasaki. . . . .
    kasihan . . . juara dunia langsung pensiun. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  14. Pada ketepuuuuu dah …. Kayaknya mo hindari pajak aja ngaku rugi…. Biasalahhh …namanya pengusaha kelas kakap … (nih prediksi pribadi lohhh)
    Contoh : 46 aja pernah kesandung pajak…steffi graf di tennis…

    Guest
  15. @mario devan…
    jangan lagi menulis ” indon ” lho..ya.
    lebih baik tulis yg lengkap Indonesia atau INA…..
    sudah tahu kan konotasi indon..? ?
    Ok kah..!

    peace dab….

    Guest
  16. Betul mas, saya rasa YMKI dan stakeholder YMKI (kecuali Yamaha pusat) nggak perlu kuatir soal itu. Di dalam bisnis khususnya karena YMKI berbentuk PT dan saya yakin hukumnya juga ada, antara pemilik YMKI (termasuk YAmaha pusat) dengan PT YMKI itu merupakan suatu kesatuan yang terpisah, jadi kalo si pemilik bangkrut nggak otomatis YMKI ikut bangkrut dan sebaliknya.

    Yang jelas saat ini yang paling dibutuhken Yamaha Co. ltd. adalah dana segar untuk melunasi hutang jk pendeknya plus operasi sekaligus restrukturisasi seperti yang Mas Taufik bilang. Caranya bisa macem2 tapi nggak semua cara bisa ditempuh, bisa nerbitin saham baru, utang, or mungkin kalo pemerintah jepun memandang Yamaha sebagai aset penting ya bisa jadi “bail out”.

    ah tapi kita2 ini mending nonton aja apa yg bakal terjadi di depan, toh orang2 penting di Yamaha pusat bukan orang sembarangan, masa2 seperti ini pasti bakal berlalu juga.

    btw saya juga nggak terlalu khawatir akan terjadi pengurangan karyawan dan yg udah disebutin Mas Taufik di atas di YMKI, kecuali kalau YMKI mengalami kerugian terus menerus. Kalo YMKI untung trus harus menanggung kerugian pusat…….masakan nggak ada UU yg mencegah hal tsb bisa terjadi sech????

    *sekali-kali komennya panjang

    Guest
  17. 40% ya???luar biasa juga ya sumbangsih YMKI
    Jadi mikir kenapa penjualan diluar ga sederas di dalam negeri???apakah harga yang terlalu mahal??timbang capek2 ngurusin motor CC besar, kenapa ga ngadain riset motor dengan CC kecil, katakanlah motor 250 CC sd 600 CC. dengan harga yang lebih murah (syukur2 asia dan indonesia khususnya dijadikan basis produksi) kan bisa mengkatrol.
    Sepertinya marketing ama R & D perlu nyomot dari indonesia nih..

    at least, nice to know indonesian contribute 40% of overall sales of Yamaha International. It means we have the big market and ability as potential market.

    Guest
  18. kalo menurut saya, tetap terasa imbasnya dampak yang dialami oleh Yamaha Jepang hingga ke YMKI, mungkin kebijakannya, mungkin kucuran dana. mirip anak kuliahan yang dibiayai oleh ortunya yang punya usaha mapan. si anak bisa pamerin mobil baru, gadget…. tapi ketika suatu saat usaha ortunya agak seret, si anak pasti hanya dijatah sekian,,, sekian,,,, sehingga gak bisa mengakomodasi hobi pamer mobil and gadget baru gitu, CMIIW.

    Guest
  19. @ 21. yahonsuwakanja…
    penyimak pernyataan om yahon paling tidak menimbulkan issue kecenderungan positif buat kita. Real_nya, mother company yamaha memang sedang merugi, namun disisi lain kita sebagai penyumbang terbesar lebih dr 40% penjualan global,tentunya tidak akan serta merta mempengaruhi kestabilan produksi dalam negri. Positif Thinking sajalah mudah2n apa yang terjadi di perusahaan om yahon terjadi pula di marih…
    klo saya cenderung melihat bukan dari YMKI_nya namun pegimana kelangsungan ribuan karyawan yang ada didalamnya, so dr pada kita ikut2n ngehembusin issue negatif yang akhirnya terjadi gejolak internal di kalangan sdm YMKI imbasnya nanti produksi YMKI malah bener2 terganggu bukan karena imbas issue global keterpurukan yamaha. namun karena pemberitaan yang tidak proporsional….
    jadi setuju dengan cara pandang om yahon… yakin dengan cara pandang demikian paling tidak gejolak internal dapat di minimalisir…(bukan hembusan angin sorga lho ya…)
    sebenarnya tulisan njlimet (mboh bahasa indonesiane opo) diatas itu lebih cenderung bentuk kekhawatiran yang saya tujukan untuk ribuan karyawan ymki… semangadht bro… tunjukan FROM ZERO TO HERO….., kenyataan indonesia seakan dianak tirikan masalah R2, namun nyatanya indonesia penyumbang terbesar penjualan global…. kebayang R&D, Basic produksi, Basic Riset semua pindah di marih.. bakal makin banyak R-1/R-6 bersliweran. jadi ngimpi lagi nunggangin R-6…
    (hidup pengangguran….

