Sepertinya suntikan 50 juta dolar AS dan rumor 7 Motor Baru Suzuki sudah menemukan penguatan-penguatan Baru. Suzuki Jepang memutuskan mengalihkan Pusat riset dan pengembangan kendaraan Roda Duanya dari Thailand Ke Indonesia. Wah Serius banget niy orang Jepang Pada !! Ini benar-benar merupakan sebuah Berita Heboh !! setelah rumor yamaha akan menjadikan Indonesia menjadi basis pengembangan roda dua dulu yang sampai detik ini belum ada statement resmi dari Yamaha Jepang. Kayaknya tuh orang-orang jepang dah pada melek dari tidurnya bahwa potensi negeri ini masih cukup hebat !!

Jadi apa penyebab keputusan ini? menurut Kompas ada 3 alasan keputusan ini yaitu :

Indonesia memilik potensi pasar motor jauh lebih besar ketimbang Thailand. Kedua, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia mempermudah pemenuhan bahan baku untuk produksi. Terakhir, luasnya area daratan memperbesar potensi pasar motor nasional yang ada, dan masih banyak yang belum tersentuh.

Selain itu tuntutan terhadap kecepatan respons pasar dan efesiensi juga menjadi alasan lainnya. Wah kebayang deh akan ada perubahan besar dari Wajah Suzuki di tahun-tahun ke depan. Dahulu saya perna membuat postinga yang mengetengahkan sedikit sentilan kepada para ATPM agar membangun fasilitas RnD nya di sini. Mungkin salah satu yang membacanya adalah Suzuki ini ye he he he he (masa’ Iya sih? ..ragu mode) disana saya sempat tulis :

Krisis Golbal yang melanda dunia, secara kasat mata seakan nggak ‘ngaruh’ bagi perkembangan Penjualan dan konsumsi otomotif khususnya R2 di Indonesia. Motor Jenis baru apa saja Pasti menjadi perhatian. Contoh terdekat adalah peluncuran 3 varian Minerva 250R, yang walaupun merupakan produk alternatif, tetep aja butuh pengorbanan lumayan besar untuk mendapatkannya (25-28 jt broo !! ). Apalagi bila melihat Menggeliatnya persaingan di segmen skutik yang ditandai makin berenerginya AHM menghadirkan motor skiutik baru untuk bisa bersaing sejajar dengan sang Fenomenal . . . Mio. Atau tetap tingginya penjualan motor tiap bulannya dan dibumbui oleh aksi saling kejar-kejaran antara Yamaha dan Honda dalam jumlah penjualan unitnya setiap bulan. Semua itu sudah cukup untuk memperkuat Pendapatbahwa  Krisis Global . . . nggak (begitu) ngaruh pada bisnis R2 di Indonesia

Akan kah muncul varian-varian mengejutkan seperti GSR 250, GSX R250, DR 150 dll . . . we will see . . . demikian sekilas info :mrgreen:

Taufik of BuitenZorg

56 COMMENTS

  1. GO SUZUKI GO ! ga nyesel pake satria fu.. kalo ada produk gress suzuki taun depan, apalagi yg full fairing (asal bentuknya n mesinnya yg proposional).. pasti gw boyong..

    Guest
  2. wah… semoga kabar ini benar mas Taufik…. nanti klo RnD udah ada disini suzuki suruh bikin aja blog motor trus buka trit minta masukan ke para pembaca untuk kasih masukan model apa yang cocok untuk diproduksi dalam waktu dekat… weeesss dijamin maju suzuki….

    Guest
  3. @mas opik
    biarin mas macet lha transportasi masalnya jga gak mencukupi untung2 cuma motor kalau penjualan mobil 5 jt pertaun kekmana itu bkalah jalan di tempat tuh kendaraan

    Guest
  4. walau pesimis dgn regulasi dan birokrasi disini, saia tetep berharap yg begini terjadi..
    transfer teknologi smoga lebih cepat dan lanzar..

    Guest
  5. klo menurut aku yo, R2 di Indonesia itu lbh dari kebutuhan sbg alat transportasi, lebih cenderung ke life style, buktinya orang yg sdh ke bli R4 masih aja bli R2 walaupun cuma sebatas hobi & koleksi
    berarti pasaryg tercipta gede & gak segmented, otomatis investor masuk untuk ambil potensi pasar yg ada
    ada gula ada semut, ada ug ada warung jomblo ❓ ❓ ❓ 😆

    Guest
  6. @All..…
    Mudah2-an terealisasi…
    Yg punya klasifikasi kemampuan ini bisa kirim lowongan ke kantor pusat di Jln MT Haryono , Jakarta.
    1. Design Body
    2. Design Gearbox
    3. Design Chassis
    4. Wire Harness
    5. Product Manufacturing
    6. Product Trial
    7. Gearbox Manufacturing.
    8. Maintenance
    9. Design Machine
    10. Machine Manufacturing
    11. Workshop
    12. Plant Control Engeenering
    13. Quality
    14. Procurement
    15. R & D
    16. Accounting & Administration
    17. Team Trial
    18. Vehicle Management
    19. Marketing
    20. Financial
    21. Law
    22. HRD
    23. IT

    ayo kapan dibuka lowongan kerja-nya..

    Guest
  7. @Same2 kang…!!!!! Ya suzuki mesti tau diri masa penjualan meledug di indonesia masa inovasi di thailan kan aneh tu. Honda yamaha mesti ngikut dong…..?????? Kang taufik motor yamaha yg baru namanya viper

    Guest
  8. @Bro semua….

