Brader sekalian, satu tips lagi yang kali ini saya coba untuk share kapada bro semua, bahwa menjadi Blogger itu sumbunya harus Panjang. Lho maksute apa dab? Saya mengambil perumpamaan petasan/dinamit sebagai tingkat kesabaran. Bila petasan/mercon/dinamit memiliki sumbu yang pendek (misal petasan cabe rawit) niscaya ia akan cepat meledak. Nah, walaupun nggak ada keharusan yang sifatnya tertulis, tetapi menurut saya Blogger harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, atau dalam perumpamaan sumbu nya harus panjang, biar nggak cepat meledak bila ada yang nyalain sumbu atau ngomporin :mrgreen:

Seperti bro ketahui saya dan juga rekan-rekan blogger yang lain terutama yang ternaungi dalam payung wordpress.com harus sadar benar bahwa Blog yang kami/kita tulis sudah hampir menjadi situs publik yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun selama ia bisa berhubungan dengan jaringan Internet. Nah Para pengunjung blog itu macam-macam, walaupun mayoritas memiliki tujuan baik, ada pula para pengunjung yang kadang iseng membuat hangat suasana. Sebabnya macam-macam ada yang iseng jail, fanatisme buta terhadap merk produk, ada kepentingan, dan lain sebagainya.

Blogger hendaknya sudah mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan-kemungkinan buruk dalam hal menanggapi komentar pengunjung. Tentu hal ini tetap ada koridornya. Untuk komentar asing yang penuh kata cacian kasar, jorok, vulgar, SARA cukup tuliskan kosa kata di jaring parameter spam yang difasilitasi wp.com. Tapi kalau baru sebatas bilang Motor A nggak bagus, Motor B kurang kenceng, Motor C nggak worth . . . walaupun motor yang di sebut dimiliki sang blogger, jangan lah langsung reaktif dengan memberangus komentar tersebut, buka lah forum diskusi dengan menunggu perkembangan lebih lanjut seraya melihat komentar-komentar selanjutnya, atau biarkan seleksi alam berlaku, biarkan komentar tersebut ‘dihakimi’ bersama-sama oleh para pengunjung lain yang sebenarnya mayoritas memiliki visi positif saat mengunjungi blog.

segitu dulu deh, cmiiw

Taufik of BuitenZorg

47 COMMENTS

  1. wah bangun kesiangan… semalem pada fb kan sampai larut ya, sorry gw tewas duluan..

    mas taufik dan rekan blogger, makasih bikin kita pinter, bagi yang niatnya bikin rusuh, saemoga bisa dibuka pintu diskusi.

    BTN bangun donk…

    Guest
  2. @Nick
    aku sekarang pake netbook yang murah meriah bro Vaio VPCW125AG, yang aspire one dah aku lungsurken ke adikku

    @elektra
    aku juga pasang jaring berupa ip beberapa orang yg sdh di black list, nah mungkin beberapa angka ip sampeyan sama dengan ip orang2 tersebut, jadi deh kena tegrep :mrgreen:

    Administrator
  3. @ 14 mas Taufik
    harganya bisa diperinci gak mas? trus kenapa gak skali2 mbahas gadget gitu? soale kalo netbook setau saya gak ada CD-RW, jadi gimana caranya bisa instal driver mas? eh ini sekalian saran ya? hehehe… gpp deh dianggap gitu. matur tengkyu mas. btw baswei, itu Vaio VPCW125AG saya liat di link-nya udah pake Windows 7 ya? bagi-bagi dong pengalaman make windows 7 mas (kemaruk mode on)…. kan blogger sumbunya harus panjang mas… hihihihihi…….

    Guest
  4. @Arif
    oo githu iya dah pake windows 7 starter . . .nanti deh aku buatin artikel share, mengenai harganya memang diatas netbook lain, akan tetapi tetep aja netboo ya sekitar segitu deh ๐Ÿ˜€

    Administrator
  5. Blog anda termasuk BAGUS dan BERMUTU. Sangat setuju dan mendukung Mas Taufik… ini kan media berdiskusi… buat nenambah wawasan masing-masing.. yg tdk tahu jadi tahu..Klo kritik ya hrs pake bukti nyata klo perlu lengkap dg argumennya…Usul nih.. Selain yg telah diuraikan anda diatas, juga komen yg gak ada artinya (hanya guyon aja) ikut di jaring agar komen yg tampak adalah yg bermutu, jgn sampai ratusan tapi banyak komen SAMPAH. Salam….