    Guest
  20. iiiiisssssssssssoooo ae yamaha kui..
    wong dagangane laris qo” sambatan rugi, jangan2…ada kamsud2 tertentu neeh..!!!?
    ah…emboh lah, g ngurusi urusane wong gedhe2, seng penting jualan knalpot racing tetp boleh, g d berangus sama polish, dapur tetep ngebul, tetp bisa nyruput kopi, berrrezzz…….!!
    yha to, enak to!?.. hahaha….. i lup u all… haahaaahaa…

    Guest
  21. @ 23. mario_devan….
    klo anda benar2 prefer terhadap yamaha, bukan begitu cara dukungan positif_nya… emang gak semua masyarakat kita mampu dan banyak duit kayak panjenengan. tapi kita juga pantas untuk mendapatkan penghargaan, paling tidak tidak disebutkan MAAF “INDON…”, atu cuma bisa ngomong atau sekali lagi MAAF “BANYAK BACOT” (malu saya menuliskannya gak pantas dituliskan sebenernya di forum ini). ini fakta terlepas dari untung yang tidak seberapa, opo salahnya menghargai bangsa sendiri… MAAF, klo kita belum bisa menghargai bangsa sendiri paling tidak kita tidak ikut menghinanya… Hidup INDONESIA, Merdeka….

    Guest
  22. Mas Opik mohon maaf, saya ijin mau koment untuk untuk pernytaan mas Tri disini , sebab koment saya tidak muncul2 …..disana ( saya tidak tahu apa kondisi seperti ini etis : numpang koment )

    ini cuplikan komentar dari mas Tri :
    @*HM=CHM
    Gini deegh… misalnya deh ada merk motor di Jepang… namanya cocomeo (kalau pake Yamaha … takut ntar kejadian… omongan gue red.) … !!! Naagh cocomeo ini…. jualan di indonesia melalui PT. Cocomeo Indonesia. Jika income statement konsolidasi Cocomeo merugi… dan terus merugi… dan akhirnya pailit dan dinyatakan bangkrut… pertanyaannya adalah… apakah PT. Cocomeo Indonesia… masih bisa jualan motor cocomeo… ??? Belum lagi kalau merugi teruz.. artinya pos-pos yang strategis seperti research and development… ikutan terpangkaz… !!!
    Beda kalau pabrikan cocomeo untung… at least secara brand ia masih bisa survive… !!! Kalau di bidang IT,.. banyak kasus yang tiba-tiba morher company nya bangkrut… yaaa disini juga bangkrut… !!! …

    Ini Koment saya thd pernytaan diatas ? singkat saja
    Gambaran mas tri diatas mirip sekali dengan fakta bangkrutnya Produsen no 1 didunia yaitu GM …yang salah satu produknya / brand yaitu. Chevrolet ( CMIIW ) … kalo mboknya dinyatakan bangkrut …koq chevrolet asia pasifik dan khususnya Chevrolet Indonesia masih bisa menjual produk tersebut …..tanya kenapa ??? maklum bingung bin OOT POOOOLL:LLL

    Guest
  23. KOmen gw td ilang hmppph @#%#$(^$*&^&*

    Menurut saya sech kerugian yang dialami oleh Yamaha jepun nggak bakal berdampak kepada pemnagkasan karyawan YMKI, masalahnya antara stockholder dan perusahaan tempat pemegang saham itu invest, merupakan kesatuan yg terpisah CMIIW

    laporan konsolidasi yamaha jepun adalah laporan keuangan gabungan suatu perusahaan dengan anak-anak perusahaannya. Tapi bukan berarti itu perusahaan dan anak-anaknya satu kesatuan. Laporan konsolidasi
    disusun hanya dengan asumsi bahwa perusahaan dan anak2nya merupakan satu kesatuan padahal aslinya tidak.

    YMKI bentuknya PT, jadi kalo pemilik perusahaan bangkrut ya nggak boleh no ngelimpahin kerugian ke salah satu anaknya yg untung, begitu pula sebaliknya.