    Wah…Motor Sport terbaru Yamaha nanti namanya “VIPER” bukan Byson/FZ
    Nama ini muncul dan sy lihat pertama kali di PRJ Kemayoran thn 2006

    peace all

    Guest
  9. Memang bagus kalo indonesia jadi R & D suzuki,atau bahkan yamaha,honda,dll.. tp kita juga harus tetap melihat,kenapa harus dari luar negri yg punya nama n mengambil untung ? Di sini apa negri ini dan secara khusus pemerintah buta,bahwa negri kita punya potensi besar di bidang otomotif khususnya R2 ??
    Sekarang cobalah berfikir mulai kapan kita bisa menjadi R & D di “rumah sendiri” ?
    Kita pun saat ini sudah punya Putra2 bangsa yg memiliki kemampuan dalam menciptakan sebuah motor,meskipun “belum” sebaik luar negri.cmiiw

    coba yang mampir di warung ini jadi karyawan perusahaan motor Indonesia ?pasti bakal tercipta motor yang TOP..

    Guest
  10. yahooon…
    jangan nebar gosip dweh klo ad alowongan…..gw mauuu dooonk….wlau jadi staff doank…..gw pengen nyemplung ke dunia R2…boseeen neh di dunia event mulu….

    Guest
  11. jokypro.
    nah kalo dah nyebur ke RI semua RND atpm..tinggal alih tehnology..punya deh kita perusahaan aseli RI yg gak kalah kualitas nya ama 4 jepun tersebut….

    Guest
  12. diam2 suzuki menyimak perbincangan blogger & komentator bahwa kontributor penjualan terbesar hrs dperhatikan.
    Suzuki dgn brilian mengambil kesempatan sbg firstmover. Smoga efek first mover advantage membuat suzuki berjaya lagi.

    Guest
  13. @ashley
    mudah2n sich gitu..
    Maju terus deh,R2 di Indonesia..

    Supaya Neo Tech w bisa ada yg nemenin,ko ga nyambung ya ?????????

    Guest
  14. @Ashley..JokyPro..Imyut
    Bukan nebar gosip ,..kira2 itulah divisi yg diperlukan untuk R&D…seandainya SMI merealisasikan rencanannya.

    @Lekdjie…Jokypro…
    Dab….
    aye jg punya tu CRF jadi2-an…mesin Neotech…buat ltihan garuk2-an…hihihihihihi….

    @Imyut…
    thn 2006 yg aye lihat mmng Viper…wkt itu disandingkan sm motor Rossi , tp yg muncul akhirnya Vixion…sekarang nama VIPER mau dipakai bat FZ16….

    peace

    Guest
  15. mantaps.. hoiii para punggawa suzuki indonesia, kontrak aja para blogger kita (mas taufik, mas tri dll) sbg konsultan design/spek, pasti hasilnya memuaskan hahaha

    Guest
  16. yang pindah dimari… cuman proyek RnD nya atawa plus orang2 dibelakang layar jg nih???
    kalo skalian bedol bagian… yah sami mawon… gak bakal ada tuh lowongan yang disebutin bro yahon..

    mg2 aja ntar bisa transfer ilmu ke indonesia…
    tapi kliatannya sih… inti dari RnD nya susah keluar deh…

    Guest
  17. Bagus deh…. Setidaknya mebuka “lahan pekerjaan baru” buat bangsa ini. Setidaknya, Suzuki juga memikirkan masalah “After sales”nya. biar bisa bersaing dengan Yamaha dan Honda.

    Syukur2 “Bajaj-Ducati” juga membuka lahan disini. Kan jadi makin enak…heheheheh.. ( Ngarep Pull )

    Guest
  18. Maaf no offense …
    Kebetulan ane kerja di perusahaan otomotif Jepang
    Bullshittt lah klo dibilang Proyek Alih Tehnologi, dari dulu sampe sekarang gak pernah ada kemauan pemerintah dan konsumen dari bangsa kita utk bangga terhadap produk lokal.
    Kita selalu mengelu2kan produk terbaru YAMAHA< HONDA<SUZUKI dlll..
    Mo tau berapa sih besarnya saham lokal di Perusahaan SUZUKI< YAMAHA< HONDA ???
    Coz semenjak berubahnya kebijakan Investasi saat jaman bu mega. (Investor boleh menanamkan 99% sahamnya di sini membuat kita gak punya power dalam menentukan kebijakan)
    gw n kawan2 yg notabene buruh pabrik hanya menjadi mesin cetak, program pengembangan SDM pun mulai dikurangi, semua hal dilakukan berdasar perintah dari pusat, tanpa bisa menolak.

    Guest
  19. maaf mas taufik , tolong bilangin ke suzuki indonesia kalo buat motor jangan jadul dong modelnya, contoh shogun 125 cc jelek banget , masih oke new shogun 110 cc . terus bebek FU 150 cc dibuat batangan dong pasti laku keras , soale bebek 150 cc kegedean ngeri kalo ngebut gak pakem handlingnya , kebetulan motor ku FU 150 cc wus wus , Vixion lewat

    Guest
  20. gmn sich szki kok g ada gregetnya …. pake mundur dari balap nasional lg…. apa takut yaa… jarang juara….
    pa lg tidur ya… pa lagi pusing ya… jualanya jauuh dibanding kompetitor….
    produk yang ok cm fu aja, lainya…..weleh-weleh keok abis
    ayo dong mana inovasinya……!!!!!!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.