    Guest
  6. @Petro maks . ..
    makasih mas, dukungan bro seklianlah yang membuat semangat menulis saya, alhamdulillah masih terus ada he he he he

    @Mas Barto
    wah bener2 raja nya link neh ๐Ÿ˜€

    Administrator
  7. haaahhhaaaaaaaa…jd blogger emang kudu swuabbarrr.
    apalagi kalo pertama ngeblog. ky saya, bertminggu-minggu g ada yang nyambangi blog. jd suasana g hidup….
    yha kudu swabbarrrrrrr ๐Ÿ™‚
    O’yha, Kang Opik.. saya pengen blog saya bisa gabung d “indomotoblog”, kalo boleh tau, gimana caranya yha..!!?????
    (maklum katrok… baru blajaran mbikin glog nih.. ๐Ÿ˜ฎ )

    Guest
  8. @buat pak petromaks,saya setudju kalo tmc blog ini emang bagus..tapi kalo soal komen yg ga bermutu agar dihapus,saya kurang setuju..soalnya yg dicari kadang malah komen yg guyonan kaya begitu lo..jadi lebih hidup.kalo komennya harus serius wah jadi ga seru lagi deh…tapi itu hak yg punya warung ding.salam juga.

    (Ngomong2,punya saya masuk kriteria layak tampil di indomotoblog ga ya…?)

    Guest
  9. berhubung kang Taufik beberapa kali menulis ‘ngeBlog itu asyik…’, ane tertular juga nih akhirnya…
    seandainya ada waktu, monggo mampir & meninggalkan jejak (komentar maksudnya)… maaf masih newbie banget… ๐Ÿ™‚

    Guest
  10. @ 23 Lekdjie
    bener mas. saya kadang suka senyum-senyum sendiri kalo baca komen yang kedengaran asal komen aja. dari situ malah kayak dapat inspirasi buat apa.. buat orang periklanan bisa jadi bagus lo untuk inspirasi bikin iklan mbaca komen-komen ngelantur kayak gitu…

    Guest
  11. Waaduh lha kalau ipnya mirip2 bsa kena ranjau lha trus kekmana mas apa hrus ganti lgi?Tpi yo wes aku tak nrimo wae terserah yg punya warung yg penting mikirku positif tingking

    Guest
  12. @20
    Wadugh
    Saia ikut ksaring nih..

    Hanya usul..
    Kalo menurut sy biarin aja pak taufik..
    Para pembaca yg gak suka komen guyon2 pasti akan langsung scrool kbwh..
    Kalo hanya ingin komen yg bermutu2 trus/serius,
    lama2 bs kehilangan pelanggan..
    Pembaca akan smakin tegang,bgtu jg wktu nyempil komen pasti ikut2an mbathek..
    Karna sy yakin para komentator pasti juga akan merasa gak enak sendiri sm tuan rumah kalo trus2an guyon.
    Asal sopan.. enjoy…
    sy yakin akan terasa asik.. Serius terus cepet tua…enjoy aja bro..
    La la la la la la la life is wonderful..

    Jason mraz mode : on

    Guest
  13. Lihat aja blognya bro jombloati…
    Disana penuh kedamaian..
    Pnuh canda tawa..
    Bebas berekspresi..
    Artikelna jg padat berisi…
    Tp tetep sopan..
    Salut buat blognya yg bikin awet muda wkwkwk

    Guest
  14. bagi bloger kayak saya ini trlalu susah untuk menulis sebuah artikel… soale ngetik aja pake 11 jari…. telunjuk ma telunjuk…. susah….. buanget….

    Guest
  15. ^nick
    he he he he yang kumaksut dengan “iseng membuat hangat suasana” bukan yang guyon2 githu . . .malainkan yg rada2 kompor sehingga suasana menjadi hangat he he he he

    Administrator
  16. kalo yang namanya (bukan komennya) kayak lilipud gitu (dganti sesuai mood yang semakin aneh) gimana mas? anak itu lagi eror ya? kmarin2 lagi jatuh cinta, ingin mendua, lagi eror, sekarang pingin kawin…. WKWKWKWKWKWKWKWK
    bahaya tuh mas…. tidak mencerdaskan anak bangsa. xixixixixi

    Guest
  17. kalau koment ini double, di delete aja bro..

    Menurut pengalaman gw banyak sekali hal2 positif yg bisa didapat dari kegiatan ngeblog… tak terkatakan, lebih jauh baca aja artikel2 yg ada di blog gw yg pd umumnya sesuai dgn pengalaman.. ๐Ÿ™‚

    Guest
  18. setuju dengan pemikiran mas taufik….namun disisi lain, baiknya para komentator juga bersikap dewasa untuk membahas topik yang sedang diangkat,sehingga diskusi menjadi lebih menarik dan berisi….

    Guest
  19. Maksudnya kalau dikloneng sm orang iseng.
    Krn di akun facebook alamat email kita pasti bs dilihat semua orang.
    Dari situ pengkloneng membuat comment yg macam2 dgn alamat email kita td.
    Wah, bahaya tuh.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here