    Lagipula coba pikirken, masak sech nggak ada UU yg melindungi perusahaan Badan Usaha Tetap yang beroperasi di Indonesia dan dimiliki asing jika ada kasus2 demikian.

    Lain cerita kalo YMKI juga mengalami kebangkrutan….. selama YMKI untung saya rasa nggak perlu kuatir dech ama masalah yg dialami Yamaha jepun.

    *maap kalo komen ane juga nyambung ama blog teteangga 😛

    Guest
  24. @mas arif rakhman…
    penerjemahnya sudah ada mas…
    kebetulan sing mbourekso lho…alias pekerja yg sudah lama…sudah senior banget….hehehehehehe….
    kalau aye baru 5 tahun disini.

    @4diti4..
    aye tadi juga komen di warung Mas3 tapi ndak muncul..saya ulang dua kali jg ndak muncul…sampai refresh beberapa kali…podo bae..aya naon tah…
    mudah2-an ntar muncul.

    peace

    Guest
  25. maaf…maaf…maksud saya indonesia…(mungkin ada yg ga ngerti)
    bukan maksud saya menghina tanah airku tumpah darahku….
    sowry buat om nick klo tersungging eh tersinggung hihihihi
    so kita berbicara real lah..soal ongkos produksi,riset dan keuangan…
    hal2 yang diminta jelas ga masuk akal…mau kualitas tentu ada harga yg harus dibayar!!
    saya sendiri bkan orng yg banyk duit…makanya da 3th ga ganti2 motor (curhat mode : on) tapi anehnya tuh orang qta..ga punya duit tpi maunya berlebih (it’s real fakta) kan yang dibuat kaya justru orang2 leasing…skali lgai orang2 berduit yang punya modal…
    da dulu deh ntr mlah OOT

    peace all

    Guest
  26. @yahonsukawanja..
    sowry oot lagi manknya konotasi indon apa??
    sowry bener2 ga ngerti apa karena ad hub dng malaysia?
    tdi sbenarnya mo ketik indo…apa indo juga konotasinya negatif??
    thanks penjelasannya

    Guest
  27. @ mario
    tapi ada benernya juga sih
    sikap kita yg konsumtif selalu memaksakan diri membeli barang yg muahal tanpa melihat faktor finansial kita
    @yahonsukawanja
    amin, tapi emang dengar2 YMKI ma AHM mau mindahin pabrikannya di sini lho. mudahan bukan isapan jempol saja
    jadi penasaran jg mank indon konotasinya apa????
    maklum orang ndeso……

    Guest
  28. OOT bentar…
    coba cek deh koment dari video ini:

    lihat coment2nya, salah satunya ada user orang LN bingung knapa plat nomor ada didepan… LOL
    brarti slama ini cuma indonesia aja yang aneh yah…. hehehehe

    Guest
  29. @ 46. yahonsuwakanja…..
    om yahon wah sampeyan wis iso bahasa sunda to… hebat2… dadi saiki ra mung nggiya-ngguyu lan mesam-mesem nek di ajak ngobrol… be de wei makasih infonya dulu tentang KLX di artikel sebelumnya, sudah saya sampaikan ke adik saya dan langsung di tanggulangi….(kang opik juga makasih)
    @ Mario_Devan
    bhuahahahaaaa santai ae bro… emosi boleh, kritik juga boleh, saran apalagi yang membangun diperlukan sekali…
    tenang aja saya juga prefer ama produk satu ini, lha piye keluargaku dari pertama kali punya mongtor ya selain Vespa keramat yo mung yamaha tok till (tok till pinjem istilah dari bro softpack). sekalinya kemarin punya TIREV ya di gondol mamot (gak jodoh kali ama AHM makanya ilang)…
    buat bro semua (termasuk saya temtunya) intinya siap2 tanmgan diatas tuas rem aja, jadi pas emosi ngebludak tinggal tarik aja remnya….
    yes..yes… mlayu… melu Fraziel numpak ER-125r…..

    Guest
  30. @48
    Oke,udah gw maapin bro

    GR mode : on

    Ymh jpg hrsna tdk menganak tirikan INA yg mjd pasar tbsarnya,
    Tp knapa produk yg bgs2 jauh dr sini?
    Skr udah termehek2,,
    So,ymki Tunggu apalagi,
    R15,fino,elegance,fz,r125(downgrade)R6 klo perlu
    Masukin aja
    Gpl

    Kompor : nyala

    @fraziel
    Wah uda dpt 500km ya?
    Gw baru 230km

    Guest
  31. tenang aja. yamaha itu sahammnya dimiliki oleh Toyota, perusahaan mobil terbesar dunia. gak bakal lah kenapa-kenapa.

    Guest
  32. jgn lupa kbnykan iklan d TV jg mmperbesar biaya operasional loh (selain riset dan biaya produksi)…

    hasilnya…sepertinya laku keras…tp gak bs nutup biaya operasionalnya..akhirny yg ada RUGI !!

    pelajaran negh….buat kita2….

    Guest
  33. Q cinta produk indonesia….andai yamahi (yamaha indonesia)..ada asli buatan indonesia pasti aq pke yamahi nggak pake yamaha,honda,suzuki,produk lainnya….kpn y ngr qt akan mju, kalau masyarakt bangsa kita trus mnrus lbih mngagggungkan bangsa lain,bangga dg produk ngr lain….La Indo….yg trkn Hny TEMPE DAN TAHU

    Guest
  34. Wah,komporku ra mledug ki.nick,bantuin dunkz..

    Mungkin yamaha global perlu mencontoh ymki.ga usah banyak2 jualan motor canggih dan mahal.banyakin jual vega zr dan mio,tinggal dikasih injeksi trus banjirin pasar eropa-amerika.sasaran utamanya remaja pethakilan atau orang2 yg pernah ke indonesia dan terkagum kagum sama modifikasi gila2an ala indonesia,bahkan menciptakan tren2 baru seperti mio amphibi..

    Guest
  35. Klo analisis saya, penyebab ruginya Yamaha krn kesalahan dlm bussines plan & analysis CEO mereka dalam membaca kondisi ekonomi global. maksudnya mereka sejak 2008 berinvestasi besar, terutama dalam meningkatkan ekuitas mereknya sendiri (lwt 4P marketing, event2 balap, dsb). itu adalah harga yg sangat mahal dlm membangun brand. masalahnya awal 2009 adalah masa resesi global yg terparah dalam 10 thn terakhir bagi negara2 maju. Jd itu adalah pure kesalahan CEO!!! coba liat yang adem2 aja kaya 3 kompetitornya, mungkin sama rugi jg, tp ga signifikan.

    Guest
  36. cerita kantor gw aja nih dikit.
    2008 kantor cabang indonesia deal penjualan USD1M, tp kantor pusat dan negara lain jeblok, alhasil jakarta disuruh nyumbang efisiensi juga, banyak cara, salah satunya pengurangan peg tetap. awal 2009 sampe skrg banyak peg permanen yg berkurang, tp mrk gak pergi kok, hanya berganti payung jadi outsourching (setelah dpt uang pensiun dini). orangnya tetep ada krn hrs handle kerjaan yg sama, hanya secara global dia dah bukan staff lagi dan jumlah staff berkurang.
    mungkin ymki akan tetap exist bahkan bisa semakin besar, tp pasti ada efisiensi secara global.

    Guest
  37. ayoo mas taufik bahas ttg suzuki juga donk apakah susahnya bertelur product baru disebabkan SUZUKI Int kesusahan uang…??

    Nb: aku kasih koment di blog sebelah juga hilang terus binun….?

    Guest
  38. @YAHON
    Saya s7 cak dengan komen’a smoga konsumen dapat motor yg memuaskan
    mosok MS40% dicuekin mulu cm dikasih motor itu2 aja
    *ngarep masuk motor spesies baru

    Guest
  39. @ 68. nick69…
    ehm… apa yah… ehm… nganu… ehm… itu….

    yang matic itu lho… apa yah… tapi bukan mio amphibi… apa aku lupa…

    ooooo iya…. “beat”… hore serangtuszzzz buat aku…..

    Guest
  40. @rasheed
    gw setuju … mereka salah dalam ‘meramal’ market ditahun 2009 yg memang krisis buat amerika & eropa sedang selama ini mereka meriset buat pasar kedua benua tsb. jd target penjualan tdk terpenuhi yg akhirnya merugi.
    lain halnya dng negara tercinta kita ini INDONESIA (hei bung devan!!) yg diluar dugaan tahan terhadap krisis. setahuku ymki sdh melakukan efisiensi dng menahan produk baru mereka yg seharusnya dah keluar pertengahan tahun ini.
    dan moment ini pun sudah dimanfaatkan oleh AHM dng mengeluarkan produk2 baru mereka cuman sayang kurang diterima oleh pasar (meski data AISI mereka begitu perkasa) kecuali vario cbs yg memang bagus.
    bahkan sekarang ini para petinggi dealer2 yamaha lagi wisata ke eropa sepertinya mereka sangat yakin menapaki pasar di tahun 2010…..

    Guest
  41. @72 Bjubah Hitam
    yg pasti tahun depan akan keluar bro…facelift bebek dan sport…
    type baru masih 50 : 50 % lah..

    Guest
  42. @1001
    Yak betul..
    Tp maaf wktu dah kburu hbs..
    Jd maaf ya bapak hadiahnya tdk bisa dibawa pulang…
    :mrgreen:

    Mau rossi juara ato gak
    Mau jualan laku ato gak
    Slogan ymha tetep smakin didepan
    Ha.ha.ha..

    Guest
  43. Pantas Yamaha mengeluarin motor Jadul Vega ZR karena dah tau banyak kerugiannya jadilah dicukupkan dengan motor yang apa adanya, scara konsumen indonesia sudah gampang di bohongin dengan bebek Vega ZR yang di iklannya di gembor2kan oleh om deddy mizwar, yang katanya Vega ZR semakin…. banyak keunggulannya … .. padahal bohong. ternyata untuk menutupi kelemahan.

    Guest
  44. @nick….
    tar bikin yamaha beat… saingan ama honda crypton_nya guspur…… bhuahahahahaaaaaa….. jadi tetep didepan
    *jangan pukul lawan yang udah jatoh….
    iki bahasamu to nick…. nice sentence… i like it….

    Guest
  45. Impact nya ke saham turun dan pajak juga karna merugi…
    Klo Udah banyak yang jual tuh saham.. tinggal bikin kabar Untung lg dan saham naik lg.. yang untung kan pembeli saham (padahal mereka yg bermain) xixixi

    Guest
  46. @hendra / @mario_devon
    arti indo#??Indo# adalah sebuah istilah yang populer di Malaysia dan Singapura yang mengacu kepada Indonesia,(berkonotasi negatif). Pada tahun 2006, pemerintah dan rakyat Indonesia menentang penggunaan kata Indo# yang dianggap menghina.
    Sehubung dengan itu, pihak Pemerintah Indonesia melalui Sekretaris I Penerangan & Humas KBRI Eka A. Suripto menjelaskan bahwa pihak Duta Indonesia sudah menyampaikan protes secara resmi kepada duta Malaysia di Indonesia pada 13 Mei 2007. Pemerintah Malaysia kemudian mengambil tindakan dengan mengeluarkan larangan penggunaan istilah ini secara resmi oleh Kementerian Penerangan Malaysia, pada 24 Mei 2007.
    kalo pemerintah malysia melarang rakyatnya pakai kata”indo#” masak ada oknum rakyat indonesia sendiri pake istilah indo# bukankah itu melecehkan diri sendiri

    Guest
  47. malah sepi ya..

    mas taufik, mau share dikit, dulu di artikel ‘penjualan ymki mempecundangi ahm’, saia berpendapat itu murni kehebatan divisi pemasaran dan promosinya.. dan dgn penjualan ymki sebesar 40% dari market share yamaha global, merupakan suatu bukti kehebatan ymki nya, bukan yamaha dgn segala teknologinya..
    simpel sih, klo yg diliat angka penjualan, ya brarti prestasi dari divisi itu, bukan divisi lain..
    kesalahan estimasi dari anjloknya penjualan yamaha global jelas berbanding terbalik dgn keadaan ymki kan..

    ada lagi contoh di india..
    penjualan seluruh motor yamaha india sebulan hanya setara dgn penjualan 1 jenis vixion disini.. sekitar 19rban.. market share yamaha disana hanya 2-3%..

    india pasarnya kecil? ndak..
    setaun penjualan motor 7-8jt unit.. lebih besar dari indonesia..

    produk/inovasi mandek? ndak..
    line up produknya dari mt-01, r1, r15, fazer, fz16, fzs.. kurang keren apa coba?

    kesimpulan saia mirip dgn mas taufik.. yamaha pusat (dan yamaha negara lain) harus buka mata/noleh ke indonesia..
    ndak perlu blajar jualan ke kompetitor, tapi cukup blajar ke ymki..
    mau?

    Guest
  48. @4diti4
    –Jika income statement konsolidasi Cocomeo merugi… dan terus merugi… dan akhirnya pailit dan dinyatakan bangkrut… pertanyaannya adalah… apakah PT. Cocomeo Indonesia… masih bisa jualan motor cocomeo… ???–

    IMHO jika cocomeo bangkrut dan akhirnya dilikuidasi, berarti semua aset cocomeo dijual untuk membayar utang n kalo memungkinkan balikin duit stockholder, termasuk dalam aset cocomeo adalah investasi saham di PT cocomeo indonesia yang diasumsikan merupakan satu2nya anak cocomeo yg laba. Karena masih menghasilkan laba saham cocomeo ini pasti laku (bahkan mungkin group astra juga doyan, biar bisa monopoli or kartel gitu deh), jadi sekalipun cocomeo bubar. PT cocomeo indonesia tetep bisa jualan motor merk cocomeo

    Tapi seandainya cocomeo ndak pengen bubar, berarti dia butuh dana segar yg bisa didapat dari:
    1. Penjualan saham cocomeo indonesia (mirip kasusnya Om William yg jual Astra)
    2. menerbitkan saham baru
    3. menerbitkan surat utang
    4. bantuan pemerintah jepun (bail out) jika cocomeo dianggap aset penting negara
    5. dll yg bisa dicariken solusi ama top manajemen cocomeo tapi ndak terpikirkan oleh saya yg cupu ini

    duit tersebut dipake buat bayar utang jk pendek, biaya operasi, plus implementasi strategi baru agar di periode berikut cocomeo bisa meghasilkan laba.

    *maap komen di blog tetangga ndak muncul2 ya dah numpang disini aja :mrgreen:

    Guest
  49. @ all ama 43. Moto BackPacker khususnya..pengen urun rembuk

    sedikit kilasan soal industri global ato multinational company..kalo menurut gw, SANGAT berhubungan kondisi global ato gw pake istilah disini parent coy (PC) dan subsidiaries coy (SC).

    PT ato Perseroan Terbatas YMKI % sahan tentunya mayoritas dikuasai Yamaha di Jepang ato PC, artinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan PC, ya SC kena juga, lha wong kalo di accounting secara konsolidasi neraca keuangan yang untung buat nutupin yang rugi, bisa jadi keuntungan YMKI ditransfer untuk pendanaan produsen di negara lain.

    Tempat kerja gw affiliate ama multinational coy di eropa, n gw bag account reporting yang kerjaannya konsol report per bulan untuk dilaporin ke regional katakanlah asia pasifik. Alkisah ada masalah akibat regulasi tembakau di eropa, disana defisit gila2an sehingga harus pengurangan pegawai dan penutupan beberapa plant, imbas ke perusahaan di Indonesia, ya setali 3 uang, bahkan keuntungan perusahaan dibikin sedemikian rupa supaya bisa nalangi beberapa expense cost perush yang merugi.

    Tapi, ada keuntungan yang diperoleh, akibat potential market di Indonesia cukup besar, maka pada tahun berikutnya, dikirimlah dana investasi gila2an untuk bangun pabrik baru di karawang, dan hasil produksinya diproyeksikan untuk cakupan ekspor keluar.

    Jadi, gw berharap tetep ada angin segar buat Yamaha untuk mengkaji ulang kinerja mereka kedepan, dengan keputusan yang tepat, dan sebagai warga negara Indonesia, mudah2an ada pengkajian untuk mengubah pusat produksi dan pengembangan ke NKRI, seperti gw baca barusan Nike merelokasi pabriknya di Cina ke Indonesia. Rasanya engineer kita udah siap untuk itu, toh agreement antara pemerintah kita dengan Jepang cukup baik.

    Piss all

    Guest
  50. Yang paling menarik menurut saya :
    kalo gagal mundur…. mantab budayanya …

    kapan dimarih punya budaya malu begitu ya ???

    Guest
  51. yang gampang-gampang aja… pindahin aja semua unit produksi yamaha di jepang ke Indonesia… liat tuh Toyota bisa mengekspor Inova +Avanza….
    jadi sekarang waktunya beli saham Yamaha… karena pastinya sekarang harga saham Yamaha lagi jatuh… paling ntar lagi naik…. kita jadi untung deh….. gampang kan!!!!

    Guest
  52. asik neh kalo ada lowongan tahun depan buat apapun….harapan kita kedepannya dari berita ini malah yamaha bisa jadi basis asia….manteplah..kalau…

    Guest
  53. Nggak apa-apa rugi, kan bagian dari bisnis…yang penting Rossi di kontrak lagi…kalau nggak, mungkin tambah rugi….wong nggak ada yang mau beli YMH. Katanya Ducati melejit penjualannya gara-gara Abang Casey juara. Biar ajah…gak usah pusing…. secara global, semua industri otomotif downsizing koq…: (mode sok tau on 😀 )

    Peace ah…

    Guest
  54. YMKI nyumbangin 43% dari penjualan yamaha diseluruh dunia. tapi kok yg dikasih di sini kok motor2 katrok kayak vega ZR, Jupiter Z, mio, scorpio.
    keterlaluan bgt ya yamaha.

    Guest
  55. @ 95. mario_devan
    haha, sante aja boss, emang kata2 indo ato indon jangan digunain lagi, kalo iseng baca2 milis indonesia vs malaysia, itu konotasi yang cukup kasar untuk sebutan negara kita..bisa di googling kalo sekedar pengen tau..

    peace

    Guest
  56. Bilang sama Mario Devan, kalo yang mau dibrojolin Yamaha Jupiter ZZ model Spark atau Gravita, siap-siap aja nambahin kerugian jadi makin besar…. Lain kalo All New Mio, All New MX, Byson, Fazer …

    Guest
  57. @Bro Cuxx
    –PT ato Perseroan Terbatas YMKI % sahan tentunya mayoritas dikuasai Yamaha di Jepang ato PC, artinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan PC, ya SC kena juga, lha wong kalo di accounting secara konsolidasi neraca keuangan yang untung buat nutupin yang rugi, bisa jadi keuntungan YMKI ditransfer untuk pendanaan produsen di negara lain.–

    salam kenal bro 😉 begini bro pertama-tama diingat dulu asumsinya adalah perusahaan induk rugi trus si anak laba, pertanyaan mas Upik, pengaruh nggak ke jumlah karyawan, pengaruh yg brader maksud khan di laporan konsolidasinya, saya setuju kalo begitu. Laporan konsolidasi khan laporannya perusahaan induk bukan laporan keuangan anak, si anak punya laporan keuangan sendiri. Jika induk merugi kemudian si anak laba, sekalipun laporan keuangannya diotak-atik phan aslinya si anak tetap laba. Silahken aja cek ke laporan keuangan fiskal perusahaan sampeyan (kalo emang laba) pasti nunjukin angka laba, coz otak-atik laporan fiskal tuh sama aja penggelapan pajak kalo jadinya merugi atau labanya berkurang CMIIW 😛

    PT YMKI beberapa waktu lalu baru buka pabrik baru kalo saya ndak salah (kalo ndak salah di blog ini pernah ada beritanya), artinya YMKI nambah karyawan baru untuk ningkatin kapasitas produksi untuk mengejar laba, nah sekarang kalo yamaha pusat otak-atik konsolidasinya supaya seolah-olah laba YMKI mengcover yamaha lain itu make sense buat saya. Kalo YMKI yang jelas2 laba (ingat asumsinya) laporan keuangan komersilnya di otak-atik supaya labanya berkurang sedikit (baca:tidak material), juga masih masuk akal buat saya, tapi laporan keuangan fiskal nggak bakal mengalami perubahan laba yg signifikan (kalo ikutan berubah berarti ada penggelapan pajak). Auditor yg mengaudit laporan keuangan YMKI yg labanya berkurang secara drastis (baca: material) kemudian memberikan pendapat wajar tanpa syarat sama aja bunuh diri, situ pasti setuju khan?

    Kembali ke pertanyaan mas Upik, untuk menggenjot produksinya YMKI buka pabrik baru, yamaha ltd rugi, sementara YMKI laba (beneran, bkan di atas kertas) kok tiba2 YMKI ngurangin karyawannya, nggak masuk akal dong…..padahal dia butuh karyawan itu untuk memenuhi kuota produksi supaya at least labanya tetap terjaga, yamaha ltd juga pasti ogah dong dividen dari YMKI turun gara2 labanya turun (laba beneran, bukan yg ada dilaporan keuangan, tapi bisa dicheck di laporan fiskal kalo mo liat laba yg beneran)

    o iya tambahan, kasus di atas kemungkinan besar hanya terjadi di perusahaan manufaktur dan si anak juga punya pabrik sendiri kalo saya ndak salah.

    –Tapi, ada keuntungan yang diperoleh, akibat potential market di Indonesia cukup besar, maka pada tahun berikutnya, dikirimlah dana investasi gila2an untuk bangun pabrik baru di karawang, dan hasil produksinya diproyeksikan untuk cakupan ekspor keluar.–

    kita semua berharap begitu 😉

    Guest
  58. @ dian 146
    yg low sebutin tadi tuh semuanya produk pertama….and blum ad penggantian
    waktu pertama di launching itu jadi patokan standart dari kompetitor…
    sedangkan AHM semua motor jadulnya da diganti!!kecuali megipret tentunya…!!!
    liat aj tahun depan motor2 baru Yamaha…
    liat and bandingin mana yng katrok dan jadul…..

    Guest
  59. @^
    Boookmark this page dan mari kita liat bareng2 “kurusetra” taon depan… 🙂
    Btw… kata “indon” di sana kl gak salah artinya “DUNGU”…

    Sniff… sniff…

    Guest
  60. @Cuxx.. Moto BackPacker…
    -Komen bro sekalian adlh sedikit penjabaran komen sy no.22.
    Intinya YMKI tidak perlu kuatir , krn dgn ms global 40% dan regional 46% , YMKI bisa menjadi anak emas dan bisa menjadikan basis produksi utk penjualan global.beberapa alasan spt part local contain yg sudah mencapai 90% dan sudah ada produk yg diexport keluar negri.ini menjadi pengalaman lebih.
    -OK..mari berasumsi , jika Yamaha global merugi tindakan apa untuk merecover spy cepat pulih.
    Jika ada opsi untuk menutup bbrpa pabrik trutama di Jepang krna alasan labour cost yg tinggi ( krn penghasilan rata2 operator disana bisa untuk nggaji 15~35 oprtor di Indonesia ) , maka sangat mudah memindahkan manufacturing-nya ke INA terutama untuk produk2 250cc keatas karena ada kebijakan pemerintah ttng export-import dan pajak yg ditangguhkan.
    Semua komponen didatangkan dari luar INA dgn fasilitas bebas PPN,PPN Bm dan Bm , kemudian produksi di Indonesia dan di export kembali dgn bebas PPN .Yah..kasarnya INA hanya menjadi tukang jahitnya saja ( transfer pricing ).
    jika ini terjadi part2 yg tadinya di-import ada kemungkinan besar bisa dibuat di INA.
    Bayangkan berapa banyak tenaga kerja akan dibutuhkan…?
    semoga….

    peace

    Guest
  61. @mario
    gak jelas definisi jadul nih bro, saia sbg penggemar motor jadul jd bingung. ada yg bilang kalo gak pake double cakram itu jadul, ada lg yg bilang kalo gak injeksi itu jadul dll.
    kalo scr pribadi sih maunya motor yg simpel, gak injeksi2an, rem cakram cukup depan aja, velg jari2 dah cukup, speedo gak perlu digital, nah apa itu masuk kategori jadul? walaupun keluarnya dengan spek mesin baru tahun 2010 misalnya?

    Guest
  62. SMC (Suzuki Motor Corp) japs. ga untung ga rugi, kalo untung pun dikit, SIM(Suzuki Indomobil Motor), market share dah dikit tp ga rugi2 amat…

    Guest
  63. kurang panaz. ngak kayak blog sebelah . nih tak sediain minyak tanah pluz2x pertamax sampe gas lpg dlm skala besar. tak sediain juga kompor 16+18 sumbu biar mledukkkkkkkkkkk dhuarrrrrrrrrrrrr. wakkkakakakkkkkkk……………

    Guest
  64. @ onthel..
    mungkin mksud jadul disini perubahan bentuknya and fiturnya….masak ga ganti2 sejak lahir begitu melulu

    tpi kembali lagi ke selera masing2…
    cos ada yg motor baru tapi bentuknya retro…
    tapi tetap kan fitur2nya modern…
    jadi bisa disebutkan itu jadul yang modern-
    weleh2 boso opo iku?? ga ngerti ya, sama aku juga ga ngerti hihihihi

    Guest
  65. walaupun indoensia (YMKI) jd penolong dan rakyat kita semakins sengsara
    segera bikin dan pakai produk lokal indonesia

    Guest
  66. @kizatox
    ente pake motor merek apa?? kalo msh merek luar bisa dimulai dari sampeyan dulu tuh beli produk lokal indonesia…

    Guest
  67. mas taufik nitip komentar ….td diwarung sebelah nggak laku sih 😀

    langkah2 yamaha yg sdh direncanakan buat tahun depan
    – penempelan motto ‘semakin di depan’ pada motogp 2010 adalah suatu bentuk kontribusi ymki thdp yamaha jepang dng kata lain ini bentuk efisiensi yamaha jepang
    – mundur dr arena wss
    – memasukkan motor2 global ke indonesia krn pasar disini sangat potensial… so tunggu saja
    – satunya dah dijelasin ama bro yahon @119

    Guest
  68. >115 mario
    maksud aye kalo motor jupi zz model Gravita/Spark jadul itu yang mo keluar. Motor itu gak bakal laku. Susah ngejar defisit 30 ribu sama bebek AHM. YMKI untungnya jadi kurang kan. Sudah pusatnya buntung… jangan pula di bawah pusatnya ndolosoorr…. gara-gara terlalu pede dengan desain jadul.

    Guest
  69. Pantes sekarang iklan yamaha di TV udah mulai jarang, dah gitu iklannya g pake artis lagi, jadi inget iklan operator seluler,,,,,hemaaaat

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here